Infrastruktur Sawangan belakangan ini memang berkembang pesat. Begitupun untuk fasilitas kawasannya seperti sarana kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas yang mendukung gaya hidup.

Wilayah Sawangan dan sekitarnya sejak sepuluh tahun terakhir memang mengalami perkembangan yang luar biasa. Harus diakui, perkembangan ini didorong oleh kebutuhan akan hunian dan segala fasilitasnya yang dinamis.

Hal ini juga dipicu karena belakangan pembangunan Kota Depok memang mengarah ke Sawangan setelah kawasan ‘élit’ Margonda mulai jenuh. Rencana pembangunan infrastruktur dan lokasi yang strategis membuat Sawangan memiliki potensi perkembangan yang besar.

Ya, Sawangan kini menjadi sunrise location untuk area Depok. Dan bisa dibilang, masa depan Depok kini ada di Sawangan. Setidaknya ada dua alasan mengapa Sawangan menjadi primadona bagi para pencari properti residensial.

Pertama, akses jalan, lantaran letaknya yang berada di perbatasan antara Parung (Kabupaten Bogor), serta bersebelahan dengan kawasan yang sudah mapan seperti Jakarta Selatan dan juga Tangerang Selatan, kawasan yang perkembangannya juga sangat pesat. Kedua, dari sisi harga yang masih di bawah Tangerang Selatan, apalagi Jakarta Selatan.

Tertarik untuk punya rumah di daerah Sawangan karena letaknya yang strategis, didukung fasilitas dan infrastruktur kawasan yang lengkap, plus harga yang masih terjangkau? Cek pilihan huniannya di sini!

Yang menarik infrastruktur Sawangan juga semakin bertambah dan digeber terus pengerjaannya. Sebut saja Tol Depok-Antasari (Desari) dan tol Lingkar Luar Depok (DORR).

infrastruktur sawangan

Tol ini juga terhubung dengan tol Jagorawi, yang membentang hingga ke Jakarta Utara ataupun ke Jakarta Selatan hingga Tangerang.

Tol Desari dibangun dalam dua tahap, yakni seksi I sepanjang 12km. Tol seksi I ini membentang dari jalan Pangeran Antasari di Jakarta Selatan hingga ke Sawangan, Depok. Tol ini juga terhubung dengan tol Jagorawi, yang membentang hingga ke Jakarta Utara ataupun ke Jakarta Selatan hingga Tangerang.

Seksi II akan menghubungkan Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, Beji. Semetara itu, seksi III akan menghubungkan Kukusan-Cinangka. Ruas tol ini akan terhubung juga dengan tol Lingkar Luar Jakarta (JORR II).

Perkembangan infrastruktur Sawangan ini juga diyakini dapat mengangkat kembali pamor Depok yang sempat meredup. Penyebabnya adalah lahan yang makin padat tidak diimbangi akses keluar-masuk kota yang baik. Ini membuat kawasan Depok dan disekitarnya kerap diwarnai kemacetan.

Kedepannya Sawangan juga diharapkan akan semakin bertumbuh dengan adanya proyek infrastruktur Sawangan berupa jalan tol baru Cinere-Serpong yang sedang dalam pembangunan.

Melalui jalur Pengasinan, kawasan ini juga sangat mudah mengakses Parung hingga Bogor. Apalagi jika infrastruktur Sawangan sudah tersambung dengan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) melalui Pengasinan.