Fasilitas Sawangan mungkin memang belum sekomplit dan sekeren kota-kota lain di Indonesia, tapi sebagai kawasan yang tingkatannya hanya kecamatan, Sawangan punya banyak fasilitas yang menjadikannya nyaman untuk dijadikan pilihan lokasi hunian.

Hal ini juga dipicu karena belakangan pembangunan Kota Depok memang mengarah ke Sawangan setelah kawasan ‘élit’ Margonda mulai jenuh. Rencana pembangunan infrastruktur dan lokasi yang strategis, membuat Sawangan memiliki potensi perkembangan yang besar.

Ya, lokasi sawangan memang cukup strategis sehingga kini mulai menjadi incaran bagi para pencari properti residensial. Berada di perbatasan antara Parung (Kabupaten Bogor), serta bersebelahan dengan kawasan yang sudah mapan seperti Jakarta Selatan dan juga Tangerang Selatan.

Dan jika membahas soal fasilitas, fasilitas Sawangan terbilang cukup lengkap untuk sebuah kecamatan. Untuk fasilitas kesehatan, kawasan ini didukung 1 RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah), Rumah sakit Permata Depok, 5 Puskesmas, 5 Puskesmas pembantu, dan 9 klinik swasta.

Sedang untuk fasilitas Pendidikan terdapat 21 Taman Kanak-kanak, 50 Sekolah Dasar, 15 Sekolah Menengah Pertama, 7 Sekolah Menengah Umum, 6 Sekolah Menengah Kejuruan, 31 Madrasah Ibtidaiyah, 15 Madrasah Tsanawiyah, 4 Madrasah Aliyah, dan 24 Pondok Pesantren.

Untuk pusat perbelanjaan, selain banyak tersebar pasar tradisional Sawangan juga punya terdapat pusat perbelanjaan modern seperti Depok Town Center (DTC). Tapi ada yang menarik jika ingin mengenal fasilitas Sawangan lainnya, contohnya seperti fasilitas-fasilitas berikut ini:

1. D’Kandang Amazing Farm

fasilitas sawangan

Aktifitas yang dilakukan tidak hanya sekedar mengenalkan hewan-hewan atau tanaman yang tersedia, tetapi juga ada aktifitas outbound bagi anak-anak.

Kehadiran D’Kandang Amazing Farm juga melengkapi fasilitas Sawangan dengan keunikannya. D’Kandang hadir dengan mengintegrasikan sektor rekreasi keluarga, peternakan, dan sektor pertanian yang kaya akan nilai edukasi dengan metode yang menyenangkan.

Di lahan seluas 60 ribu meter persegi ini terdapat peternakan sapi perah, sapi potong, kuda, kambing etawa, dan domba. Selain itu juga ada perkebunan belimbing Dewa khas Depok, jambu kristal, jambu jamaica, sayuran organik, serta aneka tanaman hias.

Aktifitas yang dilakukan tidak hanya sekedar mengenalkan hewan-hewan atau tanaman yang tersedia, tetapi juga ada aktifitas outbound bagi anak-anak untuk melatih kepercayaan diri, bersosialisasi, dan mengatasi rasa takutnya.

Tertarik untuk punya rumah di daerah ini karena banyaknya fasilitas Sawangan yang menyenangkan? Cek pilihan huniannya di sini!

2. Pondok Zidane

Merupakan salah satu fasilitas Sawangan yang menawarkan Outbound Area. Terdiri dari two lines bridge, jembatan tong, flying fox, spider web, jembatan titian, rintangan tali keseimbangan, jembatan gantung, naik perahu rakit dan permainan outbound lainnya.

Selain itu Pondok Zidane juga menawarkan wahana menarik lainnya seperti wisata alam, tempat gathering, kolam pemancingan, lapangan futsal, berkuda, bandi dokar, rumah istana balon, mandi bola, dan bercocok tanam hidroponik. Terdapat pula penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap.

3. Taman Wisata Pasir Putih

fasilitas sawangan

Salah satu destinasi wisata keluarga di Depok ini terkenal akan permainan airnya karena memiliki tiga water park.

Taman yang satu ini menawarkan banyak pilihan rekreasi yang menyenangkan. Anak-anak dapat bermain di playground, Anda bisa menghabiskan waktu di tempat karaoke, dan tersedia juga lapangan futsal.

Tapi salah satu destinasi wisata keluarga di Depok ini terkenal akan permainan airnya karena memiliki tiga water park. Tempat rekreasi ini juga punya dua wahana flying fox untuk dewasa dan anak-anak, wahana bungy trampoline, dan juga bisa berkeliling taman wisata menggunakan ATV.