Kawasan ini menjadi salah satu pilihan menarik. Sebagai kawasan hunian, harga tanah tentunya lebih rendah dibandingkan Surabaya. namun jaraknya tak jauh dari ibukota Provinsi Jawa Timur tersebut. Hanya sekitar 20 km dengan waktu tempuh 37 menit saja.

Bersama Sidoarjo, dua kabupaten yang letaknya cukup dekat dengan ibukota Provinsi Jawa Timur ini menjadi kota penyangga Surabaya. Sebagai kawasan hunian Gresik mulai banyak dilirik. Apalagi setelah Sidoarjo mengalami bencana lumpur Lapindo pada tahun 2006 lalu.

Ingin merencanakan investasi properti sejak dini, kami akan membantu Anda menghitung simulasi kredit rumah melalui kalkulator KPR. Langsung saja klik di sini.

Selaras dengan perkembangan kawasan yang memiliki area kawasan industri cukup besar di Jawa Timur, eksplorasi wilayahnya pun semakin menarik. Yang menjadi keunggulan dan keunikan Gresik untuk dijadikan hunian yang nyaman di antara kawasan lain di sekitarnya.

Keunggulan dan keunikan Gresik, banyak perumahan tersebar di 18 kecamatan

Roda perekonomian yang terus berputar akibat perkembangan kawasan industri di Kabupaten Gresik memicu naiknya permintaan akan hunian. Hal inilah yang membuat banyak pengembang membangun proyek perumahan di kawasan ini.

Salah satu area yang banyak dilirik oleh pengembang salah satunya di Kecamatan Menganti. Area yang berada di sebelah selatan Kabupaten Gresik ini berbatasan langsung dengan bagian timur Kota Surabaya. Wilayah ini juga memiliki akses langsung dengan Tol KrianLegundiBunderManyar.

Tak ayal beberapa perumahan marak berdiri di Kecamatan Menganti. Namun kecamatan lain seperti Kebomas, Cerme, Driyorejo, dan sebagainya pun juga memiliki area hunian yang ditata dengan konsep modern dan nyaman.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

5 Perumahan di Gresik yang banyak diminati

Lokasi: jl. Pasar Cerme Lor, tol bunder, Gresik.

Keterangan: rumah mewah berkonsep tropis yang dekat dengan 3 exit tol Gresik. Jaraknya hanya 2 km dari exit tol terdekat.

Lokasi: Dusun Klithih, Wedoro Anom, Driyorejo, Gresik.

Keterangan: Bangunan modern dengan bentuk atap limasan. Merupakan bangunan berkonsep mewah dengan sarana taman bermain untuk anak-anak.

Lokasi: jl. Raya Menganti, Menganti, Gresik.

Keterangan: Memiliki fasilitas unggulan di dalam klaster seperti kolam renang, jogging track, playground, juga area gym outdoor. Hanya selangkah dari Al Azhar International School.

Lokasi: Jl. Raya Petiken, Driyorejo, Gresik.

Keterangan:unik karena memiliki Ferris Wheel di dalam perumahannya dan memiliki club house, juga Taman Kota seluas 1 hektar.

Lokasi: Jl.Raya Manyar Sembayat, Manyar, Gresik.

Keterangan: berkonsep Millenial Home yang cocok bagi generasi muda yang praktis, minimalis, dan harga terjangkau. Merupakan gabungan area residensial, komersial, dan industri dalam satu wilayah.

Keunggulan dan keunikan Gresik, dekat ke Surabaya juga dekat ke kawasan lainnya

Alt Text_ KEUNGGULAN DAN KEUNIKAN GRESIK DEKAT KE SURABAYA JUGA DEKAT KE KAWASAN LAINNYA

Adanya dua stasiun (Stasiun Cerme dan Stasiun Duduk sampeyan) sebagai keunggulan dan keunikan Gresik, memberi opsi transportasi selain menggunakan kendaraan pribadi. (id.wikipedia.org)

Akses menjadi salah satu faktor penting saat memilih hunian. Bukan tidak mungkin jika pemilik properti di Gresik ternyata bekerja di kawasan lain seperti Surabaya atau bahkan di Sidoarjo atau kawasan sekitarnya.

Bayangkan saja, jarak ke Surabaya dari Gresik hanya membutuhkan waktu tempuh 31 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui Jalan Tol SurabayaGresik. Jalan tol ini juga menjadi akses utama yang menghubungkan Surabaya dengan Jakarta via jalur Pantura.

Sebagai kawasan industri, maka akses jalan tol dari Gresik ke segala arah terbilang mudah. Ruas Jalan Tol SurabayaGempol (Jalan Tol Surgem) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa penghubung MerakBanyuwangi pun terhubung dengan Jalan Tol SurabayaGresik.

Masih ada satu ruas jalan tol lagi yang terhubung dengan Jalan Tol SurabayaGresik, yaitu Jalan Tol SurabayaMojokerto (Jalan Tol Sumo) yang pada pengembangan selanjutnya juga terhubung dengan Simpang Susun Wringinanom dan Simpang Susun Romokalisari. 

Temukan hunian impian Anda di Gresik dengan kemudahan fasilitas dan akses, melalui listing properti baru di sini.

Selain menggunakan kendaraan roda empat, ke Gresik bisa dicapai dengan menggunakan kereta dan bus. Ada dua stasiun di kawasan ini, yaitu Stasiun Cerme dan Stasiun Duduk Sampeyan.

Stasiun Cerme Gresik dilalui kereta Ekonomi Lokal SidoarjoSurabayaBojonegoro dari Stasiun Gubeng Surabaya. Sementara di Stasiun Duduk Sampeyan Gresik ada Komuter Sulam dengan tujuan ke Lamongan dan Surabaya, juga ada kereta Ekonomi Lokal Bojonegoro.

Untuk bepergian dengan moda transportasi bus juga mudah, karena Gresik memiliki Terminal Bus Bunder (di Cerme), Terminal Bus Wisata Religi Maulana Malik Ibrahim (di Lumpur), Halte Dr. Wahidin Shd 2 (di Kebomas), dan Terminal Balongpanggang.

Keunggulan dan keunikan Gresik, fasilitas yang memadai

Fasilitas kesehatan sebagai salah satu keunggulan dan keunikan Gresik. (rspetrokimiagresik.com)

Fasilitas kesehatan sebagai salah satu keunggulan dan keunikan Gresik. (rspetrokimiagresik.com)

Berbagai kemudahan di dapat jika punya rumah di Gresik. Tak perlu repot mencari fasilitas penting yang dibutuhkan hingga ke luar kawasan, karena perkembangan keunggulan dan keunikan Gresik termasuk dalam fasilitas-fasilitasnya.

Fasilitas kesehatan di Gresik

Fasilitas kesehatan di Gresik tergolong banyak. Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan di 18 kecamatan, ada lebih dari 20 rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Sebagai kawasan industri yang berkembang pesat, beberapa fasilitas kesehatan didirikan oleh perusahaan besar di Gresik. Hal ini yang menjadi keunggulan dan keunikan Gresik, di mana tak hanya membangun lapangan kerja namun juga memfasilitasi warga dengan fasilitas kesehatan yang berkualitas.

Walaupun banyak berdiri rumah sakit swasta, namun fasilitas kesehatan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Gresik pun dikelola dengan baik, bahkan selalu penuh oleh warga yang datang berobat.

5 Rumah Sakit dengan fasilitas lengkap di Gresik

  • RSUD Ibnu Sina

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Telah memiliki sistem admistrasi yang terkomputerisasi. Untuk menghindari antrean, pasien dapat mendaftar melalui aplikasi RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo 243-B, Gresik.

  • RS Petrokimia Gresik (RSPG),

Berawal dari sebuah poliklinik pabrik pada tahun 1971, dan pada tahun 1992 beralih status menjadi Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Pada tahun 2004 RSPG ini dikelola oleh PT. Petro Graha Medika.

Lokasi: Jl. Jendral Ahmad Yani No. 69, Gresik.

Bermula dari Balai Kesehatan pabrik Semen Gresik, dan diresmikan sebagai rumah sakit pada tahun 1995. Rumah sakit ini telah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI Jawa Timur akan kehalalan dan higienitas bahan-bahan makanan yang dikonsumsi pasien.

Lokasi: Jl. RA. Kartini 280, Kebomas, Gresik.

Rumah sakit ini memiliki banyak kamar yang memadai, dengan IGD dan ambulans yang siaga 24 jam. Tersedia juga mesin anjungan untuk mengambil antrean nomor yang buka sejak pukul 05.30 pagi, hanya dengan membawa kartu berobat RS Muhammadiyah Gresik yang sudah tertera barcode.

Lokasi: Jl. KH.Kholil 88, Kebungson, Gresik.

  • RS Fathma Medika

Rumah sakit ini memiliki layanan unggulan operasi katarak gratis untuk warga tidak mampu, serta layanan ambulans gratis untuk tujuh kecamatan yaitu Manyar, Bungah, Dukun, Sidayu, Ujungpangkah, Panceng, Glagah Lamongan.

Lokasi: Jl. Raya Pendopo No.45, Manyar, Gresik

Fasilitas pendidikan di Gresik

Kegiatan para pelajar di kawasan ini cukup semarak. Berbagai lomba aktif diadakan demi menggalang semangat dan persatuan lintas generasi yang dipupuk sejak dini. Sebut saja olimpiade matematika, sains dan IPA, olahraga, juga seni.

Beberapa sekolah berprestasi di Gresik menjadi banyak menjadi incaran warga untuk menyekolahkan anaknya di sana. Hampir seluruh SD, SMP, dan SMA aktif mengikutkan siswa-siswi berprestasinya dalam berbagai ajang perlombaan.

Salah satu SD favorit adalah SD Muhammadiyah 3 Gresik. Selain prestasi akademisnya, kegiatan ekstrakurikuler drumband di SD ini selalu menyabet kejuaraan yang diselenggarakan.

Untuk tingkat SMP yang menjadi favorit adalah SMP YIMI Full Day School yang menerapkan kolaborasi perkembangan dunia teknologi dengan pendidikan agama dalam metode pengajarannya meskipun bukan berbasis pesantren

SMA Negeri 1 Gresik merupakan SMA favorit yang banyak menelurkan siswa-siswi berprestasi dalam bidang akademik. Termasuk 3 besar SMA terbaik se-Jawa Timur, bahkan pada tahun 2019 menduduki peringkat kedua setelah SMAN 5 Surabaya

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Berbagai perguruan tinggi melengkapi daftar keunggulan dan keunikan Gresik. Di tahun 2020 Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Gresik.

Melalui empat kategori penilaian, yaitu mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek (output), dan capaian kinerja jangka panjang (outcome), UISI berada di peringkat 169 dari 2.136 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Fasilitas belanja tanpa harus ke Surabaya

(gressmall.co.id)

(gressmall.co.id)

Di setiap kawasan tentu saja dilengkapi pasar tradisional yang menjual berbagai kebutuhan harian. Sebut saja di antaranya Pasar Sidomoro di Injen Timur, Pasar Krempyeng di Karangturi, Pasar Kota Gresik di Kebungson, Pasar Baru Gresik di Telogopojok, Pasar Manyar di Manyarejo, Pasar Senggol di Pekauman.

Dengan perkembangan kawasan yang terus meningkat, para pengembang pun membuat pusat perbelanjaan berkonsep modern yang dekat dengan kawasan hunian. Bahkan dengan konsep one-stop shopping yang terintegrasi dengan ruko serta fasilitas pendukung lainnya.

Tak perlu ke Surabaya untuk berbelanja produk fashion terkini, atau sekadar mencicipi teh bobba yang sedang tren. Beberapa mall di sini turut melengkapi daftar keunggulan dan keunikan Gresik.

Ada apa saja di Mall ini?

  • Icon mall.

Di mall yang mengambil inspirasi bentuk bandeng dan kapal ini, Anda bisa berbelanja di Trans Mart dan membawa anak-anak bermain di Trans Studio Mini.

  • Gress mall

Gress mall adalah pusat perbelanjaan pertama yang memiliki bioskop XXI di Gresik. Terdapat pula Matahari Department Store di sini.

Merupakan pusat perbelanjaan pertama di Gresik, warga biasa menyebutnya Ramayana. Di sini hadir pula Robinson, CFC, juga Timezone.

Merupakan salah satu plaza terbesar di Gresik yang mengusung konsep modern, dan juga ada Matahari Department Store di sini.

Berada di daerah perkantoran Injen Timur, pusat belanja ini mudah diakses dan sering menjadi persinggahan saat jam makan siang.

Merupakan megablock tematis pertama di Gresik yang memiliki ruko, ruang perkantoran, dan area perbelanjaan.

Destinasi wisata di Gresik

Kawasan bangunan bersejarah yang diberi nama Kampung Kemasan ini menjadi salah satu keunggulan dan keunikan Gresik.  (pwmu.co)

Kawasan bangunan bersejarah yang diberi nama Kampung Kemasan ini menjadi salah satu keunggulan dan keunikan Gresik.  (pwmu.co)

Bukan hanya warga setempat, namun wisatawan dari berbagai kota lainnya banyak yang datang ke Gresik untuk menikmati keindahan alam serta suguhan wisatanya. Selain kaya dengan pilihan potensi wisata, akses ke Gresik pun tergolong mudah.

Di kawasan yang juga disebut Kota santri ini, memiliki banyak potensi pariwisata dari yang membuka wawasan hingga yang memanjakan mata karena keindahannya. Beli rumah di Gresik tentunya tak kan pernah bosan mengeksplorasi wilayahnya.

Ingin mulai berinvestasi properti namun kesulitan dalam mencari lokasi? Jangan khawatir, baca dulu panduan properti yang mengulas tips menggunakan jasa agen properti.

Wisata di Gresik yang harus dikunjungi

  • Bukit yang terbentuk karena alam menampilkan keindahan alaminya yang membuat decak kagum. Sebut saja Bukit Kapur Suci di Manyar, Bukit Jamur di Bungah, Bukit Larangan di Panceng, dan Bukit Sekapuk di Ujungpangkah.
  • Wisata yang menawarkan rasa damai seperti laut dan danau pun memberi pesona tersendiri bagi Gresik. Danau Kastoba di Tambak, Pulau Gili Noko di Sangkapura, Pantai Mombhul di Tambak, Bayu Biru Lowayu di Dukun, Banyu Urip Mangrove Center di Ujungpangkah.
  • Wisata budaya dan religi tentu menjadi keunggulan dan keunikan Gresik. Menengok Situs Giri Kedaton, ziarah ke Makam Sunan Giri dan Makam Maulana Malik Ibrahim, Klenteng Kim Hin Kiong, dan mengenal bangunan bersejarah di Kampung Kemasan yang laksana Santorini di Yunani.
  • Wisata kuliner jangan dilupakan. Di Gresik, Anda harus mencoba kuliner khas seperti Sego Roomo, Nasi Krawu, Otak-Otak Bandeng, Jubung, Bonggolan, Sego Karak, Pudak, dan masih banyak lagi.

Keunggulan dan keunikan Gresik, infrastruktur maju pesat

Pembangunan JIIPE (Java Integrated Industrial and Ports Estate) yaitu kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia dengan infrastruktur berskala internasional ada di Gresik. (cakrawala.co)

Pembangunan JIIPE (Java Integrated Industrial and Ports Estate) yaitu kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia dengan infrastruktur berskala internasional ada di Gresik. (cakrawala.co)

Sebagai kawasan industri terpadu dengan pembangunan infrastruktur yang selalu ditingkatkan tentunya memberi kenyamanan bagi para pemburu properti yang memutuskan untuk tinggal di Gresik.

 Keunggulan dan keunikan Gresik yang berbeda dengan kawasan lainnya di Provinsi Jawa Timur memberi nilai lebih terhadap potensi wilayah di kawasan ini. Dari segi infrastruktur pun banyak keunggulan yang dimiliki.

Beda Gresik dengan kawasan lain

  • Kawasan ini memiliki terminal pelabuhan. Di sepanjang pesisir pantai di Kebomas, Gresik, dan Manyar terdapat satu pelabuhan umum yang dikelola PT. Pelindo III Cabang Gresik, dan delapan terminal khusus yang dikelola perusahaan swasta / BUMN.
  • Kehadiran JIIPE (Java Integrated Industrial and Ports Estate) yaitu kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia dengan infrastruktur berskala internasional ada di Gresik. Kini masih dalam tahap penyelesaian.
  • Proyek jalan tol dan simpang susun di Gresik terus bertambah demi kemudahan akses menuju ke kawasan lainnya. Simpang Susun Wringinanom dan Simpang Susun Romokalisari nantinya akan memberi kemudahan aksesibilitas.
  • Gresik memiliki Wahana Ekspresi Pusponegoro, sebuah sarana untuk mengembangkan bakat sekaligus melestarikan budaya masyarakat sekaligus menjadi obyek rekreasi.

Jadi tunggu apalagi? Hunian dengan harga lebih murah dibanding di Surabaya telah menantimu dengan segudang keunggulan dan keunikan Gresik mulai dari fasilitas penting hingga infrastrukturnya.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah