Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah terbesar kedua di Pulau Jawa setelah Jawa Timur. Perkembangan wilayahnya sangat pesat, lengkap dengan berbagai fasilitas penting yang difavoritkan salah satunya fasilitas pendidikan. Tak ayal jika universitas di Jawa Barat berada di peringkat atas dari daftar universitas terbaik di Indonesia. 

Luas wilayah Jawa Barat sendiri adalah 35.377,76 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 49,93 juta jiwa, merupakan yang terbanyak di Indonesia. Wilayahnya terdiri dari 18 kabupaten, 9 kotamadya, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa.

9 kotamadya yang berada di Jawa Barat yaitu Bandung, Banjar, Bekasi, Depok, Bogor, Cimahi, Cirebon, Sukabumi, Tasikmalaya. Dan yang memiliki tingkat pertumbuhan urbanisasi terpesat berada di JABODETABEK (sekitar Jakarta), belum lagi ditambah para pelajar yang berasal dari luar Jawa Barat.  

Dengan luas cakupan wilayah yang cukup besar, fasilitas pendidikan khususnya universitas di Jawa Barat banyak berada di deretan 30 besar daftar universitas terbaik di Indonesia yang dilansir oleh 4 International College & Universities (4ICU) UniRank, sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur ranking perguruan tinggi.

Dari 24 perguruan tinggi negeri dan 59 perguruan tinggi swasta yang tersebar di Jawa Barat, kami rangkum 9 universitas di Jawa Barat yang paling banyak peminatnya dan telah menelurkan banyak nama besar sebagai almamaternya.

Universitas di Jawa Barat: Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Universitas di Jawa Barat: Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Pada awal abad ke-20 di Bogor, universitas di jawa Barat IPB adalah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang secara historis merupakan bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan. (ipb.ac.id)

Bagi kalangan pelajar, berhasil masuk PTN merupakan sebuah kebanggaan. Apalagi kualitas PTN di Indonesia memiliki standard yang baik sehingga menjadi alasan utama mereka berlomba-lomba untuk masuk PTN.

Dan bagi para penduduk Jawa Barat, berbahagialah karena universitas di Jawa Barat banyak yang menjadi favorit dan diincar oleh para pelajar, bahkan dari seluruh Indonesia!

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di sekitar Jakarta atau BODETABEK

  1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus utama UI terletak di bagian utara dari Depok, Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan antara Depok dengan Jakarta Selatan.UI juga memiliki kampus lain di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

UI sendiri merupakan salah satu dari tiga PTN papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah mada (Yogyakarta) dan Universitas Airlangga (Surabaya). Kampus yang terkenal dengan jaket kuningnya ini sangat terbuka, multibudaya, dan humanis, dengan disiplin ilmu yang luas.

Menempati lahan dengan luas mencapai 320 hektar, salah satu universitas di Jawa Barat ini sangat hijau. Hanya 25% lahan digunakan untuk sarana akademik dan kemahasiswaan dan sisanya berwujud hutan kota dengan 6 danau alam di dalamnya!

Menjadi mahasiswa UI dijamin menyenangkan dan mudah mencari sumber data karena memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2 yang terdiri dari 8 lantai. Memiliki daya tampung hingga 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan serta memiliki hingga 5 juta judul buku.

Perpustakaan yang dirancang dengan konsep sustainable building ini menggunakan solar energy dan di dalam areanya dilarang menggunakan plastik, bebas asap rokok, serta hemat kertas, listrik, dan air.

Cikal bakal berdirinya UI adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (tahun 1849) agar dapat menghasilkan asisten dokter tambahan dengan gelar Dokter Jawa. Dan secara resmi  UI memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950.

Universitas di Jawa Barat ini telah banyak melahirkan tenaga ahli yang pakar di bidangnya, sebut saja Sri Mulyani, Megawati Soekarnoputri, Najwa Shihab, sutradara Garin Nugroho, hingga selebriti seperti Dian Sastro, Nicholas Saputra, Rossa, juga komposer Erwin Gutawa, dan masih banyak lagi. 

Lokasi: Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Tengah mencari hunian apartemen atau rumah tapak di Depok sebagai sarana berinvestasi? Cek rekomendasinya di sini!

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan universitas di Jawa Barat yang berlokasi di jalan raya Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain kampus yang berada di Dramaga, juga ada 4 kampus lainnya yaitu di Baranangsiang, Gunung Gede, Cilibende, dan Taman Kencana.

Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada 1 September 1963 itulah Presiden Ir. Soekarno meletakkan batu pertama pembangunan kampus yang menandai resminya IPB sebagai perguruan tinggi yang mandiri.

Pada awal abad ke-20 di Bogor, IPB adalah lembaga pendidikan tinggi pertanian yang secara historis merupakan bentukan dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan.

Kelima kampus di salah satu universitas di Jawa Barat ini memiliki luas lahan yang variatif, mulai dari yang terkecil yaitu Kampus Cilibende 15.034 m2 hingga yang terbesar yaitu kampus pusat seluas 2.670.000 m2.

Siapa saja lulusannya? Mulai dari Zumi Zola, Marissa Haque, Felix Siauw, Adhyaksa Dault, sastrawan Marah Roesli, Tri Mumpuni, Chand Parwez Servia, hingga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Lokasi: Jl. Raya Dramaga, Babakan, Kec. Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Barat

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB adalah sebuah PTN yang berkedudukan di Kota Bandung, Jawa Barat yang diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Karena keterbatasan lahan, maka pada sekitar tahun 2010 ditetapkanlah kebijakan ITB multikampus, dengan istilah On-G campuss dan Off-G campuss.

Istilah On-G campuss merujuk pada Kampus ITB Ganesha (pusat), dan Off-G campuss adalah Kampus ITB Jatinangor. ITB juga memiliki sebuah galeri seni, Galeri Soemardja, fasilitas olahraga, Campus Center, dan dekat dengan Masjid Salman.

Beberapa fasilitas pendukung aktivitas akademik lainnya di antaranya Perpustakaan Pusat, sarana olahraga Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), hingga Observatorium Bosscha yang terletak 11 km di sebelah utara Bandung.

Sejarah ITB sendiri bermula sejak awal abad ke-20 dengan tujuan awal pendirian lembaga pendidikan tinggi atas prakarsa penguasa untuk memenuhi tenaga teknik yang semakin sulit karena terganggunya hubungan antara Belanda dan jajahannya di wilayah Nusantara akibat pecahnya Perang Dunia I.

Kampus utama salah satu universitas di Jawa Barat saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda.

Dalam sejarahnya, proses penerimaan mahasiswa di ITB tergolong yang paling selektif, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di dunia! Bahkan pada tahun 2000 pada survei Asiaweek mencatat bahwa seleksi penerimaan mahasiswa ITB menduduki ranking pertama di Asia.

Kampus ITB merupakan tempat Presiden RI pertama Ir. Soekarno meraih gelar insinyurnya dalam bidang teknik Sipil. Selain itu deretan nama alumni lainnya ada Ridwan kamil, Hatta Rajasa, Aburizal Bakrie, Ciputra, hingga banyak pegiat seni lulusan ITB salah satunya sutradara Joko Anwar.

Lokasi: Jl. Ganesa No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD)

UNPAD merupakan PTN yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, dengan kampus utamanya yang berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Secara resmi didirikan pada tanggal 24 September 1957.

PTN ini memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung, dan Kampus Jatinangor, Sumedang. Kemudian ada dua Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU), yaitu Kampus PSDKU Pangandaran dan Kampus PSDKU Garut.

PTN ini didirikan atas prakarsa para pemuka masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya perguruan tinggi tempat pemuda-pemudi Jawa Barat memperoleh pendidikan tinggi guna mempersiapkan pemimpin masa depan.

Jika pada awal berdirinya hanya memiliki 4 fakultas, saat ini telah berkembang menjadi 16 fakultas dan program pascasarjana. Dahulu tokoh masyarakat Jawa Barat menilai ITB tidak cukup memadai dalam menampung generasi muda Jawa Barat.

Dinilainya ITB sudah merupakan perguruan tinggi nasional, walau kini UNPAD juga menjadi tujuan bagi pelajar di seluruh nusantara. Dan menjadi salah satu universitas di Jawa Barat yang cukup bergengsi.

Situasi politik dan keamanan di era Perang Kemerdekaan  (1945-1949) yang tidak kondusif membuat keinginan mendirikan perguruan tinggi atau universitas di Jawa Barat terhambat.

Namun tekad para tokoh masyarakat semakin bulat, apalagi setelah diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Bandung. Yang menandai kebangkitan masyarakat cendekia di Jawa Barat.

Dan hingga kini UNPAD telah banyak melahirkan tokoh-tokoh penting di antaranya pendakwah AA Gym, politisi Dede Yusuf, Airin Rachmi Diany, pengacara Hotman Paris, Ruhut Sitompul, O.C Kaligis, hingga komposer Yovie Widianto.

Lokasi: Hegarmanah, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI merupakan salah satu universitas di Jawa Barat yang berstatus negeri. Dahulu sering kita kenal dengan sebutan IKIP, dan berubah menjadi UPI pada 7 Oktober 1999.

Pada awal didirikannya, yaitu pada tahun 1954 di Bandung, namanya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa.

Kesadaran akan upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa pada saat itu dinilai penting dalam mengisi kemerdekaan. Saat itu Indonesia yang baru merdeka sangat haus akan pendidikan. Maka perlu disiapkan guru yang bermutu dan bisa meningkatkan kualitas pendidikan masyarakatnya.

UPI menganut sistem multikampus, dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Kampus utama universitas di Jawa Barat ini ada di Bandung, kampus lainnya di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

Jika ingin menjadi tenaga pendidik, kuliah di UPI sangat tepat. Di sini skill mengajar atau mendidik sangat diutamakan melalui pembelajaran  di kampus ini. Tak hanya dari segi teori, namun juga dalam praktik dan kerja nyata.

Lokasi: Jl. Dr Setiabudhi No 229, Bandung, Jawa Barat.

Tengah mencari hunian apartemen atau rumah tapak di Bandung sebagai sarana berinvestasi? Cek rekomendasinya di sini!

Universitas di Jawa Barat: Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Universitas di Jawa Barat: Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Satu lagi universitas di Jawa Barat yang berstatus swasta dan menjadi incaran pelajar yang memasuki jenjang perguruan tinggi, yaitu UNPAR yang kampus utamanya berada di jalan Ciumbuleuit, Bandung. (unpar.ac.id)

Dengan banyaknya universitas di Jawa Barat yang berstatus swasta, yaitu sekitar 59 PTS yang tercatat, maka persaingan dalam memenuhi standard kualitas dari masing-masing universitas pun terus-menerus ditingkatkan.

Tentu saja yang menjadi alasan utama dalam memilih PTS karena kesempatan diterimanya lebih besar karena kuotanya tentu lebih banyak jika dibandingkan di PTN. Sehingga peluang untuk meneruskan pendidikan di jenjang universitas pun lebih terbuka.

Tak perlu khawatir jika belum berhasil masuk di PTN yang diimpikan, karena para lulusan PTS swasta berikut ini pun terbukti sukses dan bangga menjadi lulusan dari universitas di Jawa Barat unggulan yang berstatus swasta.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di sekitar Jakarta atau BODETABEK

  1. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (UG) atau biasa disebut Gunadarma, adalah salah satu universitas di Jawa Barat berstatus swasta. Kampus utamanya berada di Kota Depok, Jawa Barat.

Awalnya, tahun 1981, bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK), 4 tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). 6 tahun setelah itu berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).

Dalam perjalanan transformasinya, pada tahun 1996 universitas di Jawa Barat ini diresmikan menjadi Universitas Gunadarma. Keberadaan dan perkembangan Universitas Gunadarma hingga saat ini merupakan keberhasilan dari penerapan prinsip otonomi perguruan tinggi tingkat institusi.

Kampus yang pusatnya terletak di Kota Depok ini memiliki segudang penghargaan yang diterimanya sebagai kampus dengan jurusan ilmu komputer terbaik.

Alasan lain mengapa banyak yang ingin kuliah di salah satu universitas di Jawa Barat ini adalah akses kampus yang mudah karena tergolong dekat dengan Jakarta juga dekat dengan Bogor. Dengan commuter line sangat mudah dicapai.

Sebagai kampus swasta, Gunadarma degan segudang fasilitas serta berkualitas, biayanya tergolong terjangkau. Dengan SKS yang dipukul rata, yaitu Rp150.000 per SKS.

Gunadarma juga telah mendapat akreditasi A, yang menunjukkan bahwa universitas di Jawa Barat ini adalah salah satu universitas swasta terbaik yang patut dijadikan pertimbangan masyarakat.

Lokasi: JL. Akses UI, Pasir Gn. Sel., Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

  1. Universitas Presiden

Universitas di Jawa Barat berstatus swasta yang tergolong baru namun banyak peminatnya ini terletak di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, Jawa Barat.

Cikal bakal berdirinya Universitas Presiden ini bermula pada tahun 2001 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik Cikarang, dan diresmikan menjadi Universitas Presiden pada tahun 2004.

Bagi para siswa disediakan kompleks asrama yang tidak jauh dari kampus. Kompleks asrama Academia terdiri dari Student Boarding House dan Student Pavillion. Jika unit rumah dihuni oleh 4 orang, maka paviliun merupakan bangunan 2 lantai dengan 5 kamar di lantai dasar serta 6 kamar di lantai atas.

Universitas di Jawa Barat yang tergolong baru ini telah terakreditasi A. Dan dilengkapi dengan kurikulum standar internasional, lingkungan berbahasa Inggris, berbagai kegiatan ekstrakurikuler, komunitas multinasional, serta program magang selama maksimum 2 semester bagi semua mahasiswa.

Fasilitas dan ekstrakurikuler yang disediakan juga sangat beragam, mulai dari President Executive Club, Jababeka Golf & Country Club, Olympic Swimming Pool, lapangan tenis, lapangan basket, perpustakaan, laboratorium, serta memiliki auditorium dan convention center.

Saat ini Universitas Presiden telah menandatangani perjanjian dengan 45 universita dan institusi dari 17 negara di seluruh dunia untuk mendukung mahasiswa dan anggota fakultas yang beragam.

Menurut kutipan dari Dr. Agus H.Carny, M.A, M.Sc selaku Wakil Rektor untuk Student dan Alumni Affairs kepada kumparan.com, setiap tahun Universitas Presiden menyediakan beasiswa senilai Rp65 milyar kepada 1.400 lulusan SMA/SMK. Rata-rata penerima beasiswa jalur prestasi ini mendapatkan biaya kuliah sebesar Rp220 juta.

Lokasi: Jababeka Education Park, Jl. Ki Hajar Dewantara, Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Tengah mencari hunian apartemen atau rumah tapak di Bekasi sebagai sarana berinvestasi? Cek rekomendasinya di sini!

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Barat

  1. Universitas Telkom (Tel-U)

Salah satu universitas di Jawa Barat berstatus negeri yang menjadi favorit adalah Universitas Telkom yang disingkat Tel-U. Terletak di Bandung, Jawa Barat tepatnya di kawasan Bandung Technoplex, serta kampus lainnya di kompleks perkantoran PT. Telkom.

Tel-U sendiri merupakan penggabungan dari 4 institusi yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Sementara IT Telkom sendiri dulunya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom), dan IM Telkom dulunya adalah Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom). Keduanya merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan pendidikan di bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Dulunya, kawasan kampus Tel-U adalah stasiun pemancar radio tertua kedua di Indonesia milik Pemerintah Kolonial Belanda, yang turut mengumandangkan berita Proklamasi kemerdekaan NKRI di tahun 1945.

Kini, dengan komitmen untuk membangun kampus hijau, Plaza Tel-U memiliki sistem pengelolaan lingkungan hijau dan sumber daya air. Kuliah di sini akan melihat pemandanngan hutan kampus dan danau resapan, lengkap dengan jogging track sebagai ruang publik terbuka.

Tel-U juga menyediakan kebutuhan transportasi ‘bis biru’ yang berangkat dari Gegerkalong ke BT-Plex. Tentunya fasilitas ini akan memudahkan para pelajar yang berdomisili di area Bandung.

Lokasi: Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan BuahbatuBojongsoang, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat.

  1. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Satu lagi universitas di Jawa Barat yang berstatus swasta dan menjadi incaran pelajar yang memasuki jenjang perguruan tinggi, yaitu UNPAR yang kampus utamanya berada di jalan Ciumbuleuit, Bandung.

Universitas Katolik Parahyangan ini didirikan pada tahun 1955 oleh pimpinan Gereja Katolik di Jawa Barat yaitu Uskup Bandung Pierre Marin Arntz, O.S.C, dan Uskup Bogor Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, O.F.M sebagai jawaban atas kurangnya ahli berpendidikan tinggi untuk membangun Indonesia pasca Perang Kemerdekaan.

Awal didirikannya menggunakan nama Akademi Perniagaan, kemudian statusnya ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan, dan baru pada tahun 1958 menjadi Perguruan Tinggi katolik Parahyangan.

Untuk masuk menjadi mahasiswa UNPAR harus melalui mekanisme seleksi dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Setiap tahunnya Unpar hanya menerima sekitar 2.500 siswa dari sekitar 10.000 lebih pendaftar.

Fakultas Hukum menempati urutan jurusan favorit di UNPAR sementara menurut survei yang dilakukan Tempo pada tahun 2010 jurusan Arsitektur UNPAR merupakan yang terbaik di Indonesia.

Sementara itu program studi Hubungan Internasional UNPAR merupakan salah satu pionir di Indonesia untuk Model United Nations. Sebuah simulasi sidang PBB untuk pelajar dan mahasiswa.

Universitas di Jawa Barat yang cukup bergengsi ini memiliki 4 kampus yang tersebar di Kota Bandung, yaitu Kampus Merdeka, Kampus Ciumbuleuit, Kampus Nias, dan Kampus Aceh.

Sebagai universitas di Jawa Barat berstatus swasta yang pertama di Bandung, reputasi UNPAR tak perlu diragukan lagi. Selain fasilitasnya lengkap, banyak penghargaan yang telah diraih oleh UNPAR.

Deretan nama penting yang tercatat sebagai lulusan UNPAR di antaranya adalah Marzuki Darusman, Ratu Atut Chasanah, Marco Kusumawijaya, Dewi Lestari, Tulus, Ariel, dan sederet nama terkenal lainnya.

Lokasi: Jl. Ciumbuleuit No.94, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bagi para pemburu properti di kawasan Jawa Barat, banyak pilihan universitas di Jawa Barat yang akan menjamin masa depan anak-anak Anda cerah. Simak terus informasi yang ada di Rumah.com seputar sekolah-sekolah terbaik yang berada di sekitar kawasan hunian Anda.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah