Jakarta Timur

Mengulas wilayah Jakarta Timur terkait pasar propertinya memang selalu menarik untuk dibahas.

Mengingat banyak orang yang menginginkan punya hunian, di kawasan yang merupakan barometer bisnis dan perekonomian Indonesia. Dan yang tak kalah pentingnya, tentu saja bernilai investasi tinggi.

Tapi yang menarik untuk disimak adalah, pergerakan di koridor timur ternyata semakin hari menunjukkan potensi menjanjikan.

Hal ini karena Pemerintah tengah giat-giatnya membangun infrastruktur di kawasan ini. Sebut saja Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), yang mangkrak puluhan tahun lamanya kini siap berfungsi.

Nantinya, kawasan Jakarta Timur ini juga akan dilintasi jalur Light Rail Transit (LRT), yang menghubungkan kawasan penyangga Ibu Kota seperti Bekasi dan Bogor. Hal ini semakin membangkitkan dinamika properti di kawasan tersebut.

Dengan semakin banyaknya pembangunan infrastruktur di koridor timur Jakarta, maka pangsa pasar dan pergerakan harga rumah tapak di Jakarta Timur kian tumbuh subur.

Data Rumah.com Property Index mencatat, indeks harga properti di kawasan ini terpantau cukup dinamis. Pada Q2 2018, indeks harga mengalami penurunan sebesar 0,28% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sedangkan jika dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu (2017), indeks harga mengalami kenaikan mencapai 3,11% (year-on-year).

Untuk segmen pasar perumahan tapak memang masih terbuka lebar di Jakarta Timur, khususnya di kelas menengah atas.

Faktor pendukung terus naiknya median harga di kawasan ini disokong oleh potensi perkembangan dari CBD Jakarta, yang terus mengarah ke Cawang ke arah jalur Light Rail Transit (LRT).

Selain pembangunan infrastruktur, faktor lain yang membuat Jakarta Timur semakin terlihat menarik adalah keberanian sejumlah pengembang untuk membangun proyek-proyek besar.

Pengembang kini tak semata mencari peruntungan lewat pembangunan kawasan hunian, namun lebih besar lagi, kawasan terpadu yang memadukan hunian, bisnis, dan komersial.

Pasokan lahan di Jakarta Timur yang masih memadai, serta harga jual properti yang masih rendah dibanding area Selatan, tak pelak ikut memicu penjualan properti di sektor apartemen meningkat secara dinamis.

Dengan membangun hunian bertingkat, pengembang bisa memasarkan hunian dengan harga yang masih relatif terjangkau, namun tetap mendapat keuntungan. Ini adalah win-win solution bagi produsen dan konsumen hunian di Ibukota.

Berdasarkan listing dijual di Rumah.com, harga apartemen di Jakarta Timur tergolong lebih terjangkau ketimbang Jakarta Selatan dan Pusat. Harga jual apartemen di kedua wilayah tersebut sudah mencapai Rp1 miliar – Rp2 miliar.

Sementara di Jakarta Timur, konsumen masih sangat mungkin menemukan harga apartemen dengan harga Rp500 jutaan.

Bila dikaitkan dengan rumus berinvestasi properti, apartemen di wilayah administrasi ini dirasa telah memenuhi syarat. Contoh, bilangan Pasar Rebo yang dilingkupi lebih dari 90 perusahaan multinasional.

Artinya, area ini sudah tentu prospektif mengingat tenaga ahli maupun ekspatriat yang bekerja di perusahaan tersebut pasti membutuhkan tempat tinggal yang dekat.

Baca Selengkapnya
187,75 km2
Luas wilayah
2.892.783 jiwa
Jumlah penduduk (2017)
Bandara Halim Perdanakusuma
Bandar udara
3 lokasi
Wisata budaya
14
Pusat perbelanjaan
7 Stasiun
Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL)

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Jakarta Timur, East Jakarta City, Jakarta, Indonesia

Baca lebih lanjut Jakarta Timur

Properti dijual di Jakarta Timur

Properti disewakan di Jakarta Timur

Masukan