Fasilitas Bekasi makin komplit dan bergengsi. Itu pula yang mendorong minat masyarakat untuk tinggal di Bekasi semakin tinggi. Ini terbukti dari hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, yang menunjukkan bahwa masyarakat lebih menyukai Jawa Barat, khususnya Bekasi yang didukung kemudahan akses ke Jakarta. Dan alasan harga disinyalir sebagai penyebabnya.

Faktor fasilitas Bekasi yang makin komplit dan bergengsi memang dianggap sebagai penyebab tingginya minat masyarakat untuk memiliki hunian di Bekasi. Saat ini pusat perbelanjaan, hiburan, pendidikan, dari kelas menengah hingga atas tersebar di sejumlah wilayah yang berada tepat di sebelah timur Jakarta ini.

Sebagai kawasan pemukiman kaum urban, Bekasi banyak memiliki pusat perbelanjaan, baik itu pasar tradisional, hypermarket, maupun pusat perbelanjaan mewah. Untuk pusat perbelanjaan mewah terdapat Mal Metropolitan, Summarecon Mal Bekasi, Grand Metropolitan Mall, Ciputra Mall Cibubur, dan Grand Galaxy Park.

Pusat perbelanjaan lainnya ada juga Blu Plaza, Mega Bekasi Hypermal, Bekasi Square, Bekasi Junction, Plaza Pondok Gede, Grand Mal Bekasi, Bekasi Cyber Park, Bekasi Trade Centre, Revo Town, Atrium Pondok Gede, Plasa Cibubur, dan GP Mall.

fasilitas bekasi kian komplit

Sebagai kawasan pemukiman kaum urban, Bekasi banyak memiliki pusat perbelanjaan, baik itu pasar tradisional, hypermarket, maupun pusat perbelanjaan mewah.

Fasilitas Bekasi untuk sektor pendidikan juga cukup bagus, mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Menurut data dari situs Dinas Pendidikan Kota Bekasi, saat ini terdapat 3.110 sekolah, 62.852 siswa, dan 2.260 guru yang terdaftar di seluruh wilayah Bekasi dan daerah sekitarnya.

Dan yang menarik, Bekasi ternyata bisa dibilang gudangnya sekolah-sekolah keren. Seperti Sekolah Alexandria yang mengirim siswanya ke luar negeri di kelas 2 semester 4 dengan berkurikulum nasional dan internasional. Siswanya difokuskan belajar 5 bahasa meliputi Jepang, Mandarin, Korea, Jerman, Perancis.

Lalu ada Al- Azhar, Al-Alaq, Sekolah Kristen Penabur Bekasi, Sekolah Islam Arafah, Global Prestasi School, dan Sekolah Citta Anak Bangsa yang merancang metode khusus untuk mengeksplorasi seluruh aspek “Multiple Intelligences” dalam diri anak didik sehingga orangtua mengenali kekuatan dan kekurangan dalam diri anaknya agar potensi dan kemampuannya dapat dikembangkan secara optimal.

Pada sektor kesehatan, fasilitas Bekasi juga terbilang baik. Ada sebanyak 31 Puskesmas yang tersebar diwilayahnya. Dan seperti DKI Jakarta, Bekasi juga meluncurkan Kartu Bekasi Sehat (KBS) yang dibagikan kepada warga yang tidak mampu. Selain itu terdapat banyak rumah sakit besar di Bekasi seperti Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi, Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Awal Bros Bekasi, dan masih banyak lagi.

Untuk sektor transportasi, fasilitas Bekasi juga terbilang lengkap. Tersedia bus antar kota dan dalam kota yang mengangkut penumpang ke berbagai jurusan. Kereta komuter KRL Jabotabek jurusan Bekasi-Jakarta Kota yang jadi andalan masyarakat yang bekerja di Jakarta.

Selain itu tersedia pula bus pengumpan TransJakarta dari Kemang Pratama, Galaxi City, dan Harapan Indah. Saat ini pemerintah juga sedang merencanakan untuk membangun monorel yang menghubungkan Bekasi Timur dengan Cawang dan Kuningan.

fasilitas bekasi kian mumpuni

Stadion berkapasitas 30 ribu tempat duduk ini selesai dibangun pada 2014, dengan merombak total stadion lama di areal GOR Bekasi.

Bekasi juga punya fasilitas olahraga kebanggaan masyarakatnya, Stadion Patriot Chandrabaga yang berlokasi tepat di jantung Kota Bekasi. Stadion berkapasitas 30 ribu tempat duduk ini selesai dibangun pada 2014, dengan merombak total stadion lama di areal GOR Bekasi.

Arena-arena di GOR Bekasi yang tadinya terkesan sederhana dan lebih sering digunakan untuk pertandingan tingkat daerah, kini telah menjelma menjadi sebuah stadion moderen berstandar internasional.