Perumahan di kawasan Jabodetabek memang selalu difavoritkan banyak orang, terbukti trafik pencarian pada kawasan ini selalu tinggi. Masing-masing punya kelebihan yang patut dipertimbangkan. Lalu bagaimana dengan perumahan di Bogor? Simak 7 keunggulannya!

Yang menarik, pandemi Covid-19 saat ini nyatanya tidak memengaruhi trafik pencarian rumah dijual di Rumah.com. Di masa pandemi ini trafik justru mengalami peningkatan hingga 40% pada kuartal pertama 2020 jika dibandingkan kuartal keempat 2019.

Sementara jika dibandingkan dengan pencarian pada masa Covid-19 (setelah 16 Maret 2020) dengan sebelum Covid (Januari-15 Maret 2020), kenaikannya sudah sebesar 5%. Peningkatan secara kuartalan juga ditunjukkan dari jumlah pengunjung yang melihat halaman detail listing properti, yakni sebesar 36%.

Nah, untuk kawasan pencarian favorit Jabodetabek berada di tiga besar. DKI Jakarta diperingkat pertama sebanyak 33%, disusul Jawa Barat 31%, Banten 14%, dan Jawa Timur 8%. Untuk Jawa Barat paling banyak dicari adalah kawasan Depok, Bekasi, dan Bogor.

Cari hunian dengan nuansa pegunungan yang berhawa sejuk namun punya akses mudah ke Jakarta? Cek aneka pilihan huniannya di kawasan Bogor dengan harga di bawah Rp500 juta di sini!

Bogor? Apa istimewanya jika dibandingkan kawasan Depok atau Bekasi yang notabene nempel ke ibu kota? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak 7 keunggulan perumahan di Bogor berikut ini:

1. Perumahan di Bogor Didukung Kemudahan Akses dan Transportasi

Perumahan di Bogor Didukung Kemudahan Akses dan Transportasi

Beroperasinya Tol Bocimi ini diyakini akan memacu pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor dan sekitarnya.

Perumahan di Bogor disokong oleh sektor transportasi yang sangat lengkap. Bukan hanya angkot (angkutan umum) saja, tapi juga ada bus antar kota. Selain itu juga ada KRL Jabotabek jurusan Bogor–Jakarta Kota yang setiap harinya mengangkut warga Bogor yang bekerja di Ibukota.

Berdasarkan demografinya, kelompok usia yang menjadi pemukim baru di Bogor rata-rata memang kaum produktif yang bekerja di ibu kota. Karena itu saat ini juga sedang dibangun jalur Light Rail Train (LRT) yang akan melintasi Bogor, Bekasi, hingga ke pusat kota Jakarta.

LRT ini merupakan jalur kereta api ringan yang menggunakan tenaga listrik dan kecepatannya lebih cepat dibanding KRL. Selain itu akses ke Bogor kini juga semakin mudah karena gencarnya pembangunan infrastruktur jalan.

Selain kemudahan akses lewat Tol Jagorawi, ada juga Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), hingga jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan Tol Bocimi dengan jalur Bogor, Ciawi, Sukabumi.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Beroperasinya Tol Bocimi diyakini akan memacu pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor dan sekitarnya. Selain berdampak langsung pada kelancaran arus barang dan jasa dari Kota Bogor, Ciawi, dan Sukabumi maupun sebaliknya, jalan tol ini  juga semakin membuat pasar properti Bogor semakin bergairah.

2. Perumahan di Bogor Harganya Paling Terjangkau

Perumahan di Bogor Harganya Paling Terjangkau

Perumahan di Bogor kebanyakan juga menawarkan halaman yang cukup luas.

Dengan segala keunggulannya, harga perumahan di Bogor terbilang cukup murah jika dibandingkan perumahan di kawasan hunian favorit lainnya di Jabodetabek. Ini dikarenakan harga tanahnya lebih terjangkau.

Sebagai perbandingan bisa dilihat dari data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI). Untuk median harga rumah di Bogor hingga Q1 2020 ini tercatat di angka Rp6.557.452 juta per meter persegi. Dan selanjutnya akan kita bandingkan dengan beberapa kawasan hunian favorit lainnya.

Untuk Depok hingga Q1 2020 median harga rumahnya Rp8.142.857 per meter persegi dan Bekasi Rp8.437.500 per meter persegi. Lalu Tangerang di angka Rp13.888.889 per meter persegi sedangkan Tangerang Selatan Rp14.583.333 per meter persegi.

Cari apartemen dengan view indah di kawasan Bogor? Cek aneka pilihan apartemennya dengan harga di bawah Rp500 juta di sini!

Terbayang kan selisih harganya jika Anda beli rumah dengan luas 100 meter persegi saja. Apalagi perumahan di Bogor kebanyakan juga menawarkan halaman yang cukup luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Bercocok tanam misalnya.

3. Perumahan di Bogor Berlimpah Fasilitas

Perumahan di Bogor Berlimpah Fasilitas

Untuk fasilitas kawasannya didukung sarana pendidikan lengkap, rumah sakit yang tersebar luas, hingga pusat-pusat kuliner.

Bukan hanya perumahan di Jakarta saja yang didukung fasilitas super lengkap, perumahan di Bogor juga sudah berlimpah fasilitas. Mulai dari taman hijau untuk jogging track, taman bermain terbuka untuk anak-anak, kolam renang, hingga minimarket di dalam kawasan perumahannya.

Begitupun untuk fasilitas kawasannya. Sebut saja mulai dari sekolah tingkat dasar negeri hingga swasta favorit, sampai perguruan tinggi seperti Institut Pertanian Bogor (IPB). rumah sakit yang tersebar luas, pusat perbelanjaan, sarana rekreasi hingga pusat-pusat kuliner.

Simak juga 5 Fasilitas Bogor yang Bikin Kota Ini Makin Tersohor

4. Perumahan di Bogor Dikelilingi Banyak Tempat Wisata

Perumahan di Bogor Dikelilingi Banyak Tempat Wisata

Dengan banyaknya objek wisata, tinggal di perumahan di Bogor dipastikan bikin Anda tak pernah kehabisan ide untuk refreshing di akhir pekan.

Bagi warga Jabodetabek, Bogor menjadi kota tujuan wisata yang paling sering dikunjungi mengingat jaraknya yang dekat dan juga karena aksesnya yang mudah. Jenis wisata yang ditawarkan pun sangat lengkap mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata belanja, hingga wisata kuliner.

Beberapa pusat wisata yang populer di kalangan wisatawan adalah Kebun Raya Cibodas, Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Taman Bunga Nusantara, Taman Safari Indonesia, Jungle Land Adventure Theme Park, Little Venice Puncak, hingga aneka curug atau air terjun.

Dengan banyaknya objek wisata, tinggal di perumahan di Bogor dipastikan bikin Anda tak pernah kehabisan ide untuk refreshing di akhir pekan. Dan esoknya bisa beraktivitas lagi dengan penuh semangat.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

5. Perumahan di Bogor Berhawa Sejuk

Perumahan di Bogor Berhawa Sejuk

Ada banyak tanaman hijau seperti pepohonan rindang dan juga perkebunan di Bogor sehingga udara perumahan di Bogor juga relatif lebih baik.

Bogor berada di ketinggian rata-rata 190 meter di atas permukaan laut sehingga udara yang ada di kota ini begitu sejuk, baik siang maupun malam hari. Ada banyak tanaman hijau seperti pepohonan rindang dan juga perkebunan di Bogor sehingga udara perumahan di Bogor juga relatif lebih baik.

6. Perumahan di Bogor Dimanjakan Air Bersih yang Berlimpah

Perumahan di Bogor Dimanjakan Air Bersih yang Berlimpah

Bogor adalah kawasan pegunungan di mana airnya sangat bersih dan segar.

Ketika akan membeli rumah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kelayakan airnya. Apakah bersih dan aman? Kita bisa saja membeli air mineral galon untuk masak dan minum, tapi untuk kebutuhan mandi dan mencuci apa juga harus pakai air mineral?

Biar bagaimanapun membeli air mineral berarti tambahan pengeluaran. Itu sebabnya kenapa air bersih begitu penting ketika menentukan lokasi rumah. Bogor adalah kawasan pegunungan di mana airnya sangat bersih dan segar. Dengan sumber mata air yang bersih, kesehatan tubuh dan kulit keluarga akan tetap terjaga.

7. Perumahan di Bogor Bebas Banjir

Perumahan di Bogor Bebas Banjir

Hampir seluruh kawasan Bogor banyak ditumbuhi tanaman sehingga ketika hujan air bisa terserap langsung ke dalam tanah.

Berbeda dengan kawasan Jabodetabek lainnya yang sering menjadi langganan banjir, kota Bogor yang berada di dataran tinggi membuat perumahan di Bogor bebas dari ancaman banjir.

Hampir seluruh kawasan Bogor banyak ditumbuhi tanaman sehingga ketika hujan air bisa terserap langsung ke dalam tanah. Itulah mengapa Bogor yang dijuluki sebagai kota hujan tapi tidak pernah kebanjiran.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah