Infrastruktur Depok, Jawa Barat, terus berkembang. Siapa yang tinggal di kawasan selatan Jakarta pasti akan menyadarinya. Sebab, pembangunan infrastruktur diharapkan bisa segera rampung dan mampu memecah kepadatan.

Tercatat ada sejumlah infrastruktur baru yang tengah dilakukan Pemerintah Kota Depok bersama dengan pihak swasta. Apa saja itu?

Sedang mencari hunian di Depok? Cek perumahan di Depok dengan harga kurang dari Rp500 juta di sini!

Tol Depok – Antasari (Desari)

Tol sepanjang 21 kilometer yang dikelola oleh PT Citra Waspphutowa ini menghubungkan tiga kota, yakni Jakarta, Depok, dan Bogor. Tol ini juga terkoneksi dengan JORR II, dengan titik temu di Krukut yang merupakan bagian dari delapan radial tol di Jakarta.

Dimulai sekitar tiga tahun lalu, pembangunan Tol Desari dibagi menjadi dua tahap. Tahap I Tol Antasari-Sawangan (Depok) dengan panjang 12 kilometer. Pembangunan tersebut membutuhkan lahan mencapai 109 hektar.

Tol seksi I akan membentang dari jalan Pangeran Antasari di Jakarta Selatan hingga ke Sawangan, Depok. Tol ini juga terhubung dengan tol Jagorawi, yang membentang hingga ke Jakarta Utara ataupun ke Jakarta Selatan hingga Tangerang.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Proses pembangunan yang telah berjalan adalah Tol Desari seksi I dengan pintu tol yang dimulai dari Antasari, Andara, Brigif, Simpang Susun Krukut, dan berakhir di Sawangan.

Tol Desari seksi I sebelumnya diperkirakan akan rampung pada Oktober 2017. Namun lantaran pembebasan lahan dan lainnya membuat infrastruktur ini harus ‘molor’ lagi. Menurut targetnya, tol ini akan selesai pada pertengahan tahun ini.

Jika sudah bisa beroperasi, jalan Tol Desari seksi I akan membuat waktu tempuh antara Jakarta – Depok hanya 30 menit saja.

Menurut situs citramarga.com, jalan tol ini memiliki interkonektivitas yang sangat karena bersilangan dengan ruas jalan tol Cinere-Cimanggis. Tol ini juga dapat bertemu dengan jalan tol Bogor Ring Road ruas Sentul-Kedung Halang-Kedung Badak-Yasmin-Darmaga, serta ruas tol lainnya.

Sementara tol Desari seksi II akan dibangun menyusul dengan rute Sawangan hingga Bojongsari. Tol Desari seksi II ini nantinya terhubung dengan Depok Outer Ring Road (DORR), yang membentang dari Parung hingga ke arah Bogor maupun tol Serpong-Cinere-Jagorawi.

Depok Outer Ring Road

Infrastruktur Depok yang satu ini bukan merupakan jalan tol berbayar, melainkan perlebaran jalan untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok, yang semakin kesini semakin berkembang ke segala arah.

Tertarik punya hunian di kawasan ini? Temukan aneka pilihan huniannya di sini! 

DORR dibangun mulai dari Jalan Kartini sampai Jalan Raya Citayam. Adapun rute DORR akan melewati Jalan Raya Parung, Jalan Raya Sawangan, Jalan Raya Cipayung, kemudian melintasi Sungai Ciliwung, Cilodong, Sukmajaya, Terminal Jatijajar, hingga Tol Jagorawi dan berakhir di Kota Bekasi.

Dengan adanya DORR, wilayah-wilayah lain di Kota Depok yang selama ini perekonomiannya sulit berkembang, disinyalir akan terdorong seperti halnya di kawasan Pengasinan.

 

Fly Over Markaswangi

Infrastruktur Depok lainnya adalah Jalan Layang Margonda, Jalan Kartini, Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Siliwangi (Markaswangi). Tujuan dibangunnya akses baru tersebut tak lain adalah demi mengurai kemacetan di kota yang mendapat julukan “kota petir” itu.

Diperkirakan, rampungnya Markaswangi mampu meminimalisir titik-titik macet seperti di Simpang Margonda-Siliwangi-Kartini. 

Fly over juga bakal menghilangkan persilangan dengan rel KA Jakarta-Bogor, yang sekaligus meniadakan antrean kendaraan akibat buka-tutup perlintasan kereta.

Selain itu, kehadiran jalan layang juga akan membuat kepadatan arus lalu lintas yang akrab terjadi di Simpang Sengon (Nusantara-Jalan Raya Sawangan-Dewi Sartika-Pitara), dan di Simpang Raya Sawangan-Tanah Baru diprediksi menyusut.

Tol Cinere-Jagorawi (Cijago)

Terakhir, infrastruktur Depok yang juga bakal segera dinikmati warga Depok dan sekitarnya adalah Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) seksi II. Tol ini membentang dari Bogor Raya hingga Kukusan, Beji. Sedangkan seksi III, ruas Kukusan-Cinere tengah dalam tahap pembebasan lahan.

Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang melingkar dari Bandara hingga Tanjung Priok. Jaringan JORR II merupakan lingkaran kedua dari jaringan Tol JORR.

Cinere-Serpong

Tol ini sangat dinanti-nanti, khususnya bagi warga Depok bagian Utara dan Barat. Seperti namanya, tol Cinere-Serpong ini nanti akan terhubung dengan jalur tol Jakarta-Serpong. Dari jalur ini, pengguna bisa melanjutkan ke arah tol JORR yang terkoneksi dengan tol Bandara Soekarno-Hatta maupun tol Jagorawi.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah