Nama Purwakarta mungkin kurang terdengar gaungnya, namun siapa sangka Purwakarta mampu menjelma sebagai destinasi kawasan hunian idaman. Fasilitas Purwakarta yang terbilang lengkap merupakan salah satu alasan mengapa kabupaten di provinsi Jawa Barat ini mampu bersaing dengan kawasan lainnya.

Kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat ini tiba-tiba booming dan menjelma sebagai kawasan hunian idaman. Fasilitas Purwakarta yang tak kalah dengan kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung membuat kabupaten ini menjadi incaran para pencari hunian.

Fasilitas dan infrastruktur yang lengkap merupakan faktor utama sebuah kawasan bisa menjadi destinasi hunian idaman. Begitu juga dengan fasilitas Purwakarta yang terbilang lengkap, mulai dari fasilitas kesehatan. pendidikan, hingga pusat perbelanjaan.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 300 jutaan di kawasan Purwakarta? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Fasilitas Purwakarta menjadi salah satu acuan beberapa kabupaten di provinsi Jawa Barat. Sejak 2015 fasilitas Purwakarta meningkat secara signifikan, mulai dari sektor kesehatan Pemerintah Kabupaten Purwakarta meningkatkan pelayanan kesehatan seperti menyediakan ambulans di setiap desa.

Selain itu, masyarakat Purwakarta juga dapat menikmati pengobatan gratis dan seluruh biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Masih banyak lagi berbagai fasilitas Purwakarta yang berkembang hingga kawasan ini menjelma menjadi kawasan hunian idaman, berikut ulasannya.

Fasilitas Purwakarta – Pendidikan

Fasilitas Purwakarta - Pendidikan

Saat ini baru SMAN 2 saja yang menerapkan sistem pembelajaran team teaching ini di Kabupaten Purwakarta. (jabar.tribunnews.com)

  1. Fasilitas Purwakarta: SMAN 2 Purwakarta

SMAN 2 adalah salah satu sekolah menengah atas tertua di Kabupaten Purwakarta yang berdiri pada 3 September 1979. SMAN 2 Purwakarta memiliki visi dalam mewujudkan iklim belajar yang kondusif dan selalu meningkatkan prasarana pembelajaran siswa dan siswi.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan suasana yang kondusif dalam lingkungan pembelajaran para siswa dan siswinya. Selain itu, SMAN 2 juga meningkatkan partisipasi orang tua agar terlaksananya program sekolah yang didukung dalam ruang lingkup keluarga.

Diketahui bahwa SMAN 2 Purwakarta menerapkan sistem pembelajaran team teaching yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran keterampilan komputer bagi siswa dan siswinya. Sehingga para pelajar tidak ketinggalan perkembangan teknologi dan melek IPTEK.

Saat ini baru SMAN 2 saja yang menerapkan sistem pembelajaran team teaching ini di Kabupaten Purwakarta. Selain itu SMAN 2 juga berorientasi pada pengembangan pembelajaran fokus pada pendidikan global.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

  1. Fasilitas Purwakarta: Kampus UPI Purwakarta

Kampus UPI Purwakarta merupakan cikal bakal Universitas Pendidikan Indonesia kampus Purwakarta yang merupakan Sekolah Pendidikan Guru Negeri (SPGN) Purwakarta. Kampus UPI Purwakarta berdiri pada 1990 di bawah binaan FIP IKIP Bandung.

Pada awalnya UPI adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di wilayah IV Jawa Barat. Namun setelah itu UPI berkembang pesat hingga saat ini dan memiliki 5 program studi S-1 . Program studi tersebut antara lain adalah S-1 Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, STI, MKB dan Sistem Telekomunikasi.

Kampus UPI Purwakarta juga melakukan beberapa kerja sama dengan kampus negeri seperti Universitas Brawijaya. Selain UNIBRAW, UPI juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kota Bekasi.

Saat ini Kampus UPI Purwakarta juga terus melakukan pengembangan untuk mewujudkan tujuan untuk menjadi miniatur Universitas Pendidikan Indonesia. Sebagai bentuk perwujudan tujuan tersebut, UPI membangun gedung perkuliahan baru dan melakukan renovasi demi kenyamanan para mahasiswanya.

  1. Fasilitas Purwakarta: Universitas Kartamulia Purwakarta

Universitas Kartamulia Purwakarta merupakan satu-satunya universitas swasta yang berada di Purwakarta. Menawarkan program studi seperti Hukum (S-1), Farmasi (S-1), Akuntansi (S-1), Manajemen (S-1), Sistem Informasi (S-1), Informatika (S-1), dan Ilmu Keolahragaan.

Di seluruh program studi yang ditawarkan, diberikan ada unsur kekinian di dalam mata kuliah yang diajarkan. Antara lain seperti ilmu pengetahuan dan skill yang dibangun Universitas Kartamulia itu terintegrasi dengan teknologi.

Kombinasi program pendidikan dan teknologi inilah yang membuat Universitas Kartamulia berbeda dengan perguruan tinggi lainnya di Purwakarta. Pasalnya Universitas Kartamulia memiliki visi untuk meningkatkan kesadaran teknologi di semua bidang yang berguna bagi para mahasiswanya kelak.

Semua itu menjadi perhatian serius Universitas Kartamulia. Itulah sebabnya, di kampus ini hadir prodi Sistem Informasi (Program Sarjana), Informatika (Program Sarjana) yang berada dalam Fakultas Teknologi Informatika.

Fasilitas Purwakarta – Kesehatan

Fasilitas Purwakarta - Kesehatan

Siloam menjadi satu-satunya rumah sakit swasta yang memiliki kualitas internasional yang berlokasi di Purwakarta. (siloamhospitals.com)

  1. Fasilitas Purwakarta: Siloam Hospital Purwakarta

Ditunjang letaknya yang strategis di persimpangan kabupaten Purwakarta. Siloam Hospital Purwakarta telah menjadi penyedia layanan kesehatan terbaik di kawasan ini. Siloam menjadi satu-satunya rumah sakit swasta yang memiliki kualitas internasional yang berlokasi di Purwakarta.

Siloam Hospital Purwakarta juga telah terakreditasi Paripurna dari KARS, menyediakan pelayanan kesehatan yang menyeluruh dengan keunggulan di Bidang Jantung, Saraf dan Trauma dilengkapi dengan Cath Lab, CT Scan 64 Slices, C-Arm, Endoscopy dan peralatan medis terkini lainnya.

Siloam Hospital Purwakarta menyediakan ragam layanan dan fasilitas kesehatan bagi pasiennya, antara lain Emergency & ambulans, Layanan diagnostik, radiologi, laboratorium, Hemodialisis. Siloam Hospital Purwakarta memiliki daya tampung mencapai 230 tempat tidur rawat inap.

Siloam Hospital Purwakarta dilengkapi dengan dokter yang terbagi ke dalam 27 bidang spesialis, antara lain, Anak, Anestesi, Bedah Anak, Bedah Mulut, Bedah Plastik, Bedah Saraf, Bedah Umum, Dokter Gigi, Dokter Umum, Jantung dan Pembuluh Darah, Jantung, dan lainnya.

  1. Fasilitas Purwakarta: RSU Rama Hadi

Sejarah Rumah Sakit Rama Hadi berawal dari “KLINIK BEDAH” yang didirikan oleh dr. Wijoyo Hadi Mursito, Sp.B, Sp.BTKV (K) didukung oleh tenaga dokter, perawat, dan administrasi diresmikan pada tanggal 21 April 2008.

Namun seiring dengan perkembangannya RS ini bertransformasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan lebih luas lagi maka pada tanggal 31 Desember 2015 turunlah izin perubahan status menjadi “RSU Rama Hadi” Purwakarta.

Sesuai dengan Visi dan Misi maka manajemen dan seluruh staf medis Rumah Sakit Rama Hadi senantiasa memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar pelayanan profesi. Selain itu RSU Rama Hadi juga menjadi satu-satunya RS di Purwakarta yang memiliki banyak tenaga ahli sub spesialistik.

Mengusung konsep natural dengan fasilitas mumpuni, RSU Rama Hadi berdiri di atas tanah seluas 15.250 m2. Berlokasi di Jalan Raya Sadang – Subang, Kp. Cimaung, Desa Ciwangi, Kecamatan Bungursari, Purwakarta.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

  1. Fasilitas Purwakarta: Puskesmas

Puskesmas Purwakarta tergabung dalam jaringan Puskesmas Pembantu yang dibawahi oleh kelurahan dan memiliki visi memberikan pelayanan ke seluruh kalangan masyarakat. Salah satu keunggulannya adalah dijaminnya seluruh biaya pengobatan para pasien yang sakit.

Perubahan paradigma yang dilakukan oleh para tim kesehatan di Puskesmas Purwakarta mendorong kemandirian dan meningkatnya pemberdayaan masyarakat untuk sehat. Serta meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan yang didukung  kualitas tenaga kesehatan yang profesional. 

Misi UPT Puskesmas Purwakarta antara lain, memberikan pelayanan kesehatan dengan 5S 2R (senyum, salam, sapa, sopan, santun, ramah dan resik), mewujudkan Puskesmas yang berorientasi pelayanan, mendorong peran serta kemandirian masyarakat.

Hingga saat ini terdaftar 20 puskesmas di Purwakarta yang tersebar di berbagai kelurahan dan kecamatan. Kehadiran puskesmas-puskesmas ini memberi kenyamanan serta kemudahan akses di sektor kesehatan yang membuat Purwakarta menjadi salah satu hunian idaman.

Fasilitas Purwakarta – Pusat Perbelanjaan

Fasilitas Purwakarta - Pusat Perbelanjaan

Mal ini Merupakan satu-satunya pusat perbelanjaan paling besar yang ada di kota Purwakarta. (sadangterminalsquare.blogspot.com)

  1. Fasilitas Purwakarta: Sadang Terminal Square Purwakarta

Mal Sadang Terminal Square Purwakarta berdiri sejak 2015 dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan masyarakat kota Purwakarta, Subang dan Karawang. Biasanya mal ini sering disebut dengan nama Purwasuka.

Berlokasi di tengah lingkungan masyarakat Purwakarta yang majemuk, Mal Sadang Terminal Square telah menjadi salah satu pusat bisnis yang utama. Mal ini Merupakan satu-satunya pusat perbelanjaan paling besar yang ada di kota Purwakarta.

Di mal ini juga terdapat satu-satunya bioskop terbesar di Purwakarta yaitu CGV Cinemas. Mengusung konsep cultureplex, CGV di mal ini tidak hanya sebagai tempat nonton, namun juga menjadi tempat nongkrong dan makan.

Selain bioskop, di mal ini juga terdapat banyak pilihan kuliner dan supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok. Kebutuhan sandang juga bisa ditemukan di mal ini karena juga terdapat berbagai toko pakaian dan sepatu.

  1. Fasilitas Purwakarta: Pasar Tradisional

Selain mal, di Purwakarta juga terdapat pasar tradisional yang terdiri dari kurang lebih sekitar 10 pasar tradisional yang tersebar di berbagai kecamatan. Pasar tradisional yang paling terkenal adalah Pasar Wanayasa Purwakarta.

Biasanya di pasar ini diadakan Festival Maranggi setiap tahunnya, namun karena keadaan pandemi sejak 2020 kemarin acara yang berlangsung tiap tahun ini ditunda. Di pasar ini ada berbagai kebutuhan pokok mulai dari sayur-sayuran, daging, ayam, buah-buahan, hingga pakaian.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Pasar Wanayasa ini juga dijadikan sebagai pasar percontohan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Pasar ini memiliki motto “Tak kenal maka tak sayang, Pasarku bersih pasarku sehat.” Hal ini dilakukan dalam rangka mengupayakan sebuah pasar tradisional yang bersih dan sehat.

Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi kawasan Purwakarta yang selama ini kurang diperhitungkan sebagai kawasan hunian idaman. Namun dengan kehadiran berbagai fasilitas dan akses yang mudah pastinya dapat mendongkrak daya tarik Purwakarta itu sendiri.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah