Pandemi memang bikin beberapa sektor bisnis mati suri, tapi tidak dengan sektor properti. Properti masih punya potensi untuk dijadikan investasi, sekaligus untuk dihuni. Salah satunya Cikarang. Di saat pasar properti lesu, properti Cikarang semakin maju.

Sektor properti masih tetap menawarkan potensi yang sangat baik untuk dijadikan investasi, khususnya saat situasi pandemi yang telah memukul sektor bisnis di sejumlah lini. Salah satu yang potensinya tinggi yaitu koridor timur yang mencakup Bekasi dan Cikarang.

Hampir semua sektor bisnis merasakan dampak pelemahan karena pandemi Coronavirus Disease (COVID-19). Setelah pagebluk ini berlangsung beberapa bulan, properti terbukti menjadi salah satu sektor bisnis yang bisa bertahan dan telah mulai bergerak dengan melakukan berbagai penyesuaian.

Mau punya hunian untuk ditinggali sekaligus bagus untuk investasi di kawasan Cikarang? Cek aneka pilihan huniannya dengan harga mulai dari Rp500 juta di sini!

Banyak kalangan baik pengamat maupun pengembang menyebut situasi ini justru menjadi timing yang menguntungkan bagi konsumen untuk segera membeli produk properti. Sektor ini masih menjanjikan keuntungan maupun peningkatan investasi di saat situasi pandemi seperti sekarang ini.

Potensi Pasar Properti di Koridor Timur Sangat Menjanjikan

Potensi Pasar Properti di Koridor Timur Sangat Menjanjikan

Untuk potensi wilayah yang sangat menjanjikan bagi sektor properti masih berada di koridor timur yaitu Bekasi, Cikarang, hingga Karawang.

Beberapa kelebihan membeli properti saat ini antara lain tren menurunnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Pada bulan Februari 2020, BI menurunkan 25 basis poin menjadi 4,75 persen dan bulan Maret 2020 diturunkan lagi hingga saat ini suku bunga acuan menjadi 4,5 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, untuk potensi wilayah yang sangat menjanjikan bagi sektor properti masih berada di koridor timur yaitu Bekasi, Cikarang, hingga Karawang.

Dan potensi ini akan terus berkembang hingga wilayah yang lebih jauh lagi. Ada banyak pembangunan proyek infrastruktur di koridor timur ini yang akan menjadi penopang perkembangan sektor properti ke depannya.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

“Potensi koridor timur ini masih akan terus berkembang. Kalau kita berpatokan pada harga tanah, wilayah ini juga relatif lebih rendah dibandingkan wilayah sebelah barat Jakarta,” ujarnya.

“Harga jual tanah di  koridor timur rata-rata Rp6,3 juta/m2 pada tahun 2018, tahun 2009 harganya masih Rp2,3 juta/m2. Artinya, dalam kurun waktu sembilan tahun kenaikannya mencapai lebih dari 21 persen,” tambah Ali.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Pasar Properti Cikarang Punya Masa Depan Cemerlang

Pasar Properti Cikarang Punya Masa Depan Cemerlang

Salah satu wilayah di koridor timur yang sangat berkembang pesat yaitu Cikarang.

Hal ini, jelas Ali, tidak terlepas dari potensi koridor timur yang merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Bekasi menjadi salah satu kota penyangga Jakarta yang mengalami kenaikan dengan nilai sangat siginfikan.

Dan hal itu tidak terlepas juga dari pengembangan proyek infrastruktur yang sangat masif di koridor ini. Direktur Indonesia Property Research Center (IPRC) Dimas Putra menyatakan hal yang kurang lebih sama seperti Ali.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Menurutnya, salah satu wilayah di koridor timur yang sangat berkembang pesat yaitu Cikarang. Dan masa pandemi ini seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai investasi karena range harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan saat situasi normal.

“Jadi sekarang justru saat yang tepat untuk berinvestasi di sektor properti. Beli saat harga terjangkau dan nantinya bisa disewakan maupun dijual kembali dengan harga yang sudah meningkat. Wilayah ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang cepat karena banyaknya pengembang besar dan infrastruktur masih yang tengah dibangun,” imbuhnya.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah