Kawasan Jawa Barat memang punya banyak daya pikat, tak heran jika pasar propertinya terus bergeliat sekalipun di masa pandemi yang cukup berat. Perkembangan kawasan ini memang cukup pesat, hadirnya township baru di Subang jelas akan menambah daya pikat Jawa Barat.

Dalam konstelasi nasional Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yakni 45.340.800 jiwa serta memiliki potensi pariwisata dan budaya yang sangat kaya. Sebagian wilayahnya yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara juga menjadi nilai tambah bagi kawasannya.

Peran Jawa Barat bagi perekonomian nasional juga menjadi pusat kegiatan industri manufaktur dan strategis nasional, serta memiliki instalasi vital nasional dalam bidang pendidikan, litbang dan hankam yang di antaranya bahkan berkelas dunia.

Mau punya hunian sekaligus investasi di Subang, Jawa Barat? Cek aneka pilihan huniannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Jadi tak heran jika pertumbuhan penduduk Jawa Barat setiap tahunnya terus bertambah. Begitupun pertumbuhan pasar propertinya. Dengan segala keunggulannya, Jawa Barat menjelma menjadi sebuah kawasan hunian idaman. Tak heran jika belakangan banyak berdiri perumahan, bahkan township atau kota mandiri di beberapa kawasannya.

Andil pembangunan township baru bagi suplai Jawa Barat

Andil pembangunan township baru bagi suplai Jawa Barat

Peningkatan suplai nasional terbesar secara kuartalan juga disokong Jawa Barat.

Mengupas pertumbuhan pasar properti Jawa Barat, berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) kuartal keempat (Q4) 2020, tren indeks harga (RIPMI-H) dan suplai (RIPMI-S) Jawa Barat pada kuartal ketiga tahun ini memang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Perlu diketahui, pada kuartal sebelumnya Jawa Barat sempat mengalami penurunan pada indeks harga secara kuartalan. Namun pada Q3 2020 ini Jawa Barat menunjukkan peningkatan kuartalan terbesar sebanyak 3,24% (QoQ) dan secara tahunan juga naik 6% (YoY) dengan angka indeks 120,9. 

Peningkatan suplai nasional terbesar secara kuartalan juga disokong Jawa Barat yakni sebesar12,2% (QoQ) dan secara tahunan sebanyak 32% (YoY) dengan RIPMI-S berada pada angka indeks 140,9. Menjamurnya township atau kota mandiri di beberapa kawasan di Jawa Barat jelas punya andil untuk suplai ini. 

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah

Pencarian properti di Jawa Barat pada kuartal ketiga 2020 juga mengalami peningkatan sebesar 88,8% dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pencarian properti di Jawa Barat meningkat sebesar 239%.

Kota yang paling banyak dicari di Jawa Barat adalah Bekasi, yang mengalami peningkatan pencarian sebesar 115% (QoQ) dan 265% (YoY). Selain Bekasi, minat pencari properti di Jawa Barat juga banyak datang dari Bogor, dengan peningkatan sebesar 94,3% (QoQ) dan 275% (YoY).

Kota mandiri atau township memang dibangun untuk jangka panjang yang punya potensi terbaik sebagai investasi di masa depan. Simak jurus investasinya di video berikut ini!

Township baru di Subang menambah daya pikat Jawa Barat

Township baru di Subang menambah daya pikat Jawa Barat

Proyek township Subang Smartpolitan ini dikembangkan dengan konsep smart and sustainable.

Berdasarkan data RIPMI Q4 2020 di atas, dan juga semakin masifnya pembangunan infrastruktur hampir di seluruh kawasannya, tak heran jika belakangan pengembangan kawasan hunian di Jawa Barat bisa dibilang tengah bergairah.

Kalangan pengembang di Jawa Barat bahkan mulai optimis untuk berekspansi maupun meluncurkan proyek baru meskipun saat ini pandemi COVID-19 masih menghantui. PT Surya Semesta Internusa Tbk misalnya, melalui anak perusahaannya PT Suryacipta Swadaya baru-baru ini melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk proyek township, kota baru Subang Smartpolitan.

Township seluas 2.700 ha ini berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang peluncurannya dilakukan secara hybrid (langsung dan virtual) dari Jakarta dan site proyek. PT Surya Semesta Internusa sebelumnya dikenal sebagai pengembang kawasan industri di Karawang dan pemilik beberapa perhotelan di Jakarta dan Bali.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Menurut Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Johannes Suriadjaja, proyek township Subang Smartpolitan ini dikembangkan dengan konsep smart and sustainable salah satunya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik khususnya di Kabupaten Subang sebagaimana konsep yang diusung yaitu a better place for the future.

Ada banyak keungguulan dari proyek ini secara lokasinya karena terletak di kawasan bisnis dan ekonomi masa depan di wilayah Jawa Barat yang mencakup kawasan Rebana Metropolitan. Itu merupakan kawasan yang mencakup Sumedang, Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, dan Cirebon.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah