Akses Purwakarta saat ini sudah lebih mudah dan berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Kehadiran infrastruktur mulai dari jalan tol hingga jalur kereta api yang memudahkan akses Purwakarta dari berbagai penjuru dan juga mendongkrak nilai kawasan itu sendiri.

Akses Purwakarta dan infrastrukturnya selama ini telah menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Tak heran bila dalam kurun waktu 10 tahun terakhir proses pembangunannya tampak begitu pesat.

Mulai dari perluasan dan perbaikan jalan raya yang menghubungkan antar kecamatan, jalan tol, hingga kehadiran jalur kereta api yang memudahkan akses dari berbagai penjuru. Selain perbaikan jalan-jalan penghubung dan transportasi, Purwakarta juga membenahi struktur tatanan kota.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 300 jutaan di kawasan Purwakarta? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Seluruh kemudahan akses Purwakarta dan perkembangan infrastruktur yang pesat jelas berpengaruh terhadap nilai kawasan. Hal ini dapat terlihat dengan maraknya hunian-hunian di Purwakarta, mulai dari apartemen hingga rumah tapak yang tersebar di berbagai kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta terlihat semakin gencar dengan melakukan pembangunan infrastruktur yang masif. Ada banyak pembangunan yang sudah dimulai hingga yang masih dalam perencanaan. Simak ulasan mengenai akses Purwakarta dan infrastruktur yang kian booming.

Akses Purwakarta yang Kian Mudah

Akses Purwakarta yang Kian Mudah

Salah satunya adalah kehadiran jalan bebas hambatan atau jalan tol yang semakin mempermudah akses ke Purwakarta dari berbagai penjuru. (jasamarga.com)

Akses Purwakarta yang semakin mudah tentunya tak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang melakukan pembangunan infrastruktur besar-besaran. Salah satunya adalah kehadiran jalan bebas hambatan atau jalan tol yang semakin mempermudah akses ke Purwakarta dari berbagai penjuru.

Sebut saja Jalan Tol Purbaleunyi yang menghubungkan antara Purwakarta dan Cileunyi. Panjang jalan tol ini adalah 90 km yang melintasi kabupaten Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Selain jalan tol, akses Purwakarta yang semakin mudah berkat kehadiran Jembatan Cihambulu yang menjadi jalur penghubung antara Kabupaten Purwakarta dan Subang. Jembatan ini melalui jalur Desa Cijunti, Kecamatan Cibatu, Purwakarta dan menuju Desa Bale Bandung Jaya, Sumedang.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta sengaja membangun jalan dan jembatan penghubung agar masyarakat dua wilayah dari kedua kabupaten tersebut dapat terbantu dengan kemudahan akses, terutama dari segi perekonomian.

Jembatan sepanjang 65 meter dengan lebar 12 meter ini melintasi Sungai Cilamaya. Pemerintah juga sekaligus membangun jalan sepanjang 500 meter yang merupakan salah satu jalan besar di wilayah tersebut yang juga memudahkan mobilitas masyarakat sekitar.

Selain jalan tol dan jembatan tersebut, akses Purwakarta juga dipermudah dengan kehadiran Kereta Api Walahar yang melalui jalur Tanjung Priok – Purwakarta. Jalur ini melalui Stasiun Tanjung Priok, Lemahabang, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan Stasiun Purwakarta.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Akses Purwakarta dan Pembangunan Infrastruktur di Masa Depan

Akses Purwakarta dan Pembangunan Infrastruktur di Masa Depan

Jalan tol ini tentunya akan memangkas waktu perjalanan menuju Purwakarta. (jasamarga.com)

PT. Jasamarga Japek Selatan (JJS) terus melakukan pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan. Jalan tol ini nantinya akan terintegrasi dengan Jalan Tol JORR II dan Jalan Tol Cipularang. Jalan tol ini tentunya akan memangkas waktu perjalanan menuju Purwakarta.

Jalan tol ini juga diharapkan dapat memangkas jarak tempuh dari arah Jakarta menuju Purwakarta dan dapat mengurai kemacetan yang biasa terjadi pada jalur ini. Sebelumnya Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Paket 3 sudah mencapai 76,99 persen pada akhir Juni 2020 lalu.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga meminta kepada Kementerian PUPR agar dibuat simpang susun (interchange) di wilayah Purwakarta. Hal ini dilakukan agar akses ke Purwakarta semakin mudah dan mobilitas warganya semakin lancar.

Selain itu diharapkan kehadiran interchange tersebut dapat meningkatkan aktivitas industri dan meningkatkan investasi di sektor pariwisata. Apabila kedua hal ini dapat tercapai tentunya sektor perekonomian Purwakarta akan semakin meningkat.

Apabila hal ini dilakukan tentunya akses Purwakarta akan semakin mudah. Dan bukan tak mungkin di masa depan Purwakarta menjadi salah satu kawasan yang mampu bersaing dengan kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah