Perkembangan infrastruktur dan fasilitas di Jawa Timur dalam 10 tahun terakhir tumbuh dengan pesat. Hal ini dapat terwujud karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan strategi pembangunan infrastruktur dan fasilitas dengan perencanaan yang matang. Perkembangan infrastruktur dan fasilitas Jawa Timur didukung dengan adanya pertumbuhan perekonomian yang masif.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 500 jutaan di Jawa Timur? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Saat ini fokus pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan di Jawa Timur adalah pembangunan infrastruktur fisik, energi, transportasi dalam rangka meningkatkan konektivitas darat, laut, dan udara. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga melakukan peningkatan fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan kelayakan hidup masyarakat Jawa Timur.

Pembangunan infrastruktur dan fasilitas Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Selain itu Pemprov Jawa Timur juga berharap pembangunan infrastruktur dan fasilitas ini dapat memberi dampak besar pada pertumbuhan ekonomi di masa depan. Berikut penjelasan berbagai perkembangan infrastruktur dan fasilitas di Jawa Timur.

Infrastruktur dan Fasilitas Jawa Timur Kian Berkembang

Infrastruktur dan Fasilitas Jawa Timur Kian Berkembang

Selain jalan provinsi, kehadiran jalan tol yang menghubungkan antar kabupaten di Jawa timur juga meningkat secara signifikan. (binamarga.jatimprov.go.id)

Dari sekian banyak pembangunan infrastruktur dan fasilitas Jawa Timur yang paling mencolok adalah kehadiran 90,31% jalan provinsi yang sudah mencapai kriteria jalan mantap. Hal ini dapat disimpulkan bahwa akses jalan di Jawa Timur hampir mencapai 100% layak digunakan oleh pengguna jalan. Data yang didapat dari Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur ini dapat meningkat seiring dengan proses peningkatan yang sedang dilakukan.

Selain jalan provinsi, kehadiran jalan tol yang menghubungkan antar kabupaten di Jawa timur juga meningkat secara signifikan. Sebut saja jalan tol Pandaan – Malang yang mulai beroperasi penuh pada 2020 lalu, kemudian Jalan Tol Gempol – Pasuruan, Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo, dan Jalan Tol Kertosono – Mojokerto. Masih ada beberapa jalan tol lainnya yang masih dalam pengerjaan atau sudah beroperasi namun belum secara penuh.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Selain infrastruktur jalan raya, di Jawa Timur kehadiran fasilitas publik seperti pembangunan prasarana air minum dan sanitasi menjadi fokus utama. Hal ini ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur melalui pengelolaan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan. Di sisi lain pemprov Jawa Timur juga membangun irigasi dan bendungan untuk mengurangi bahaya banjir di beberapa wilayah Jawa Timur.

Fasilitas publik lainnya yang sudah bisa dirasakan manfaatnya adalah transportasi umum KA Double Track dan reaktivasi jalur KA. Kehadiran KA Double Track dan reaktivasi KA tersebut meningkatkan kapasitas angkutan penumpang melalui penambahan jalur. Selain itu juga membantu untuk mengurangi waktu tempuh perjalanan para penumpang antar kabupaten/kota di Jawa Timur.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Saat ini pemprov Jawa Timur juga meningkatkan fasilitas kesehatan terutama dalam penanganan Covid-19. Melonjaknya angka pengidap Covid-19, membuat pemprov Jawa Timur berpikir keras untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat Jawa Timur pada kondisi yang sulit.

Perencanaan Infrastruktur dan Fasilitas Jawa Timur di Masa Depan

Perencanaan Infrastruktur dan Fasilitas Jawa Timur di Masa Depan

Kereta semi cepat ini tentunya dapat menjadi keuntungan bagi kedua provinsi dan tentunya makin meningkatkan nilai kawasan Jawa Timur. (djka.dephub.go.id)

Walau banyak pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang tertunda namun Pemprov Jawa Timur mengindikasikan di 2021 akan ada perkembangan pada beberapa perencanaan proyek. Ada beberapa prioritas pengembangan infrastruktur seperti pembangunan Kawasan Strategi  Nasional Metropolitan Gerbang Kertosusilo (GKS), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo – Tengger – Semeru (BTS), serta kawasan Selingkar Wilis (KSW).

Tiga program tersebut adalah yang diprioritaskan, namun ada beberapa infrastruktur dan fasilitas lainnya yang dalam waktu dekat akan dikerjakan. Sebut saja kereta semi cepat JakartaSurabaya yang akan mulai dilakukan pembangunan pada 2022 serta diharapkan selesai pada 2026. Kereta semi cepat ini tentunya dapat menjadi keuntungan bagi kedua provinsi dan tentunya makin meningkatkan nilai kawasan Jawa Timur.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Selain itu ada juga pembangunan infrastruktur yang sedang dalam pengerjaan seperti proyek jalan nasional jalur lintas selatan. Jalur ini diharapkan dapat selesai dan tersambung seluruh jalurnya pada 2024. Secara keseluruhan panjang jalur lintas selatan ini mencapai 1.405 kilometer. Saat ini panjang jalur yang sudah terbangun adalah 300,81 kilometer.

Jalur ini nantinya diharapkan dapat menghubungkan kabupaten yang berada di wilayah pantai selatan Jawa. Total panjang jalur yang melewati Jawa Timur adalah 680, 13 kilometer melewati 8 kabupaten antara lain Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan. Bisa dipastikan bahwa di masa depan Jawa Timur akan berkembang lebih pesat dengan kehadiran berbagai infrastruktur dan fasilitas tersebut.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah