Jawa Tengah dikenal sebagai jantung budaya Jawa dan memiliki luas wilayah 32.800,69 km2. Meski dikenal sebagai pusat budaya Jawa, namun Jawa Tengah memiliki berbagai ragam budaya lainnya. Hal itu pula yang membuat Jawa Tengah menjadi incaran untuk tempat menuntut ilmu. Kehadiran berbagai universitas di Jawa Tengah membuat nama Jawa Tengah harum di tengah dunia pendidikan.

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang sedang berkembang pesat saat ini, tak kalah dengan provinsi besar lainnya. Mulai dari pertumbuhan ekonomi yang pesat hingga perkembangan properti seperti kemunculan hunian rumah tapak di berbagai wilayah. Selain itu, Universitas di Jawa Tengah juga menjadi incaran untuk destinasi studi para mahasiswa.

Ada banyak Universitas di Jawa Tengah yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Provinsi yang terdiri dari 29 Kabupaten dan 6 Kota ini memiliki 12 Perguruan Tinggi Negeri dan lebih dari 100 Perguruan Tinggi Swasta dan Akademi. Universitas di Jawa Tengah ini juga memiliki akreditas yang baik dan rata-rata merupakan Perguruan Tinggi unggulan.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 500 jutaan di kawasan Jawa Tengah? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Mengenai fasilitas dan kualitasnya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena rata-rata Universitas di Jawa Tengah memiliki fasilitas yang lengkap. Kurikulum yang diberikan pun sudah banyak yang bertaraf internasional. Selain itu, tidak perlu khawatir mengenai transportasi publik serta lingkungan sekitar Universitas di Jawa Tengah.

Dalam rilisan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun ajaran 2019/2020 provinsi Jawa Tengah rata-rata didominasi oleh Perguruan Tinggi Swasta. Berikut 9 Universitas di Jawa Tengah terbaik yang dapat dijadikan referensi dalam memilih Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret

Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret resmi berdiri pada 11 Maret 1976. (tumpi.id)

Universitas Sebelas Maret (disingkat UNS) adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang berada di Kota Solo. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan mulai dari diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret resmi berdiri pada 11 Maret 1976.

Saat ini ada 11 fakultas yang tercatat di UNS antara lain adalah sebagai berikut Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keolahragaan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik.

Soal fasilitas tak perlu diragukan, UNS menghadirkan UNS Medical Care untuk para mahasiswanya, perpustakaan dengan fasilitas yang memadai, hot spot area, bus kampus, area olahraga, dan Pusat Pelayanan Bahasa. Untuk akomodasi tempat tinggal, UNS juga menyediakan fasilitas asrama berkapasitas 700 unit dengan biaya relatif terjangkau yaitu sebesar Rp 150.000 per bulan.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau biasa disingkat Undip adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Kampus utama Undip terletak di daerah Tembalang dan kampus utama lainnya terletak di daerah Pleburan. Undip didirikan pada 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan mendapat status Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Sejumlah program studi di Universitas Diponegoro telah mendapatkan akreditasi internasional. Program studi yang telah mendapatkan akreditasi AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) diantaranya adalah Teknik Kimia, Teknik Mesin, Kesehatan Masyarakat, dan Ekonomi Pembangunan. Undip juga memiliki fasilitas Rumah Susun Mahasiswa atau Rusunawa.

Selain itu terdapat fasilitas dan sarana olahraga seperti stadion, lapangan tenis, jogging track, pusat kebugaran, lapangan basket, lapangan bulutangkis, dan masih banyak lagi. Sebuah kampus tentunya  tidak lengkap tanpa perpustakaan, selain itu Undip juga memiliki taman, hot spot area, serta bus kampus yang bisa digunakan oleh para mahasiswa.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang biasa disingkat UNNES. Universitas ini adalah salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi Universitas. Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran, wilayah selatan Kota Semarang, Jawa Tengah dan kampus lainnya terletak di Ngaliyan, Kelud, Bendan Ngisor dan di Kemandungan, Tegal.

Saat ini tercatat UNNES memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum. Selain itu UNNES juga memiliki berbagai fasilitas antara lain perpustakaan, sarana olahraga, fasilitas akademik, bus kampus dan masih banyak lagi.

UNNES menyelenggarakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana. Sebagai lembaga pendidikan, UNNES bertekad mengembangkan diri menjadi rumah ilmu pengembang peradaban unggul.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Universitas ini berdiri pada tanggal 23 September 1963, Nama Jenderal Soedirman sendiri diambil dari seorang Panglima Besar yang merupakan Pahlawan Nasional kelahiran Purbalingga.

Kampus yang memiliki luas lebih dari 850.000 m2 letaknya tidak berada persis di tengah keramaian kota sehingga bisa dikategorikan kondusif dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Universitas Jenderal Soedirman saat ini memiliki 12 fakultas yang terdiri atas lebih dari 50 program studi, baik program diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Universitas Jenderal Soedirman juga tercatat menjadi salah satu dari 10 besar PTN Terfavorit di Indonesia. Hal tersebut ditunjukan dari tingkat kompetisi seleksi masuk Unsoed berada di peringkat sembilan nasional. Kedepan, Universitas Jenderal Soedirman, melakukan pengembangan di berbagai sektor guna meraih cita-cita Universitas Jenderal Soedirman sebagai “World Class Civic University

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS memiliki 12 fakultas S1, 10 program pascasarjana, dan program doktoral ilmu hukum. (ums.ac.id)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan satu dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah  dan satu di antara 1.890 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. UMS ini terletak di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. UMS berdiri pada tanggal 24 Oktober 1981 sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta.

UMS memiliki 12 fakultas S1, 10 program pascasarjana, dan program doktoral ilmu hukum. UMS juga pernah dinobatkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik dalam tingkat nasional. Fasilitas yang ditawarkan UMS juga lengkap dan memadai, mulai dari perpustakaan, bus kampus, gedung yang modern dan wifi.

Lokasi UMS juga sangat strategis, Universitas Muhammadiyah Surakarta berada di jantung rute transportasi kota Surakarta. Menuju UMS dapat ditempuh melalui transportasi darat, UMS juga menyediakan bus kampus yang memudahkan para mahasiswanya untuk melakukan aktivitas di lingkungan sekitar kampus.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Universitas ini terletak di Salatiga, Jawa Tengah. “Satya Wacana” berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti “setia kepada sabda atau firman Tuhan”. Didirikan pada 30 November 1956 yang dipelopori oleh DR. Oeripan Notohamidjojo, SH.

Pada tahun 1959 berubah nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana, kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 menjadi Universitas Kristen Satya Wacana. Ide berdirinya perguruan tinggi yang beralaskan iman Kristen berasal dari DR. Abraham Kuyper (1837-1920), Perdana Menteri Belanda dan pendiri Vrije Universiteit te Amsterdam.

Terdapat 13 fakultas pendidikan S1 dan 1 program pascasarjana yang ditawarkan di Universitas ini. Fasilitas yang ditawarkan juga tak kalah menarik mulai dari perpustakaan, asrama mahasiswa, gedung konser, pusat layanan internet, toko buku, lapangan olahraga, poliklinik, kafetaria, bank, kantor pos, laboratorium, dan masih banyak lagi.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Universitas Islam Negeri Walisongo disingkat UIN Walisongo adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Semarang, Jawa Tengah. UIN Walisongo secara resmi berdiri pada tanggal 6 April 1970. Pada awal berdiri, Perguruan Tinggi Agama Islam ini memiliki 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah.

Keberadaan UIN Walisongo pada awalnya tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan masyarakat santri di Jawa Tengah akan terselenggaranya lembaga pendidikan tinggi yang menjadi wadah pendidikan pasca pesantren. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa Jawa Tengah adalah daerah yang memiliki basis pesantren yang sangat besar.

Nama besar Walisongo menjadi simbol sekaligus semangat bagi dinamika sejarah perguruan tinggi agama Islam terbesar di Jawa Tengah ini. Semangat inilah yang dikembangkan menuju UIN Walisongo sebagai center of excellence perguruan tinggi agama Islam di Indonesia. UIN Walisongo memiliki 9 fakultas dan program pascasarjana.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas Islam Sultan Agung

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) merupakan World Class Islamic University serta perguruan tinggi Islam swasta terakreditasi institusi “A” oleh BAN-PT dan terakreditasi internasional oleh ASIC United Kingdom. UNISSULA merupakan Universitas yang tertua dan terbesar yang berada di Semarang, Jawa Tengah. UNISSULA memiliki program studi jenjang Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.

Universitas Islam Sultan Agung atau UNISSULA didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 20 Mei 1962. Nama Sultan Agung diambil dari nama pahlawan nasional yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia. Pemilihan nama Sultan Agung sebagai nama universitas juga tak lepas dari perjuangannya yang  gigih melawan berbagai penjajahan.

UNISSULA berdiri di atas lahan kampus seluas seluas 35 hektar. UNISSULA merupakan kampus yang cukup luas dan terpadu, terletak di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang, berada di jalan utama provinsi, yang hijau, sejuk dan nyaman. UNISSULA dilengkapi fasilitas penunjang yang ada di dalamnya seperti perpustakaan, masjid, pesantren, laboratorium, sports center, dan auditorium.

Universitas di Jawa Tengah: Universitas PGRI Semarang

Universitas di Jawa Tengah: Universitas PGRI Semarang

UPGRIS memiliki 4 kampus untuk pusat pembelajarannya dan 6 fakultas pendidikan S1 serta program pascasarjana.(pmb.upgris.ac.id)

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah yang didirikan pada 11 April 1987. Universitas PGRI Semarang sudah terakreditasi B oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Universitas tersebut merupakan penggabungan IKIP dan Akademi Teknologi Semarang.

UPGRIS memiliki 4 kampus untuk pusat pembelajarannya dan 6 fakultas pendidikan S1 serta program pascasarjana. Fasilitas yang ditawarkan di UPGRIS juga cukup lengkap dan memadai mulai dari perpustakaan, gedung kampus yang modern, laboratorium, hot spot area, auditorium, kafetaria, sarana olahraga, dan ruang publik.

UPGRIS juga memiliki organisasi mahasiswa maupun lembaga mahasiswa, yang terdiri dari Dewan Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, serta Himpunan Mahasiswa Universitas PGRI Semarang. Dengan demikian, mahasiswa UPGRIS dapat bergabung maupun berpartisipasi dalam organisasi mahasiswa maupun lembaga mahasiswa tersebut untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah