Transformasi Bekasi bisa dibilang berlalu begitu pesat. Buktinya ditandai dengan pembangunan infrastruktur yang sudah dan masih dilakukan, sedang beberapa diantaranya sudah masuk dalam rencana jangka pendek. Kehadiran infrastruktur inipun ikut memicu naiknya performa sejumlah perumahan favorit di Bekasi Timur.

Di wilayah ini sudah dan sedang dibangun Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Light Rail Transit ( LRT), dan Kereta Cepat jakarta-Bandung (KCJB). Bukan sembarang infrastruktur melainkan bagian dari 38 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya dipercepat.

Lantas, apa yang menyebabkan Bekasi menjadi wilayah prioritas dalam pembangunan infrastuktur? Jawabannya adalah karena Bekasi merupakan kontributor mayoritas perekonomian Nasional. Lebih dari 70% di antaranya disumbangkan kawasan Bekasi dari total 60% aktivitas perekonomian Koridor Timur Jakarta.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Perkembangan yang demikian masif, membuat Bekasi saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai penopang Jakarta, melainkan mitra sejajar. Adanya infrastruktur tentu dapat mengurangi tingkat kemacetan yang setiap hari terjadi di jalan-jalan menuju Jakarta, sekaligus sebagai pendorong meningkatnya pergerakan ekonomi Bekasi.

Potensi Bekasi yang memikat kemudian direspon para pengembang untuk menancapkan proyeknya di sana. Alhasil, Bekasi sejak 10 tahun terakhir diincar tidak hanya pengembang lokal, tapi juga pengembang skala nasional. Bekasi pun semakin diminati karena menawarkan kemudahan akses dari dan menuju Jakarta.

Hal ini juga yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk berburu rumah di Bekasi, meski aktivitas sehari-hari berkutat di Jakarta, tak heran banyak perumahan favorit di Bekasi Timur.

Moda transportasi yang bisa diandalkan seperti KRL commuterline merupakan tumpuan warga Bekasi untuk lancar beraktivitas, di samping adanya kemudahan akses seperti jalan tol menuju Ibukota dan wilayah lainnya.

Lantas seperti apa tren properti di segmen rumah untuk area Bekasi? Berikut catatannya seperti yang dirangkum Rumah.com.

Indeks suplai rumah di Bekasi meningkat 86,6% secara Year on Year.

Indeks suplai rumah di Bekasi meningkat 86,6% secara Year on Year.

Secara tahunan atau Year on Year/YoY, indeks suplai rumah di Bekasi pada Q1 2021 naik drastis sebanyak 86,6 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya atau Q1 2020. Dimana pada kuartal tersebut, indeks hanya mampu tumbuh 96,7 sementara di Q1 2021 indeks sukses mencapai grafik tertinggi dengan 180,5.

Kenaikan juga terjadi secara kuartalan alias Quarter on Quarter/QoQ dengan persentase 3,9%. Pada Q4 2020, indeks berhasil tumbuh di angka 173,3 dan naik menjadi 180,5 pada Q1 2020. Selanjutnya, bagaimana dari tren indeks harga?

Tren harga rumah di Bekasi naik konsisten dari kuartal ke kuartal dalam satu tahun terakhir.

Tren harga rumah di Bekasi naik konsisten dari kuartal ke kuartal dalam satu tahun terakhir.

Jika diamati, indeks harga rumah di Bekasi hampir naik secara persisten dari kuartal ke kuartal. Ini menandakan bahwa pergerakan pangsa perumahan berada dalam kondisi stabil. Pada Q1 2021, indeks harga rumah di Bekasi berada pada posisi teratas selama empat tahun terakhir.

Secara kuartalan, indeks harga rumah di Q1 2021 naik 0,8 persen dibandingkan kuartal sebelumnya atau Q4 2020. Sementara secara tahunan, indeks tumbuh positif sebanyak 4,8 persen. Dimana pada Q1 2020, indeks mencatatkan angka  117,1 dan naik menjadi 122,7 di Q1 2021.

Perumahan Favorit di Bekasi Timur: Bagaimana Tren Kawasannya?

Perumahan Favorit di Bekasi Timur: Bagaimana Tren Kawasannya?

Indeks harga pada Q1 2021 terkoreksi sebanyak -0,06% secara kuartalan.

Secara luas, indeks harga dan suplai rumah di Bekasi Timur terpantau tumbuh positif dalam beberapa kuartal terakhir. Kendati demikian, secara spesifik untuk kawasan Bekasi Timur terjadi koreksi baik dari sisi suplai maupun harga.

Berdasarkan grafik di atas, indeks harga rumah di Bekasi Timur pada Q1 2021 mengalami stagnasi dibandingkan kuartal sebelumnya atau Q4 2020. Penurunan terjadi dalam persentase tipis yakni 0,06% dari 117,9 menjadi 117,8.

Setelah sempat menguat tajam di Q4 2020, indeks suplai rumah di Bekasi Timur turun pada Q1 2021.

Setelah sempat menguat tajam di Q4 2020, indeks suplai rumah di Bekasi Timur turun pada Q1 2021.

Di lain sisi, tren suplai rumah di Bekasi Timur juga mengalami koreksi indeks pada Q1 2021. Padahal di kuartal sebelumnya (QoQ) atau Q4 2020, indeks berada dalam posisi terkuat sepanjang empat tahun terakhir. Di kuartal tersebut, indeks berada di angka 231,7. Sementara pada Q1 2021, indeks menurun ke angka 195,2.

Inilah yang menyebabkan secara kuartalan tren terkoreksi sebanyak -15,7 persen. Namun demikian, secara tahunan (YoY), indeks mengalami penguatan signifikan dengan raihan 50,2 persen. Pasalnya, di kuartal yang sama tahun sebelumnya alias Q1 2020, indeks tumbuh di angka 130.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Tren Pencarian Perumahan Favorit di Bekasi Timur

Tren Pencarian Perumahan Favorit di Bekasi Timur

Pada Maret dan April 2021, tren pencarian rumah di Bekasi Timur menurun. Apa sebabnya?

Rumah.com juga memantau tren pencarian rumah di Bekasi Timur sepanjang satu tahun terakhir, dari Mei 2020 hingga April 2021. Jika dicermati dalam grafik di atas, terjadi gejolak yang naik turun khususnya pada bulan-bulan tertentu.

Pada bulan Maret dan April 2021, tren pencarian mengalami penurunan yang diyakini merupakan imbas dari fokus masyarakat terhadap persiapan Ramadan dan Idul Fitri. Indeks pada masing-masing bulan tersebut adalah 339,2 dan 378,4.

Sementara pada Februari 2021, tren pencarian mencapai indeks tertinggi yakni 234,9. Februari menjadi momen pemulihan dimana keingingan masyarakat untuk kembali mencari rumah mulai menguat, pasca di tiga bulan terakhir terpantau lesu. Soal rumah yang disasar masyarakat di area favorit di Bekasi Timur, harga berapakah yang paling banyak peminatnya?

Tren Pencarian Harga Rumah di Bekasi Timur Mei 2020 - April 2021

Menurut pantauan Rumah.com, sebanyak 51,35 persen masyarakat mengincar rumah dengan harga kisaran Rp300 juta sampai Rp750 juta. Dengan bujet sebesar itu, tentu masih mudah menemukan pilihannya di area favorit di Bekasi Timur.

Sedangkan untuk rumah dengan harga kurang dari Rp300 juta, peminatnya mencapai 22,45 persen. Hal tersebut masuk akal, pasalnya harga rumah di area favorit di Bekasi Timur memang sudah relatif tinggi. Lalu, apa saja rekomendasi rumahnya?

1. Perumahan Favorit di Bekasi Timur: Cluster Tamansari, Harga di Bawah Rp300 Juta

Jika mengincar perumahan yang berada di area favorit di Bekasi Timur dengan harga terjangkau atau kurang dari Rp300 juta, maka rekomendasinya adalah Cluster Tamansari yang terletak di Kecamatan Setu. Ditawarkan dengan harga Rp285 juta, hunian ini ideal bagi keluarga muda yang turut mempertimbangkan rumah sebagai investasi masa depan.

2. Perumahan Favorit di Bekasi Timur Undagi Residence, Harga Rp300 – Rp750 Juta

Undagi Residence menghadirkan rumah dengan harga ekonomis namun desain berkualitas standar Jepang. Lokasi perumahannya cukup dekat dengan Kawasan Industri MM2100 dan Klapanunggal, serta hanya berjarak 1km dari pintu keluar Tol Setu Bekasi.

Rumah seluas 72m2 dipasarkan senilai Rp460 juta, dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Fasilitas perumahan yang disediakan untuk penghuni diantaranya one gate system dan keamanan 24 jam, taman utama, serta musala.

3. Perumahan Favorit di Bekasi Timur: De Garden Bekasi, Harga Rp300 – Rp750 Juta

Untuk perumahan di area favorit di Bekasi Timur dengan rentang harga Rp300 juta sampai Rp750 juta, salah satu pilihannya adalah De Garden. Berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektare, fasilitas yang tersedia di hunian harga Rp600 jutaan ini meliputi sarana ibadah, taman bermain, sarana olahraga, serta CCTV 24 jam.

4. Perumahan Favorit di Bekasi Timur: Grand Wisata Bekasi, Harga Rp750 Juta – Rp1 Miliar

Sebagai kota mandiri terbesar di Bekasi, Grand Wisata merupakan destinasi utama dalam kawasan timur Jakarta. Proyek perumahan di Bekasi ini bisa dijangkau melalui tol Jakarta – Cikampek dan JORR 2. Tak ketinggalan fasilitas LRT yang direncanakan selesai pada 2022.

Soal harga, Grand Wisata masih menyimpan rumah tiga kamar tidur dengan luas bangunan 60m2 di harga Rp900 juta. Harga tersebut sepadan dengan fasilitas yang diberikan perumahan yakni smart home & CCTV, one gate system double security gates, kolam renang, private club house, serta taman bermain anak.

5. Perumahan Favorit di Bekasi Timur: Springville Residence, Harga Rp1 Miliar – Rp1,5 Miliar

Sementara bagi masyakarat yang mencari hunian seharga Rp1 miliaran di area favorit di Bekasi Timur, Springville Residence mungkin bisa jadi opsinya. Lokasinya cukup strategis, itu sebabnya rumah dua kamar tidur dengan luas bangunan rumah 90m2 dibanderol premium yakni Rp1,25 miliar.

6. Perumahan Favorit di Bekasi Timur: Villa Meutia Kirana, Harga Rp1,5 Miliar – Rp4 Miliar

Villa Meutia Kirana menawarkan sebanyak 350 unit hunian yang berada di lokasi strategis Jalan Raya Cut Mutia, Rawalumbu, Bekasi. Terdiri dari tiga tipe unit yang berbeda, hunian mewah ini memiliki harga yang beragam.

Mulai dari Tipe Tulip dengan luas tanahdan luas bangunan 75/68, tipe Jasmine 90/79, dan tipe Lili 120/150 split level dengan space lahan yang bisa digunakan untuk membangun kolam renang pribadi. Adapun hunian ini dihargai mulai dari Rp 1,3 miliar, Rp 1,6 miliar hingga di atas Rp 2,5 miliar.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah