Konektivitas dan harga diyakini menjadi daya tarik utama untuk wilayah hunian favorit di 2021. Berdasarkan hal tersebut, Rumah.com menganalisis sejumlah wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran konsumen. Dan berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021, terdapat 5 area paling prospektif di Bekasi di 2021.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, konsumen dan investor memang cenderung bersikap realistis dan menahan diri. Meski demikian, berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020, dari sisi harga, secara kuartalan di kuartal ketiga tahun ini industri properti nasional menunjukan tanda-tanda pemulihan.

Sementara itu, minat konsumen properti masih bersifat ‘value for money’, dengan properti incaran di sekitar kawasan hunian terpadu atau kawasan hunian yang telah mapan. Jadi ketimbang memaksakan diri, konsumen dan investor cenderung lebih memilih area paling prospektif, yang konektivitasnya mudah dan pertimbangan harga yang jauh lebih murah.

Ya, konektivitas dan harga memang menjadi daya tarik utama pasar properti di tahun 2021. Apalagi fokus presiden Joko Widodo memang menjadikan infrastruktur sebagai ujung tombak perekonomian nasional, di mana Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp413,8 triliun untuk tahun 2021.

Itu sebabnya pencarian properti di kawasan satelit terus meningkat di kondisi ini, khususnya di Jabodetabek, daripada pencarian area premium seperti di pusat kota Jakarta. Dan Bekasi yang letaknya hanya selangkah dari ibu kota, yang pembangunan infrastrukturnya sangat masif belakangan ini jelas punya potensi besar melahirkan area-area paling prospektif di Bekasi.

Pencarian Area Paling Prospektif di Bekasi Naik Signifikan

Pencarian Area Paling Prospektif di Bekasi Naik Signifikan

Untuk tren indeks harga, wilayah Bekasi juga menunjukkan performa yang cukup positif.

Pencarian properti di Jawa Barat pada kuartal ketiga 2020 mengalami peningkatan baik secara kuartalan maupun tahunan. Kota atau area yang paling banyak dicari di Jawa Barat adalah Bekasi, kemudian Bogor.

Tingginya peningkatan pencarian di Bogor dan Bekasi memang didorong pemerataan pembangunan infrastruktur, sehingga menyebabkan area-area dengan harga properti yang lebih rendah di kedua kawasan tersebut menjadi terhubung dengan wilayah lainnya dan lebih mudah diakses.

Bicara tentang area paling prospektif di Bekasi, berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020, pencarian properti di Bekasi pada kuartal ketiga 2020 mengalami kenaikan yang sangat signifikan, baik secara kuartalan dan tahunan.

Indeks pencarian properti di Bekasi sampai Q3 2020 secara kuartalan naik sebanyak 115% (QoQ) dan secara tahunan naik cukup tinggi sebanyak 266% (YoY). Untuk tren indeks harga, wilayah Bekasi juga menunjukkan performa yang cukup positif dengan terjadinya kenaikan baik secara kuartalan maupun tahunan.

Perlu diketahui, pada Kuartal kedua (Q2) 2020 indeks harga Bekasi ada di angka indeks 117,2, atau naik tipis sekitar 0,56% dari indeks kuartal satu (Q1) yang 116,5. Meski kenaikannya tipis-tipis, perlu diingat bahwa pada Q2 2020 sebagian besar kawasan penyuplai properti besar sedang mengalami penurunan indeks harga.

Kemudian di kuartal ketiga (Q3) 2020 angka indeks Bekasi naik lagi menjadi 119,6, yang artinya terjadi kenaikan indeks harga sebanyak 2,1% secara kuartalan (QoQ). Angka indeks ini jika dibandingkan indeks harga Bekasi di Q3 2019 yang 113,9 artinya juga mengalami kenaikan sebanyak 5% secara tahunan (YoY).

Inilah 5 Area Paling Prospektif di Bekasi

Inilah 5 Area Paling Prospektif di Bekasi

Terkait area paling prospektif di Bekasi, Bekasi memang menjadi wilayah yang memberikan pengaruh besar terhadap indeks harga properti di Jawa Barat sejak kuartal pertama 2020.

Temuan Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021, konektivitas dan harga memang masih menjadi daya tarik utama bagi pasar properti di tahun 2021. Jarak dengan pusat kota tidak lagi menjadi pertimbangan utama selama perjalanannya mudah ditempuh dan bebas macet.

Itu sebabnya, kawasan-kawasan di sekitar kawasan hunian terpadu (planned community), jalan tol baru, dan jalur transportasi massal masih menjadi incaran konsumen properti. Terkait area paling prospektif di Bekasi, Bekasi memang menjadi wilayah yang memberikan pengaruh besar terhadap indeks harga properti di Jawa Barat sejak kuartal pertama 2020.

Di saat kota-kota lain di Jawa Barat menunjukkan kenaikan kuartalan yang tak lebih dari 2% (QoQ), indeks harga properti di Bekasi menunjukkan kenaikan hingga 5% untuk rumah tapak. Wilayah Jatiasih dan Bekasi Timur menjadi wilayah dengan kenaikan tertinggi.

Bagi konsumen dan investor, harga properti di Bekasi Timur juga masih cukup terjangkau sekaligus memberikan prospek kenaikan harga yang lebih besar. Hal ini didukung pula upaya pemerintah dalam mengintegrasikan wilayah komuter yang memberikan keuntungan bagi Bekasi Timur lewat sejumlah proyek infrastruktur seperti LRT Bekasi-Cawang, elevated road, hingga rencana MRT jangka panjang Balaraja-Cikarang.

Adapun area paling prospektif di Bekasi, lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

1. Kecamatan Tarumajaya

Kecamatan Tarumajaya mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 13%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Bekasi ini berada di kisaran Rp7.856.944 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Tarumajaya sebagai salah satu area paling prospektif di Bekasi? Simak pilihannya di sini!

2. Kecamatan Jatiasih

Adapun di tempat kedua terdapat Kecamatan Jatiasih yang juga mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 10%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Bekasi ini berada di kisaran Rp8.750.000 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Jatiasih sebagai salah satu area paling prospektif di Bekasi? Simak pilihannya di sini!

3. Kecamatan Bekasi Barat

Selanjutnya adalah Kecamatan Bekasi Barat yang mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 8%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Bekasi ini berada di kisaran Rp11.006.289 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Bekasi Barat sebagai salah satu area paling prospektif di Bekasi? Simak pilihannya di sini!

4. Kecamatan Bekasi Utara

Di tempat keempat ada Kecamatan Bekasi Utara yang mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 7%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Bekasi ini berada di kisaran Rp7.954.545 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Bekasi Utara sebagai salah satu area paling prospektif di Bekasi? Simak pilihannya di sini!

5. Kecamatan Jatisampurna

Dan urutan kelima ada Kecamatan Jatisampurna yang merupakan area yang masuk wilayah Tangerang Selatan yang mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 5%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Bekasi ini berada di kisaran Rp10.000.000 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Jatisampurna sebagai salah satu area paling prospektif di Bekasi? Simak pilihannya di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah