Pemerintah Kota Bekasi menyediakan 22 titik lokasi untuk memberikan pelayanan vaksin COVID-19 di Bekasi. Hal ini dilakukan demi memutus rantai pandemi virus Corona di tiap wilayah Kota Bekasi. Bagi Anda warga Bekasi, berikut informasi mendetail mengenai pelayanan vaksin COVID-19 yang bisa Anda kunjungi.

Januari 2021 lalu, Pemerintah Kota Bekasi menerima kiriman vaksin COVID-19 buatan Sinovac dan Astrazeneca sebanyak 140.000 dosis. Sebelumnya vaksin tersebut telah disebarkan ke 120 fasilitas kesehatan di Kota Bekasi yang terdiri dari rumah sakit, Puskesmas, klinik sejak Januari 2021.

Vaksinasi dilakukan dalam empat tahap, yang pertama telah dilakukan pada akhir Januari 2021 – April 2021 pada 11.983 tenaga kesehatan. Tahap kedua berlangsung pada waktu yang sama, vaksin diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri, dan petugas pelayanan umum lainnya.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 450 jutaan di kawasan Bekasi? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Kelompok masyarakat yang berusia di atas 60 tahun juga mendapatkan vaksinasi di tahap kedua. Pembagian vaksin tahap ketiga sudah berlangsung hingga saat ini dan dimulai sejak April 2021  dan akan berakhir pada Maret 2022.

Di tahap ini, vaksin COVID-19 menyasar pada masyarakat yang rentan dari sisi sosial dan ekonomi. Lokasi vaksin COVID-19 di kota Bekasi sendiri terbagi ke dalam beberapa tempat yakni 46 layanan di rumah sakit, 42 layanan di Puskesmas, dan 32 layanan klinik.

Vaksin COVID-19 di Bekasi: Jenis Vaksin Sinovac dan Astrazeneca

Total vaksin COVID-19 yang sudah tersedia di Indonesia telah mencapai lebih dari 73 juta dosis. Vaksin-vaksin tersebut dari berbagai produsen seperti Sinovac, Sinopharm, dan Astrazeneca. Sedangkan di kota Bekasi sendiri, jenis vaksin Covid-19 yang didistribusikan adalah Sinovac dan Astrazeneca.

Pada tahap pertama pada bulan Januari 2021 lalu, Bekasi menerima sebanyak 14.060 dosis vaksin Sinovac yang sudah diberikan kepada para tenaga kesehatan. Sedangkan untuk jenis vaksin Astrazeneca sudah mulai didistribusikan sejak  Juni 2021 lalu.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Vaksin Sinovac adalah vaksin COVID-19 yang dikembangkan dengan teknologi vaksin menggunakan virus utus dari SARS-CoV-2 yang sudah dimatikan. Bertujuan untuk memicu sistem kekebalan tubuh terhadap virus tanpa menimbulkan penyakit yang serius. Efikasi Sinovac menawarkan perlindungan hingga 65,3 %.

Sedangkan vaksin Astrazeneca dikembangkan berbasis vektor adenovirus simpanse yang dimodifikasi secara genetik untuk menghindari kemungkinan infeksi parah terhadap manusia. Efikasi AstraZeneca menawarkan perlindungan hingga 70,4 persen setelah suntikan kedua.

Vaksin COVID-19 di Bekasi: Kategori Penerima Vaksin dan Persyaratannya

Vaksin COVID-19 di Bekasi: Kategori Penerima Vaksin dan Persyaratannya

Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Bekasi. (anri.go.id)

Dalam pelaksanaanya, saat ini Pemerintah Kota Bekasi fokus pada pendistribusian vaksin Covid-19 pada kategori warga berusia 18 tahun ke atas hingga lansia. Berikut kategori penerima Vaksin Covid-19 beserta persyaratannya.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Kategori Penerima Vaksin Covid-19 di Bekasi:

  1. Tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan.
  2. Pria dan Wanita usia 18 tahun ke atas
  3. Lansia usia di atas 60 tahun
  4. Pra Lansia (50-59 tahun)
  5. Penyandang disabilitas mulai usia 18 tahun sudah boleh divaksin tanpa perlu melihat domisili atau identitas. Jika memiliki kondisi khusus dibutuhkan rekomendasi dari dokter spesialis.
  6. Pelayanan publik (satpam, ojek, sopir, petugas pariwisata/ hotel/ resto, dll). Wajib membawa surat keterangan dari tempat kerja (khusus pekerja di wilayah Bekasi saja)

Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Bekasi. Salah satunya dengan membawa bukti identitas diri berupa 1 lembar fotokopi KTP dan KK, atau bagi pemilik KTP Non Bekasi tapi tinggal di Bekasi dapat membawa surat keterangan domisili dari RT.

Vaksin COVID-19 di Bekasi: Lokasi Sentra Vaksin COVID-19 di Bekasi

Meski telah tersebar di sejumlah fasilitas kesehatan Bekasi, saat ini Pemkot Bekasi sedang menggalakkan vaksinasi massal ke beberapa sentra lokasi untuk memberikan vaksin Covid-19 ke masyarakat. Ada 4 lokasi sentra vaksin massal di Bekasi yang saat ini sedang berjalan, berikut lokasinya.

  • Stadion Patriot Chandrabhaga. Alamat: A.Yani No.2, RT.004/RW.016, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan., Kota Bekasi
  • Polres Metro Bekasi Kota. Alamat: Pramuka No.79, RT.001/RW.002, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan., Kota Bekasi
  • Transpark Mall Juanda Kota Bekasi. Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.180, RT.001/RW.009, Margahayu, Kec. Bekasi , Kota Bekasi
  • GOR Wibawa Mukti. Alamat: TAMAN SEHATI WIBAWA MUKTI, Sertajaya, Kec. Cikarang Timur., Bekasi

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Vaksin COVID-19 di Bekasi: Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Vaksin COVID-19 di Bekasi: Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Fasyankes tersebut terdiri dari rumah sakit, klinik, serta puskesmas yang tersebar di tiap kelurahan. (alodokter.com)

Bergama upaya vaksinasi Covid-19 demi tercapainya herd immunity terus dilakukan oleh daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Bekasi. Keberadaan vaksinasi massal merupakan salah satu cara Pemkot Bekasi agar semakin banyak warga yang menerima vaksinasi.

Selain vaksinasi massal tersebut ada fasilitas pelayanan kesehatan atau fasyankes di beberapa wilayah Bekasi. Fasyankes tersebut terdiri dari rumah sakit, klinik, serta puskesmas yang tersebar di tiap kelurahan.

  • Puskesmas Jatibening. Alamat: Jalan Amarilis, RT. 2 / RW. 12 Pondok Gede Jatibening Pondokgede RT.009, RT.009/RW.012, Jatibening, Kec. Pondok Gede, Kota Bekasi
  • Puskesmas Jati Warna. Alamat: Jl. Pelita Utama No.1, RT.005/RW.005, Jatiwarna, Kec. Pd. Melati, Kota Bekasi
  • Puskesmas Jati Asih. Alamat: Jl. Swatantra IV No.1, RT.005/RW.004, Jatiasih, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi
  • Puskesmas Pejuang. Alamat: Jl. Kaliabang Bungur Raya, No. 2, Pejuang, Medan Satria, RT.005/RW.003, Kaliabang Tengah, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Puskesmas Kaliabang Tengah. Alamat: Jl. Mawar Indah No.2, RT.001/RW.009, Kaliabang Tengah, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • Puskesmas Kranji. Alamat: Sakura Perum Duta Kranji Rt.06/10 Kelurahan Kranji Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi
  • Puskesmas Rawa Tembaga. Alamat: Jl. Komodo Raya No.1, RT.002/RW.004, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi, Kota Bekasi
  • Puskesmas Mustika Jaya. Alamat: Perum. Mutiara Gading Timur Blok F1, RT.008/RW.033, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi
  • Puskesmas Bojong Rawalumbu. Alamat: Perum Bumi Bekasi Baru Jalan Trisatya Raya Jembatan 4-5, RT.001/RW.008, Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi
  • Puskesmas Karang Kitri. Alamat: Chairil Anwar No.111, RT.004/RW.009, Margahayu, Kec. Bekasi Timur., Kota Bekasi
  • Puskesmas Perumnas 2. Alamat: Jalan Belut Raya No.1, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, RT.001/RW.006, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi, Kota Bekasi
  • Klinik BIC Vida Bekasi. Alamat: Jl. Tirta Utama Bumiwedari, Bekasi
  • Klinik Hanuro. Alamat: Jl. Yudistira Raya Komplek Pemda No.61, RT.006/RW.001, Kelurahan Jatiasih, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi
  • RS Mitra Keluarga Bekasi Barat. Alamat: Jl. A. Yani, RT.002/RW.011, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan., Kota Bekasi
  • RS Mitra Keluarga Bekasi Timur. Alamat: Jl. Pengasinan Jl. Rw. Semut Raya, RT.004/RW.012, Margahayu, Kec. Bekasi, Kota Bekasi
  • RS Mitra Keluarga Cibubur. Alamat: Alternatif Transyogi, RT.002/RW.009, Cibubur, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi
  • RS Keluarga Pratama Jatiasih. Alamat: Jl. Raya Jatimekar, RT.001/RW.012, Jatimekar, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi
  • RS Primaya Bekasi Utara. Alamat: Golden City, Villa Indah Permai, Jl. Kaliabang No.1, RT.001/RW.033, Tlk. Pucung, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah