Stasiun Depok memang menjadi tumpuan bagi penduduk di kawasan Depok dan sekitarnya yang bekerja di Jakarta. Itu sebab tidak sedikit pencari properti pemula di Rumah.com yang menanyakan daftar hunian mana saja di Depok yang dekat stasiun agar mudah menjangkau commuter line.

Pencari properti pemula (first time buyer) biasanya didominasi oleh kaum muda yang berusia sekitar 27 tahun – 34 tahun. Karakteristik demografi mereka terbilang beragam.

Namun kendati begitu, baik wanita maupun pria memiliki latar belakang yang serupa, yakni sama-sama merupakan pekerja ibu kota yang mendambakan hunian bebas macet dan mudah menjangkau tempat kerja, atau setidaknya dekat stasiun kereta.

Itu sebabnya, mengapa Depok sebagai kota satelit terdekat dinilai memiliki pilihan properti yang bervariasi. Sebanyak empat stasiun commuter line, dirasa cukup untuk menggolongkan Depok sebagai kategori kota yang menarik untuk diincar sebagai tempat tinggal.

Empat stasiun Depok tersebut antara lain, Depok Lama, Depok Baru, Pondok Cina, dan Universitas Indonesia. Keempat stasiun tersebut berada dalam lokasi yang tidak jauh satu sama lain.

Uniknya, untuk menuju stasiun-stasiun tersebut, tidaklah sulit. Sebab, di Depok memiliki akses jalan alternatif yang bervariasi. Sehingga, masyarakat tidak terpaku oleh satu akses jalan saja.

“Salah satu lokasi yang banyak memiliki alternatif jalan adalah Depok Timur. Dari Depok Timur sedikitnya terdapat dua pilihan jalan untuk bisa menuju Margonda, antara lain Jalan Tole Iskandar dan Jalan Kejayaan yang bermuara di Jalan HR. Juanda. Kelebihannya, kedua jalan tersebut bisa menjangkau dan dekat stasiun commuter line,” ujar Harri.

“Bila mereka melalui Jalan Tole Iskandar, maka stasiun terdekat adalah Stasiun Depok lama dan Depok Baru. Sedangkan, Jalan HR. Juanda, lebih dekat dengan stasiun Pondok Cina dan Universitas Indonesia,” paparnya.

Perumahan yang beruntung memiliki akses jalan bervariasi tersebut adalah Perumahan Bunga Geulis 2 yang ada di Jalan Kerinci (Bojong Lio RRI Depok 2). Dari perumahan tersebut, Anda bisa menjangkau empat stasiun commuter line.

Dari keempat stasiun, jarak terdekat dari Perumahan Bunga Geulis 2 adalah Stasiun Depok Lama. Jarak keduanya terpaut 6,4 kilometer atau sekitar 23 menit. Kemudian, disusul dengan Stasiun Depok Lama dengan selisih 4 menit lebih lama dengan estimasi waktu sekitar 25 menit.

Baca juga: Ulasan lengkap Perumahan Bunga Geulis 2 Depok Timur

Perumahan lain, yang juga dekat stasiun commuter line adalah Perumahan Trevista Cijantung. Meskipun namanya Cijantung, perumahan ini sebenarnya berada di wilayah perbatasan Depok dan Jakarta Timur.

Berdasarkan penelusuran Rumah.com, perumahan ini berada di Kecamatan Cimanggis. Persisnya, di Jalan Camar yang ada di Komplek Hankam Brimob Kelapa 2 Depok.

Serupa dengan Perumahan Bunga Geulis 2, Trevista Cijantung juga bisa menjangkau dua stasiun di Depok dan Jakarta. Dua stasiun di Depok antara lain, Universitas Indonesia dan Pondok Cina. Sedangkan di Jakarta adalah Stasiun Lenteng Agung dan Universitas Pancasila.

Baca juga: Cek Jarak Lokasi Perumahan Trevista Cijantung dengan Stasiun Commuter Line

Karena tergolong dekat stasiun, tidak heran bila lokasi Kelapa 2 Depok, banyak dilirik oleh pengembang perumahan. Sehingga, ini dapat mendongkrak harga penjualan properti di sana. Tidak heran, bila rumah-rumah yang ada di Kelapa 2 Depok, sudah mencapai angka Rp1 miliar.

Tapi, tunggu dulu!

Hunian di Depok dekat stasiun commuterline yang memiliki harga terjangkau pun masih tersedia. Hunian tersebut berupa high rise (apartemen) yang ada di jantung Kota Depok (Margonda).

Karakteristik hunian di Jalan Margonda memang sedikit berbeda dengan lokasi lain di Depok. Di Margonda lebih banyak tersedia apartemen dibandingkan rumah. Hal tersebut dikarenakan, lahan di Margonda tergolong padat. Selain itu, di sana juga sudah diproyeksikan sebagai hunian vertikal oleh pemerintah setempat.

Keuntungan tinggal pada hunian vertikal di Margonda adalah sangat dekat dengan akses stasiun commuterline dan juga dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah