Kemacetan yang luar biasa, kawasan yang gersang dan berhawa panas, hingga infrastruktur yang buruk, dulu sempat jadi stigma negatif Bekasi hingga kawasan ini sempat dibully. Tapi sekarang siapa yang berani bully jika ternyata Bekasi kini punya 7 fakta unik yang bikin iri.

Masih ingat label “Planet Bekasi” yang sempat viral beberapa waktu? Olok-olok yang mendiskreditkan kawasan ini bahkan kini nyaris tak terdengar lagi. Apa pasal? Masifnya pembangunan infrastruktur dan dibangunnya sejumlah fasilitas keren di Bekasi belakangan ini sukses membalik keadaan.

Cari rumah dengan 3 kamar tidur di kawasan Bekasi dengan harga di bawah Rp1 M? Cek aneka pilihan rumahnya di sini!

Kota mana di Indonesia yang pertama kali turun “salju” kalau bukan Bekasi lewat Trans Snow World-nya? Itu baru satu, faktanya masih banyak lagi. Penasaran? Simak 7 fakta unik Bekasi yang bikin Bekasi tidak lagi dibully berikut ini:

1. Fakta Unik Bekasi: Punya Flyover Paling Keren Se-Indonesia

Fakta Unik Bekasi: Punya Flyover Paling Indah Se-Indonesia

Flyover sepanjang 1 kilometer dengan lebar 22 meter dan memiliki empat jalur jalan ini mengadopsi teknologi konstruksi yang sangat canggih.

Flyover KH Noer Ali Summarrecon Bekasi ini punya peranan penting bagi perkembangan kawasan ini. Asal tahu saja, tanpa flyover ini untuk mencapai Kota Summarecon Bekasi maka harus lewat Jalan Perjuangan yang penuh perjuangan karena sangat macet.

Flyover yang jadi ikon Bekasi ini melintas di atas jalur kereta api dengan bentang jembatan sepanjang 130 meter. Dan yang menarik, flyover ini dibangun tanpa tiang penyangga dan merupakan salah satu jembatan dengan bentang terpanjang di Indonesia.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Maklum, jembatan yang dirancang gagah dan terlihat indah ini menelan biaya hingga Rp200 miliar. Flyover sepanjang 1 kilometer dengan lebar 22 meter dan memiliki empat jalur jalan ini mengadopsi teknologi konstruksi yang sangat canggih, “Balanced Cantilever”.

2. Fakta Unik Bekasi: Punya Stadion Terbesar Se-Jabodetabek

Fakta Unik Bekasi: Punya Stadion Terbesar Se-Jabodetabek

Untuk bujet renovasinya saja stadion yang terletak di Jl. KH. Noer Ali, Kota Bekasi ini menelan biaya hingga Rp 234 miliar.

Dengan catatan: jangan dibandingkan dengan Gelora Bung Karno, Senayan. Stadion Patriot Chandrabhaga kota Bekasi ini mampu menampung sebanyak 30 ribu orang penonton. Terbilang sangat megah jika dibandingkan sejumlah wilayah penopang Jakarta lainnya.

Kapasitas tampung penontonnya paling besar daripada stadion yang dimiliki kota Bogor, Depok, Serpong atau Tangerang. Untuk bujet renovasinya saja stadion yang terletak di Jl. KH. Noer Ali, Kota Bekasi ini menelan biaya hingga Rp234 miliar.

3. Fakta Unik Bekasi: Punya Kawasan Industri Paling Banyak

Fakta Unik Bekasi: Punya Kawasan Industri Paling Banyak

Apartemen, hotel, pusat belanja, hingga pendidikan juga ada di dalam kawasan industrial ini.

Tak tanggung-tanggung, ada terdapat 8 kawasan industri di kawasan ini, baik di wilayah Kota Bekasi maupun Kabupaten Bekasi (Cikarang). Dan semua kawasan industri ini dibangun dengan konsep industrial estate, kota mandiri dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Tertarik membeli rumah baru di kawasan Bekasi? Biar tidak menyesal, ketahui plus minusnya lewat review properti yang disajikan secara jujur dan independen oleh pakar properti kami. Cek pilihan huniannya di sini!

Ya, di kawasan industri ini ada banyak kawasan hunian yang dikembangkan oleh banyak pengembang besar seperti Jababeka, Lippo Cikarang, Sinar Mas Land, dan lain-lain. Bukan cuma itu, apartemen, hotel, pusat belanja, hingga pendidikan juga ada di dalam kawasan industrial ini.

4. Fakta Unik Bekasi: Kawasan Paling Banyak di Huni Ekspatriat

Fakta Unik Bekasi: Kawasan Paling Banyak di Huni Ekspatriat

Ada lebih dari 700 ribu orang yang setiap hari bekerja di 4 ribu perusahaan lokal dan asing di kawasan ini.

Sebagai daerah yang punya kawasan industri paling banyak,Bekasi juga menjadi kawasan yang paling banyak dihuni ekspatriat. Jadi ada lebih dari 700 ribu orang yang setiap hari bekerja di 4 ribu perusahaan lokal dan asing di kawasan ini. Dan 21 ribu orang di antaranya adalah ekspatriat.

5. Fakta Unik Bekasi: Punya Monorel Sendiri

Fakta Unik Bekasi: Punya Monorel Sendiri

Jalur monorel ini nantinya juga akan terkoneksi dengan monorel Kota Bekasi yang juga akan terhubung dengan monorel Jakarta-Bekasi.

Jakarta boleh bangga dengan MRT, tapi Bekasi juga punya monorel sendiri. Ya, Pemerintahan Kabupaten Bekasi bersama dengan Japan Transportation Planning Association (JTPA) tengah menyiapkan pembangunan monorel.

Rutenya dari Stasiun Cikarang menuju Kawasan Industri Jababeka, EJIP, MM2100, Lippo Cikarang, Deltamas, hingga Cikarang Pusat. Jalur monorel ini nantinya juga akan terkoneksi dengan monorel Kota Bekasi yang juga akan terhubung dengan monorel Jakarta-Bekasi.

6. Fakta Unik Bekasi: Punya Mall Paling Ramai Se-Indonesia

Fakta Unik Bekasi: Punya Mall Paling Ramai Se-Indonesia

Coba datangi Mal Metropolitan Bekasi di akhir pekan antara pukul 10 pagi sampai 12 siang.

Depok boleh saja mengklaim punya banyak mall yang berjejer di sepanjang Jalan Margonda, tapi apakah pengunjungnya seramai mall di Bekasi yang satu ini? Buktikan sendiri. Datangi Mal Metropolitan Bekasi di akhir pekan antara pukul 10 pagi sampai 12 siang.

Berani taruhan Anda tidak akan mendapatkan tempat parkir, baik di halaman mal, basement, parkiran gedung, maupun parkiran tambahan yang sengaja disiapkan di sepanjang Kalimalang.

7. Fakta Unik Bekasi: Tak Kalah Saing dari Alam Sutera

Fakta Unik Bekasi: Tak Kalah Saing dari Alam Sutera

Courts hadir di kawasan Kota Harapan Indah, Bekasi.

Satu lagi. Alam Sutera juga boleh bangga punya IKEA tapi Bekasi juga punya Courts Megastore pertama di Indonesia. Courts hadir di kawasan Kota Harapan Indah, Bekasi. Dengan begitu artinya pihak Courts juga meyakini prospek positif perkembangan masa depan Bekasi nanti.

Itulah 7 fakta unik Bekasi yang Bikin Bekasi Tidak Lagi Dibully. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah