Saat ini Kabupaten Purwakarta layak dijadikan destinasi kawasan hunian yang memikat mata. Banyak alasan mengapa kabupaten kecil nomor dua di provinsi Jawa Barat ini patut diperhitungkan. Perkembangan kawasan ini dari dulu hingga kini sangatlah pesat dan menarik untuk dibahas.

Kabupaten Purwakarta adalah sebuah kawasan di provinsi Jawa Barat yang berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara ibu kota Jakarta. Namanya mungkin tidak sepopuler Bandung atau Bogor, namun saat ini pelan-pelan kawasan ini mulai memikat banyak mata.

Jutaan pasang mata mulai tertuju pada kawasan yang disebut sebagai kabupaten terkecil nomor dua di Jawa Barat. Dan perlu diketahui bahwa kawasan ini juga dikenal sebagai tempat kelahiran para negarawan dan pemimpin besar asal Jawa Barat pada masa awal pendirian Republik Indonesia.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 300 jutaan di kawasan Purwakarta? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Dulu banyak yang memandang sebelah mata pada kawasan ini, beragam alasan seperti infrastruktur yang belum mumpuni, fasilitas yang kurang lengkap hingga akses ke Purwakarta ini yang masih sulit dan minim transportasi umum.

Namun saat ini kawasan ini telah bertransformasi dari sebuah kabupaten kecil hingga menjadi kawasan yang diincar para pengembang properti hingga para pencari hunian. Berikut ulasan metamorfosa kawasan Purwakarta dari dulu, kini, hingga rencana ke depannya yang membuat kawasan ini makin berkembang pesat.

Purwakarta: Perkembangannya dan Cerita di Masa Lalu

Purwakarta: Perkembangannya dan Cerita di Masa Lalu

Banyaknya bangunan-bangunan tua dengan sentuhan arsitektur Eropa lama merupakan peninggalan dari penjajahan Belanda. (roedi-hartono.blogspot.com)

Banyak yang belum mengetahui bahwa dahulu Purwakarta merupakan pemekaran dari kabupaten Karawang dan dikenal dengan nama Sindangkasih. Nama kawasan ini sendiri memiliki arti “tempat yang mulai ramai”, Purwa berarti permulaan, Karta memiliki arti ramai atau hidup.

Banyaknya bangunan-bangunan tua dengan sentuhan arsitektur Eropa lama merupakan peninggalan dari penjajahan Belanda. Dulu pada masanya Purwakarta merupakan salah satu kawasan yang dijajah oleh penjajah Belanda dan Jepang.

Hal inilah yang membuat Purwakarta memiliki banyak peninggalan bersejarah dan sering disebut sebagai kabupaten yang memiliki banyak cerita klasik di masa lalu. Kawasan ini bahkan juga sempat dijadikan basis logistik Kerajaan Mataram saat penyerangan VOC ke Batavia pada abad ke-18.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Luas wilayah yang setingkat Kabupaten ini tercatat 971,2 km2 dengan memiliki 17 kecamatan dan 192 desa/kelurahan. Meski luas wilayahnya yang terbilang kecil namun ternyata kawasan ini menyimpan berbagai keindahan alam yang terpendam.

Hal inilah yang membuat nama Purwakarta naik dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Baik dari segi pariwisata hingga destinasi hunian. Ditambah lagi, saat ini kawasan ini juga sudah memiliki fasilitas publik yang mumpuni.

Tidak hanya itu, Purwakarta juga sudah memiliki infrastruktur dan akses transportasi yang memudahkan mobilitas masyarakatnya maupun bagi pendatang yang ingin berkunjung. Perkembangan Purwakarta saat ini terbilang pesat dan mampu meningkatkan nilai kawasannya itu sendiri.

Purwakarta yang Kini Menarik Banyak Mata

Purwakarta yang Kini Menarik Banyak Mata

Hotel gantung Purwakarta ini ketinggiannya mengalahkan Skylodge Adventure Suites di Peru yang terkenal ekstrem di kalangan traveler dunia. (akurat.co)

Dalam 10 tahun terakhir, Purwakarta menjadi salah satu tujuan industri di Jawa Barat. Hingga tahun 2017, sudah ada sekitar 260 perusahaan asing maupun lokal yang beroperasi. Untuk menunjang perkembangan industri yang pesat, Pemerintah Daerah mengembangkan 12 kawasan industri.

Kedua belas kawasan tersebut tersebar di 6 kecamatan antara lain, Babakan Cikao, Jatiluhur, Sukatani, Campaka, Cibatu, dan Bungursari. Adapun luas lahan untuk kawasan industri tersebut seluas 5.000 hektar yang tersebar di 6 kecamatan.

Dari sisi hunian, Purwakarta juga berkembang pesat, terbukti dengan kehadiran proyek-proyek perumahan masif yang terintegrasi dengan infrastruktur yang sangat lengkap. Sejak 2015, kawasan ini melesat menjadi kawasan sunrise property bersamaan dengan Karawang.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Munculnya hunian vertikal dengan bujet terjangkau mulai dari 200 jutaan membuat pasar properti di wilayah ini melesat cepat. Salah satunya adalah Apartemen Puri Pakuan yang dibangun oleh salah satu pengembang Trans Pakuan Land.

Selain apartemen, di kawasan ini juga makin banyak berdiri hotel-hotel dengan fasilitas yang tentunya tak kalah dengan kota besar. Salah satu hotel yang paling menarik perhatian adalah Skylodge Hotel yang merupakan hotel gantung pertama di Indonesia.

Hotel gantung Purwakarta ini ketinggiannya mengalahkan Skylodge Adventure Suites di Peru yang terkenal ekstrem di kalangan traveler dunia. Apabila hotel gantung Peru berdiri di atas ketinggian 122 meter, hotel gantung ini berada di ketinggian 900 meter.

Purwakarta Menuju Megapolitan 2045

Purwakarta Menuju Megapolitan 2045

Mall ini digadang-gadang sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Purwakarta. (nwpretail.com)

Slogan Purwakarta menuju megapolitan 2045 bukanlah sesuatu yang mustahil, mengingat saat ini pada sebuah areanya sedang dibangun kawasan industri modern. Kawasan tersebut lengkap dengan konektivitas infrastruktur antar wilayah yang akan menjadikan kawasan ini sebagai pusat bisnis.

Hal ini tentunya berdasarkan data dimana 27 tahun lagi jumlah penduduk kota Jakarta dan Bandung akan mengalami peningkatan hingga mencapai 80 juta jiwa. Artinya, pengembangan kawasan permukiman baru akan meningkat untuk mengantisipasi lonjakan penduduk.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Pemerintah pusat juga sudah memberikan arahan terkait rencana integrasi koridor dimana Pulau Jawa akan menjadi satu kota sendiri dalam 45 tahun ke depan, salah satunya dengan pengembangan kabupaten Purwakarta sebagai kawasan industri terpadu bersama dengan wilayah Karawang dan Bekasi.

Selain kawasan industri, kawasan ini juga sedang dalam proses pembangunan pusat perbelanjaan bernama Citimall Purwakarta. Mall ini digadang-gadang sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di kawasan ini.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah