Apartemen Jakarta Timur punya potensi investasi yang subur. Kondisi ini diperkuat dengan infrastruktur kawasan yang terus berkembang, mulai dari tersedianya Light Rail Transit (LRT), akses Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu), tujuh stasiun KRL, hingga akan hadirnya akses ke Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan tunnel 1 yang berlokasi di Halim Perdanakusuma.

Melihat berbagai infrastruktur tersebut, rasanya wajar saja jika apartemen di Jakarta Timur mengalami pertumbuhan yang signifikan. Apalagi properti dan infrastruktur merupakan satu kesatuan yang akan mendongkrak value dari sebuah kawasan.

Jakarta Timur sendiri bahkan digadang sebagai kawasan yang ideal untuk sebuah konsep Transit Oriented Development (TOD). Hal ini juga ramai digaungkan oleh sejumlah developer yang menancapkan proyek propertinya di sana. Sebagai menyebut proyeknya sebagai apartemen berbasis TOD sebab hanya selangkah dengan Stasiun LRT.

Sebelum melangkah lebih dalam membahas tentang pangsa apartemen di Jakarta Timur, Rumah.com juga akan memberi wawasan terkait tren properti di Jakarta secara luas. Simak paparannya melalui infogram berikut ini.

Merujuk Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), tren harga apartemen di Jakarta terkoreksi pada Q1 2021. Terkini, indeks harga berada di posisi 106,4 atau menurun 2,9 poin dari kuartal sebelumnya yakni Q4 2020 yang menoreh indeks 109,3. Persentase untuk penurunan inipun sebesar 2,6% (Quarter on Quarter/QoQ).

Penurunan indeks juga terjadi secara tahunan atau Year on Year/YoY. Pada Q1 2021, indeks turun sebanyak 4,8 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya atau Q1 2020. Indeks harga yang tak performing ditengarai akibat sikap pengembang yang cenderung tidak menaikkan harga karena tingkat penjualan yang belum stabil.

Penurunan harga jual pun diperkirakan tetap stagnan di jangka pendek, sebab sejumlah proyek yang masih dalam proses pembangunan harus bersaing dengan proyek ready stock yang telah mendapat insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Diprediksi kenaikan harga apartemen di Jakarta akan naik saat insentif PPN berakhir.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Sementara itu membahas dari angle pasokan properti di Jakarta, jika ditarik garis tren jangka panjang, indeks suplai dalam empat kuartal terakhir atau sejak Q2 2020 hingga Q1 2021 tumbuh secara konsisten. Hal ini menjadi sinyal bahwa pengembang masih tetap optimistis kendati perekonomian nasional masih bergejolak akibat pandemi Covid-19.

Stimulasi dari pemerintah terkait insentif PPN pada Maret lalu disinyalir ikut mendorong pengembang untuk menyelesaikan proyek lebih cepat. Tak hanya itu, peningkatan juga terjadi akibat pulihnya daya beli masyarakat terhadap apartemen di Jakarta.

Tren Harga dan Suplai Apartemen di Jakarta Timur

Setelah membahas tren indeks apartemen di Jakarta secara general, Rumah.com juga memantau pergerakan tren apartemen di Jakarta Timur secara wilayah. Hasilnya, indeks harga pada Q1 2021 naik tipis sebanyak 0,4 persen secara kuartalan (QoQ).

Tercatat pada Q1 2021, indeks apartemen di Jakarta Timur berada di angka 99,5 atau naik 0,4 poin dibandingkan Q4 2020 yang menorehkan indeks 99,1. Kenaikan tipis itu juga terjadi secara tahunan atau YoY dengan persentase 0,8%. Dimana pada kuartal yang sama tahun sebelumnya (Q1 2020) indeks berada di angka 98,7.

Kenaikan juga terjadi di sisi suplai apartemen di Jakarta Timur secara kuartalan (QoQ). Pada Q1 2021, indeks suplai meraih 50,5 atau meningkat 2,1 persen dibandingkan Q4 2020 yang mencatatkan indeks 49,4.

Sayangnya, kenaikan tersebut tidak berlaku untuk tren secara tahunan. Koreksi indeks justru terjadi sebanyak -4,6 persen pada Q1 2021. Ini lantaran pada kuartal yang sama tahun sebelumnya atau Q1 2020, indeks berada di posisi lebih tinggi yakni 52,9.

Apartemen di Jakarta Timur sendiri saat ini masih bergeliat. Pilihannya kian beragam yang tersebar di banyak lokasi. Mulai dari kawasan Cawang, Cakung, Ciracas, Pasar Rebo, Pondok Bambu, Cipinang, hingga Pulogadung.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

5 Apartemen di Jakarta Timur Harga di Bawah Rp700 Juta

Hampir semua apartemen di Jakarta Timur menawarkan harga yang kompetitif dengan fasilitas memadai. (Bassura City)

Hampir semua apartemen di Jakarta Timur menawarkan harga yang kompetitif dengan fasilitas memadai. (Bassura City)

Jika ingin punya rumah tapak di Jakarta Timur namun dana yang ada tidak mencukupi, maka apartemen jadi alternatif terbaiknya. Benar saja, harga apartemen di Jakarta Timur yang ditawarkan kurang dari Rp700 juta masih beragam, sehingga masyarakat tak perlu khawatir kehabisan opsinya.

Lokasinya pun bervariasi. Ada yang dekat dengan stasiun maupun jalur LRT, berjarak singkat dari terminal bus atau halte Transjakarta, akses mudah ke tol, maupun punya waktu tempuh yang cepat dengan stasiun KRL. Berikut Rumah.com sajikan lima apartemen di Jakarta Timur dengan harga kisaran Rp300 juta sampai Rp700 juta.

1. Bassura City

Apartemen di Jakarta Timur dengan harga Rp300 jutaan bisa ditemukan di Bassura City. Lokasi apartemen berada di Jalan Basuki Rahmat, Cipinang, hanya 1,9km dari Stasiun KRL Jatinegara dan 750 meter dari Halte Busway Pedati Prumpung. Ideal bagi keluarga muda dan kaum milenial yang mendambakan hunian dekat transportasi publik.

Soal fasilitas, apartemen ini dilengkapi lapangan basket, kolam renang, kolam bermain anak, jalur refleksiologi, kolam rendam, sauna, ruang rapat, hingga arena bermain.

2. JKT Living Star

Dibangun diatas lahan 48.000m2. Lahan seluas itu dimanfaatkan untuk membangun JKT Living Star yang berisi 6 tower yaitu tower A, B, C, D, E, dan. Selain itu, apartemen ini dilengkapi dengan pusat  perbelanjaan/area komersil seluas 3.000m2.

Harga apartemen di sini masih ditawarkan cukup terjangkau yakni Rp300 juta untuk tipe Studio seluas 20m2. Sedangkan untuk apartemennya sendiri, JKT Living Star menjanjikan sejumlah fasilitas umum, di antaranya:

  • Kolam Renang: Dilengkapi dengan 3 kolam renang yang terbagi di beberapa tower.
  • Sky Garden: penghuni bisa menikmati tanaman hijau untuk menyegarkan mata.
  • Jogging Track : Untuk Anda yang mau berolah raga, tak tanggung-tanggung Pihak pengembang menyedikan jogging track dengan panjang 666m2.
  • Keamanan: Security 24 jam serta cctv yang tersedia.

3. Casablanca East Residence

Berdiri diatas lahan seluas luas 2,2 ha2, Casablanca East Residences berada tepat dijalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu. Pembangunan salah satu apartemen di Jakarta Timur ini dimulai sejak tahun 2015 lalu. Sebanyak 4 tower yang dibangun, termasuk salah salah satunya adalah tower bersubsidi. Untuk ketiga tower nonsubsidi diberi nama Dallas, Casablanca, dan La Primera.

Casablanca East Residences sendiri berstatus strata title, sehingga tanah di mana apartemen berdiri menjadi hak milik bersama para pemilik unit yang dibagi secara proporsional. Jika tertarik dengan apartemen ini, siapkan kocek sedikitnya Rp430 juta untuk menghuni unit 2BR.

4. LRT City Urban Signature

LRT City Urban Signature yang berlokasi di Cirasas terintegrasi dengan jalur LRT trase Cawang-Cibubur. Harga unit apartemen di sini termurahnya Rp570 juta untuk tipe Studio seluas 25m2. Terkait harganya, unit apartemen LRT City Urban Signature dipastikan masih cukup bersaing ditambah dengan keunggulan peningkatan nilai yang lebih potensial berkat potensi dari adanya konsep TOD.

Untuk LRT City Urban Signature, pengembang menghadirkan environment yang diperkuat untuk mengusung lingkungan yang nyaman salah satunya dengan menyediakan fasilitas urban farming. Fasilitas lainnya mencakup empang untuk memancing, taman bermain anak hingga jogging track.

5. Sakura Garden City

Sakura Garden City berdiri diatas lahan seluas10 ha2, mengusung konsep superblok dengan menghadirkan apartemen sebanyak 12 tower, serta dilengkapi dengan mal, ruko, restoran, hotel, gedung perkantoran hingga klinik di dalamnya. Kelengkapan ini membuat harga apartemen di sini cukup kompetitif, yakni Rp600 jutaan untuk tipe Studio.

Guna memanjakan penghuni, pengembang menyediakan beberapa fasilitas diantaranya area BBQ, tempat bermain anak, taman, pusat kebugaran serta kolam renang anak yang letaknya terpisah dengan kolam renang dewasa.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah