Surakarta atau Solo mengalami perkembangan properti yang signifikan dari waktu ke waktu, sehingga minat akan rumah tapak tergolong tinggi. Tentunya hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan Surakarta dan fasilitas kawasannya yang semakin lengkap.

Sebagai wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah, Surakarta memiliki luas 44,04 km2 dan merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang dilihat dari jumlah penduduknya.

Lengkapnya fasilitas penting di Surakarta, serta pembangunan infrastruktur yang memudahkan akses ke ke kawasan ini membuat pada tahun 2016 bisnis properti didominasi transaksi perumahan kelas menengah atas. Bergairahnya pergerakan properti ini membuat hunian di Surakarta terus diminati, dan kawasannya pun dikembangkan.

Kota-kota satelit yang terintegrasi dengan Surakarta seperti Kartasura, Solo Baru, Palur, Colomadu, Baki, Ngemplak menjadi kota penyangga yang turut menawarkan pilihan hunian dengan variasi harga yang beragam. Jika di Surakarta atau Solo perumahan dikisaran angka diatas Rp500 juta diminati, dengan pertumbuhan di sektor industri.

Cek di sini untuk pilihan listing rumah di Surakarta dengan harga di bawah Rp1 miliar.

Dengan terintegrasinya seluruh area yang berbatasan langsung otomatis membentuk satu kesatuan kawasan kota besar yang terpusat. Selain pembangunan Surakarta dan fasilitas kawasannya, infrastruktur juga sektor komersial turut mendongkrak minat masyarakat untuk mencari hunian di kota ini.

Asyiknya tinggal di Surakarta, suasana di kota ini tenang dan juga sangat kental dengan unsur budaya. Dengan slogan pariwisata Surakarta, The Spirit of Java (Jiwanya Jawa), tentunya pemeliharaan keindahan kota sangat diutamakan ditambah banyaknya acara atau festival kebudayaan yang sarat nilai.

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Fasilitas Pendidikan Terbaik Ada Di sini

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Fasilitas Pendidikan Terbaik Ada Di sini

Universitas Sebelas Maret (UNS) yang merupakan salah satu dari fasilitas pendidikan terbaik yang melengkapi Surakarta dan fasilitas kawasannya.  (faktakampus.com)

Ketika mendengar Surakarta atau Solo, beberapa nama universitas terbaik langsung muncul. Di antaranya adalah Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Universitas yang disebut di atas ini menjadi incaran para pelajar dari seluruh wilayah di Indonesia. Namun sekolah tinggi di Surakarta tak hanya terpaku pada empat nama di atas, namun ada 52 universitas swasta lainnya yang berada di Surakarta.

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Perguruan Tinggi Favorit di Surakarta

Untuk jenjang pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas pun tidak kalah berkualitas. Berdomisili di Surakarta tentunya mudah dalam mencari fasilitas pendidikan untuk sang buah hati.

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: SMA Terbaik di Surakarta

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: SMP Terbaik di Surakarta

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: SD Terbaik di Surakarta

  • SDIT Insan Mulia, Jl. Duku VII, Jajar, Laweyan.
  • SD Muh Alam Surya Mentari, Jl Siwalan No.45, Laweyan.
  • SD Negeri Tunggulsari II, Jl Sere I Tunggulsari, Laweyan.
  • SD Al Azhar Syifa Budi, Jl. Haryo Panular No.64, Laweyan.
  • SD Islam Terpadu Nur Hidayah, Jl Pisang no 12, Laweyan.
  • SDN Tunggulsari Ii No 179, Jl Sere I Tunggulsari, Laweyan.

Dari sekian banyak sekolah-sekolah favorit di Surakarta, di jenjang pra-sekolah pun turut melengkapi Surakarta dan fasilitas kawasannya. Sebut saja TK Alam Surya Mentari, TK Al Islam 5, TK Cita Nanda, TK Kristen Widya Wacana, TK IT Nur Hidayah, dan beberapa nama lainnya.

Surakarta dan fasilitas kawasannya: Fasilitas Belanja Mudah, Lho!

Surakarta dan fasilitas kawasannya memiliki beberapa pasar yang sudah sangat terkenal, yang menjadi destinasi wisata bagi para pelancong mau pun dari penduduk Surakarta sendiri. Spesifikasi barang yang dijual pun cukup unik. (wartabengawan.com)

Surakarta dan fasilitas kawasannya memiliki beberapa pasar yang sudah sangat terkenal, yang menjadi destinasi wisata bagi para pelancong mau pun dari penduduk Surakarta sendiri. Spesifikasi barang yang dijual pun cukup unik. (wartabengawan.com)

Di kota yang tenang ini, sektor komersial pun turut berbenah dan ditingkatkan demi mendukung Surakarta dan fasilitas kawasannya di mata para investor atau pemburu properti yang menginginkan untuk memiliki hunian dan menetap di kawasan ini.

Salah satu yang menjadi hal penting dalam memilih hunian tentu saja karena dekat dengan fasilitas penting yang memudahkan hidup. Kali ini kita membahas fasilitas belanja yang ada di Surakarta. Pusat bisnis Surakarta sendiri terletak di sepanjang jalan Slamet Riyadi di mana terdapat pusat perbelanjaan, pusat bisnis, hingga tujuan wisata.

Beberapa pusat perbelanjaan modern yang ada turut mengembangkan Surakarta dan fasilitas kawasannya dari sektor komersial. Sebut saja Solo Square, Solo Grand Mall (SGM), Solo Paragon, Solo Center Point (SCP), Singosaren Plaza, Beteng Trade Center (BTC), Hartono Mall Solo Baru, Pusat Perbelanjaan Luwes (Ratu Luwes, The Park Mall, Transmart, Sami Luwes, Luwes Sangkrah, Luwes Gading, Luwes Nusukan, Luwes Mojosongo, Luwes Palur), dan Palur Plaza.

Cek di sini untuk mengukur kemampuan cicilan KPR dari rumah yang Anda taksir di Surakarta.

Di Surakarta, kita mudah menemui berbagai pasar tradisional seperti Pasar Rakyat Gede Harjonagoro yang merupakan pasar tradisional tertua dan terbesar di Surakarta. Kemudian ada Pasar Rakyat Legi, juga Pasar Rakyat Kadipolo.

Tak hanya itu, Surakarta juga memiliki beberapa pasar yang sudah sangat terkenal, yang menjadi destinasi wisata bagi para pelancong mau pun dari penduduk Surakarta sendiri. Spesifikasi barang yang dijual pun cukup unik.

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Pasar Terkenal di Surakarta

  • Pasar Klewer, yang merupakan salah satu pusat perdagangan tekstil dan batik. Di sini adalah  pusatnya belanja oleh-oleh batik.

Lokasi: Jl. DR. Radjiman No.5A, Kec. Ps. Kliwon.

  • Pasar Triwindu, pasar yang menjual berbagai barang antik dan barang seni yang unik. Mulai dari pernik kecil seperti perangko, aksesori, hingga lemari antik pun ada.

Lokasi: Jalan Diponegoro, Kec. Banjarsari.

  • Pasar Malam Ngarsopuro, menjual berbagai barang yang memiliki karakter khas Surakarta, seperti batik, mainan tradisional, kuliner yang khas, hingga batu akik.

Lokasi:  Jl. Diponegoro, Kec. Banjarsari.

  • Pasar Keris dan Cenderamata Alun-Alun Utara, menjual berbagai ragam keris serta aksesoris pendukungnya.

Lokasi: Jl. Alun Alun Utara, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon.

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Tempat Belanja Oleh-Oleh di Surakarta

  • Javenir, toko yang menjual souvenir khas juga ragam jenis pakaian. Lokasi: Jl. Adi Sucipto No.48, Kec. Colomadu.
  • Pusat Grosir Solo (PGS), menjual oleh-oleh dalam jumlah grosir sehingga cenderung lebih murah. Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon.
  • House of Danar Hadi, berbagai koleksi batik yang sudah sangat terkenal. Di sini juga ada Museum Batik Danar Hadi yang memiliki koleksi batik terlengkap, namun untuk kunjungannya harus melalui perizinan yang ketat. Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.261, Kec. Laweyan.
  • Toko Roti Orion, perusahaan roti pertama di Surakarta. Di sini yanag paling terkenal adalah roti semir, dan lapis Surabaya yang terkenal di bawah merk Mandarijn. Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Kec. Jebres.
  • Sentra Oleh-Oleh Mesran, di sepanjang jalan akan ditemukan banyak penjual penganan khas kawasan ini. Lokasi: Jl. Kalilarangan No.71, Kec. Serengan.

Surakarta dan fasilitas kawasannya: Banyak Fasilitas Kesehatan

Dari Surakarta dan fasilitas kawasannya, banyak fasilitas kesehatan yang tersebar sehingga mudah bagi anda untuk memilih yang terbaik atau pun yang terdekat. (rsolinenanastesi.wordpress.com)

Dari Surakarta dan fasilitas kawasannya, banyak fasilitas kesehatan yang tersebar sehingga mudah bagi anda untuk memilih yang terbaik atau pun yang terdekat. (rsolinenanastesi.wordpress.com)

Fasilitas kesehatan merupakan hal terpenting yang perlu diketahui saat memutuskan membeli rumah. Dari Surakarta dan fasilitas kawasannya, banyak fasilitas kesehatan yang tersebar sehingga mudah bagi anda untuk memilih yang terbaik atau pun yang terdekat.

Untuk fasilitas kesehatan setingkat puskesmas, tentunya tersebar di seluruh wilayah kecamatan di Surakarta. Kemudahan akses, apalagi bagi anda pemegang kartu BPJS, sangat penting untuk mengetahui fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan anda dan keluarga. Data rumah sakit besar yang ada di kawasan ini pun penting juga untuk anda ketahui.

Ada pun beberapa puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan adalah Puskesmas Pajang, Penumping, Purwosari, Jayengan, Kratonan, Gajahan, Sangkrah, Purwodiningra Purwodiningratanan, Ngoresan, Sibela, dan Pucangsawit.

Surakarta dan fasilitas kawasannya: Rumah Sakit

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Mobilitas Mudah

Surakarta dan fasilitas kawasannya ini dilintasi oleh Jalan Nasional Rute 15 yang menghubungkan antara Surabaya dan Yogyakarta. Juga dilalui jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surakarta dengan Jakarta, Semarang, dan Surabaya. (id.wikipedia.org)

Surakarta dan fasilitas kawasannya ini dilintasi oleh Jalan Nasional Rute 15 yang menghubungkan antara Surabaya dan Yogyakarta. Juga dilalui jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surakarta dengan Jakarta, Semarang, dan Surabaya. (id.wikipedia.org)

Sebagai kota besar di Jawa Tengah, tentunya akses dan mobilitas di kawasan ini mudah dan banyak pilihan. Sesuai dengan pembangunan Surakarta dan fasilitas kawasannya, apalagi semakin terbukanya sektor industri di sini, maka tak heran jika Surakarta cukup ‘sibuk’.

Surakarta terletak di pertemuan antara jalur selatan Jawa dan jalur SemarangMadiun, sehingga kawasan ini lokasinya strategis sebagai kota transit. Namun Surakarta merupakan kota yang terkurung daratan, sehingga tidak memiliki moda transportasi air.

Kota yang terabadikan dalam lagu Bengawan Solo ini dilintasi oleh Jalan Nasional Rute 15 yang menghubungkan antara Surabaya dan Yogyakarta. Juga dilalui jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Surakarta dengan Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Surakarta dan Fasilitas Kawasannya: Moda Transportasi di Surakarta

  • Bus. Surakarta memiliki terminal bus besar bernama Terminal Tirtonadi yang beroperasi 24 jam. Terminal ini berada di jalur yang menghubungkan angkutan bus dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Selain itu ada dua terminal lain, yaitu Terminal Harjodaksino di sisi selatan (khusus untuk angkutan lokal), dan Terminal Tipes di sisi barat kota. Ada dua terminal penunjang lainnya yaitu Terminal Kartasura dan Terminal Palur, namun pengelolaannya bukan dari pemerintah Kota Surakarta.

Pada tahun 2010, diluncurkan angkutan umum massal bus Batik Solo Trans (BST). Hingga kini bus rapid transit BST sudah memiliki enam koridor utama namun baru empat koridor yang dioperasikan di tahun 2020 lalu.

  • Kereta Api. Siapa yang tidak kenal dengan Stasiun Solo Balapan? Bahkan maestro alm. Didie Kempot pun membuat lagu cinta bertajuk nama stasiun di Kota Batik ini. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun besar tertua di Indonesia, dibangun tahun 1873!

Letaknya berdekatan dengan Terminal Bus Tirtonadi, jalur kereta menghubungkan Yogyakarta (barat), Semarang (utara), dan Surabaya (timur). Semua kelas kereta api yang terintegrasi dengan semua kota besar di Pulau Jawa melalui stasiun ini.

Perjalanan ke seluruh kota besar dari stasiun ini dilalui oleh kereta api ekspres Argo lawu, Argo Dwipangga, Bima, Gajayana, Argo Wilis dan Lodaya (dari/ ke Bandung), Argo Wilis dan Sancaka (dari/ ke Surabaya), juga Senja Utama Solo.

Dari Surakarta ke Jakarta dengan menggunakan kereta api ekspres memakan waktu tempuh 10 jam, sementara dari Surakarta ke Surabaya memakan waktu tempuh 5 jam.

Ada tiga stasiun kereta api lainnya yang dipakai untuk perhentian kereta api kelas ekonomi, yaitu Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo-Kota (Sangkrah), dan Stasiun Purwosari di tepi barat Surakarta.

  • Pesawat terbang. Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo terletak 14 km di sebelah utara Kota Surakarta, sehingga secara administratif bandara ini termasuk dalam kawasan Boyolali.

Bandara ini terhubung ke seluruh kota besar di Indonesia. Ke Jakarta bahkan ada sekitar 8 penerbangan dalam sehari, dan hanya memakan waktu tempuh 1 jam saja. Dengan adanya bandara udara internasional, tentunya membuat perkembangan Surakarta dan fasilitas kawasannya terus maju.

  • Railbus. Ada yang unik di kota ini, di sepanjang jalan protokol Slamet Riyadi ada rel kereta api yang paralel dengan jalan raya. Railbus Batara Kresna beroperasi di rute SoloPurwosariWonogiri.

Merupakan proyek kerja sama Pemerintah Kota Surakarta dengan PT.KAI pada masa kepemimpinan Joko Widodo saat beliau menjabat sebagai Walikota Surakarta. Rel ini juga difungsikan sebagai jalur kereta api wisata Sepur Kluthuk Jaladara, yang berhenti di Loji Gandrung (kantor walikota Surakarta) dan Kampung Batik Kauman.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah