Guna meningkatkan aksesibilitas dan kelancaran kawasan Jabodetabek, Kementerian PUPR terus menggenjot pembangunan jalan tol. Jelang akhir tahun 2020 ini akan ada beberapa ruas jalan tol yang dioperasikan. Salah satunya Tol Cimanggis Cibitung yang bikin pencarian area di Jawa Barat seperti DepokBekasi kian melambung tinggi.

Pembangunan infrastruktur jalan tol merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang pembangunannya terus dikebut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menjelang akhir tahun 2020 ini akan ada beberapa ruas jalan tol baru yang dioperasikan untuk terus meningkatkan aksesibilitas dan kelancaran kawasan besar Jabodetabek. Badan Usaha Jalan Tol Kementerian PUPR dalam waktu dekat akan mengoperasikan jalan tol di ruas Cimanggis Cibitung sepanjang 26,2 km

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 700 jutaan di kawasan Bekasi? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Ruas tol yang menghubungkan kawasan Depok dan Bekasi yang merupakan pintu gerbang menuju ibu kota dan wilayah di Jawa Barat lainnya ini terdiri dari dua seksi mulai dari Seksi 1 Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya (2,8 km) dan Seksi 2 On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (23,4 km). Saat ini Seksi 1 telah menyelesaikan konstruksinya dan siap untuk dioperasikan.

Tol Cimanggis Cibitung terhubung kawasan-kawasan produktif 

Tol Cimanggis Cibitung terhubung kawasan-kawasan produktif

Jalan tol ini juga akan menghubungkan akses Jalan Cibubur ke tol Jagorawi yang saat ini kondisinya sudah sangat padat terutama pada jam-jam sibuk.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, dioperasionalkannya ruas tol ini akan menambah kapasitas jalan dan melengkapi struktur jalan pada kawasan Jabodetabek yang merupakan pusat kegiatan nasional dan khususnya perekonomian.

“Jalan tol ini akan dioperasikan tanggal 10 November 2020 dan untuk sementara bisa dilintasi secara gratis. Kehadiran jalan tol ini akan terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan kelancaran lalu lintas sehingga bisa meningkatkan daya saing investasi,” katanya.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Beroperasinya jalan tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 ini akan segera diikuti dengan penerbitan sertifikat laik operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Jalan tol ini juga akan menghubungkan akses Jalan Cibubur ke tol Jagorawi yang saat ini kondisinya sudah sangat padat terutama pada jam-jam sibuk.

Dengan adanya jalan tol Cimanggis-Cibitung ini masyarakat menjadi memiliki alternatif dan jalur akses Jalan Transyogi/alternatif Cibubur yang selama ini macet akan bisa lebih lancar. Perhitungan waktu tempuhnya dari sebelumnya bisa lebih dari 30 menit melalui Jalan Transyogi, dengan adanya jalan tol ini waktu tempuhnya menjadi hanya 5-10 menit.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Tol Cimanggis Cibitung bikin Jawa Barat semakin melambung

Tol Cimanggis Cibitung bikin Jawa Barat semakin melambung

Kota yang paling banyak dicari di Jawa Barat adalah Bekasi.

Harus diakui, gencarnya proyek-proyek infrastruktur di Jawa Barat plus harga lahan yang juga lebih terjangkau dibanding kawasan lainnya, membuat Jawa Barat punya nilai lebih di mata para pencari properti maupun sebagai lokasi untuk berinvestasi.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) kuartal keempat (Q4) 2020, pencarian properti di Jawa Barat hingga Q3 2020 mengalami peningkatan sebesar 88,8% dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pencarian properti di Jawa Barat malah meningkat sebesar 239%.

Kota yang paling banyak dicari di Jawa Barat adalah Bekasi, yang mengalami peningkatan pencarian sebesar 115% (QoQ) dan 265% (YoY). Selain Bekasi, minat pencari properti di Jawa Barat juga banyak datang dari Bogor, dengan peningkatan sebesar 94,3% (QoQ) dan 275% (YoY).

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Jalan tol Cimanggis Cibitung ini dibangun dua arah yang masing-masing terdiri dari tiga lajur dengan jenis perkerasan beton (rigid pavement). Jalan tol ini merupakan bagian dari enam ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang terdiri dari jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,4 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,6 km), Cimanggis-Cibitung (26,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

“Selanjutnya untuk pembangunan Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73 persen dan ditargetkan akan selesai pada bulan Maret tahun depan. Pembangunannya dilaksanakan oleh BUJT PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan kerja sama kepemilikan saham antara PT Waskita Toll Road, PT Bakrie Toll Indonesia, dan PT Bakrie and Brothers dengan total investasi mencapai Rp10,6 triliun,” beber Danang.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah