Malang, sebagai salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki sejuta pesona yang dengan cepat bisa membuat orang selalu ingin datang. Tak hanya sekadar berkunjung, bahkan banyak yang ingin tinggal di kota ini. Daya tarik wisata Malang adalah salah satu yang membuat orang ingin selalu datang.

Lonjakan wisatawan di Malang pernah terjadi di tahun 2016, yaitu wisatawan domestik 3.987.074 orang dan wisatawan mancanegara mencapai 9.535 orang. Berbagai objek wisata Malang yang menarik menjadi tujuan wisata tak hanya masyarakat Jawa Timur, namun juga dari kota besar lainnya.

Objek wisata yang bisa dinikmati pun tak hanya mengandalkan pesona keindahan alamnya saja, namun maraknya objek wisata Malang yang dibuat Instagrammable sangat mendongkrak nilai kawasan Kota Apel ini.

Dengan berkembangnya potensi wisata Malang, tak ayal turut memicu berkembangnya industri lain, salah satunya sektor properti. Mulai dari hotel, bangunan komersial, apartemen, dan tentunya perumahan tapak.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Kenyamanan berada di Kota Malang inilah yang turut pula mendorong banyak pemburu properti melirik proyek hunian sebagai sarana investasi. Yuk simak objek wisata Malang apa saja yang menjadi daya tarik kota ini.

Wisata Malang:  Jatim Park 1, 2, 3

Wisata Malang:  Jatim Park 1, 2, 3

Wisata Malang Jatim Park 1, 2, 3 yang berupa taman bermain ini selalu ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. (ongistravel.com)

Siapa yang tak kenal dengan Jatim Park 1, 2, 3 ? Wisata Malang berupa taman bermain ini selalu ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Bayangkan saja, di Jatim Park 1 saja punya lebih dari 50 wahana yang bisa dicoba oleh anak-anak juga orang dewasa.

Sementara Jatim Park 2 menawarkan potensi wisata alam Batu Secret Zoo yang tentunya sangat disukai oleh anak-anak. Tak hanya itu, ada pula Museum Satwa yang edukatif. Liburan sambil belajar mengenal satwa menjadi salah satu wisata Malang yang populer.

Untuk Jatim park 3 termasuk objek wisata Malang terbaru. Di sini dibangun Dino Park, dengan banyak atraksi seperti Museum Dino, jelajah 5 Zaman, Jembatan Akara, The Rimba, Food Court Dino, Ice Age, Life with Dino, Dino School, Kerangka Dino, 3D Aquarium, Discovering Dino, dan masih banyak lagi.

Sejumlah pertunjukan nan atraktif ada setiap harinya, Tarian Mei Welcoming Dance, Dino Attack, How To Train Your Dino, Desert Dance, dan lain-lain. Keberadaan Miracle Museum dengan multimedia sangat canggih yang mengusung konsep ‘Believe It’s or Not’.  

Untuk tiket masuk rata-rata Rp100.000, namun ada beberapa area yang di saat weekdays mematok harga Rp55.000 hingga Rp100.000.

Wisata Malang: Kampung Warna-Warni Jodipan

Wisata Malang: Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Wisata Jodipan adalah kampung wisata Malang yang pertama, berupa deretan rumah warga dengan dinding aneka warna yang sangat menarik. (nahwatour.com)

Seringkali foto-foto orang dengan latar belakang rumah dalam cat warna-warni muncul di laman pencarian internet atau di explore Instagram. Kawasan yang disulap jadi artistik ini kini menjadi objek wisata Malang yang hits.

Kampung Wisata Jodipan adalah sebuah kampung pelangi di Malang, tepatnya di tepi Sungai Brantas. Kampung ini adalah kampung wisata Malang yang pertama, berupa deretan rumah warga dengan dinding aneka warna yang sangat menarik.

Asal mulanya, delapan mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggandeng program CSR sebuah perusahaan cat. Lalu kelompok yang tergabung dalam Guys Pro ini memiliki ide brilian untuk menyulap kawasan kumuh menjadi bersolek penuh warna.

Ada banyak lukisan 3D bertema hewan serta spot foto kekinian yang unik. Kombinasi dari 17 warna cerah  serta deretan payung bergantung menambah semarak sekaligus mengubah wajah kampung ini menjadi objek wisata Malang yang atraktif.

Semua yang pernah ke Malang pasti menyempatkan diri untuk mampir dan berfoto. Setiap orang dikenakan tiket masuk hanya sebesar Rp3.000,- yang akan dialokasikan seribu rupiah untuk biaya perbaikan, seribu rupiah untuk pengurus, dan seribu rupiah untuk dana sosial.

Wisata Malang: Batu Night Spectacular

Wisata Malang: Batu Night Spectacular

Serunya wisata Malang saat malam di Batu Night Spectacular, lokasinya strategis.  (wisatarakyat.com)

Objek wisata Malang yang satu ini diklaim sebagai pemilik arena multimedia terpanjang di Indonesia, yaitu mencapai 50 meter! Batu Night Spectacular (BNS) merupakan sebuah lokawisata yang beroperasi hanya di malam hari.

BNS berada di dalam grup Jatim Park Group, lokasinya dekat dengan Jatim park 3. Saat malam tiba dan sinar lampu bermain dalam multimedia canggih, keindahan luar biasa ditampilkan. Berbagai wahana yang tersedia tak akan membuat siapa pun bosan di sana.

Wahana yang bisa dicoba mulai dari permainan sederhana hingga permainan yang memicu adrenalin. Ouse coaster dan drag race adalah wahana yang memicu adrenalin, selain itu ada trampolin, art trick, lampion garden, rumah hantu, hingga 25 area bermain khusus anak-anak.

Serunya wisata Malang saat malam di sini, lokasinya strategis. Suasana asyik di tempat wisata ini ditambah adanya dancing fountain. Saat keluar kita langsung disambut pasar malam yang menjual berbagai cindera mata dan oleh-oleh khas wisata Malang juga Kota Batu.

Harga tiket masuknya sekitar Rp10.000,- hingga Rp30.000,-.

Wisata Malang: Florawisata San Terra

Wisata Malang: Florawisata San Terra

Wisata Malang yang cantik ini menghadirkan lebih dari 700 jenis bunga yang merekah indah dalam tatanan sempurna.  (travelkompas.com)

Ingin cuci mata sambil menikmati keindahan bunga-bunga dalam suasana sejuk yang menyegarkan, datanglah ke Florawisata San Terra de Lafonte. Lokasinya sekitar 25 km dari Kota Malang, tepatnya di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon.

Tempat ini baru dibuka pada Desember 2019. Wisata Malang yang cantik ini menghadirkan lebih dari 700 jenis bunga yang merekah indah dalam tatanan sempurna. Rasanya setiap sudut area menjadi kanvas swafoto yang indah.

Selain taman bunga, kita bisa melihat deretan bangunan bergaya khas Eropa dengan warna fasad yang mencolok, serta taman bunga besar yang menakjubkan. Spot foto lainnya adalah Kampung Korea dalam bangunan warna-warni. Suasana yang diciptakan seperti sedang berada pada deretan pertokoan di Korea Selatan.

Ada pula area yang memiliki deretan pohon berdaun merah muda layaknya bunga sakura, yang membuat kita serasa di Jepang. Di area lain, ada sebuah ruangan dengan atap gelas yang dihiasi pepohonan dan bunga-bunga. Kita bisa lesehan di rumput hijau yang terhampar luas.

Untuk berkunjung ke Florawisata San Terra de Lafonte, wisatawan hanya perlu membeli tiket sebesar Rp 20.000 untuk anak-anak, dan Rp 25.000 untuk orang dewasa.

Wisata Malang: Museum Angkut

Wisata Malang: Museum Angkut

Museum Angkut sebagai salah satu objek wisata malang dinobatkan sebagai museum terbesar di Asia Tenggara. (idntimes.com)

Bagi para traveller berbagai usia, wisata Malang Museum Angkut wajib disambangi. Museum ini luasnya 3,8 hektar dan koleksinya sangat lengkap! Yaitu kendaraan dari berbagai era dan berbagai Negara.

Sejumlah 300 kendaraan bisa dilihat. Museum ini dinobatkan sebagai museum terbesar di Asia Tenggara. Saking luasnya, museum ini dibagi ke dalam 8 zona pameran dengan karakter masing-masing yang unik.

Mulai dari Main Hall dengan koleksi kendaraan antik, Education Hall yang menyimpan koleksi sejarah transportasi, Euro Zone menyimpan koleksi kendaraan yang berasal dari Eropa seperti Range Rover yang konon katanya pernah digunakan oleh Ratu Inggris, ada juga Pasar Apung yang merupakan replika dari pasar apung yang menjual berbagai makanan.

Zona-zona unik lainnya sebut saja Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Gangster & Broadway, Zona Hollywood. Banyak bisa dilihat replika kendaraan yang ada pada film, contohnya saja Bat Mobile juga mobil di film Scooby Doo.

Harga tiket untuk masuk ke museum adalah Rp60.000,- untuk hari biasa, dan Rp80.000,- untuk akhir pekan.

Wisata Malang: Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki pemandangan paling ikonik dan mengesankan, dengan puncaknya yang paling dikenal sebagai objek wisata Malang. (tempatwisata.pro)

Gunung Bromo memiliki pemandangan paling ikonik dan mengesankan, dengan puncaknya yang paling dikenal sebagai objek wisata Malang. (tempatwisata.pro)

Salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur adalah Gunung Bromo, yang terletak di pusat Tengger. Gunung ini memiliki pemandangan paling ikonik dan mengesankan, dengan puncaknya yang paling dikenal sebagai objek wisata Malang.

Di sekitar Bromo ada beberapa titik wisata, antara lain Air Terjun Madakaripura, Seruni Poin, Bukit Teletubbbies, Pasir Berbisik, Cemoro Lawang, dan yang paling utama Penanjakan untuk hunting matahari terbit. Untuk melihat taburan bintang di malam hari bisa mengunjungi bukit Kingkong dan Seruni Poin.

Di area Bromo yang berpasir, hanya bisa ditempuh dengan menggunakan mobil jip. Sewanya sekitar Rp500.000,- – Rp650.000,-, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju puncak Bromo. Bagi yang tidak kuat, warga sekitar menyiapkan kuda-kuda yang bisa disewa. Tentunya jadi pengalaman baru, bukan?

Untuk wisata malang ke Bromo, harus disiapkan fisik yang prima. Ada anak tangga berjumlah 250 dengan kemiringan yang ekstrem yang harus dinaiki. Namun semua akan terbayarkan saat segala keindahan terpampang di depan mata.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Wisata Malang: Gunung Semeru

Karena Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif, maka tidak disarankan menginap di puncak gunung karena terdapat gas beracun yang mematikan saat hari beranjak siang. (viapendaki.com)

Karena Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif, maka tidak disarankan menginap di puncak gunung karena terdapat gas beracun yang mematikan saat hari beranjak siang. (viapendaki.com)

Gunung Semeru dengan puncaknya yang mencapai 3.676 meter di atas permukaan air laut merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan menjadi destinasi wisata Malang. Pendaki yang hendak menuju puncak Mahameru biasanya dimulai dari Desa Ranu Pane. Di sini Anda bisa istirahat dan menyiapkan perbekalan sebelum memulai ekspedisi mendaki gunung.

Pada tahap awal perjalanan, pesona keindahan Ranu Kumbolo adalah yang pertama kali akan Anda temukan. Sebuah danau besar yang sangat indah dikelilingi buki-bukit yang hijau. DI sini hawanya dingin, karena bentuk datarannya berdekatan dengan danau dan lembah. Banyak yang mendirikan tenda dan bermalam di sini sebelum mulai mendaki lagi.

Setelah melewati Ranu Kumbolo, Anda akan melewati tanjakan cinta. Konon, jika berhasil berjalan tanpa henti dan tanpa menoleh ke belakang maka Anda akan menemukan cinta sejati!

Keindahan berikutnya adalah padang Oro-oro Ombo dengan hamparan bunga Edelweiss yang konon merupakan lambang dari keabadian. Selain Edelweiss, di area ini juga dapat ditemukan bunga Verbana Barisliensis Vell yang bentuknya mirip bunga Lavender.

Untuk dapat menaklukkan Mahameru, pendaki dapat menginap satu malam di Kalimati serta memulai pendakian pada pukul 2 dini hari saat keadaan gelap gulita. Namun hati-hati karena seringkali terjadi batu-batu besar yang berguguran dan membahayakan nyawa pendaki.

Karena Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif, maka tidak disarankan menginap di puncak gunung karena terdapat gas beracun yang mematikan saat hari beranjak siang. Keindahan yang akan terlihat walau sekejap namun tak akan terlupa selamanya.

Wisata Malang: Pantai Balekambang

Sejak tahun 1985 pantai ini termasuk wisata Malang andalan dengan panorama alam serta gelombang yang memanjang hampir 2 kilometer dan hamparan pasir nan luas. (konfirmasitimes.com)

Sejak tahun 1985 pantai ini termasuk wisata Malang andalan dengan panorama alam serta gelombang yang memanjang hampir 2 kilometer dan hamparan pasir nan luas. (konfirmasitimes.com)

Wisata Malang berupa pantai yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri selain debur hangat ombak menerpa pesisir pantai. Pantai Balekambang sangat mirip dengan salah satu pantai di Bali lho!

Pantai Balekambang yang terletak di selatan Malang ini memiliki Kuil Hindu di Pulau Ismoyo yang dihubungkan oleh jembatan kecil dan sangat mirip dengan pantai Tanah Lot yang berada di Pulau Bali.

Sejak tahun 1985 pantai ini termasuk wisata Malang andalan dengan panorama alam serta gelombang yang memanjang hampir 2 kilometer dan hamparan pasir nan luas. Pantai ini sangat bersih, nyaris tak terlihat sampah.

Akses menuju ke pantai ini sudah mudah dan nyaman karena jalanannya sudah mulus beraspal. Hanya harus berhati-hati di kawasan Jurang mayit karena tanjakannya menikung tajam. Tak butuh waktu lebih dari 30 menit dari Kecamatan Bantur, Malang ke Pantai Balekambang.

Di sini juga digunakan sebagai destinasi wisata Malang religi, karena pada hari-hari tertentu ribuan pengunjung datang ke pantai untuk melakukan ritual. Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat Pantai Balekambang.

Setiap tanggal 1 Sya’ban peziarah akan mengunjungi makam yang letaknya terpencil di tepi Kali Berek, sekitar 1 kilometer sebelum masuk Pantai Balekambang dari arah Bantur. Syaikh Abdul Jalil asalnya dari Yogyakarta, beliau memiliki ilmu agama tinggi dan tidak mau kompromi kepada Belanda di masa penjajahan.

Umat Hindu pun menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali di hari raya Nyepi. Di Pulau Ismoyo yang menjorok masuk 70 meter dari bibir pantai, Pura amarta Jati dihubungkan dengan jembatan. Tradisi Nyepi yang dilakaukan di sini selalu dinantikan peminat wisata Malang yang berada di sini.

Wisata Malang: Air Terjun Coban Sewu

Wisata Malang: Air Terjun Coban Sewu

Sebagai salah satu objek wisata Malang, air terjun Coban Sewu formasinya unik, karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai (piknikasik.com)

Destinasi wisata Malang ini luar biasa indah, terletak tepatnya di sebuah desa kecil yang bisa dijangkau dalam 2 jam perjalanan dari Malang Timur. Tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

Untuk mencapai pusat keindahan dari Air Terjun Coban Sewu ini kita harus menuruni tangga yang terbuat dari bambu ke jurang yang dalam. Air terjun ini juga disebut Tumpak Sewu dan memiliki ketinggian 120 meter. Bisa dibilang Tumpak Sewu ini adalah air terjun terindah di Indonesia.

Formasinya unik, karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga digolongkan dalam tipe air terjun tiered. Air terjun ini terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru. Menuju ke lokasi, selama perjalanan kita akan melihat Gunung semeru tepat di depan mata seakan mengantar  agar tidak tersasar.

Jika berangkat dari Malang, rute yang dilalui adalah BululawangDampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan.

Selain dengan kendaraan pribadi, angkutan umum berupa minibus dengan rute LumajangMalang biasa beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Objek wisata Malang yang tergolong murah, namun memberi kesan dan memori yang tak tergantikan.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah