Sebagai salah satu daerah penyangga ibu kota, Jawa Barat memiliki posisi strategis dibanding wilayah lainnya di Indonesia. Perkembangan infrastruktur Jawa Barat yang pesat juga patut diacungi jempol. Hal ini terlihat dalam 5 tahun terakhir dimana pembangunan infrastruktur Jawa Barat terus dipacu.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jawa Barat terdapat 32 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan di Jawa Barat dan lebih dari separuhnya berhubungan dengan konektivitas. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan dari segi akses dan mobilitas tidak hanya untuk warga Jawa Barat, namun juga masyarakat luar.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 700 jutaan di kawasan Tangerang? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Kehadiran transportasi publik yang menghubungkan Jakarta dan ke beberapa daerah di Jawa Barat, memudahkan mobilitas warga Jawa Barat yang memiliki aktifitas atau pekerjaan di ibu kota. Tidak hanya transportasi publik saja, akses infrastruktur Jawa Barat juga sudah mulai terkoordinasi dengan baik.

Jawa Barat memiliki lebih dari 20 jalan tol yang aktif yang menghubungkan antar wilayah. Selain itu, Jawa Barat juga memiliki bandar udara internasional sendiri yang terletak di kabupaten Majalengka. Seperti apakah infrastruktur Jawa Barat ini dan apa saja keunggulannya? Simak ulasannya di sini.

BIJB Merupakan Salah Satu Infrastruktur Unggulan Jawa Barat

Bandar Udara Internasional Jawa Barat ini menjadi salah satu infrastruktur yang mendongkrak popularitas kawasan Jawa Barat. (airport.id)

Bandar Udara Internasional Jawa Barat ini menjadi salah satu infrastruktur yang mendongkrak popularitas kawasan Jawa Barat. (airport.id)

Bandara internasional Jawa Barat atau Bandar Udara Internasional Kertajati merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Terletak di kabupaten Majalengka, berjarak 68 kilometer di timur Bandung.

Bandara ini dibangun untuk melayani kepentingan bandara internasional di kawasan Bandung dan Cirebon. Diresmikan pada 24 Mei 2018 dan memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 3.000 meter serta dapat menampung pesawat besar.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Hingga saat ini bandara Kertajati baru menerima penerbangan domestik dan rute limpahan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Namun kedepannya, bandara ini akan memiliki banyak ruang ekspansi dan memiliki kapasitas total hingga 29 juta penumpang setiap tahun.

Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memaksimalkan penggunaan bandara ini adalah dengan mengoperasikan terminal kargo sekitar 1,5 juta ton di tahun 2020. Namun sepertinya akibat pandemi COVID-19, rencana tersebut akan diundur hingga tahun 2021.

Jalan Tol Infrastruktur Jawa Barat Paling Populer

Jalan tol menjadi salah satu infrastruktur yang memudahkan akses warga di Jawa Barat. (bpjt.pu.go.id)

Jalan tol menjadi salah satu infrastruktur yang memudahkan akses warga di Jawa Barat. (bpjt.pu.go.id)

Infrastruktur Jawa Barat yang paling banyak digunakan salah satunya adalah jalan tol. Hingga saat ini Jawa Barat memiliki lebih dari 20 ruas jalan tol yang aktif. Menghubungkan antar wilayah Jawa Barat seperti jalan tol yang paling banyak digunakan yaitu Cipularang yang menghubungkan antara Cikampek – Purwakarta – Padalarang.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga sedang menggeber pembangunan ruas jalan tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan), Ciawi – Sukabumi, dan Cileunyi – Garut – Tasikmalaya. Ketiga ruas jalan tol ini masih dalam pengerjaan walau ada beberapa ruas yang sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Selain jalan tol, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga berencana akan membangun akses jalan arteri. Pembangunan jalan arteri ini merupakan salah satu dukungan pemerintah dalam upaya penetapan Jawa Barat sebagai Provinsi Pariwisata. Jalan arteri ini diharapkan dapat memudahkan konektivitas antar wilayah Jawa Barat.

Secara bertahap, Jawa Barat akan membangun destinasi wisata baru di setiap kabupaten bersamaan dengan pusat-pusat budaya. Oleh karena itu, pemerintah provinsi sedang menggeber pembangunan ruas-ruas jalan untuk memudahkan akses jalan ke daerah wisata tersebut.

Pemerintah Provinsi Fokus Membangun Infrastruktur Pariwisata di Jawa Barat

Jawa Barat menjadi salah satu kawasan yang memiliki pemandangan wisata yang menawan (blog.reservasi.com)

Jawa Barat menjadi salah satu kawasan yang memiliki pemandangan wisata yang menawan (blog.reservasi.com)

Panorama indah, kebudayaan yang melimpah, serta kapasitas sumber daya manusia yang mumpuni menjadi beberapa daya tarik dari provinsi Jawa Barat. Akses infrastruktur yang mulai terkoneksi dengan baik meningkatkan daya tarik Jawa Barat di mata wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sejak 2019, Pemerintah Provinsi Jawa Barat giat membangun infrastruktur baru yang mendukung kepariwisataan. Seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran, KEK Cikidang, pembangunan enam destinasi pariwisata tipe 1 (seperti Curug Malela, Curug Cinulang, Amphitheater Ciletuh, dan Kebun Raya Kuningan, Galunggung dan Panyaweuyan).

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Dalam rangka mempromosikan kawasan wisata Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memfokuskan melalui promosi berbasis digital. Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana meluncurkan Sistem Pariwisata Terpadu (Siraru) dan aplikasi Smiling West Java.

Sistem tersebut mampu mengintegrasikan kegiatan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan penyedia jasa wisata. Selain itu terdapat informasi mengenai acara di kawasan Jawa Barat yang dapat dilihat langsung melalui aplikasi Smiling West Java.

Jika melihat kedepannya, patut untuk ditunggu bagaimana pertumbuhan infrastruktur provinsi Jawa Barat. Hal ini tentu akan meningkatkan perekonomian serta kemajuan provinsi Jawa Barat. Dengan tujuan utama menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah