Jalan tol Desari di ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,5 km baru saja diresmikan Kementerian PUPR. Beroperasinya jalan tol ini pastinya akan semakin memudahkan akses masyarakat dari dan ke Sawangan sehingga dipastikan akan semakin mendongkrak pencarian rumah di Sawangan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mengoperasikan jalan tol baru dari beberapa ruas yang telah ditargetkan akan beroperasi pada tahun ini. Kali ini ruas jalan tol yang mulai dioperasikan seiring selesainya pembangunan konstruksinya yaitu jalan tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 Brigif-Sawangan.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, ruas jalan tol ini nantinya akan terus dilanjutkan hingga tersambung ke Salabenda, Bogor, sepanjang 6,5 km dan terkoneksi dengan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Mau punya rumah dengan tiga kamar tidur dengan harga di bawah Rp700 jutaan di kawasan Sawangan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Kehadiran ruas jalan tol baru ini juga diyakini akan mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi, selain akan mempercepat waktu tempuh masyarakat di selatan Jakarta yang menuju ke Bogor.

Tol Desari Bikin ke Sawangan Makin Gampang

Tol Desari Bikin ke Sawangan Makin Gampang

Jalan tol Desari ini juga merupakan bagian dari jalan tol Desari Seksi 1 Antasari-Brigif yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir September 2018 lalu.

“Jalan tol ini sejajar dengan jalan tol Jagorawi sehingga kalau nanti sudah tersambung hingga ke Bogor maka sepertiga arus lalu lintas di Jagorawi akan pindah ke sini teruma yang melintas dari Kebayoran maupun Pasar Minggu yang menuju ke Bogor,” ujarnya saat acara peresmian di awal Juli lalu.

Jalan tol Desari Seksi 2 memiliki panjang 6,3 km dengan empat gerbang tol yaitu Gerbang Krukut 1 (keluar tol), Gerbang Krukut 4 (masuk tol), Gerbang Sawangan 1 (keluar tol), dan Gerbang Sawangan 4 (masuk tol). Jalan tol Desari Seksi 2 ini berakhir di jalan nasional Jalan Raya Sawangan, Depok.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Jalan tol Desari ini juga merupakan bagian dari jalan tol Desari Seksi 1 Antasari-Brigif yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir September 2018 lalu. Jalan tol Desari keseluruhan panjangnya mencapai 21,6 km dan terbagi dalam tiga seksi:

  • Seksi I Antasari-Brigif (5,8 km)
  • Seksi II Brigif-Sawangan (6,3 km),
  • dan nantinya Sawangan-Bojonggede (9,5 km) yang ditargetkan bisa beroperasi awal tahun depan.

Tol Desari Dukung Perkembangan Sawangan

Tol Desari Dukung Perkembangan Sawangan

Berdasarkan riset internal Rumah.com terkait data pencarian hunian, keberadaan tol Desari Seksi 1 Antasari-Brigif memang sangat memengaruhi pencarian rumah di kawasan Sawangan.

Perkembangan infrastruktur jalan tol dan dibangunnya gerbang tol di Sawangan diyakini banyak pengamat properti dapat mengangkat kembali pamor Depok yang sempat meredup, tambah lagi di masa pandemi seperti ini.

Sebelumnya meredupnya Depok disebabkan lahan yang makin padat namun tidak diimbangi akses keluar-masuk kota yang baik. Ini membuat kawasan Depok dan disekitarnya kerap diwarnai kemacetan.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Berdasarkan riset internal Rumah.com terkait data pencarian hunian, tol Desari Seksi 1 Antasari-Brigif sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir September 2018 lalu memang sangat memengaruhi pencarian rumah di kawasan Sawangan.

Sebelum Tol Desari diresmikan pencarian properti di Sawangan baru berkisar 43,262 pencarian pada Januari-Maret 2018. Jumlah ini kemudian naik menjadi 53,008 pencarian atau 23% pada Januari-Maret 2019 di mana Tol Desari seksi 1 sudah beroperasi.

Dan pencarian untuk wilayah Sawangan pada Januari-Maret 2020 bahkan terus meningkat menjadi 55,397 atau naik 28% dari periode Januari Maret 2020. Bukan hal yang baru jika pembangunan infrastruktur jalan tol memang bisa menggairahkan sektor properti di sekitarnya.

Itu sebabnya beroperasinya tol Desari di ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,5 km ini diyakini akan mendongkrak tingginya para pencari hunian yang melirik kawasan ini. Tambah lagi sebentar lagi kawasan ini akan dibuka The Park Sawangan.

The Park adalah sebuah mall megah dan mewah seluas 52 ribu meter persegi yang akan diisi oleh peritel-peritel ternama.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah