Dengan semakin majemuknya kehidupan di Jakarta, banyak orang mulai beralih untuk memutuskan untuk tinggal sementara atau menetap di kota lain. Kenyamanan dan ketenangan menjadi target utama, salah satunya adalah kota Bandung. Namun sebelum memutuskan untuk menetap, ada baiknya mengetahui berapa perkiraan biaya hidup di Bandung.

Bandung selalu menjadi destinasi wisata bagi warga ibu kota Jakarta saat liburan. Mulai dari wisata kuliner hingga menikmati indahnya panorama Bandung. Sejak pandemi tahun 2020, banyak orang memutuskan untuk pindah ke luar Jakarta untuk mencari suasana baru, salah satunya Bandung. Namun sebelum memutuskan untuk pindah ke Bandung, berapa sebenarnya biaya hidup di Bandung?

Berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, biaya hidup di Bandung terbagi dalam beberapa kelompok. Hal tersebut merujuk pada pendapatan per orang atau per kepala keluarga. Dari hasil survei tersebut, biaya hidup di Bandung berada pada kisaran Rp 1.448.049 sampai dengan Rp 5.571.254 tergantung pada tiap kelompok pendapatannya.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 400 jutaan di kawasan Bandung? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Mirip seperti Jakarta, Bandung juga merupakan salah satu kota yang didominasi oleh banyak pendatang. Baik untuk tujuan bekerja, menetap bersama keluarga, maupun keperluan studi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan apabila ingin menetap di Bandung, adalah mengetahui besaran UMR yang ditetapkan oleh pemerintah.

UMR di Kota Bandung tahun 2020 ada di angka Rp 3.623.770, sedangkan untuk Kabupaten Bandung ada di angka Rp 3.139.275. Nilai UMR Bandung memang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kota besar lainnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk pindah ke Bandung berikut kisaran biaya hidup di Bandung mulai dari tempat tinggal, makan, minum, transportasi hingga hiburan dan lainnya.

Biaya Hidup di Bandung: Biaya Tempat Tinggal

Biaya Hidup di Bandung: Biaya Tempat Tinggal

Sedangkan untuk harga sewa rumah atau villa di Bandung, dibanderol mulai dari Rp 1 juta – 4 juta-an per bulan tergantung luas dan fasilitas yang ditawarkan.

Saat merencanakan untuk tinggal di Bandung, kebutuhan utama yang wajib dipikirkan adalah mengenai tempat tinggal. Jika memutuskan untuk tinggal sendiri ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan untuk tempat tinggal seperti apartemen dan kost. Sedangkan bagi yang berkeluarga atau yang tinggal lebih dari 1 orang bisa memilih sewa rumah atau villa.

Biaya hidup di Bandung untuk tempat tinggal cukup beragam, mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 10 juta-an per bulannya. Tergantung tempat yang ingin ditinggali, untuk sewa apartemen sendiri per orang biasanya dibanderol mulai dari Rp 2 – 4 juta-an per bulannya. Sedangkan untuk kost dengan fasilitas standar dibanderol mulai dari Rp 600 ribu-an.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Sedangkan untuk harga sewa rumah atau villa di Bandung, dibanderol mulai dari Rp 1 juta – 4 juta-an per bulan tergantung luas dan fasilitas yang ditawarkan. Biaya standar tersebut mencakup listrik dan kebutuhan air bersih, tetapi sebagian pemilik rumah juga membebankan biaya pada para penghuni. Sedangkan harga sewa hitungan per tahun di Bandung untuk keluarga mulai dari Rp 15 juta per tahun.

Sedangkan apabila Anda ingin membeli rumah, harga rumah di Bandung Rp 80 juta-an untuk rumah sederhana yang berlokasi di pinggiran kota. Sedangkan untuk rumah yang berada di tengah kota Bandung harga yang ditawarkan beragam mulai dari Rp 500 juta-an. Namun apabila ingin tinggal di Bandung dengan fasilitas yang mewah seperti apartemen dibanderol dengan harga Rp 300 juta-an.

Biaya Hidup di Bandung: Biaya Makan dan Minum

Biaya Hidup di Bandung: Biaya Makan dan Minum

Harga makanan dan minuman di Bandung dibanderol mulai dari Rp 5.000. (jurnal.id)

Selain tempat tinggal, kebutuhan primer lainnya adalah makan dan minum sehari-hari. Biaya hidup di Bandung untuk makan dan minum tergolong lebih murah dari biaya konsumsi di Jakarta. Harga makanan dan minuman di Bandung dibanderol mulai dari Rp 5.000. Cukup terjangkau bukan? Bahkan untuk sekali makan bisa hanya mengeluarkan kocek Rp 15.000 saja.

Harga Rp 10.000 tersebut hanya untuk satu kali makan per orang. Apabila Anda mengajak keluarga, tinggal dikalikan per orangnya saja. Menu satu kali makan sudah termasuk nasi, lauk, serta sayuran, namun Anda harus pintar-pintar mencari tempat makan yang terjangkau. Apabila ingin lebih murah lagi, bisa memasak sendiri dengan berbelanja kebutuhan di supermarket atau pasar tradisional.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Namun, kalau Anda ingin makan-makan di tempat wisata kuliner terkenal dan sejenisnya, minimal Anda perlu menyiapkan Rp 50.000 untuk satu kali makan per orang. Bila ingin lebih aman dan kenyang setidaknya kamu perlu biaya Rp100.000 per orang untuk makan di restoran. Bila ingin mendapatkan suasana yang berbeda di Bandung  Anda bisa mencoba jajanan kaki lima yang ada di Bandung.

Jajanan kaki lima seperti cimol, cilok, cuanki, bandrek, cireng, seblak, dan lainnya bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp 20.000 per porsinya. Sedangkan untuk minuman dibanderol mulai dari Rp 3.000 – Rp 10.000. Makanan khas Bandung tersebut biasanya menjadi jajanan anak-anak muda di malam hari.

Biaya Hidup di Bandung: Biaya Transportasi

Di Bandung juga tersedia Trans Metro Bandung yang resmi beroperasi sejak 2009. (beritabaik.id)

Di Bandung juga tersedia Trans Metro Bandung yang resmi beroperasi sejak 2009. (beritabaik.id)

Bagaimana dengan biaya transportasi di Bandung? Secara umum biaya hidup di Bandung untuk transportasi masih lebih terjangkau dibanding biaya transportasi di kota besar lainnya seperti Jakarta. Karena jangkauan wilayahnya dari satu tempat ke tempat lain masih relatif dekat, biaya transportasi pun lebih murah.

Transportasi online di Bandung bisa dimanfaatkan untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh transportasi umum biasa. Biayanya cukup standar dengan kota lain. Selain itu, Anda juga bisa naik angkutan umum seperti angkot dengan tarif Rp 5.000, bisa juga memanfaatkan kendaraan rental yang ditawarkan di dalam kota Bandung.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Di Bandung juga tersedia Trans Metro Bandung yang resmi beroperasi sejak 2009. Untuk tarif Trans Metro Bandung sendiri hampir sama dengan harga TransJakarta yaitu senilai Rp 4.000 untuk umum dan Rp 2.000 untuk pelajar. Apabila menggunakan uang elektronik, pelajar dikenakan biaya Rp 1.000 saja dengan BNI TapCash dan BRIZZI.

Biaya Hidup di Bandung: Biaya Kesehatan dan Pendidikan

Ada sekolah negeri yang gratis dan ada pula sekolah swasta yang biaya bulanannya sampai jutaan rupiah. (serbabandung.com)

Ada sekolah negeri yang gratis dan ada pula sekolah swasta yang biaya bulanannya sampai jutaan rupiah. (serbabandung.com)

Selain biaya tempat tinggal, konsumsi, dan transportasi biaya kesehatan dan pendidikan juga perlu untuk diketahui. Biaya hidup di Bandung dari sisi pendidikan tergantung dengan jenjang dan jenis sekolah yang dipilih. Sekolah negeri relatif lebih murah dibandingkan dengan sekolah swasta. Sama halnya juga untuk universitas, di Bandung juga tersedia universitas swasta dengan harga fantastis.

Sementara untuk sekolah juga bervariasi. Ada sekolah negeri yang gratis dan ada pula sekolah swasta yang biaya bulanannya sampai jutaan rupiah. Sekolah konsep internasional menawarkan biaya dengan puluhan juta rupiah namun memiliki garansi kualitas lulusan yang setara dengan universitas unggulan atau universitas dengan status internasional.

Sedangkan untuk biaya kesehatan, tergantung dengan pilihan rumah sakit yang dipilih. Jenis rumah sakit yang berkelas menawarkan tarif yang cukup tinggi sama dengan rumah sakit di Jakarta. Untuk fasilitas dan kualitas pelayanannya tak perlu dipertanyakan, karena terjamin dan dilayani oleh petugas kesehatan yang berkualitas.

Fasilitas kesehatan seperti puskesmas juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari biaya kesehatan yang cukup terjangkau. Di Bandung tersebar berbagai puskesmas di tiap kecamatannya dan pelayannya juga tak kalah dengan rumah sakit. Jadi, bagaimana apakah Anda tertarik untuk tinggal di Bandung?

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah