Akrab dengan nama Cinere? Fasilitas Cinere sebenarnya sudah cukup populer sejak tahun 90’an. Pasalnya, saat itu sedang booming serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’ yang mengambil lokasi syuting di Cinere.

Bahkan, mobil oplet yang sempat jadi ikon serial tersebut kerap menyebutkan nama ‘Cinere’ pada serial televisi, berhasil membuat branding di ingatan masyarakat bahwa Cinere adalah tempatnya Si Doel.

Cinere pada zaman dahulu hanyalah wilayah pinggiran yang tidak memiliki peran apapun, selain perantara dari Batavia menuju Buitenzorg (Bogor). Hutan karet, ladang, sawah, rawa-rawa, dan perkampungan warga pinggiran adalah wajah Cinere kala itu.

Namun kini semuanya berubah. Hari ke hari fasilitas Cinere berkembang pesat dan mampu memanjakan warganya. Berikut ini fasilitas Cinere dirangkum Rumah.com.

Kampung 99 Pepohonan

Area hijau lain yang ada di sekitaran Cinere adalah Kampung 99 Pepohonan. Tepatnya berada di bilangan Meruyung, jalan masuknya persis berada di seberang Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Emas).

Kampung 99 Pepohonan merupakan lokasi wisata bagi keluarga, dimana konsep yang disajikan pemiliknya adalah menyatu dengan alam. Layaknya berada di hutan, pengunjung yang datang bisa menikmati rindangnya sekumpulan pohon sambil melakukan berbagai aktivitas fisik yang seru.

Jika bertandang ke sini, siapapun pasti tidak menyangka bahwa dirinya sedang ada di tengah kota yang penuh kebisingan dan polusi. Sebab kondisinya berbeda 180 derajat dengan keadaan di luar bahkan di sekelilingnya. Ini karena udara Cinere terasa lebih segar.

Taman Kota

Berbicara soal Cinere, kawasan yang terbilang padat penduduk ini rupanya tengah direncanakan untuk punya taman kota interaktif pada tahun ini. Konsepnya diperkirakan hampir mirip dengan taman kota yang ada di BSD, Serpong.

Kedepannya, taman yang lokasinya tak jauh dari Danau Cinere itu akan berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan sebagai sarana interaktif warga. Baca juga: Cinere Bakal Punya Taman Kota, Minat Tinggal Di Sini?

Posisi tepatnya berada di sisi utara Ruko Blok A Cinere atau di seberang Cinere Mal. Prasarana ini juga membuat udara cinere lebih segar.

Selain kedua tempat di atas, radius 2,5km dari Cinere juga ada ruang terbuka hijau yakni Taman Kiara Payung. Terletak di Jl. H. Terin, Pangkalan Jati, dahulu lokasi ini merupakan lahan kosong yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Lalu pada tahun 2013 dilakukan pembangunan RTH (Ruang Terbuka Hijau) dengan beberapa fasilitas yang cukup sesuai untuk anak, seperti ruang interaktif, kursi duduk, lapangan basket, fishing deck, danau, taman bermain anak, gazebo, dan pergola.

Taman ini memiliki lahan seluas 5.900 m2 yang dilengkapi dengan tanaman hias seluas 626,96 m2, dan pohon pelindung sebanyak 190 pohon.

Masjid Kubah Emas

Berlokasi di sekitaran Cinere, Masjid Kubah Emas selain sebagai menjadi tempat ibadah solat bagi umat muslim sehari-hari, juga berfungsi sekaligus sebagai kawasan wisata keluarga bagi warga sekitar hingga luar kota sekalipun.

Daya tariknya tak lain adalah berkat lima kubah emasnya yang diklaim berlapis emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal di India. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter.

Sedangkan empat kubah kecilnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam Masjid Kubah Emas terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton.

Relief hiasan di atas tempat imam pun terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga dengan pagar di lantai dua serta hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sementara mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah diklaim berlapis bahan prado atau sisa emas.

Secara umum, arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah