UIII Depok sendiri kepanjangan dari Universitas Islam Internasional Indonesia. Pendiriannya didasari Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia sebagai perguruan tinggi berstandar Internasional.

Butuh informasi lengkap seputar perkembangan dan potensi kawasan lainnya? Simak info lengkapnya di AreaInsider.

UIII Depok ini nantinya akan menjadi model pendidikan tinggi Islam terkemuka dalam bidang studi agama Islam, ilmu-ilmu sosial, humaniora dan sains teknologi.

Penasaran dengan perguruan tinggi yang digadang-gadang akan menjadi kampus masa depan tujuan pendidikan, yang juga dipastikan akan semakin meningkatkan nilai kawasan Depok dan sekitarnya ini? Cari tahu di sini!

UIII Depok Sebagai Pusat Peradaban Islam

UIII Depok Sebagai Pusat Peradaban Islam

Menjadikan Indonesia sebagai salah-satu pusat peradaban Islam dunia melalui jalur dan jenjang pendidikan tinggi yang memenuhi standar internasional.

Didirikannya UIII Depok ini juga tidak lepas dari keinginan Pemerintah untuk meningkatkan pengakuan masyarakat akademik internasional atas peran Islam di Indonesia. Menjadikan Indonesia sebagai salah-satu pusat peradaban Islam dunia melalui jalur dan jenjang pendidikan tinggi yang memenuhi standar internasional.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) berbasiskan universalisme Islam, paling tidak ada beberapa hal yang utama yang perlu diketahui sehubungan dengan UIII Depok ini. Seperti:

  1. Konteks dan karakteristik Islam di Indonesia sebagai model peradaban Islam.
  2. Pendirian UIII sebagai pusat peradaban Islam melalui pendidikan.
  3. Kaitan UIII dengan integrasi ilmu, terutama cara pandang UIII berkaitan dengan epistemologi ilmu, model kajian yang berkaitan dengan Islam, dan model pengembangan kelembagaan.
  4. UIII menjadi pusat kajian dan riset internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Pembangunan UIII Depok Ditargetkan Rampung Akhir 2020

Pembangunan UIII Depok Ditargetkan Rampung Akhir 2020

Kampus yang dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar ini akan memanfaatkan lebih dari 20 persen dari total luas komplek untuk bangunan gedung.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia atau UIII Depok yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Depok ini rampung pada akhir 2020.

Kampus yang dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar ini akan memanfaatkan lebih dari 20 persen dari total luas komplek untuk bangunan gedung, selebihnya 80% akan dipertahankan sebagai ruang terbuka hijau berupa taman.

Keberadaan UIII Depok pastinya semakin meningkatkan nilai kawasan Depok dan sekitarnya. Tertarik punya hunian di kawasan ini? Temukan aneka pilihan huniannya di sini! 

Nantinya, kampus ini dibangun dengan konsep modern dan inklusif karena ditargetkan 50 persen adalah mahasiswa asing (internasional), dan 50 persen lagi dari Indonesia. Kampus ini juga diarahkan untuk menjadi kawasan hijau yang dapat menampung air, dilengkapi ruang terbuka hijau, dengan pengelolaan profesional dan modern.

UIII Depok Beroperasi September 2020

UIII Depok Beroperasi September 2020

Asrama putri, Masjid dan Perpustakaan juga akan selesai di akhir 2020 ini dengan anggaran dari Kementerian PUPR.

Sekalipun target pembangunan dipastikan selesai pada Desember 2020, UIII Depok sudah akan memulai jadwal perkuliahan untuk mahasiswa program master (S2) dan program doktoral (S3) pada September 2020. Dan untuk pendaftarannya akan dibuka pada Februari 2020.

“Jadi proses pendaftarannya sejak Februari sudah mulai. Ada online registration, ada verifikasi, seleksi macam-macam, dan di minggu pertama September 2020 sudah ada kegiatan belajar. Dosennya juga dari luar negeri ada sekitar 7-10 orang,” kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Komaruddin Amin, seperti yang dilansir dari detik.com (18/11/2019).

Komaruddin mengatakan fakultas studi Islam merupakan yang paling siap, dan ada dosen dari luar negeri juga yang diundang untuk mengajar.

“Jadi yang paling siap itu studi Islam. Jadi Islamic Studies akan mengintegrasikan atau mengombinasikan tradisi kesarjanaan yang ada di beberapa negara. Misalnya studi Islam yang ada di Timur Tengah,” jelasnya.

“Sementara ini kita asumsikan sekitar 60-40 persen. Jadi 40 persen mahasiswa asing, 60 persen mahasiswa domestik. Beasiswanya sudah kita upayakan untuk memberi beasiswa ke mahasiswa asing juga,” jelasnya.

Jadi pada tahun pertama ada 250 mahasiswa S2, dan 50 mahasiswa S3. “Sekitar 250 mahasiswa S2, 50 mahasiswa S3, jadi hanya pascasarjana. Untuk pertama 250 master degree, kemudian doctoral degree sekira 50 orang,” jelasnya.

UIII Depok Punya Museum Nabi Muhammad SAW

Yang menarik, nantinya di dalam kawasan kampus UIII Depok ini juga akan dibangun Museum Nabi Muhammad SAW. Seperti yang dilansir dari akurat.co, Kepala Biro Umum Kementerian Agama Republik Indonesia, Syafrizal, menyatakan bahwa akan dibangun Museum Rasulullah di Kampus UIII di jalan Juanda dengan perkiraan lahan seluas 5 hektar.

“Perencanaan sedang berjalan dan dibantu pemerintah Arab dan arsitekturnya dari kita. Untuk target 2024 Insha Allah selesai,” ujarnya. Saat ini progres pembangunan kampusnya sendiri berjalan cukup maskimal.

Untuk pembangunan kampus UIII Depok, tahap satu dimulai dari pembangunan gedung rektorat fakultas, asrama dan rumah profesor. Setelah itu akan dibangun infrastruktur jalan, drainase, dan jaringan.

“Saat ini sedang berjalan sekarang 2020 dan presiden juga sudah perintahkan Kementerian PUPR bangun asrama putri, Masjid dan Perpustakaan dengan anggaran dari Kementerian PUPR,” ujarnya. Ditambahkan Syafrijal untuk anggaran tahap pertama pembangunan sebesar Rp 650 miliar dan ditambah 400 milliar lebih.

“Kurang lebih 1 triliun anggaran awal pembangunan. Sementara tahap kedua nanti yaitu tambahan tujuh fakultas dan saat ini yang baru dibangun 1, nanti akan bangunan 6 fakultas dan sarana olahraga, museum, dan fasilitas umum serta danau,” tuturnya.

Itulah perkembangan seputar UIII Depok: Kampus Berstandar Internasional di Depok. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah