Status Bekasi saat ini masih menjadi salah satu kawasan penyangga Jakarta. Kendati demikian diharapkan dalam waktu dekat, Bekasi mampu mengubah status tersebut menjadi kota metropolitan besar. Moda transportasi dan infrastruktur yang memadai pun melatarbelakangi pesona wilayah ini, diikuti dengan masifnya pembangunan proyek perumahan di Bekasi.

Menurut Tren Indeks Harga Properti di Bekasi pada kuartal tiga (Q3) 2020, Bekasi menoreh angka 119,6 yang menjadi raihan tertinggi selama tiga tahun belakangan. Dinamika pasar properti di Kota Patriot ini sangat dinamis, dimana pada saat pandemi yang berlangsung sepanjang akhir Maret – Juni, market tidak mengalami pergolakan dibandingkan saat Covid-19 belum masuk ke Tanah Air.

Pada kuartal kedua (Q2) 2020 indeks harga Bekasi ada di angka indeks 117,2, atau naik tipis sekitar 0,56% dari indeks kuartal satu (Q1) yang 116,5. Meski kenaikannya tak banyak, perlu diingat bahwa pada Q2 2020 sebagian besar kawasan penyuplai properti besar sedang mengalami penurunan indeks harga.

Itu artinya, Bekasi mampu menjaga kestabilan sektor properti termasuk daya beli masyarakat di tengah situasi yang tidak menentu. Beberapa kawasan penyangga lain justru mengalami koreksi harga pada Q2 2020 imbas dari pandemi Covid-19.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Di Q2 2020 indeks harga Bekasi berada di angka  117,2, atau naik tipis sekitar 0,56% dari indeks Q1 yang 116,5.

Di Q2 2020 indeks harga Bekasi berada di angka  117,2, atau naik tipis sekitar 0,56% dari indeks Q1 yang 116,5.

Kemudian di kuartal ketiga (Q3) 2020 angka indeks Bekasi naik lagi menjadi 119,6, yang artinya terjadi kenaikan indeks harga sebanyak 2,1% secara kuartalan (QoQ). Angka indeks ini jika dibandingkan indeks harga Bekasi di Q3 2019 yang 113,9 artinya juga mengalami kenaikan sebanyak 5% secara tahunan (YoY).

Di sisi lain, indeks pencarian properti di Bekasi sampai Q3 2020 secara kuartalan naik sebanyak 115% (QoQ) dan secara tahunan naik cukup tinggi sebanyak 266% (YoY). Untuk tren indeks harga, wilayah Bekasi juga menunjukkan performa yang cukup positif dengan terjadinya kenaikan baik secara kuartalan maupun tahunan.

Data internal Rumah.com turut mencatat bahwa hanya Jawa Barat yang menunjukkan kenaikan harga yang lebih signifikan sebesar 3,34 persen pada Juni 2020. Lebih spesifik, kenaikan harga rumah di Jawa Barat paling besar terjadi di Bekasi yakni mencapai 4,2 persen. Dibandingkan kota penyangga DKI Jakarta lainnya, rata-rata harga properti di Bekasi lebih rendah sehingga punya ruang cukup untuk berkembang bahkan di tengah pandemi ini.

Proyek Perumahan di Bekasi Didukung Masifnya Infrastruktur

Bekasi diburu tidak hanya pengembang lokal, tapi juga pengembang skala nasional. (Grand Wisata Bekasi)

Bekasi diburu tidak hanya pengembang lokal, tapi juga pengembang skala nasional. (Grand Wisata Bekasi)

Transformasi Bekasi bisa dibilang berlalu begitu pesat. Buktinya ditandai dengan pembangunan infrastruktur yang sudah dan masih dilakukan, sedang beberapa diantaranya sudah masuk dalam rencana jangka pendek.

Di wilayah ini sudah dan sedang dibangun Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Light Rail Transit ( LRT), dan Kereta Cepat jakarta-Bandung (KCJB). Bukan sembarang infrastruktur melainkan bagian dari 38 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya dipercepat.

Lantas, apa yang menyebabkan Bekasi menjadi wilayah prioritas dalam pembangunan infrastuktur? Jawabannya adalah karena Bekasi merupakan kontributor mayoritas perekonomian Nasional. Lebih dari 70% di antaranya disumbangkan kawasan Bekasi dari total 60% aktivitas perekonomian Koridor Timur Jakarta.

Perkembangan yang demikian masif, membuat Bekasi saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai penopang Jakarta, melainkan mitra sejajar. Adanya infrastruktur tentu dapat mengurangi tingkat kemacetan yang setiap hari terjadi di jalan-jalan menuju Jakarta, sekaligus sebagai pendorong meningkatnya pergerakan ekonomi Bekasi.

Potensi Bekasi yang memikat kemudian direspon para pengembang untuk menancapkan proyeknya di sana. Alhasil, Bekasi sejak 10 tahun terakhir diincar tidak hanya pengembang lokal, tapi juga pengembang skala nasional. Bekasi pun semakin diminati karena menawarkan kemudahan akses dari dan menuju Jakarta.

Hal ini juga yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk berburu rumah di Bekasi, meski aktivitas sehari-hari berkutat di Jakarta. Moda transportasi yang akspetabel yakni KRL commuterline merupakan tumpuan warga Bekasi untuk lancar beraktivitas, di samping adanya kemudahan akses seperti jalan tol menuju Ibukota dan wilayah lainnya.

5 Proyek Perumahan di Bekasi Paling Diminati Sepanjang 2020

Proyek perumahan di Bekasi paling diminati adalah Grand Galaxy City yang menempati urutan pertama dengan persentase 35,9%.

Proyek perumahan di Bekasi paling diminati adalah Grand Galaxy City yang menempati urutan pertama dengan persentase 35,9%.

Berdasarkan riset internal Rumah.com, ada 5 proyek perumahan di Bekasi paling diminati sepanjang tahun 2020. Di posisi pertama, ada perumahan Grand Galaxy City yang meraih persentase minat 35,9%. Selanjutnya ada Kota Harapan Indah di urutan kedua dengan persentase 24,1%.

Prima Harapan Regency dan Grand Wisata yang ada di nomor tiga dan empat masing-masing mendapat persentase 15,2% dan 12,4%. Terakhir ada Villa Meutia Kirana di urutan terakhir dengan persentase 12,4% sejajar dengan Grand Wisata. Selengkapnya mengenai lima proyek perumahan di Bekasi paling diminati akan diulas di bawah ini.

1. Proyek Perumahan di Bekasi: Grand Galaxy City

Menjadi proyek perumahan di Bekasi paling diminati sepanjang 2020, Grand Galaxy City yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Group berlokasi di Bekasi Selatan. Dengan konsep one stop living, perumahan membangun fasilitas yang membuat kehidupan warganya menjadi lebih mudah, mulai dari fasilitas keamanan, kebersihan lingkungan, kesehatan, kebugaran, pendidikan, gaya hidup, hingga fasilitas ibadah.

Mengadopsi tema taman dunia, Grand Galaxy City yang berdiri di lahan seluas sekitar 60 hektar menawarkan beragam tipe rumah dalam berbagai desain dalam sistem kluster yang tematik, mulai dari tipe 64/100 sampai dengan tipe 233/300.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai proyek perumahan di Bekasi: Grand Galaxy City, klik link berikut ini!

2. Proyek Perumahan di Bekasi: Kota Harapan Indah

Kota Harapan Indah (KHI) merupakan kawasan mandiri dan strategis seluas 2200 hektare di perbatasan timur Jakarta dan Bekasi, yangterus berinovasi terhadap tingginya permintaan hunian. Salah satunya dengan menjadikan Kota Harapan Indah sebagai cyber city.

Konsep cyber city di Kota Harapan Indah yang dikembangkan merupakan kota modern berbasis teknologi informasi, dengan penekanan pada cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang mudah sekaligus cepat. Perumahan ini dalam waktu dekat juga akan dilengkapi fasilitas terbaru yang disediakan Pemerintah Jawa Barat, yakni bus Transjabodetabek rute BekasiJakarta yang dimulai dari Kota Harapan Indah halte gerbang utama, halte Pasar Modern, dan halte Transera Waterpark.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai proyek perumahan di Bekasi: Kota Harapan Indah, klik link berikut ini!

3. Proyek Perumahan di Bekasi: Prima Harapan Regency

Perumahan Prima Harapan Regency dikembangkan oleh PT Bumi Sarana Semesta. Harga rumah luas bangunan 55 meter persegi dipasarkan Rp728 jutaan. Sedangkan luas bangunan 65m2, dijual lebih tinggi sedikit yakni Rp800 jutaan.

Lokasi Prima Harapan Regency berada di Harapan Baru, Bekasi, dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti Halte Busway Summarecon, Stasiun KRL Bekasi, pintu Tol Bekasi Barat, pusat perbelanjaan dan pusat pemerintahan Kota Bekasi.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai proyek perumahan di Bekasi: Prima Harapan Regency, klik link berikut ini!

4. Proyek Perumahan di Bekasi: Grand Wisata

Sebagai kota mandiri terbesar di Bekasi, Grand Wisata merupakan destinasi utama dalam kawasan timur Jakarta. Proyek perumahan di Bekasi ini bisa dijangkau melalui tol Jakarta – Cikampek dan JORR 2. Tak ketinggalan fasilitas LRT yang direncanakan selesai pada 2022.

Soal harga, Grand Wisata menawarkan rumah empat kamar tidur dengan luas bangunan 126m2 di harga Rp2,5 miliaran. Harga tersebut sepadan dengan fasilitas yang diberikan perumahan yakni smart home & CCTV, one gate system double security gates, kolam renang, private club house, serta taman bermain anak.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai proyek perumahan di Bekasi: Grand Wisata, klik link berikut ini!

5. Proyek Perumahan di Bekasi: Villa Meutia Kirana

Villa Meutia Kirana menawarkan sebanyak 350 unit hunian yang berada di lokasi strategis Jalan Raya Cut Mutia, Rawalumbu, Bekasi. Terdiri dari tiga tipe unit yang berbeda, hunian mewah ini memiliki harga yang beragam.

Mulai dari Tipe Tulip dengan luas tanahdan luas bangunan 75/68, tipe Jasmine 90/79, dan tipe Lili 120/150 split level dengan space lahan yang bisa digunakan untuk membangun kolam renang pribadi. Adapun hunian ini dihargai mulai dari Rp 1,3 miliar, Rp 1,6 miliar hingga di atas Rp 2,5 miliar.

Untuk tahu lebih lengkap mengenai proyek perumahan di Bekasi: Villa Meutia Kirana, klik link berikut ini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.