Selain punya lansekap alam yang memesona dengan jumlah spot wisata ternama, Kota Hujan juga menyimpan area paling favorit di Bogor sebagai lokasi tempat tinggal. Tidak hanya itu, perkembangan pasar properti di Bogor pun sangat menarik untuk disimak.

Ada beberapa alasan mengapa Bogor disebut sebagai lokasi idaman untuk tempat tinggal. Pertama, harga rumah di wilayah tersebut terpantau masih terjangkau bagi keluarga muda dengan bujet terbatas. Rata-rata untuk harga rumah Rp300 juta sampai Rp500 juta, masyarakat bisa menghuni rumah tipe 36m2 dengan dua kamar tidur. Jika dihitung dengan kalkulator KPR, cicilan rumah seharga Rp350 juta hanya sekitar Rp3,5 jutaan selama 15 tahun dengan estimasi suku bunga 9%.

Kedua, Bogor menjanjikan kenyamanan tinggal. Bagaimana tidak, dengan suasana alamnya yang masih sejuk dan asri, penduduk sekitar akan menikmati air yang bersih, udara yang segar, serta bonus pemandangan jejeran Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Rasanya hal demikian tidak akan ditemukan jika bertempat tinggal di Jakarta maupun kota besar lainnya.

Ketiga, Bogor punya sejumlah lokasi wisata ternama yang membuat masyarakat sekitar tak jemu berada di wilayah tersebut. Teranyar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal berkolaborasi untuk mengembangkan potensi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor.

Mengutip Detik Travel, KEK Lido direncanakan menjadi lokomotif ekonomi baru di Jabar di masa pandemi COVID-19. KEK Lido adalah KEK pariwisata dengan rencana bisnis pengembangan taman hiburan kelas dunia, hotel, lapangan golf serta fasilitas pengembangan ekonomi kreatif.

Dan alasan terakhir mengapa Bogor patut disebut sebagai lokasi hunian idaman adalah karena properti di wilayah ini punya nilai investasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi Bogor masih punya rencana pengembangan wilayah yang potensial hingga tahun yang akan datang. Adapun di Q4 2020, indeks harga properti Bogor berada pada angka 339. Secara kuartalan (QoQ) turun -8%, sedangkan secara tahunan (YoY) naik 252%.

Area Paling Favorit di Bogor: Harga di Bawah Rp300 Juta Jadi Incaran

Area Paling Favorit di Bogor: Harga di Bawah Rp300 Juta Jadi Incaran

31% pencari properti mengincar rumah dengan harga di bawah Rp300 juta.

Jika melihat laman dijual di Rumah.com, pencari rumah bisa menemukan lebih dari 29.000 Properti dan Perumahan Dijual, bogor di Indonesia. Harga rumah yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp200 jutaan sampai Rp3 miliaran bergantung lokasinya. Tak pelak, ada cukup banyak area paling favorit di Bogor.

Merujuk data di atas, pencarian properti dengan harga di bawah Rp300 juta menempati urutan teratas. Bagi masyarakat yang memang mengincar rumah dengan batas harga tersebut, pilihannya banyak tersebar di wilayah Kabupaten Bogor seperti Cileungsi, Parung, Tajur Halang, Jonggol, Ciseeng, Ciomas, hingga Citereup.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh pencarian properti dengan harga rentang Rp300 juta sampai Rp750 juta. Dengan harga sebesar itu, pilihan rumah umumnya berada di lokasi strategis maupun yang berada dekat dengan Kota Bogor. Contohnya Cibinong, Gunung Putri, Tanah Sareal, Atang Sanjaya, Baranangsiang, dan Bojonggede.

Untuk rumah dengan harga di atas Rp1 miliar di Bogor kebanyakan berlokasi di jantung Kota Bogor atau berada di kawasan mandiri. Sebut saja misalnya rumah-rumah di Sentul City, Bogor Nirwana Residence, atau berada di area Jalan Padjajaran.

Jika ditelisik, area paling favorit di Bogor umumnya berada tidak jauh dari Ibukota, bebas banjir, punya lingkungan yang nyaman dan sejuk, harga relatif terjangkau, serta memiliki prospek investasi yang bagus. Soal prospek investasi, ada banyak faktor terkait pergerakan harga yang bikin properti di Bogor wajib dilirik.

Utamanya karena Bogor terintegrasi dengan sektor transportasi yang baik, seperti KRL Jabotabek jurusan Bogor – Jakarta Kota. KRL menjadi transportasi favorit warga Bogor yang beraktivitas di Jakarta setiap harinya. Waktu tempuh antara BogorJakarta dengan KRL hanya butuh waktu tak lebih dari satu jam.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Di lain sisi, potensi Bogor akan terus berkembang lantaran gencarnya pembangunan infrastruktur dengan jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sejauh 54 km.

Tiga seksi tahapan pembangunan BORR kini telah rampung. Tol BORR sendiri merupakan rangkaian jalan tol sepanjang 11 kilometer yang melingkari kota Bogor, menghubungkan Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda.

Untuk tol Bocimi, seksi I dari Ciawi sampai Cigombong sepanjang 15,3 km sudah beroperasi sejak dua tahun lalu. Sementara untuk seksi II dari Cigombong sampai Cibadak ditargetkan selesai tahun 2021, dan seksi III sampai Sukabumi Timur akan dilaksanakan pengerjaannya usai seksi II rampung.

5 Area Paling Favorit di Bogor Raya Sepanjang 2020

5 Area Paling Favorit di Bogor Raya Sepanjang 2020

Area paling favorit di Bogor Raya ditempati Sentul City pada posisi pertama, dan Jonggol di urutan kelima.

Berdasarkan riset internal Rumah.com untuk area paling favorit di Bogor, wilayah Sentul City menempati urutan pertama dengan total pencarian sebesar 9%. Setelahnya ada Cibinong (8%), Bojonggede (6%), Cileungsi 6%), dan Jonggol (4%). Lebih lengkap mengenal lima area paling favorit di Bogor tersebut, simak ulasannya.

1. Sentul City

Sentul hingga kini terus dibanjiri beragam proyek properti dengan segmen yang cenderung terus meningkat. Dengan kemudahan aksesibilitas dari jalan tol Jagorawi ditambah adanya proyek transportasi kereta ringan atau light rail transit (LRT), kawasan Sentul seperti terus bersolek dengan makin banyaknya pengembangan proyek properti.

Dalam lima tahun terakhir, Sentul City, sebagai kawasan permukiman terbesar di Sentul telah menarik banyak investor untuk masuk dan membangun beragam fasilitas publik. Fasilitas- fasilitas tersebut antara lain Sentul International Convention Center (SICC), Hotel Harris, Pasar Ahpoong, Pasar Bersih, Bellanova Country Mall, Kampus Trisakti, Sekolah Pelita Harapan, STIE Tazkia, Sekolah Fajar Hidayah, serta beragam area wisata, seperti Sentul Wonderland Outbound Kids, Jungle Land, Air Terjun Bidadari, dan AEON Mall.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Sentul City sebagai salah satu area paling favorit di Bogor? Simak pilihannya di sini!

2. Cibinong

Kawasan Cibinong sendiri dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi kawasan incaran bagi pembeli hunian pertama. Selain memiliki akses transportasi yang cukup, baik itu Jalan Tol Jagorawi maupun Jalan Raya Bogor, Stasiun Kereta Commuterline, rencana pembangunan LRT koridor Cibubur–Bogor yang akan segera dikembangkan, juga telah menjadi faktor yang memberikan pengaruh.

Bicara fasilitas, Cibinong juga tak kalah jika dibandingkan Bogor atau Depok. Sebut saja mulai dari pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, hingga sarana pendukung transportasi. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, pertumbuhan kawasan yang merupakan Ibukota kabupaten Bogor ini berkembang pesat. Wajar saja, sebagai pusat pemerintahan, Cibinong tentunya akan mendapat prioritas pembangunan.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Cibinong sebagai salah satu area paling favorit di BogorBogor? Simak pilihannya di sini!

3. Bojonggede

Sebagai salah satu area paling favorit di Bogor, Bojonggede yang merupakan sebuah kecamatan di pinggiran Kota Depok, menjadi alternatif lokasi pembangunan rumah dengan harga relatif terjangkau.

Makin banyaknya hunian dengan harga yang terjangkau dikawasan ini menandakan Bojonggede semakin berkembang. Tidak hanya itu, Bojonggede sebentar lagi juga akan semakin bersinar jika pintu keluar Tol Desari sudah sampai ke wilayah ini. Jadi, jika tertarik mencari hunian harga terjangkau di lokasi yang punya potensi masa depan, maka Bojonggede patut dipertimbangkan.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Bojonggede sebagai salah satu area paling favorit di Bogor? Simak pilihannya di sini!

4. Cileungsi

Di masa depan pergerakan kenaikan investasi properti di Cileungsi akan semakin cepat lagi, alasannya tahun 2020 Cibubur sudah dinobatkan sebagai sunrise property dan akan merambat ke Cileungsi dalam waktu dekat. Apalagi akses tol Cimanggis – Cibitung yang sudah beroperasi semenjak November 2020 di gerbang tol Jatikarya. Lalu di tahun 2021 nanti LRT Cibubur – Dukuh Atas akan segera beroperasi di tahun 2021, kehadiran LRT di Cibubur akan membuat akses menuju Jakarta semakin mudah dan cepat.

Kemudian ada juga proyek tol JORR 2 Cibitung – Cilincing yang melewati Cileungsi, akses tol ini juga ditargetkan rampung seluruhnya di tahun 2021. Akses tol ini merupakan tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek yang diharapkan akan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi.

Dengan berkembangnya Cileungsi menjadi sebuah kawasan segitiga emas membuat semakin banyak orang berminat tinggal di sini, di masa mendatang pun akan lebih banyak lagi pengembang yang mempersembahkan proyeknya dan ke depannya akan semakin banyak pilihan properti dengan berbagai desain dan konsep.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Cileungsi sebagai salah satu area paling favorit di Bogor? Simak pilihannya di sini!

5. Jonggol

Mencari rumah dengan harga di bawah Rp300 juta bukan perkara sulit di Jonggol. Berada setelah Cileungsi, Jonggol bisa di akses melalui jalur alternatif menuju Cianjur (Cibubur – Jonggol – Cianjur). Sayangnya kehadiran beberapa pabrik di sekitar Jonggol kerap membuat kemacetan tak lagi terhindarkan. Mungkin ini yang membuat sebagian orang enggan memilih Jonggol sebagai lokasi hunian.

Padahal sebenarnya, Jonggol menyimpan potensi properti yang menjanjikan beberapa tahun ke depan. Salah satunya jika infrastruktur seperti LRT mulai beroperasi pada tahun 2018. Light Rail Transit atau kereta ringan ini nantinya akan mempermudah akses dari Cibubur menuju Cawang. Selain itu, kawasan ini juga akan memiliki akses tol baru yang terhubung dengan tol Cijago dan JORR 2 menuju Cibitung.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Jonggol sebagai salah satu area paling favorit di Bogor? Simak pilihannya di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah