Sama halnya seperti DKI Jakarta, Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia memang layak menyandang predikat sebagai kawasan premium. Meskipun tahun 2020 jadi tahun yang berat bagi pasar properti nasional, namun 10 kawasan pemukiman di Surabaya tetap tinggi pencariannya.

Pandemi COVID-19 nyatanya memang berdampak bagi pasar properti nasional, di mana  pada kuartal kedua 2020 pasar properti nasional mengalami kelesuan, tren harga dan suplai properti mengalami penurunan. Namun memasuki kuartal ketiga 2020, awal era ‘kenormalan baru’, perlahan kondisinya mulai menggembirakan.

Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020 mencatat bahwa pada kuartal ketiga tren harga (RIPMI-H) dan tren suplai (RIPMI-S) pasar properti nasional mulai menunjukkan pemulihan dengan terjadinya peningkatan suplai properti pada sejumlah kawasan pemukiman besar setingkat provinsi.

Mau punya rumah di Surabaya yang harganya di bawah Rp700 jutaan? Cek aneka pilihan huniannya di sini.

RIPMI-H nasional pada kuartal ketiga (Q3) 2020 ini berada pada angka 111.2, naik 0,5% dibanding Q2 2020 (QoQ). Terjadinya peningkatan tren harga nasional secara kuartalan ini didorong naiknya indeks rumah tapak dan juga naiknya suplai properti di sejumlah wilayah kawasan pemukiman di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Timur.

Hal tersebut juga bukan hanya terjadi pada wilayah pemukiman besar setingkat provinsi seperti Jawa Timur, tapi juga setingkat kota. Sebut saja seperti kawasan pemukiman di Surabaya yang meskipun secara tren harga cenderung stabil tapi mengalami peningkatan dari sisi suplai dan juga tren pencarian properti.

Kawasan Pemukiman di Surabaya Berjaya Berkat Pesonanya

Kawasan Pemukiman di Surabaya Berjaya Berkat Pesonanya

Surabaya punya banyak pesona yang punya daya pikat kuat bagi para pencari properti dan investor yang mengincar kawasan pemukiman di Surabaya ataupun Jawa Timur.

Harus diakui, dampak pandemi memang memberi pukulan telak bagi sejumlah wilayah. Meski demikian, beberapa wilayah juga ada yang tetap mampu menunjukkan performa terbaiknya. Pada kondisi seperti ini, wilayah yang mampu menjaga stabilitas harga dan suplai tergolong sebagai wilayah yang istimewa.

Kawasan pemukiman di Surabaya termasuk salah satu kawasan yang performanya cukup baik. Dari sisi tren harga, indeks kawasan ini cukup stabil secara kuartalan dan tahunan. Dari Q2 hingga Q4 2020, indeks harganya tetap di angka 106,4, pun jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu.

Dari sisi tren suplai, Surabaya pun punya aroma optimisme yang kuat. Terbukti suplai properti untuk kawasan pemukiman di Surabaya terus naik secara kuartalan. Pada Q3 2020 indeksnya di angka 179,8 atau naik sebanyak 13,3% dari Q2 2020. Kemudian di Q4 naik lagi 7% dengan angka indeks di 192,3.

Optimisme pengembang dengan menambah suplai untuk kawasan pemukiman di Surabaya tentu saja ada banyak alasannya. Mudahnya, Surabaya punya banyak pesona yang punya daya pikat kuat bagi para pencari properti dan investor yang mengincar kawasan pemukiman di Surabaya ataupun Jawa Timur.

Selain fasilitas kawasan pemukiman di Surabaya yang sangat lengkap, pembangunan infrastruktur yang membuat konektivitasnya makin mudah pun sangat masif. Bahkan kini Surabaya terus berkembang menjadi kota berkelas dunia.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah

Kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini pun terus ditata menjadi kota modern yang nyaman bagi warganya. Proses penataan kawasan pemukiman kumuh di Surabaya bahkan cukup sukses.

“Dibanding kota-kota lain di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, penataan kampung di Surabaya adalah yang paling baik,” ujar Johan Silas, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com, Selasa, 10 November 2020.

10 Kawasan Pemukiman di Surabaya Paling Dicari

data kawasan Pemukiman di Surabaya Paling Dicari

Adapun terdapat 10 kawasan pemukiman di Surabaya yang paling banyak dicari orang disepanjang tahun 2020.

Itu sebab jika melihat data tren pencarian properti di Rumah.com untuk kawasan pemukiman di Surabaya grafiknya juga naik terus setiap bulannya di sepanjang tahun 2020. Di Januari tercatat ada 79.658 pencarian kawasan hunian di Surabaya dan hingga Desember 2020 naik hingga 182.330.

Bahkan pada bulan Agustus ibu kota Jawa Timur ini mencatat pencarian tertinggi hingga 227.074 pencarian. Pencarian properti untuk kawasan pehunian di Surabaya ini tertinggi memang didominasi pencarian untuk segmen perumahan yang pada bulan Desember mencapai 145.718, yang kemudian disusul oleh pencarian apartemen di angka 18.688.

Adapun kawasan pemukiman di Surabaya yang paling banyak dicari orang disepanjang tahun 2020 secara berurutan adalah sebagai berikut:

  1. Rungkut
  2. Wiyung
  3. Mulyorejo
  4. Gununganyar
  5. Sukolilo
  6. Lakarsantri
  7. Kenjeran
  8. Gubeng
  9. Sambikerep
  10. Benowo

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Rungkut

Berdasarkan data tren pencarian properti di Rumah.com, Rungkut menjadi kawasan pemukiman di Surabaya yang paling banyak dicari orang di sepanjang tahun 2020 dengan 178.008 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Rungkut.

Wiyung

Wiyung menempati pencarian kawasan pemukiman di Surabaya tertinggi kedua di sepanjang tahun 2020 dengan 125.665 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Wiyung.

Mulyorejo

Pada tempat ketiga terdapat Mulyorejo sebagai kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari dengan jumlah pencarian sebanyak 77.315. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Mulyorejo.

Gununganyar

Selanjutnya ada kawasan Gununganyar yang masuk daftar kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari dengan 73.956 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Gununganyar.

Sukolilo

Kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari di tempat kelima adalah Sukolilo, yang mengantongi pencarian sebanyak 68.421 pencarian sepanjang tahun 2020. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Sukolilo.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Lakarsantri

Dengan total pencarian sebanyak 55.522, Lakarsantri juga masuk daftar kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari di urutan keenam. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Lakarsantri.

Kenjeran

Kenjeran juga masuk daftar kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari di urutan ketujuh dengan total pencarian sebanyak 50.644. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Kenjeran.

Gubeng

Dari data tren pencarian properti di Rumah.com, Gubeng juga tercatat menjadi kawasan pemukiman di Surabaya yang paling banyak dicari orang di sepanjang tahun 2020 dengan 42.271 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Gubeng.

Sambikerep

Sambikerep juga menjadi kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari di sepanjang tahun 2020 dengan 37.200 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Sambikerep.

Benowo

Dan di posisi kesepuluh terdapat Benowo sebagai kawasan pemukiman di Surabaya paling dicari dengan total pencarian 35.336. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Benowo.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah