Meski pandemi belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir hingga di penghujung tahun 2020 ini, namun pasar properti di sejumlah wilayah berangsur-angsur mulai pulih. Terbukti pilihan perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya tetap tinggi peminatnya.

Pasar properti nasional yang diharapkan akan lebih bergairah pada tahun 2020 ini nyatanya harus berhadapan dengan pandemi COVID-19. Dampaknya pada kuartal kedua 2020 sangat terasa, pasar properti nasional mengalami kelesuan di mana harga dan suplai properti juga mengalami penurunan.

Namun berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020, tren harga (RIPMI-H) dan tren suplai (RIPMI-S) pada kuartal ketiga yang merupakan awal era ‘kenormalan baru’, mulai menunjukkan pemulihan dengan terjadinya peningkatan pada sejumlah kawasan penyuplai hunian besar.

Mau punya rumah di Surabaya yang harganya di bawah Rp700 jutaan? Cek aneka pilihan huniannya di sini.

RIPMI-H nasional pada kuartal ketiga (Q3) 2020 ini berada pada angka 111.2, naik 0,5% dibanding Q2 2020 (QoQ). Terjadinya peningkatan tren harga nasional secara kuartalan ini didorong naiknya indeks rumah tapak dan juga naiknya sejumlah wilayah penyedia properti di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Timur.

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya dan perumahan harga milyaran

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya dan perumahan harga milyaran

Angka indeks pencarian properti di Surabaya memang seolah tak terpengaruh pandemi, grafiknya bahkan terus naik setiap bulannya.

Sejumlah wilayah yang mengalami penurunan tren harga pada kuartal kedua 2020 memang menunjukkan kebangkitan pada kuartal ketiga. Khusus Jawa Timur, indeks harganya berada pada angka 93,1, atau naik 1,74% (QoQ) di kuartal ketiga.

Pada kuartal ketiga, Jawa Timur juga menyumbang 14% untuk suplai nasional dengan indeks suplai 218,1. Yang menarik tren pencarian properti di platform Rumah.com juga terus meningkat meskipun di situasi pandemi. Bukan hanya wilayah Jabodetabek saja, tapi juga Bandung dan Surabaya.

Sejak awal tahun hingga jelang akhir tahun 2020 ini data pencarian properti di Rumah.com untuk Surabaya memang seolah tak terpengaruh pandemi, grafiknya bahkan terus naik setiap bulannya. Di Januari tercatat ada 79.658 pencarian dan hingga Oktober terus melesat hingga 218.895.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Bahkan pada bulan Agustus ibu kota Jawa Timur ini mencatat pencarian tertinggi hingga 227.074 pencarian. Pencarian properti di Surabaya ini tertinggi memang didominasi pencarian untuk rumah yang pada bulan Oktober mencapai 178.841 yang kemudian disusul oleh pencarian apartemen di angka 20.297.

Yang menarik untuk pencarian rumah di Surabaya, hingga bulan Oktober pencarian tertinggi justru datang dari perumahan dalam kisaran harga milyaran. Tertinggi pertama pada kisaran harga Rp1,5 M – Rp4 M dengan 53.654 pencarian dan pencarian tertinggi kedua perumahan dengan harga di atas Rp4 M dengan 46.533 pencarian.

Lalu bagaimana dengan perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya yang padahal di wilayah lain paling tinggi peminatnya?

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya konsisten peminatnya

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya konsisten peminatnya

Pencarian perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya pencariannya bisa dibilang cukup stabil dan terus meningkat meski hanya naik tipis-tipis di setiap bulannya.

Berdasarkan data pencarian properti di Rumah.com untuk pencarian perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya faktanya tetap tinggi peminatnya, meski angkanya tidak setinggi perumahan di kisaran harga Rp1,5 M – Rp4 M dan perumahan di atas Rp4 M.

Perlu diketahui, tingginya angka pencarian rumah di kisaran harga tersebut cenderung fluktuatif dari bulan ke bulan di sepanjang tahun 2020. Sebagai gambaran, untuk perumahan di kisaran harga Rp1,5 M – Rp4 M pada bulan Februari 20.085 pencarian, namun di Maret turun 5,3% menjadi 19.023 pencarian.

Kemudian dari bulan April ke Mei naik 43,1% menjadi 32.942 pencarian dan kemudian di bulan Juni turun lagi sebanyak 2,5%. Begitupun untuk perumahan dengan harga di atas Rp4 M di Surabaya. Dari bulan Januari ke Februari pencariannya tercatat naik sebanyak 30% dengan 16.411 pencarian.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Namun pada bulan Maret pencariannya turun sebanyak 13,8% menjadi 14.141 pencarian. Lalu dari bulan April ke Mei tercatat 26.146 pencarian, atau naik sebanyak 42,6% dari bulan sebelumnya. Dan di bulan Juni kemudian turun lagi sebanyak 2,3%.

Sedangkan untuk pencarian perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya terbilang cukup stabil dan terus meningkat meski hanya naik tipis-tipis di setiap bulannya. Kenaikan tertinggi tercatat di 25,1% pada bulan Mei sedang penurunan pencarian tertinggi hanya 6,2%, tidak sebesar penurunan pencarian rumah dalam kisaran harga lainnya.

7 Pilihan perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya

Bagi Anda yang tengah berburu perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya, Anda bisa menemukan pilihan perumahannya di sini! Atau simak rekomendasi dari kami untuk perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya berikut ini:

1. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Grand Siwalankerto

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Grand Siwalankerto

Perumahan berkonsep mini cluster ini lokasinya memang terbilang strategis.

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya yang satu ini menawarkan rumah dua lantai dengan konsep minimalis. Grand Siwalankerto dibandrol dengan harga perdana di angka Rp600 jutaan dengan keunggulan selangkah dari Kampus Petra.

Unit yang ditawarkan pun terbatas, hanya 20 unit saja. Perumahan berkonsep mini cluster ini lokasinya memang terbilang strategis. Misalnya hanya 2 menit menuju kampus UK PETRA, 5 menit menuju Tol Waru, 5 menit menuju CITO Mall & UPH, 7 menit menuju MERR, bahkan hanya 10 menit menuju Bandara Juanda

Untuk info perumahan Grand Siwalankerto lebih lengkap, klik di sini!

2. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Alana Regency Cemandi

2. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Alana Regency Cemandi

Meski dibandrol dengan harga yang relatif cukup terjangkau namun perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya ini berlimpah fasilitas.

Alana Regency Cemandi merupakan perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya yang mengusung konsep private cluster. Dengan kawasan pengembangan seluas 30 Ha, perumahan ini juga punya ROW jalan 8 – 10 meter dengan harga yang dibandrol mulai Rp400 jutaan.

Meski dibandrol dengan harga yang relatif cukup terjangkau namun perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya ini berlimpah fasilitas. Fasilitas hunian yang ditawarkan mulai dari kolam renang, jogging track, lapangan futsal, lapangan basket, kids playground, musholla, aula serbaguna, hingga security 24 jam dengan CCTV.

Untuk info perumahan Alana Regency Cemandi lebih lengkap, klik di sini!

3. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: The Juanda

3. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: The Juanda

Terdapat fasilitas clubhouse seluas 4.000 m2 dengan yoga corner dan juga thematic garden di The Juanda, plus hanya selangkah menuju fasilitas umum.

Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya ini menawarkan kemewahan meski harganya cuma dibandrol mulai dari Rp600 jutaan. The Juanda mengusung desain dengan konsep mezzanine, dilengkapi garden view sepanjang 100 meter dan main gate 24 meter.

Terdapat fasilitas clubhouse seluas 4.000 m2 dengan yoga corner dan juga thematic garden di The Juanda, plus hanya selangkah menuju fasilitas umum. Selain itu lokasinya juga strategis, 5 menit ke Juanda Airport T-1, 10 menit ke Juanda Airport T-2, 11 menit ke RS Mitra Keluarga Waru, dan 15 menit ke CITO Mall.

Untuk info perumahan The Juanda lebih lengkap, klik di sini!

4. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Wisma Indah 2

4. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Wisma Indah 2

Unit rumahnya ready stock sehingga bisa langsung Anda huni tanpa perlu indent lagi.

Promo yang ditawarkan perumahan Wisma Indah 2 yang merupakan perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya ini memang sangat menarik. Cukup dengan Rp10 juta UTJ (uang tanda jadi) Anda bisa langsung pilih unit. Unit rumahnya ready stock sehingga bisa langsung Anda huni tanpa perlu indent lagi.

Selain itu juga free biaya BPHTB, PPN, AJB, biaya balik nama, SHM, dengan bonus pagar dan tandon bawah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp600 jutaan dengan lokasi yang strategis, 2 menit dari OERR, 5 menit dari MERR, dan masih masuk wilayah Surabaya.

Untuk info perumahan Wisma Indah 2 lebih lengkap, klik di sini!

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

5. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: One Regency Gading

5. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: One Regency Gading

Bagi Anda yang tertarik membeli unit di perumahan ini pengembang juga menjanjikan memberi bonus pagar.

One Regency Gading menawarkan unit rumah 2 lantai dengan bandrol Rp500 jutaan. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya ini menawarkan keunggulan lokasinya seperti hanya 250 meter dari Raya Kedung Cowek, selangkah ke Suramadu CBD, dan selangkah ke OERR/JLLT

Selain itu perumahan One Regency Gading juga dekat dengan ITC Mall, Galaxy Mall
Pasar Atom Mall, dan Kenjeran Park. Bagi Anda yang tertarik membeli unit di perumahan ini pengembang juga menjanjikan memberi bonus pagar. 

Untuk info perumahan One Regency Gading lebih lengkap, klik di sini!

6. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Graha Gunung Anyar

6. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Graha Gunung Anyar

Perumahan Graha Gunung Anyar ini juga menawarkan keunggulan lainnya seperti one gate system, ROW jalan 8 meter, dan lokasi yang terdepan.

Lokasinya yang strategis menjadi nilai jual perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya yang satu ini. Perumahan ini hanya 5 menit dari MERR Gunung Anyar, Yakaya supermarket, Kampus UPN, Pintu Tol Tambak Sumur, dan juga Rumah Sakit Royal Premier.

Bukan hanya lokasi, perumahan Graha Gunung Anyar ini juga menawarkan keunggulan lainnya seperti one gate system, ROW jalan 8 meter, dan lokasi yang terdepan sehingga tidak melewati jalan perkampungan. Harga unitnya ditawarkan Rp625 juta dengan promo DP yang bisa diangsur 8 kali.

Untuk info perumahan Graha Gunung Anyar lebih lengkap, klik di sini!

7. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Caverna Ville

7. Perumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya: Caverna VillePerumahan di bawah Rp750 juta di Surabaya ini sangat cocok untuk generasi milenial yang ingin punya hunian di tengah kota Surabaya namun dengan harga yang terjangkau. Konsepnya yang cozy, keren, dan unik membuat penghuninya serasa tinggal di kondominium.

Unit di Caverna Ville ini dibandrol mulai harga Rp300 jutaan dan tersedia tipe 1 lantai maupun 2 lantai. Dan karena letaknya di tengah kota jadi sangat dekat ke Plaza Marina, Maspion Square, Royal Plaza, RSI Jemursari, dan RSAL.

Untuk info perumahan Graha Gunung Anyar lebih lengkap, klik di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah