Jawa Timur sebagai tujuan mudik Lebaran tiap tahunnya memang tak pernah sepi dari laju pemudik. Di tahun lalu saja, kendati adanya larangan mudik dan pandemi virus Corona yang masih mengkhawatirkan, diperkirakan tetap ada sekitar 460.000 pemudik yang nekat mudik ke Jawa Timur.

Bagi perantau, jika tidak melakukan mudik maka Hari Raya Idul Fitri tidak terasa berwarna. Apalagi orangtua maupun sanak saudara masih tinggal di kampung halaman. Tak heran apabila mereka ‘terpaksa’ mengabaikan larangan, guna mengobati rasa rindu yang mungkin hanya bisa diwujudkan satu tahun sekali.

Agenda mudik ke Jawa Timur memang menyenangkan. Dan sepatutnya bisa lebih bernilai apabila melihat potensi lain dari kegiatan mudik. Sembari mengelilingi kampung halaman, coba hubungi Agen Jawa Timur guna menambah wawasan mengenai pasar properti di kawasan strategis.

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Dinamika Tren Harga Propertinya

Membahas lebih dalam mengenai Jawa Timur, Rumah.com mencatat adanya dinamika terkait tren harga di dua tahun terakhir. Hal tersebut boleh jadi lantaran kondisi ekonomi Tanah Air yang merosot akibat pandemi Covid-19. Cermati grafiknya di bawah ini.

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Dinamika Tren Harga Propertinya

Tren harga properti Jawa Timur menurun sejak Q1 2020.

Median harga properti di Jawa Timur pada Q4 2020 berada di angka Rp13 juta, atau terkoreksi -1,47% dibandingkan kuartal sebelumnya (Q3 2020). Demikian juga tren indeks harga properti secara tahunan, turun sebanyak -5,93% (Year on Year/YoY). Dimana pada kuartal empat 2019, median harga berada di angka Rp13.820.000.

Ketua Asosasi Real Estat Broker Indonesia (Arebi) Jawa Timur, Rudy Sutanto menyebut kepada Radar Surabaya, pandemi Covid-19 membuat pasar properti terkoreksi cukup tajam. Bahkan harga properti di pasar skunder (secondary market) menurun sekitar 30 persen. Hal ini disinyalir lantaran konsumen semakin selektif untuk membeli properti.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Pada segmen primary, menurut Rudy hampir tidak ada developer yang mengeluarkan produk baru di semester pertama 2020. Akibatnya pasar seakan mengalami stagnasi. Apalagi konsumen semakin banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli properti, mulai dari sisi harga, akses ke lokasi, legalitas, kondisi proyek dan juga potensi keuntungan.

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Juga Tren Suplai Propertinya

Kemudian jika berkaca dari tren indeks suplai properti di Jawa Timur, tercatat justru ada kenaikan drastis pada Q3 2020. Kondisi ini nyaris serupa dengan provinsi lain di Indonesia, yang mengalami perbaikan property market pada kuartal ketiga 2020 sejalan dengan berlakunya aturan normal baru.

Pada Q4 2020, indeks suplai berada di angka 237,7 naik sebanyak 8% dibandingkan kuartal sebelumnya (Quarter on Quarter/QoQ). Sedangkan tren secara tahunan  terjadi kenaikan tinggi hingga 32%. Kondisi ini diperkirakan terjadi imbas dilepasnya unit-unit properti yang ditahan pengembang pada semester pertama 2020.

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Juga Tren Suplai Propertinya

Secara tahunan, tren indeks suplai properti di Jawa Timur tumbuh sebanyak 32%

Pasar properti Jawa Timur hingga kini tetap menyimpan potensi investasi, khususnya pada wilayah besar seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik. Membahas lebih lanjut mengenai empat kawasan yang juga menjadi kota tujuan mudik ke Jawa Timur tersebut, simak ulasannya di bawah ini!

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Tren Harga Properti Surabaya

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Tren Harga Properti Surabaya

Suplai properti untuk kawasan pemukiman di Surabaya terus naik secara kuartalan

Surabaya termasuk salah satu kawasan yang performanya cukup baik. Dari sisi tren harga, indeks kawasan ini cukup stabil secara kuartalan dan tahunan. Dari Q2 hingga Q4 2020, indeks harganya tetap di angka 106,4, pun jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu.

Dari sisi tren suplai, Surabaya pun punya aroma optimisme yang kuat. Terbukti suplai properti untuk kawasan pemukiman di Surabaya terus naik secara kuartalan. Pada Q3 2020 indeksnya di angka 179,8 atau naik sebanyak 13,3% dari Q2 2020. Kemudian di Q4 naik lagi 7% dengan angka indeks di 192,3.

Optimisme pengembang dengan menambah suplai properti di Surabaya tentu saja ada banyak alasannya. Mudahnya, Surabaya punya banyak pesona yang punya daya pikat kuat bagi para pencari properti dan investor yang mengincar Kota Pahlawan ini.

Selain fasilitas kawasan pemukiman di Surabaya yang sangat lengkap, pembangunan infrastruktur yang membuat konektivitasnya makin mudah pun sangat masif. Bahkan kini Surabaya terus berkembang menjadi kota berkelas dunia.

Di samping itu, tren pencarian properti di Surabaya sejak Mei hingga Oktober 2020 grafiknya memang tergolong positif. Di bulan Mei, angka pencarian properti berdasarkan lokasi di Surabaya tercatat 140.693 pencarian. Namun di bulan Juli pencariannya langsung meroket hingga 167.847 pencarian. Data terakhir hingga bulan Oktober, pencarian properti berdasarkan lokasi di Surabaya bahkan mencapai 218.895 pencarian. 

Tengah mencari hunian untuk tempat tinggal maupun investasi di Surabaya? Simak rekomendasinya dalam tautan berikut ini!

Mudik ke Jawa Timur? Kenali Potensi Tren Harga Properti Sidoarjo

Mudik ke Jawa Timur? Kenali Potensi Tren Harga Properti Sidoarjo

Posisi kabupaten Sidoarjo yang strategis dari sisi geografis menjadi daya tarik pencari hunian

Sejak terjadinya ledakan penduduk di kawasan Sidoarjo, kabupaten yang berlokasi di Jawa Timur ini mulai menghadirkan berbagai pilihan hunian bagi warganya. Menurut Rumah.com Indonesia Property Market Index, median harga properti di Sidoarjo pada Q4 2020 sebesar Rp7.098.765. Secara kuartalan, indeks harga turun sebanyak 0,22%. Sementara secara tahunan indeks harga terkoreksi -3,23%.

Posisi kabupaten Sidoarjo yang strategis dari sisi geografis juga menjadi daya tarik para pencari hunian. Sidoarjo diibaratkan sebagai magnet yang mampu menarik kaum urban untuk beralih tinggal di kawasan yang berbatasan langsung dengan Surabaya ini.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Bahkan para pekerja di Surabaya pun memilih untuk memiliki hunian di Sidoarjo. Alasannya adalah karena harga rumah di Sidoarjo masih terjangkau dibandingkan dengan Surabaya. Hal ini menjadi keunggulan Sidoarjo dibanding dengan Surabaya. Permintaan hunian di kota delta ini pun menjadi sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi kawasan Sidoarjo juga didukung dengan perkembangan infrastruktur yang mumpuni.

Bahkan Sidoarjo masuk ke dalam jajaran 25 kabupaten/kota yang dievaluasi untuk masuk Gerakan Menuju 100 Smart City. Selain jaringan internet yang sudah maju, Sidoarjo juga tak kalah dalam pembangunan jalan bebas hambatan, salah satunya adalah Jalan Tol KLBM Sidoarjo – Gresik. Jalan tol ini menghubungkan empat wilayah yang menghubungkan Sidoarjo dan Gresik yaitu Krian – Legundi – Bunder – Manyar.

Tengah mencari hunian untuk tempat tinggal maupun investasi di Sidoarjo? Simak rekomendasinya dalam tautan berikut ini!

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Potensi Tren Harga Malang yang Cemerlang

Mudik ke Jawa Timur? Ketahui Potensi Tren Harga Malang yang Cemerlang

Tren indeks harga properti Malang terpantau bergejolak dalam tiga tahun terakhir

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020, RIPMI-H nasional pada kuartal ketiga (Q4) 2020 berada pada angka 93,1, atau naik 1,63% dibanding Q3 2020 (QoQ). Sedangkan secara tahunan, indeks harga pada Q4 2020 justru menurun sebanyak 1,76% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2019.

Berdasarkan tren pencarian properti di platform Rumah.com, sepanjang 2020 ini data pencarian properti untuk Malang bahkan naik terus persentasenya setiap bulannya. Tercatat hanya terjadi dua kali penurunan pencarian untuk Malang, bulan Maret turun 8,7% dan September 4,7%.

Sedang persentase tren kenaikan pencarian properti di Malang setiap bulannya naiknya jauh lebih tinggi, misalnya bulan Mei tercatat naik sebanyak 26,4% dan Agustus malah 33,1%. Sebagai informasi, pencarian properti di Malang di Januari 2020 tercatat 37.526 pencarian dan hingga Oktober ini menjadi 92.793 pencarian.

Membahas sisi infrastruktur, sejak tahun 2006 Kota Malang mengalami peningkatan yang cukup baik, baik dari segi kuantitas maupun kualitas infrastruktur. Hal ini dapat dilihat dari munculnya deretan jalan yang berstatus kota hingga kehadiran tempat wisata.

Perkembangan infrastruktur ini juga berpengaruh pada pertumbuhan perumahan penduduk yang semakin baik. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya deretan perumahan cluster di kota Malang.

Tengah mencari hunian untuk tempat tinggal maupun investasi di Malang? Simak rekomendasinya dalam tautan berikut ini!

Mudik ke Jawa Timur? Jangan Lewatkan Potensi Properti Gresik

Mudik ke Jawa Timur? Jangan Lewatkan Potensi Properti Gresik

Gresik mengalami tren harga properti yang relatif stabil

Roda perekonomian yang terus berputar akibat perkembangan kawasan industri di Kabupaten Gresik memicu naiknya permintaan akan hunian. Hal inilah yang membuat banyak pengembang membangun proyek perumahan di kawasan ini.

Merujuk catatan Rumah.com, tren indeks harga properti di Gresik pada Q4 2020 berada pada angka 120,0 atau tidak bergerak sama sekali dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2019. Sementara dari posisi kuartalan, indeks harga justru naik 3,06% dibandingkan 116,4 di Q3 2020.

Kawasan prospektif di Gresik yang kini banyak dilirik oleh pengembang salah satunya di Kecamatan Menganti. Area yang berada di sebelah selatan Kabupaten Gresik ini berbatasan langsung dengan bagian timur Kota Surabaya. Wilayah ini juga memiliki akses langsung dengan Tol KrianLegundiBunderManyar.

Soal aksesibilitas, Gresik pun tak kalah mengesankan. Sebagai kawasan industri, tentunya infrastruktur di wilayah ini menjadi fokus bagi pembangunan daerah agar semua berjalan lancar. Beberapa simpang ruas jalan tol melewati Gresik. Akses antara Gerbangkertosusila (GresikBangkalanMojokertoSurabayaSidoarjoLamongan) sudah pasti mudah. Begitu pula ke Pulau Bawean yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Gresik.

Tengah mencari hunian untuk tempat tinggal maupun investasi di Gresik? Simak rekomendasinya dalam tautan berikut ini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah