Berbicara Jawa Timur tentu tidak akan ada habisnya. Sebab banyak sekali hal-hal unik yang terkandung di provinsi ini. Berbagai keunggulan budaya serta kekayaan alam Jawa Timur menjadikan kawasan ini sebagai salah satu provinsi yang paling berkembang pesat. Bahkan Jawa Timur menggeliat dengan pesat dan bersaing dengan provinsi besar lainnya.

Di tengah perkembangan yang pesat tersebut, kawasan yang beribukotakan Surabaya ini masih menjaga kearifan lokal dan menjaga tradisi budayanya. Pemerintah Provinsi masih menjaga tradisi budaya yang terbilang unik dan mungkin sudah mulai jarang terdengar di beberapa kawasan lainya. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga meningkatkan berbagai infrastruktur demi memberikan kemudahan dan kenyamanan pada masyarakatnya.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga dibawah Rp 300 jutaan di Jawa Timur? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Perkembangan infrastruktur ini menjadi salah satu keunggulan Jawa Timur dibanding kawasan di sekitarnya. Kemajuan infrastruktur tersebut juga meningkatkan daya beli masyarakat terhadap properti di Jawa Timur. Ketertarikan masyarakat terhadap properti di provinsi ini berkaitan dengan lingkungan yang masih asri serta meningkatnya nilai investasi di kawasan ini.

Beberapa kota di Jawa Timur saat ini bahkan mampu bersaing dengan DKI Jakarta baik di sisi ekonomi hingga tingkat kepuasan masyarakatnya. Hal tersebut tentu bukan prestasi sembarangan, terlebih saat ini provinsi ini juga menjadi incaran penanaman modal untuk meningkatkan kemajuannya di seluruh wilayah. Di balik segala perkembangan yang pesat berikut 10 keunggulan dan keunikan provinsi ini dibanding wilayah lainnya.

Keunggulan Jawa Timur

1. Harga Rumah di Jawa Timur Masih Terjangkau

Dibanding dengan wilayah Jabodetabek, dengan kisaran harga Rp 189 juta Anda sudah bisa memiliki hunian 2 kamar  di Diamond Village yang berlokasi di kota Sidoarjo.

Dibanding dengan wilayah Jabodetabek, dengan kisaran harga Rp 189 juta Anda sudah bisa memiliki hunian 2 kamar  di Diamond Village yang berlokasi di kota Sidoarjo.

Jika dibandingkan dengan harga rumah di DKI Jakarta, harga rumah di provinsi ini relatif lebih terjangkau. Dibanding dengan wilayah Jabodetabek, dengan kisaran harga Rp 189 juta Anda sudah bisa memiliki hunian 2 kamar  di Diamond Village yang berlokasi di kota Sidoarjo.

Bandingkan dengan di kawasan Jabodetabek yang harganya sudah melambung tinggi. Untuk membeli rumah 2 kamar saja harus merogoh kocek lebih. Selain itu, kawasan Sidoarjo juga sedang banyak diincar orang baik untuk investasi jangka panjang maupun sebagai hunian tempat tinggal.

2. Nilai Properti di Jawa Timur Terus Naik

Dalam beberapa tahun terakhir, Jawa Timur sedang menggalakkan pembangunan besar-besaran di sejumlah sektor infrastruktur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur giat untuk membangun kawasannya menjadi lebih modern.

Selain itu, Pemprov juga ingin mewujudkan provinsi sebagai salah satu pusat perekonomian di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan nilai properti di provinsi ini terus meroket, bahkan kenaikan tersebut berefek pada beberapa kota besarnya seperti di Surabaya dan Malang.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

3. Ibu Kota Jawa Timur Menjadi 10 Besar Kota Teraman di Dunia

Dikutip dari swa.co.id Surabaya sebagai ibu kota Jawa timur dinobatkan sebagai 10 besar kota teraman di dunia. Mengapa hal itu bisa terjadi? Jawabannya terdapat pada kesejahteraan masyarakatnya yang ditanggung oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Pemkot Surabaya menyediakan berbagai fasilitas yang memadai bagi warganya seperti pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis. Bahkan menurut Kapolri Surabaya, pemkot menyediakan pekerjaan untuk para tunawisma dan seniman jalanan.  Sehingga membuat tingkat kejahatan menurun drastis di Surabaya.

4. Transportasi Jawa Timur Yang Mumpuni

Kota dan kabupaten di provinsi paling timur pulau Jawa ini memiliki akses transportasi publik yang cukup mumpuni. Sebut saja angkutan umum, bus, KRL, kapal, serta pesawat. Bahkan saat ini Gubernurnya, Khofifah Indar Parawansa berencana akan membangun MRT dan LRT seperti di ibu kota DKI Jakarta.

Salah satu bandara yang ada di provinsi ini, yaitu Juanda yang terletak di Surabaya merupakan bandara tersibuk kedua di Jawa Timur. Memiliki jadwal dengan frekuensi yang cukup tinggi yang menawarkan penerbangan internasional langsung seperti Singapura, Hongkong, dan Kuala Lumpur.

5. Pembangunan Infrastruktur di Jawa Timur yang Pesat

Infrastruktur menjadi salah satu acuan dalam perkembangan properti di suatu wilayah. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini provinsi ini juga giat melakukan pembangunan sarana infrastruktur yang memudahkan mobilitas masyarakatnya.

Sebut saja pembangunan jalur lintas selatan dan perbaikan beberapa jalan nasional yang dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam berkendara. Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi juga berencana membangun fasilitas kesehatan yang lebih memadai di berbagai pelosok wilayahnya.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Keunikan Jawa Timur

6. Tradisi Sedekah Bumi di Jawa Timur

Tradisi sedekah bumi biasanya dilakukan di Jawa Tengah, namun di Jawa Timur terutama Surabaya juga memiliki tradisi ini. Sedekah bumi merupakan wujud rasa syukur masyarakat di kawasan Sambikarep setelah menerima hasil bumi yang melimpah.

Masyarakat yang melakukan tradisi ini biasanya akan membuat semacam tumpeng yang diisi dengan hasil bumi seperti buah dan sayur. Kemudian, tumpeng akan diperebutkan oleh banyak orang agar warga diberi limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya.

7. Batik Jawa Timur Dengan Eksplorasi Motif

Berbeda dengan batik Solo, motif batik Jawa Timur lebih eksploratif dan bebas. (ugikmadyo.com)

Berbeda dengan batik Solo, motif batik Jawa Timur lebih eksploratif dan bebas. (ugikmadyo.com)

Di Jawa Timur, sentra batik dapat ditemui hampir di seluruh kabupaten dan kota, baik yang berskala kecil maupun besar. Masing-masing batik yang diproduksi memiliki ciri khas, terutama dari segi motifnya. Biasanya pengrajin batik membuat motif alam atau potensi lain yang ada di wilayah tempat tinggalnya.

Berbeda dengan batik Solo, motif batik Jawa Timur lebih eksploratif dan bebas. Warna-warna yang dihadirkan lebih cerah dan lembut serta jauh dari warna gelap seperti cokelat. Terdapat beberapa batik yang khas antara lain batik Surabaya, Batik Banyuwangi, Batik Pacitan, Batik Lamongan dan Batik Sidoarjo.

8. Ritual Upacara Kasada di Jawa Timur

Upacara Kasada adalah hari raya adat suku Tengger yang diadakan setiap hari ke-14 bulan Kasada dalam kalender Jawa. Upacara ini dimaksudkan sebagai persembahan untuk Sang Hyang Widhi dan leluhur. Dalam pelaksanaannya, suku Tengger melempar berbagai sesajen berupa buah, sayuran, ayam, bahkan uang ke kawah Gunung Bromo.

Upacara ini membawa banyak manfaat bagi suku Tengger yaitu digunakan sebagai sarana untuk meminta keselamatan. Upacara Kasada mampu menarik minat wisatawan internasional untuk menontonnya, sehingga dapat membantu pemasukan di kawasan wisata Gunung Bromo.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

9. Festival Bandeng di Jawa Timur

Festival Bandeng biasa digelar setiap tahun sebelum Hari Raya Idul Fitri atau dalam rangka menyambut hari besar Islam. Hal ini dilakukan karena merupakan sebuah budaya tradisional tahunan dari masyarakat serta upaya dari pemerintah Sidoarjo untuk melestarikan ikan bandeng.

Sidoarjo yang berada di Jawa Timur ini terkenal sebagai penghasil ikan bandeng dan hal tersebut dapat dilihat dari logo kabupaten Sidoarjo. Dulu, sebelum lumpur Lapindo melanda, festival bandeng tidak hanya memamerkan ikan bandeng ukuran besar saja, namun juga ada kegiatan lelang bandeng.

10. Olahraga Gulat di Jawa Timur

Gulat okol sekilas mirip dengan olahraga tradisional sumo asal Jepang. Namun dalam pelaksanaannya, gulat ini memiliki sejumlah keunikan dan makna filosofis di dalamnya. Gulat okol merupakan olahraga tradisional yang sudah mengakar pada masyarakat di provinsi ini, khususnya Surabaya.

Olahraga ini biasanya dapat ditemui di Surabaya bagian barat, salah satu desa yang masih melestarikan olahraga ini adalah kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep, dan Kota Surabaya. Gulat ini sendiri merupakan rangkaian dari pelaksanaan sedekah bumi yang digelar masyarakat setempat.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah