Tren harga rumah di Cibinong memang menarik untuk disimak, mengingat perkembangan infrastruktur di kawasan ini kian berkembang pesat. Apalagi, Cibinong kini juga jadi salah satu kawasan hunian favorit di Jabodetabek karena letaknya yang tidak sejauh Bogor dan dekat dari Depok, plus dukungan akses transportasi yang mudah.

Pergerakan Median Harga Rumah di Cibinong

Tren Harga Rumah di Cibinong Grafik Q1 2019

Tren Harga Rumah di Cibinong mengikuti tren harga rumah di Bogor.

Berdasarkan data dari Rumah.com Property Index, perkembangan infrastruktur dan fasilitas di Cibinong yang pesat sejalan dengan tren harga rumah di Cibinong. Median harga rumah di Cibinong, mengikuti tren di Bogor, naik pesat dalam satu tahun terakhir.

Indeks harga rumah di Cibinong pada kuartal I 2019 berada pada angka 107,1. Ini adalah titik tertinggi sejak 2015. Di mana sebelumnya berada pada titik 106,2. Secara tahunan harga rumah di Cibinong naik 11% berdasarkan Property Index.

Pergerakan Median Harga Apartemen

Pergerakan harga rumah di Cibinong juga diikuti pergerakan harga apartemennya. Saat ini, median harga apartemen di Bogor Rumah.com Property Index berada pada harga Rp17,05 juta per meter persegi pada kuartal I 2019. Setahun sebelumnya, median harga apartemen hanya sebesar Rp14,65 juta per meter persegi. Ini berarti naik sekitar 16% per tahun.

Harus diakui, tren pasar properti Cibinong saat ini tampak menjanjikan. Prospek ini akan makin kuat sejalan rampungnya beberapa proyek infrastruktur yang saat ini tengah dikerjakan.

Infrastruktur lengkap dongkrak harga rumah di Cibinong

Ya, tren harga hunian di Cibinong banyak didukung faktor pendorong. Sebut saja proyek Pemerintah untuk kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) tahap II untuk rute Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) jalur Cibubur-Bogor yang melalui Cibinong akan mulai di 2018 ini dan selesai pada 2020.

Lalu Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), serta jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang akan berimbas juga bagi perkembangan Cibinong.

Selain itu juga akan hadir Galleria Mall Vivo Sentul senilai Rp 750 miliar. Mall yang hanya berjarak 2 kilometer dari Stasiun LRT Sirkuit Sentul ini rencananya juga akan mulai beroperasi di tahun ini. 

Tambah lagi jika AEON Mall, mall bergaya Jepang yang tengah dibangun di kawasan Sentul yang masih dekat dengan Cibinong dengan luas sekitar 450.000 meter persegi, juga akan mulai beroperasi di tahun ini. Jadi, di masa depan tren pasar properti di Cibinong akan banyak didukung faktor pendorong.

Ada berbagai moda transportasi yang bisa dipilih jika hendak menuju atau dari Cibinong. Misalnya commuterline seperti KRL Jabodetabek dan moda transportasi antar-kota yang juga tersedia di Terminal Cibinong yang menuju Jakarta dan wilayah lainnya. Selain itu, tentu saja kemudahan akses via tol Cibinong.

Bicara fasilitas, Cibinong juga tak kalah jika dibandingkan Bogor atau Depok. Sebut saja mulai dari pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, hingga sarana pendukung transportasi seperti stasiun, terminal, dan akses tol tersedia dan mudah dijangkau di Cibinong.

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir pertumbuhan kawasan yang merupakan ibukota kabupaten Bogor ini berkembang pesat. Wajar saja, sebagai pusat pemerintahan, Cibinong tentunya akan mendapat prioritas pembangunan.

Salah satu buktinya adalah dibangunnya beberapa pusat perbelanjaan di sekitar Cibinong. Dan saat ini pusat perbelanjaan paling wah di Kabupaten Bogor adalah Cibinong City Mall.

Selain itu ada juga Cibinong Square sebagai pusat hiburan dan kuliner di mana terdapat bioskop Platinum Cineplex yang sering memutar film-film yang tidak ada di Cinema XXI. Cibinong City Point yang lebih dikenal sebagai mall fashion dan kuliner. Dan ada juga Carrefour Cibinong yang lokasinya terletak di sebelah flyover Cibinong.

Untuk urusan kesehatan, Cibinong juga didukung sarana kesehatan yang lengkap. Sebut saja RSUD Cibinong yang merupakan RSUD Kabupaten Bogor, rumah sakit rujukan yang mendukung program BPJS.

Lalu ada juga dua rumah sakit besar swasta seperti RS Bina Husada Cibinong dan RS Sentra Medika Cibinong yang memiliki fasiltas lengkap seperti klinik khusus mata, pusat pemeriksaan jantung, dan lainnya.