Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Parung mampu menarik perhatian para pencari hunian dan pengembang besar. Pasalnya, kecamatan yang berada di Bogor ini diprediksi dalam kurun waktu 5 tahun menjelma sebagai sunrise property. Apalagi akses Parung dipermudah dengan adanya pembangunan infrastruktur, jalur kereta api, dan jalan tol.

Fenomena tersebut tidak lain diakibatkan karena semakin tingginya harga properti di kawasan sekitar Parung seperti Serpong dan Bojongsari. Kenaikan harga di beberapa kawasan sekitar Parung, otomatis memberi dampak positif sehingga membuat para pencari hunian melirik kawasan yang berada di provinsi Jawa Barat ini.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 300 jutaan di kawasan Parung? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Selain harga properti di kawasan Parung terbilang murah, percepatan pembangunan infrastruktur juga menjadi nilai tambah. Suasana dan lingkungan yang masih asri dan belum tercemar polusi seperti di Jakarta juga menjadi daya tarik pendukung. Faktor pendukung itulah yang membuat para pencari hunian berlomba-lomba menjejakkan kakinya di Parung.

Fenomena ini juga tak lepas dari perhatian para pengembang untuk menghadirkan perumahan-perumahan dengan harga miring. Lalu, bagaimana perkembangan infrastruktur Parung dan apa saja yang keunggulannya hingga menjadi incaran para pencari hunian? Berikut ulasan mengenai akses Parung yang semakin mudah baik di masa sekarang serta masa depan.

Akses Parung Bisa Dari Segala Arah

Keberadaan KRL, jalan tol, dan jalur alternatif memberikan kemudahan akses menuju ke kecamatan yang berada di Bogor ini. (krl.co.id)

Keberadaan KRL, jalan tol, dan jalur alternatif memberikan kemudahan akses menuju ke kecamatan yang berada di Bogor ini. (krl.co.id)

Lokasi Parung memang terbilang cukup jauh dari ibu kota Jakarta, namun saat ini akses dari dan ke kawasan Parung semakin mudah. Keberadaan KRL, jalan tol, dan jalur alternatif memberikan kemudahan akses menuju ke kecamatan yang berada di Bogor ini. Selain itu, akses ke Parung juga bisa digunakan menggunakan berbagai pilihan kendaraan dari transportasi publik hingga kendaraan pribadi.

Biasanya para pencari rumah di kawasan-kawasan penyangga ibu kota mempertimbangkan aksesibilitas, khususnya menuju Jakarta. Nah, akses transportasi publik seperti KRL dapat digunakan apabila ingin menyambangi Jakarta dan Tangerang Selatan. Terdapat stasiun KRL Parung Panjang yang memiliki rute menuju stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Sedangkan untuk menuju Depok, bisa melakukan transit dari stasiun Tanah Abang dan melanjutkan dengan naik KRL rute BogorDepok – Jatinegara. Bila ingin langsung mengarah ke Depok, bisa langsung naik dari stasiun Bogor namun jarak yang ditempuh cukup jauh. Untuk jalur alternatif atau non-tol apabila ingin menuju ke kawasan seperti Jakarta bisa menggunakan jalur alternatif.

Jalur tersebut melewati rute Lebak Bulus – Ciputat – PamulangParung. Jalur ini biasa digunakan oleh para pemudik apabila jalan tol mengalami kemacetan. Sedangkan untuk pengguna kendaraan pribadi dapat melalui jalur tol Jakarta – Merak atau JakartaSerpong. Saat ini ada beberapa jalur tol yang sedang dalam proses pembangunan yang akan meningkatkan kemudahan akses ke Parung.

Akses Parung ke Depan Akan Makin Gampang

Nantinya jalur ini akan lebih mempermudah akses Parung ke mana saja. (bogordaily.net)

Nantinya jalur ini akan lebih mempermudah akses Parung ke mana saja. (bogordaily.net)

Saat ini ada beberapa infrastruktur yang sedang dalam masa pembangunan untuk meningkatkan kemudahan akses Parung di masa depan. Ada dua jalur tol yang sudah mulai dilaksanakan pembangunannya pada yaitu Tol CibinongParung dan Tol BogorSerpong via Parung. Nantinya jalur ini akan lebih mempermudah akses Parung ke mana saja.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Dukungan pemerintah pusat dan daerah tentunya sangat membantu kemajuan kawasan Parung. Tidak hanya dari sisi kemudahan akses namun juga dapat meningkatkan ketimpangan ekonomi di kawasan Parung. Sehingga diharapkan di masa depan, pertumbuhan ekonomi dan nilai kawasan Parung akan meningkat secara signifikan.

  1. Akses Parung: Tol CibinongParung

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Bogor sudah merampungkan pembebasan lahan untuk akses Cibinong yang akan tembus ke Parung. Jalan bernama Bojonggede – Kemang (Bomang) ini sudah mulai digarap di awal 2020.

Nantinya jalur tol ini akan mempermudah akses dari Cibinong, Sawangan, hingga Depok. Kehadiran jalur tol ini juga akan meningkatkan nilai kawasan Parung dan Cibinong. Diprediksi dalam beberapa tahun ke depan terjadi peningkatan harga properti di kawasan ini.

Akses jalan Bojonggede – Kemang akan menghubungkan jalan raya Pemda Cibinong dengan jalan raya Parung. Saat ini sudah dilakukan pembangunan konstruksi dan diharapkan jalur tol ini bisa dirampungkan dan beroperasi pada 2023.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

  1. Akses Parung: Tol BogorSerpong via Parung

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah memulai pembangunan tol Bogor – Serpong via Parung. Jalan tol ini nantinya akan menerapkan sistem transaksi non tunai berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Selain jalur tol ini sebenarnya saat ini Kementerian PUPR sudah merampungkan pembangunan jalur Tol JORR III (ParungSerpong). Jalur tol tersebut tersambung dengan JORR I dan JORR II, dan nantinya akan berlanjut pada pembangunan Bogor Outer Ring Road (BORR).

Selain akan tersambung dengan Tol BORR, jalur ini juga akan berada pada satu ruas Tol Desari (Depok – Antasari). Sudah bisa dipastikan bahwa kemajuan kawasan Parung di masa depan akan sangat menarik. Bagaimana tertarik untuk memiliki hunian di kecamatan yang berada di kota Bogor ini?

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah