Rumah.com menganalisis sejumlah wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran para pencari properti lewat Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021. Konektivitas dan harga diyakini menjadi daya tarik utama, dan hasilnya ditemukan 5 area paling prospektif di Depok di 2021.

Tahun 2020 memang bisa disebut sebagai tahun penuh ujian bagi pasar properti nasional. Dampak terjadinya pandemi, di kuartal kedua 2020 pasar properti nasional sempat mengalami kelesuan di mana harga dan suplai properti juga mengalami penurunan.

Namun berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020, dari sisi harga, secara kuartalan industri properti nasional mulai menunjukan tanda-tanda pemulihan di kuartal ketiga. Meski demikian, minat konsumen, para pencari properti dan investor, memang masih bersifat ‘value for money’.

Sikap para pencari properti saat ini memang masih berhitung dengan situasi terkini, itu sebab mereka mereka memilih properti incaran di sekitar kawasan hunian terpadu atau kawasan hunian yang telah mapan. Konsumen dan investor cenderung menyukai area paling prospektif.

Mau punya rumah dengan harga terjangkau di kawasan Depok dengan harga sekitar Rp200 jutaan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Area paling prospektif di sini adalah area yang konektivitasnya mudah dan dari sisi harga juga jauh lebih murah. Ya, berdasarkan hasil analisis RIPMI Q4 2020konektivitas dan harga memang menjadi daya tarik utama pasar properti di tahun 2021.

Itu sebabnya pencarian properti di kawasan satelit terus meningkat di kondisi ini, khususnya kawasan di wilayah Jabodetabek. Dan Depok yang letaknya bersebelahan dengan Jakarta Selatan, yang fasilitas dan infrastruktur kawasannya cukup lengkap jelas punya potensi besar melahirkan area-area paling prospektif di Depok.

Pencarian Area Paling Prospektif di Depok Naik Signifikan

Pencarian Area Paling Prospektif di Depok Naik Signifikan

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa performa Depok yang cukup mumpuni di masa pandemi ini tentu berkat dukungan area-area paling prospektif di Depok.

Meskipun situasi pasar properti cenderung stagnan, pencarian properti di Jawa Barat pada kuartal ketiga 2020 memang mengalami peningkatan baik secara kuartalan (QoQ) maupun tahunan (YoY).

Kota atau area yang paling banyak dicari di Jawa Barat berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021 memang Bekasi dan Bogor, namun jika menimbang prospek, Depok yang letaknya bersebelahan dengan Jakarta Selatan, jelas prospektif sebagai kawasan hunian.

Berdasarkan RIPMI Q4 2020, pencarian properti di Depok pada kuartal ketiga 2020 mengalami kenaikan yang sangat signifikan, baik secara kuartalan maupun tahunan. Indeks pencarian properti di Depok sampai Q3 2020 secara kuartalan naik sebanyak 81% (QoQ) dan secara tahunan naik cukup tinggi sebanyak 186% (YoY).

Untuk tren indeks harga, wilayah Depok juga menunjukkan performa yang cukup positif dengan terjadinya kenaikan baik secara kuartalan maupun tahunan. Pada kuartal kedua (Q2) 2020 indeks harga Depok ada di angka indeks 128,0, kemudian di kuartal ketiga (Q3) indeksnya menjadi 128,9 atau naik tipis sekitar 1%.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Kenaikannya memang tipis, tapi perlu diingat bahwa pada Q3 2020 pasar properti nasional memang sedang memasuki masa pemulihan. Dan di kuartal keempat (Q4) 2020 angka indeks Depok juga naik lagi menjadi 138,2 yang artinya terjadi kenaikan indeks harga sebanyak 7,2% secara kuartalan (QoQ).

Angka indeks tersebut jika dibandingkan indeks harga Depok di Q4 2019 yang indeksnya 133,3 artinya juga mengalami kenaikan sebanyak 3,7% secara tahunan (YoY). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa performa Depok yang cukup mumpuni di masa pandemi ini tentu berkat dukungan area-area paling prospektif di Depok.

Inilah 5 Area Paling Prospektif di Depok

Inilah 5 Area Paling Prospektif di Depok

Cimanggis dan Sawangan akan menjadi alternatif baru bagi pencari rumah di Depok, yang selama ini selalu berpusat pada kawasan di sekitar Margonda.

Temuan Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021, konektivitas dan harga memang masih menjadi daya tarik utama bagi pasar properti di tahun 2021. Jarak dengan pusat kota tidak lagi menjadi pertimbangan utama selama perjalanannya mudah ditempuh dan bebas macet.

Itu sebabnya, kawasan-kawasan di sekitar kawasan hunian terpadu (planned community), jalan tol baru, dan jalur transportasi massal masih menjadi incaran konsumen properti. Terkait area paling prospektif di Depok, sejumlah wilayah di kawasan ini pun mulai menunjukkan geliatnya.

Perkembangan properti di Depok pada tahun 2021 akan berpusat pada ketiga wilayah ini: Cimanggis, Cinere, dan Sawangan. Lagi-lagi, kehadiran rangkaian jalan tol baru yaitu Cimanggis-Cibitung, Cimanggis-Cinere, dan Cinere-Serpong menjadi penyebabnya.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Cimanggis dan Sawangan akan menjadi alternatif baru bagi pencari rumah di Depok, yang selama ini selalu berpusat pada kawasan di sekitar Margonda. Simak selengkapnya untuk 5 area paling prospektif di Depok berikut Ini:

1. Kecamatan Sawangan

Kecamatan Sawangan mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 36%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Depok ini berada di kisaran Rp9.836.066 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Sawangan sebagai salah satu area paling prospektif di Depok? Simak pilihannya di sini!

2. Kecamatan Cimanggis

Adapun di tempat kedua terdapat  Kecamatan Cimanggis yang juga mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 9%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Depok ini berada di kisaran Rp10.248.804 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Cimanggis sebagai salah satu area paling prospektif di Depok? Simak pilihannya di sini!

3. Kecamatan Limo

Selanjutnya adalah Kecamatan Limo yang mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 4%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Depok ini berada di kisaran Rp9.139.785 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Limo sebagai salah satu area paling prospektif di Depok? Simak pilihannya di sini!

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

4. Kecamatan Beji

Di tempat keempat ada Kecamatan Beji yang mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 5%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Bekasi ini berada di kisaran Rp10.546.875 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Beji sebagai salah satu area paling prospektif di Depok? Simak pilihannya di sini!

5. Kecamatan Cinere

Dan urutan kelima ada Kecamatan Cinere yang mengalami kenaikan indeks harga secara tahunan sebanyak 3%. Sedang untuk harga lahan area paling prospektif di Depok ini berada di kisaran Rp13.333.333 per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Cinere sebagai salah satu area paling prospektif di Depok? Simak pilihannya di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah