Seperti BandungSukabumi adalah kawasan di Jawa Barat yang memiliki nilai cukup tinggi di sektor properti. Tak heran bila sejumlah pengembang berlomba mencari lahan untuk perumahan di Sukabumi, karena wilayahnya cocok untuk semua segmen pasar properti, mulai dari tipe kelas atas hingga subsidi.

Sukabumi sendiri sudah bebenah sejak tahun 2016, ditandai dengan pembangunan jalan kabupaten yang telah membentang sepanjang 1.326,67 kilometer hingga 2019. Selain itu, kehadiran Jembatan Cibuni turut memberi angin segar bagi warga sekitar. Jembatan ini menghubungkan antara wilayah Kecamatan Cidadap, Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Cianjur.

Selain perbaikan dan pembangunan jalan-jalan kabupaten, Sukabumi juga membuka exit jalan tol yang memudahkan akesnya. Bagi beberapa pengembang, kawasan ini punya hal menarik yang tidak dimiliki oleh semua wilayah. Salah satunya udara yang sejuk dan potensi air tanah yang lebih besar secara kuantitas dan belum tercemar sehingga masih bersih.

Di samping itu, saat ini Sukabumi tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya kawasan ini menjadi salah satu wilayah yang sedang menjadi incaran para investor. Tak hanya terpilih menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), namun juga menjadi pilihan kawasan hunian idaman.

Sedikit membahas tentang KEK yang berada di Lido, Sukabumi, Humas Provinsi Jawa Barat menyebut akan dikembangkan atraksi wisata themepark kelas dunia, kursus golf, retail, resor, hotel berbintang, transit oriented development (TOD), serta pengembangan pusat ekonomi kreatif seperti film dan seni pertunjukan.

Kehadiran KEK Pariwisata Lido tidak saja diharapkan menghidupkan ekonomi di sekitar Bogor Raya tapi juga sebagian Sukabumi. Peluang inipun sebaiknya segera dimanfaatkan para investor yang menggeluti bisnis properti. Sebagai bukti pendukung, Rumah.com melampirkan tren indeks harga properti di Sukabumi berikut ini.

Tren harga properti di Sukabumi mengalami peningkatan tajam secara tahunan

Tren harga properti di Sukabumi mengalami peningkatan tajam secara tahunan

Grafik di atas menunjukkan bahwa tren indeks harga properti di Sukabumi mengalami kenaikan signifikan. Sempat terpukul hebat akibat kemunculan Covid-19 yang menyebabkan pandemi, namun kawasan ini mampu bangkit secara maksimal.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Secara tahunan, indeks harga berhasil naik sebanyak 29,10 persen pada Q1 2021, dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya (Q1 2020). Demikian juga secara kuartalan, indeks meningkat 4,46 persen dibandingkan Q4 2020 yang menoreh angka 125,9.

Keberhasilan ini sekaligus menandakan bahwa pasar properti di Sukabumi mampu bersaing dengan wilayah lain di Jawa Barat. Bahkan grafik di atas sekaligus memperlihatkan tren harga di dua kuartal terakhir adalah yang tertinggi sepanjang empat tahun terakhir. Lalu bagaimana dari sisi tren pasokan properti?

Pasokan properti di Sukabumi terkoreksi secara kuartalan, namun naik 59,48% secara tahunan

Pasokan properti di Sukabumi terkoreksi secara kuartalan, namun naik 59,48% secara tahunan

Fakta bahwa pasar properti di Sukabumi  mulai kompetitif juga terlihat dari tren indeks suplai properti yang dirangkum Rumah.com. Tercatat saat ini ada beberapa pengembang kelas menengah yang telah menancapkan proyeknya di Sukabumi, seperti PT Jaya Abadi Regency, INTI Innovaco, hingga Setiabudi Land.

Pada Q3 2019, pasokan properti di Sukabumi mencapai indeks tertinggi dengan 373,4. Setelahnya, indeks suplai menurun, namun justru tak begitu terdampak saat kemunculan pandemi Covid-19.

Secara kuartalan, indeks suplai di Q1 2021 menurun sebanyak 19,47 persen dibandingkan kuartal sebelumnya alias Q4 2020. Namun secara tahunan, indeks suplai sukses naik tajam sebesar 59,48 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya atau Q1 2020 (Year on Year/YoY).

Perumahan di Sukabumi: Pencarian Harga Rumah dan Area Paling Dicari

24 persen masyarakat mengincar rumah harga di bawah Rp300 juta di Sukabumi

24 persen masyarakat mengincar rumah harga di bawah Rp300 juta di Sukabumi

Berdasarkan hasil pencarian di situs Beli Rumah.com, terlihat dinamika terhadap preferensi harga rumah yang diincar masyarakat Sukabumi. Harga rumah dengan rentang Rp300 juta sampai Rp750 juta menjadi yang tertinggi.

Sedangkan untuk harga rumah di bawah Rp300 juta justru memeroleh persentase 24%. Padahal, Sukabumi sendiri masih menyimpan banyak referensi proyek perumahan yang dipasarkan dengan harga mulai Rp100 juta sampai Rp300 juta.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 300 jutaan di kawasan SukabumiCek aneka pilihan huniannya di sini!

Sementara itu, harga rumah Rp1,5 miliar hingga Rp4 miliar meraih persentase lebih tinggi sebanyak 25%, dibandingkan harga rumah Rp750 juta – Rp1 miliar yang hanya meraih 3 persen. Itu artinya, profil konsumen yang menetapkan perumahan di Sukabumi sebagai lokasi hunian mulai didominasi oleh kalangan menengah atas.

Lantas di mana sajakah area perumahan di Sukabumi yang punya potensi menjanjikan sebagai hunian maupun aset investasi? Berikut ulasannya.

Warudoyong menjadi lokasi favorit pencari properti di Sukabumi

Warudoyong menjadi lokasi favorit pencari properti di Sukabumi

 

1. Warudoyong

Luas wilayah Kecamatan Warudoyong mencapai 761,68 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat, yakni  sebanyak 60.296 jiwa dengan 17.021 kepala keluarga. Kecamatan Warudoyong memiliki 58 RW dan 264 RT. Kecamatan Warudoyong berpotensi pada pengembangan sektor UKM, pertanian, jasa perdagangan dan  pariwisata.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Warudoyong sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

2. Baros

Baros adalah sebuah kecamatan di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Di Kecamatan baros terdapat banyak perumahan swasta maupun Perumnas, seperti Perumnas Baros Kencana. Mulai dari perumahan harga Rp150 juta bisa ditemukan di area ini.

 Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Baros sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

3. Cikole

Letak Kecamatan Cikole yang strategis berada di pusat Kota Sukabumi, serta di dukung oleh infrastruktur yang memadai, menjadikan Kecamatan Cikole banyak diminati oleh para pengusaha dan investor baik itu pengembangan usaha, pendidikan maupun perdagangan.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Cikole sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

4. Sukabumi

Kota Sukabumi menjadi area perumahan di Sukabumi paling dicari sepanjang April 2020 – Maret 2021. Wajar saja, letak geografis Kota Sukabumi yang cukup strategis diantara dua pusat pertumbuhan ekonomi, yaitu wilayah Bandung Raya dan wilayah megapolitan Jakarta, menciptakan suatu peluang yang dapat dikembangkan sebagai modal dasar dalam menggerakkan roda perekonomian.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kota Sukabumi sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

5. Cisaat

Cisaat menempati urutan kelima dari 10 area di Sukabumi paling dicari sepanjang April 2020 – Maret 2021 dengan persentase 7%. Menurut laman Beli di Rumah.com, harga lahan di area ini dipasarkan mulai Rp350 ribu hingga Rp500 ribu per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Cisaat sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

6. Cicurug

Cicurug adalah gerbang utama saat memasuki Kabupaten Sukabumi. Letaknya yang terdepan menyebabkan kawasan ini menjadi salah satu area termacet di Sukabumi. Akan tetapi terkini kondisinya sudah diminimalisir berkat kehadiran Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), yang sukses memangkas jarak antara Cicurug dengan Jakarta.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Cicurug sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

7. Cibeureum

Cibeureum yang masuk ke dalam Kota Sukabumi memang menyimpan banyak potensi, khususnya di sektor perumahan tapak. Jika berkunjung ke wilayah ini, masyarakat akan dengan mudah menemukan deretan gerbang perumahan.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Cibeureum sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

8. Gunung Puyuh

Salah satu wilayah yang kerap menjadi incaran para pengembang untuk mengembangkan proyeknya adalah Gunung Puyuh. Berada di bagian utara Kota Sukabumi, kecamatan ini tercatat memiliki perkembangan penduduk terbesar.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Gunung Puyuh sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

9. Sukaraja

Sukaraja menempati urutan kesembilan dari 10 area di Sukabumi paling dicari sepanjang April 2020 – Maret 2021 dengan persentase 4%. Menurut laman Beli di Rumah.com, harga lahan di area ini dipasarkan sangat tinggi kisaran Rp4 jutaan per meter persegi.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Sukaraja sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

10. Parung Kuda

Terakhir ada Parung Kuda yang menjadi area perumahan di Sukabumi paling dicari masyarakat sepanjang April 2020 – Maret 2021. Di kawasan ini, masih terdapat banyak perumahan subsidi yang dijual dengan harga Rp150 juta.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Parung Kuda sebagai salah satu area perumahan di Sukabumi paling dicari? Simak pilihannya di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah