Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo memiliki berbagai kuliner lezat yang wajib dicoba. Wisata kuliner Solo selalu menjadi incaran para turis baik lokal maupun mancanegara. Apabila Anda berencana berkunjung ke Kota Solo atau Anda tinggal di Solo berikut Rumah.com hadirkan informasi daftar wisata kuliner Solo yang wajib dicoba.

Surakarta atau Solo memiliki berbagai keindahan alam, budaya, hingga wisata kuliner Solo yang khas. Kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang ini, merupakan surganya kuliner lezat.

Tak heran bila banyak wisatawan mancanegara maupun domestik ramai-ramai berkunjung ke Solo. Tak hanya para wisatawan, warga Solo pun juga sangat menikmati wisata kuliner Solo hingga rela antri panjang dan berlangganan.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 500 jutaan di kawasan Surakarta? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Dari sekian banyak wisata kuliner Solo, ada yang sampai antri berhari-hari untuk dapat menyantap makanan tersebut. Selain itu, ada juga wisata kuliner Solo yang juga menjadi langganan favorit Presiden Joko Widodo jauh sebelum beliau menjabat Presiden Indonesia.

Menarik bukan? Hal itulah yang membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mencoba wisata kuliner Solo. Pasalnya makanan di Solo tak hanya lezat namun juga unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Berikut ulasan mendetailnya dari Rumah.com.

  1. Wisata Kuliner Solo: Timlo Sastro

Bagi Anda yang masih asing dengan timlo, makanan ini merupakan sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati, ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Cara menikmatinya bisa dicampur dengan nasi atau menyantapnya secara langsung.

Salah satu penjual timlo yang populer adalah Timlo Sastro. Saat musim liburan, Timlo Sastro ini tak pernah sepi pengunjung. Jadi apabila ingin berkunjung ke sini harus rela antri panjang, tapi Anda wajib mematuhi protokol kesehatan ya untuk menjaga keamanan bersama.

Lokasi: Jl. Abdul Muis No. 32A Setabelan, Solo

Jam operasional selama PPKM: 06.30 – 19.30 WIB

Harga: Rp 40 ribu untuk dua orang

  1. Wisata Kuliner Solo: Sate Kambing H. Bejo

Sate buntel daging kambing cincang yang dibuntel dengan lemak kambing kemudian dibakar ini merupakan favorit warga Solo. (tastynesia.com)

Sate buntel daging kambing cincang yang dibuntel dengan lemak kambing kemudian dibakar ini merupakan favorit warga Solo. (tastynesia.com)

Jika Anda pecinta sate maka Anda wajib berkunjung ke Sate Kambing H. Bejo. Sate buntel daging kambing cincang yang dibuntel dengan lemak kambing kemudian dibakar ini merupakan favorit warga Solo. Selain sate ada menu lain seperti tongseng, tengkleng, dan gulai.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun sudah berlangganan di warung sate ini jauh sebelum menjadi Presiden. Bagi Anda yang ingin mencoba, Anda juga bisa memesan melalui aplikasi online seperti GraFood atau GoFood.

Lokasi: Jl. Sugiyopranoto, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Jam operasional sebelum PPKM: 07.30 – 16.00 WIB

Harga: Rp 50 ribu untuk dua orang

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

  1. Wisata Kuliner Solo: Tengkleng Bu Edi

Apabila Anda sedang berkunjung ke Pasar Klewer di Solo, Anda tak boleh ketinggalan untuk mencoba Tengkleng Bu Edi. Wisata kuliner Solo yang satu sangat populer dan bisa habis dalam hitungan jam. Tengkleng Bu Edi terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan jeroan kambing dan kuah kuning.

Cita rasanya gurih, nikmat, dan sedikit pedas. Jadi apabila Anda ingin mencoba ada baiknya datang 1 jam lebih awal dari jam buka yaitu pukul 14.00 WIB. Terlebih saat PPKM seperti sekarang pastinya ada pembatasan waktu dan pengunjung.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 14.00 – 20.00 WIB

Harga: Rp 30 ribu untuk dua orang

  1. Wisata Kuliner Solo: Selat Solo Mbak Lies

Satu lagi wisata kuliner Solo yang khas yakni Selat Solo. Sajian kuliner ini sering disebut sebagai salad ala Solo. Meski lokasinya yang agak tersembunyi, Selat Solo Mbak Lies juga tak pernah sepi pengunjung. Hanya dengan Rp 28 ribu saja Anda sudah bisa menikmati satu porsi selat Solo yang lezat.

Selat Solo ini terdiri dari potongan daging sapi, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun, dan irisan bawang merah. Tak ketinggalan kuah dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur semakin melengkapi kelezatannya.

Lokasi: Jl. Veteran Gg. II No.42, Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 08.00 – 18.00 WIB

Harga: Rp 55 ribu untuk dua orang

  1. Wisata Kuliner Solo: Gudeg Ceker Bu Kasno

Siapa bilang hanya Yogyakarta saja yang punya gudeg, di Solo pun Anda bisa menemukan gudeg. Menu makanan ini merupakan salah satu wisata kuliner Solo favorit. Gudeg dengan cita rasa Solo ini terkenal dengan cekernya yang menggugah selera.

Seporsi gudeg ceker ini dibanderol dengan harga Rp 18 ribu saja dan sudah termasuk tiga ceker ayam dan nasi. Bagi Anda yang ingin mencoba, Gudeg Ceker Bu Kasno ini hanya menerima take away dan tidak bisa makan di tempat.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 02.00 – 07.00 WIB

Harga: Rp 35 ribu untuk dua orang

  1. Wisata Kuliner Solo: Pecel Solo Ndeso

Pecel Solo Ndeso ini memiliki menu andalan yang terdiri dari nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir, dan disiram dengan bumbu pecel yang khas.  (surakarta.go.id)

Pecel Solo Ndeso ini memiliki menu andalan yang terdiri dari nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir, dan disiram dengan bumbu pecel yang khas.  (surakarta.go.id)

Warung pecel yang satu ini memang sangat populer di Solo. Pecel Solo Ndeso ini memiliki menu andalan yang terdiri dari nasi merah, daun bayam, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, daun kenikir, dan disiram dengan bumbu pecel yang khas.

Selain pecel, ada juga menu minuman tradisional seperti beras kencur, kunyit asem sirih, temulawak, dan lainnya. Warung pecel ini menerima makan di tempat dan take away, Anda juga bisa memesan melalui aplikasi GrabFood atau GoFood.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 07.30 – 20.00 WIB

Harga: Rp 50 ribu untuk dua orang

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

  1. Wisata Kuliner Solo: Serabi Notosuman

Siapa yang tidak tahu Serabi Notosuman? Berdiri sejak 1923, wisata kuliner Solo yang satu ini menjadi salah satu menu wajib oleh-oleh para wisatawan. Teksturnya yang lembut dengan pinggiran renyah menyuguhkan rasa yang lezat.

Ada dua varian rasa serabi yang bisa dipilih yakni polos dan coklat. Satu porsi serabi dibanderol dengan harga Rp 20 ribu untuk yang polos dan Rp 25 ribu untuk coklat. Saat ini serabi tersebut hanya bisa dipesan secara take away dan tak bisa makan di tempat atau dibawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 06.00 – 16.00 WIB

Harga: Rp 50 ribu untuk dua orang

  1. Wisata Kuliner Solo: Nasi Soto Ayam Gading

Jika berada di kawasan Gading Kidul di pagi hari, Anda wajib mencoba Nasi Soto gading. Satu porsi soto terdiri dari nasi, bihun, daging ayam suwir, kentang, dan kuah bening. Anda juga bisa menambah lauk lain seperti ampela, sate usus, dan sate telur puyuh.

Nasi Soto Gading banyak pejabat negara yang pernah mencicipi menu lezat ini seperti Ibu Megawati dan Bapak Agum Gumelar. Penasaran? Anda bisa menikmati dengan makan di tempat dan take away untuk menghindari antrian ada baiknya Anda membeli secara online melalui GrabFood atau GoFood.

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 06.00 – 15.00 WIB

Harga: Rp 50 ribu untuk dua orang

  1. Wisata Kuliner Solo: Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Menu utama yang disajikan wisata kuliner Solo yang satu ini memang pecel. Namun bedanya warung pecel ini menyajikannya dengan sambal tumpang. Menu andalan warung ini terdiri dari irisan tahu putih, tahu goreng, rempah-rempah, krecek, tempe, sambal tumpang.

Biasanya para pelanggan senang menyantap dengan sambal tumpang beserta nasi putih atau bubur beras ditambah tauge dan bayam segar. Namun sayangnya, selama PPKM warung ini tidak menerima makan di tempat dan hanya menerima take away.

Lokasi: JL. Gleges, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 07.00 – 14.00 WIB

Harga: Rp 35 ribu untuk dua orang

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

  1. Wisata Kuliner Solo: Nasi Liwet Wongso Lemu

Saat ini nasi liwet hanya bisa dipesan take away dan memesan melalui aplikasi GrabFood atau GoFood. (instagram.com/surakartakita)

Saat ini nasi liwet hanya bisa dipesan take away dan memesan melalui aplikasi GrabFood atau GoFood. (instagram.com/surakartakita)

Nasi liwet memang menjadi wisata kuliner Solo yang khas. Salah satu warung nasi liwet yang paling populer di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, warung ini sudah berdiri sejak 1950 dan tak pernah sepi pengunjung.

Isi nasi liwet tersebut antara lain nasi gurih yang memiliki rasa hampir sama dengan nasi uduk, ditambah suwiran ayam, sayur labu, telur rebus, dan sambal. Saat ini nasi liwet hanya bisa dipesan take away dan memesan melalui aplikasi GrabFood atau GoFood.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Jam operasional selama PPKM: 16.00 – 01.00 WIB

Harga: Rp 30 ribu untuk dua orang

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah