Sebagai pusat bisnis, perdagangan, dan segala sektor industri di timur pulau Jawa, kawasan hunian di Surabaya tentunya sudah sangat padat dengan harga tanah yang terus melonjak. Tak ayal pemburu properti mulai melirik kawasan yang dekat dengan Surabaya. Nama Gresik menjadi salah satu pilihan menarik.

Sebagai kawasan hunian, harga tanah tentunya lebih rendah dibandingkan Surabaya, namun jaraknya tak jauh dari ibukota Provinsi Jawa Timur tersebut. Kabupaten Gresik bisa dibilang letaknya cukup strategis.

Berbatasan langsung di sebelah utara dengan Laut Jawa, sebelah timur dengan Kota Surabaya dan Selat Madura, sebelah selatan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto, dan sebelah barat dengan Kabupaten Lamongan.

Karena berbatasan langsung dengan Laut Jawa, maka Pulau Bawean pun termasuk ke dalam wilayah Gresik. Jarak kabupaten yang memiliki 18 kecamatan ini dari Surabaya sekitar 20 km, dan hanya memerlukan waktu tempuh 37 menit saja.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Mudahnya akses untuk mobilitas ke Surabaya dan juga ke kawasan sekitar mendorong meningkatnya pembangunan properti di kawasan ini. Menyasar ke target milenial, selama 5 tahun terakhir penjualan properti di Gresik tergolong cepat.

Memang sebelumnya pengembang properti kurang begitu tertarik dengan Gresik, namun sejak tragedi lumpur Lapindo di Sidoarjo, serta mulai terbukanya Pemerintah Kabupaten Gresik terhadap investor membuat pengembang properti mulai berpaling ke kawasan ini. Apalagi kawasan ini dekat dengan Surabaya selain Sidoarjo.

Gresik di masa lampau

Berkaitan dengan Giri Kedaton, ada sejarah yang tak akan pernah hilang. Peletakan batu pertama berdirinya Gresik dilakukan langsung oleh Sunan Giri.  (Islamtoday.id)

Berkaitan dengan Giri Kedaton, ada sejarah yang tak akan pernah hilang. Peletakan batu pertama berdirinya Gresik dilakukan langsung oleh Sunan Giri.  (Islamtoday.id)

Mengacu pada sebuah buku yang dibuat oleh Thomas Stamford Raffles, yaitu The History of Java, diungkapkan bahwa nama Gresik berasal dari kata giri gisik. Yang artinya gunung di tepi pantai. Hal ini mengacu pada topografi kawasan yang berada di pinggir pantai.

Karena berada di pinggir pantai, kawasan ini sudah menjadi salah satu pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14. Di sinilah tempat persinggahan kapal-kapal dalam jalur perdagangan antara Malaka dan Maluku. Yang berlanjut hingga era VOC.

Gresik masa kini tak lepas dari tiga tonggak sejarah pemerintahan masa lalu, dimulai dari Kerajaan Giri Kedaton di abad ke-15 oleh Sunan Giri, kemudian di abad ke-17 mulai menjadi Kabupaten Tandes, kemudian masuk menjadi Kabupaten Surabaya.

Sesuai PP Nomor 38 Tahun 1974, seluruh kegiatan pemerintahan mulai berangsur-angsur dipindahkan. Dan kemudian dinamakan menjadi Kabupaten Gresik, hingga kini.

Ingin mulai berinvestasi properti namun kesulitan dalam mencari lokasi? Jangan khawatir, baca dulu panduan properti yang mengulas tips menggunakan jasa agen properti.

Berkaitan dengan Giri Kedaton, ada sejarah yang tak akan pernah hilang. Peletakan batu pertama berdirinya kawasan ini dilakukan langsung oleh Sunan Giri. Hari Jadi kawasan ini pun disamakan dengan deklarasi berdirinya Kerajaan Giri Sedaton di masa lampau, yaitu pada tanggal 9 Maret 1487.

Hal inilah yang menjadikan setiap tanggal 9 Maret diperingati Kirab Budaya sebagai upaya pelestarian budaya yang menyertai berdirinya kawasan yang terkenal sebagai Kota Santri atau Kota Walisongo, makam Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim pun berada di sini.

Gresik dan kemajuannya saat ini

Gresik kini dikenal sebagai kawasan industri utama di Jawa Timur, namun juga mempercantik kawasannya dengan kehadiran berbagai area publik.  (travelingyuk.com)

Gresik kini dikenal sebagai kawasan industri utama di Jawa Timur, namun juga mempercantik kawasannya dengan kehadiran berbagai area publik.  (travelingyuk.com)

Kawasan ini juga termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila, yang merupakan kepanjangan dari GresikBangkalanMojokertoSurabayaSidoarjoLamongan. Area ini adalah sebuah kawasan metropolitan di Provinsi Jawa Timur, yang dibuat dengan tujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan antar daerah.

Gerbangkertosusila ini berpusat di Surabaya, dan menjadi wilayah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek yang berpusat di Jakarta. Pulau Bawean yang berada dalam wilayah Gresik juga masuk ke dalam Gerbangkertosusila.

Wilayah ini kini dikenal sebagai kawasan industri utama di Jawa Timur. ‘Hidupnya’ kawasan ini sebenarnya sudah dimulai terlebih dahulu, yaitu di tahun 1953 di mana Pabrik Semen Gresik mulai berdiri. Inilah yang menjadi titik awal terbangunnya kawasan industri di kabupaten yang menjadi penyangga Kota Surabaya ini.

Selain semen, kini industri besar lainnya seperti Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri Plywood, juga Maspion ada di kawasan ini. Selain itu, sektor perikanan pun menjadi salah satu industri yang meningkat pesat.

Kemajuan kawasan ini, terlebih dalam sektor industri menjadikan kawasan ini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Uap dengan kapasitas 2.200 MW. Pertumbuhan perekonomian terus meningkat sehingga Kabupaten Gresik menjadi salah satu kawasan terbaik di Jawa Timur.

Ingin merencanakan investasi properti sejak dini, kami akan membantu Anda menghitung simulasi kredit rumah melalui kalkulator KPR. Langsung saja klik di sini.

Karena berbatasan langsung dengan Surabaya, akses ke wilayah pun cukup mudah. Didukung pula oleh infrastruktur dan fasilitas yang memudahkan mobilitas, tinggal di kawasan ini pun kian diminati, apalagi melihat keunggulan yang dimilikinya:

  • Jarak dari kawasan ini relatif dekat dengan wilayah lain. Ke Surabaya bisa ditempuh dengan 37 menit (20 km), ke Sidoarjo 48 menit (40,9 km), ke Lamongan 49 menit (30,7 km), ke Mojokerto 69 menit (53,8 km).
  • Akses yang mudah. Kawasan ini bisa dicapai dengan menggunakan moda transportasi bus mulai dari bus ekonomi hingga bus Patas. Untuk kendaraan pribadi bisa melalui akses jalan tol SurabayaGresik, jalan tol SurabayaGempol, dan jalan tol SurabayaMojokerto.
  • Sudah lengkapnya fasilitas pendukung. Di kawasan ini seluruh desa telah memiliki fasilitas kesehatan masing-masing, selain itu tentunya kantor kepolisian serta kantor kecamatan.
  • Pusat belanja yang mudah dicapai. Selain kehadiran pasar tradisional, kawasan ini juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti Icon Mall, Gressmall, Hypermart, dan beberapa pusat perbelanjaan lainnya.
  • Sekolah berkualitas. Tentunya masa depan anak-anak menjadi perhatian penting. Mulai dari pendidikan setingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga lebih dari 10 Perguruan Tinggi ada di kawasan ini.

Keunggulan serta kemudahan akses inilah yang menjadikan kawasan ini kian berseri. Dan menjadi pilihan hunian alternatif selain Surabaya yang sudah sangat padat dan sesak, dengan harga tanah yang kian melonjak.

Gresik di masa depan

Ekspansi bisnis properti salah satunya dilakukan oleh pengembang besar PT. RBNP yang menginvestasikan dana besar untuk membangun Apartemen Icon Gresik, mal, ruko, hotel, dan hunian ekslusif. (constructionplusasia.com)

Ekspansi bisnis properti salah satunya dilakukan oleh pengembang besar PT. RBNP yang menginvestasikan dana besar untuk membangun Apartemen Icon Gresik, mal, ruko, hotel, dan hunian ekslusif. (constructionplusasia.com)

Geliat kawasan ini selaras dengan perkembangan pembangunan properti di Gresik. Ekspansi bisnis properti banyak dilakukan oleh pengembang besar. Salah satunya PT. RBNP yang menginvestasikan dana besar untuk membangun Apartemen Icon Gresik, mal, ruko, hotel, dan hunian ekslusif.

Dengan jarak Gresik yang tak jauh dari Surabaya, diperkirakan akan banyak warga Surabaya yang ingin memiliki investasi properti berupa apartemen di kawasan ini. Pembangunan properti di kawasan tengah Gresik juga dilakukan oleh pengembang Gunawangsa Group, yaitu Gunawangsa Gresik Superblock.

Selain proyek properti, pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung saat ini yaitu proyek simpang susun pada ruas tol SurabayaGresik, serta proyek modifikasi simpang susun Romokalisari di jalan tol SurabayaGresik.

Kehadiran simpang susun jalan tol ini akan terkoneksi dengan jalan tol dan pelabuhan, serta jalan tol dengan Stadion Gelora Bung Tomo yang rencananya akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Piala Dunia U20 pada tahun 2021 nanti.

Pembangunan Gresik Selatan

Pembangunan Gresik Selatan ini sejalan dengan dibangunnya akses jalan tol Sumo (Surabaya – Mojokerto). (infopublik.id)

Pembangunan Gresik Selatan ini sejalan dengan dibangunnya akses jalan tol Sumo (Surabaya – Mojokerto). (infopublik.id)

Perum Perumnas memiliki strategi yang berbeda, beberapa perumahan akan digarap di daerah pinggiran, salah satunya di Kecamatan Driyorejo. Kawasan yang termasuk dalam wilayah Gresik Selatan ini telah banyak diincar para investor karena lebih dekat ke Surabaya.

Wilayah Gresik Selatan ini dipilih menjadi salah satu master plan karena lokasinya yang sangat strategis. Empat kecamatan akan ditetapkan menjadi pengembangan Gresik Selatan, yaitu Wringinanom, Kedamean, Driyorejo, dan Menganti. Tujuannya agar tercipta kota mandiri tempat memutar roda perekonomian.

Pembangunan ini sejalan dengan dibangunnya akses jalan tol Sumo (SurabayaMojokerto). Dari seluruh kecamatan di kawasan ini, Menganti diplot sebagai kawasan pemukiman yang strategis karena dekat dengan seluruh kawasan yang lainnya, sehingga disebut juga sebagai Kota Transit.

Perumahan di Gresik Selatan

Lokasi: Tlogo Bedah, Menganti

Keterangan: perumahan mewah siap huni, dengan fasilitas akses satu pintu gerbang utama, instalasi listrik bawah tanah, dan dekat dengan Polsek, Pasar Menganti, serta hanya 4 km dari JLBB.

Lokasi: Jl. Menganti Wonokoyo

Keterangan: perumahan ini sangat dekat dengan pasar dan terminal angkot Menganti. Ketika malam akan banyak jajanan seru di area tersebut.

Lokasi: Menganti, Batang Gajah, Drancang, Gresik, Jawa Timur.

Keterangan: dekat dengan Pasar Menganti, Ciputra Waterboom dan salah satu pusat perbelanjaan yang terbesar di barat Surabaya yaitu PTC-Supermall.

Lokasi: Jl. Wonokoyo (masuk dari Golden Berry), Menganti, Gresik, Jawa Timur.

Keterangan: perumahan ini masih satu komples dengan Perumahan Golden Berry, dan dekat dengan Pasar Menganti.

Lokasi: Jl. Wonokoyo, Karangan, Hulaan, Menganti, Gresik, Jawa Timur.

Keterangan: perumahan klaster yang siap huni ini memiliki sistem keamanan 24 jam, tempat bermain anak, serta dekat dengan JLLB (Jalan Lingkar Luar Barat) sehingga aksesnya mudah.

Lokasi: Jl. Raya Graha Puncak Anomsari, Wedoroanom, Driyorejo.

Keterangan: perumahan dengan konsep klaster taman hijau, gerbang satu pintu, serta bonus pemandangan ke arah danau.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Pembangunan Kawasan Industri Surabaya Gresik JIIPE

Kawasan Industri Surabaya Gresik JIIPE ini merupakan kawasan industri terbesar di Jawa Timur.  (www.jiipe.com)

Kawasan Industri Surabaya Gresik JIIPE ini merupakan kawasan industri terbesar di Jawa Timur.  (www.jiipe.com)

Pesatnya pembangunan infrastruktur di kawasan ini untuk ke depannya bisa dijadikan tolok ukur akan kemajuan sebuah kabupaten yang bisa dibilang banyak melampaui kota besar lainnya.

Kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia JIIPE, dengan infrastruktur berskala internasional dibangun di atas tanah seluas 3000 hektar di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Dimulai pada tahun 2019, pembangunan kawasan industri JIIPE ini rencananya akan dibangun dalam tiga tahap.

Kawasan Industri Surabaya Gresik JIIPE ini merupakan kawasan industri terbesar di Jawa Timur yang telah dilengkapi dengan pelabuhan dan dermaga untuk kapal pesiar, juga perumahan berkonsep kota mandiri yang ramah lingkungan.

Dengan terintegrasinya berbagai fasilitas serta letaknya yang strategis, hal ini memberikan keuntungan lebih bagi para pelaku usaha dalam bidang biaya distribusi dan logistik yang relatif akan lebih rendah, serta efisiensi waktu.

Temukan hunian impian Anda di Gresik dengan kemudahan fasilitas dan akses, melalui listing properti baru di sini.

Untuk memudahkan aksesibilitas serta mobilisasi kendaraan logistik ke kawasan industri JIIPE (Java Integrated Industrial and Ports Estate), akan segera dibuka proyek jalan tol KrianLegundiBunderManyar (KLBM) sepanjang 38,9 km.

Perumahan di kawasan industri JIIPE dan sekitarnya:

Lokasi: Jl.Raya Manyar Sembayat, Manyar.

Keterangan: berkonsep Millenial Home yang cocok bagi generasi muda yang praktis, minimalis, dan harga terjangkau. Merupakan gabungan area residensial, komersial, dan industri dalam satu wilayah.

Lokasi: Jl. Raya Sukomulyo, Wonorejo, Yosowilangun, Manyar.

Keterangan: perumahan ini dekat dengan Giant GKB Gresik, dan dekat juga dengan pantai di selat Madura.

Lokasi: Jl. TubanGresik No.8, Area Sawah/Kebun, Manyar.

Keterangan: ruko berkonsep modern di kawasan industri JIIPE. Di area ini juga dijual pergudangan.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah