Sidoarjo menjadi salah satu kawasan penyangga Ibu kota provinsi Jawa Timur. Keberhasilannya dicapai melalui berbagai potensi yang ada seperti dalam industri, perdagangan, juga pariwisata. Selain itu perkembangan infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo juga membuat kawasan ini mulai diminati sebagai kawasan hunian alternatif karena letaknya yang dekat Surabaya.

Tak hanya itu, jarak Sidoarjo dari Surabaya, sekitar 26 kilometer yang bisa ditempuh dalam 48 menit, menjadikan kawasan ini potensial untuk dijadikan hunian yang nyaman. Harga rumah di Sidoarjo relatif lebih murah dibandingkan dengan Surabaya. Sehingga sempat terjadi ledakan jumlah perumahan.

Kini jumlah perumahan yang ada di Sidoarjo telah mencapai 597 perumahan yang tersebar di 15 kecamatan. Tentunya peningkatan permintaan akan hunian di kawasan ini selaras dengan perkembangan infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Kelengkapan fasilitas mulai dari fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, fasilitas belanja, hingga destinasi wisata menjadi penting karena merupakan penyedia kebutuhan utama bagi setiap kehidupan manusia.

Jika fasilitas-fasilitas penting sudah memadai, hal penting lainnya yang harus dicermati adalah akses. Kemudahan akses ketika kita memilih membeli properti di Sidoarjo tentunya menjadi hal utama yang mendukung roda kehidupan.

Melihat potensi Sidoarjo yang terus berkembang pesat, tentunya didUkung dengan pembangunan infrastruktur. Berbagai keunggulan inilah yang membuat Sidoarjo menjadi kawasan yang diminati, walau identik dengan kasus Lumpur Lapindo, namun tak membuat kawasan ini turut ‘tenggelam’, bahkan kian prospektif.

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo: Fasilitas Penting

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo sudah lengkap dan menjadi salah satu faktor pendukung tingginya minat pemburu properti di kawasan ini.(gojatim.com)

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo sudah lengkap dan menjadi salah satu faktor pendukung tingginya minat pemburu properti di kawasan ini.(gojatim.com)

Salah satu hal penting pada saat memilih hunian tentunya dengan mengetahui kelengkapan fasilitas yang dekat dengan area perumahan yang Anda pilih. Fasilitas kesehatan yang paling harus Anda ketahui. Ya, dalam keadaan darurat yang menyangkut kesehatan Anda atau keluarga, Anda tahu harus ke mana.

Lalu kemudian yang juga penting adalah fasilitas pendidikan untuk masa depan anak-anak. Kemudian sebagai upaya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tentunya juga diperlukan fasilitas belanja yang lengkap. Di Sidoarjo semua kebutuhan ini mudah didapat.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Fasilitas kesehatan di Sidoarjo

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo yang paling penting diketahui tentunya adalah fasilitas kesehatan. RSUD Sidoarjo adalah salah satu rumah sakit paling ‘sibuk’ dan selalu padat pasien. (portal.sidoarjokab.go.id)

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo yang paling penting diketahui tentunya adalah fasilitas kesehatan. RSUD Sidoarjo adalah salah satu rumah sakit paling ‘sibuk’ dan selalu padat pasien. (portal.sidoarjokab.go.id)

Kawasan ini memiliki cukup banyak fasilitas kesehatan. Bahkan lebih dari 20 rumah sakit tersebar di Sidoarjo. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dalam segi perkembangan infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo.  

Daftar 12 rumah sakit di Sidoarjo:

Jl. Bachtiar Yahya No.1, Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • RSB Buah Delima

jl.Sunandar Priyo Sudarmo 154, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • RS BUNDA

Jl. Kundi no. 70, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • RS. Citra Medika

Jl.Raya Surabaya Mojokerto KM.44, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • RSIA Mitra Husada

Jl. Raya Sruni No. 159, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • RSK Bedah Rahman Rahim

jln. Raya Saimbang Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur.

Jl. Raya Kemangsem No.01, Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • RS Mata Fatma

Jl. Raya Kalijaten No. 40, SidoarjoJawa Timur.

  • RS Mitra Keluarga Waru

Jl. Jend. S. Parman No. 8, Waru, SidoarjoJawa Timur.

  • RSU Assakinah Medika

Jl. Bogen Kebon Agung 65, SidoarjoJawa Timur.

  • RSUD Sidoarjo

Jl. Mojopahit No.667, SidoarjoJawa Timur.

Jl. DR. Soetomo No. 2, SidoarjoJawa Timur.

Fasilitas Pendidikan di Sidoarjo

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo dalam bidang pendidikan sangat memadai. Salah satu sekolah tinggi yang banyak dituju adalah Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.  (awii.co.id)

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo dalam bidang pendidikan sangat memadai. Salah satu sekolah tinggi yang banyak dituju adalah Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.  (awii.co.id)

Fasilitas Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang ada di Sidoarjo cukup lengkap dan banyak sekali. Mulai dari Sekolah Negeri, Sekolah Swasta, Sekolah Katolik, juga Sekolah Islam. Sebagai perwakilan kami tampilkan masing-masing 6 sekolah yang bisa menjadi pilihan.

Sekolah Dasar (SD) di Sidoarjo

  • SD Islam Sari Bumi

Jl. Raya Lingkar Timur KM 06, Bluru Kidul, SidoarjoJawa Timur.

Jl. Sekolahan, Sidokare, SidoarjoJawa Timur.

Jl. Diponegoro No. 145 B, Sidokare, SidoarjoJawa Timur.

Jl. Kutuk Barat, SidokareSidoarjoJawa Timur.

Jl. Ir. H. Juanda 12 A, SidokareSidoarjoJawa Timur.

  • SD Katolik Untung Suropati 1

Jl. Monginsidi 31, Sidoklumpuk, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sidoarjo

Jl. Raya Balongbendo No. 10, SidoarjoJawa Timur.

Jl. Raya Balongbendo Wonokupang, SidoarjoJawa Timur.

Sumokembangsri Balongbendo, SidoarjoJawa Timur.

  • SMP R. Rahmat

Jl. Raya BalongbendoSidoarjoJawa Timur.

Desa Wonokupang, BalongbendoSidoarjoJawa Timur.

  • SMP Anugerah School

Kawasan Sentra Niaga Blok Re No.29, Entalsewu Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sidoarjo

  • SMAS Putra Bangsa

Jl. Raya Penambangan, BalongbendoSidoarjoJawa Timur.

  • SMAS Antartika

Jl. Siwalanpanji No. 6, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

  • SMAS Al Fatah

Jl. Banjarsari, BuduranSidoarjoJawa Timur.

Jl. Desa Pager Wojo, BuduranSidoarjoJawa Timur.

  • SMAS Katolik Untung Suropati Krian

Jl. Ki Hajar Dewantara 35, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

Jl. Sunandar Ps No. 5, KrianSidoarjoJawa Timur.

Perguruan Tinggi di Sidoarjo

  • Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA)

Kampus di Jl. Majapahit No. 666B, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kampus di Jl. Raya Gelam No. 250, Candi, SidoarjoJawa Timur.

Kampus di Perumahan Ikip V/I, Gunung Anyar, SidoarjoJawa Timur.

Kampus di Jl. Raya Rame Pilang No. 04, Wonoayu, SidoarjoJawa Timur.

Kavling DPR, Jl. Monginsidi Dalam, Sidoklumpuk, SidoarjoJawa Timur.

  • Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sidoarjo

Jl. Raya Kemiri, SidoarjoJawa Timur.

Fasilitas belanja di Sidoarjo

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo tambah lengkap dengan beberapa destinasi belanja yang uni8k, salah satunya Kampung Batik Jetis. (sidoarjonews.id)

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo tambah lengkap dengan beberapa destinasi belanja yang uni8k, salah satunya Kampung Batik Jetis. (sidoarjonews.id)

Tidak sulit untuk berbelanja di Sidoarjo. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam pasar tradisional, di antaranya ada Pasar Induk Larangan Sidoarjo, Pasar Induk Puspa Agro, Pasar Sukodono, Pasar Betro Baru, Pasar Krian, Pasar Prambon, Pasar Krembung, Pasar Porong, dan Pasar Pabean Sedati.

Untuk pasar yang lebih spesifik dan menarik dijadikan selingan di akhir pekan, bisa datang ke Pasar Burung Sepanjang, Pasar Loak Sidoarjo, Pasar Ikan Hias Sidoarjo, Pasar Handmade, juga Pasar Seni Sidoarjo.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Pusat perbelanjaan modern pun tersebar di Sidoarjo. Mulai dari Suncity Mall, Lippo Plaza Sidoarjo, S.A.T Dc, Roromendut Sidoarjo, Sidoarjo Town Square (Matahari Department Store), Ramayana Bungurasih, Transmart, CITO Mall Surabaya, Davin Koi, dan Ramayana Mall Sidoarjo.

Wisata belanja unik dan seru di Sidoarjo:

  1. Sentra Produksi Tas Tanggulangin. Sekitar 250 pengrajin tas kulit ada di sini. Seluruhnya tergabung dalam sebuah wadah koperasi khusus pengrajin tas yang berperan sebagai media pemasaran dan quality control.

Lokasi: Desa Kludan, Desa Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

  1. Kampung Sepatu Krian. Jika Anda pernah mendengar Desa Cibaduyut di Jawa Barat, untuk Jawa Timur di sinilah Anda bisa menemukan sepatu-sepatu buatan tangan dengan kualitas yang tak kalah dengan yang ada di mall.

Lokasi: Kelurahan Masangan, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur

  1.  Pazkul Kahuripan Nirwana. Di sini adalah pusat kuliner Sidoarjo. Berkonsep food court, berbagai olahan kuliner tradisional Jawa juga kuliner modern yang sedang hits bisa ditemui di sini.

Lokasi: Jl. Kahuripan Nirwana, No. 7, Entalsewu, Sidoarjo, Jawa Timur.

  1. Kampoeng Batik Jetis. Walaupun bukan daerah asal batik, namun sejak tahun 1675 kawasan ini menjadi pusat pengrajin batik. Ada pula kursus batik bagi Anda yang berminat belajar atau sekadar ingin tahu lebih banyak mengenai proses membatik.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro Lemahputro, Kec. Jetis, Sidoarjo, Jawa Timur.

  1. Pasar Malam Gading Fajar. Di sini juga surganya belanja murah. Berbagai macam barang bisa ditemui di sini. Bahkan jajanan yang seru-seru pun ada di sini.

Lokasi: Perum Sidokare, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur

  1. Kampung Kerupuk Kedung Rejo. Di desa ini, mayoritas penduduknya adalah pengusaha kerupuk. Setiap harinya memproduksi berton-ton kerupuk, dengan pemandangan kerupuk-kerupuk yang dijemur terlihat di mana-mana. Produksi terbesar di sini adalah kerupuk Puli.

Lokasi: Desa Kedung Rejo, Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur.    

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo: Kemudahan Akses

Kementerian PUPR dan Pemprov Jawa Timur menginisiasi pembangunan tol interchange yang menuju Pasar Induk Puspo Agro dan akan tersambung dengan tol Trans Jawa.

Kementerian PUPR dan Pemprov Jawa Timur menginisiasi pembangunan tol interchange yang menuju Pasar Induk Puspo Agro dan akan tersambung dengan tol Trans Jawa.

Perkembangan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas penting di Sidoarjo terus-menerus dilakukan. Apalagi setelah tragedi lumpur Lapindo yang cukup banyak merusak infrastruktur penting pada tahun 2006 lalu.

Pada tahun 2007 pemerintah mulai memberikan prioritas pada pembangunan kembali infrastruktur di kawasan ini karena erat kaitannya dengan kemajuan perekonomian wilayah tersebut serta aset para penduduknya.

Hingga saat ini kemajuan wilayah Sidoarjo dinilai terus berkembang, pembangunan infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo terus meningkat. Yang membuat kemunculan banyak properti baru sebagai naiknya permintaan pasar akan hunian yang nyaman.

Ingin mulai berinvestasi properti namun kesulitan dalam mencari lokasi? Jangan khawatir, baca dulu panduan properti yang mengulas tips menggunakan jasa agen properti.

Dari Surabaya menuju Sidoarjo dapat diakses melalui Jalan Tol SurabayaGempol. Jaraknya sekitar 26 km dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 48 menit, yang membuat semakin banyak pemburu properti pada akhirnya melirik kawasan ini.

Jalan Tol SurabayaGempol atau disebut juga dengan Jalan Tol Surgem ini membentang sepanjang 45 km dan melewati Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Pasuruan. Jalan tol ini juga merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan antara MerakBanyuwangi.

Selain itu beberapa ruas tol juga memiliki exit di Sidoarjo. Mulai dari Tol SidoarjoGresik, juga Tol KLBM ( KrianLegundiBunderManyar). Kedua ruas jalan tol ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 2020 lalu.  

Infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo: Proyek –proyek unggulan

Salah satu infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo adalah Terminal Purabaya, yang merupakan terminal terbesar di Asia Tenggara. (jatimnow.com)

Salah satu infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo adalah Terminal Purabaya, yang merupakan terminal terbesar di Asia Tenggara. (jatimnow.com)

Selain fasilitas-fasilitas penting penunjang hidup yang telah disebutkan di atas, warga Sidoarjo tidak kesulitan untuk memilih moda transportasi untuk mobilitas di kawasan tersebut atau pun keluar wilayah menuju kota-kota terdekat lainnya di Jawa Timur.

Sidoarjo memiliki Terminal Purabaya, yang merupakan gerbang utama untuk memasuki Surabaya dari arah selatan.  Terminal ini juga dikenal dengan nama Terminal Bungurasih, yang merupakan  salah satu terminal bus terbesar di Asia Tenggara.

Pembangunan gedung baru di Terminal Purabaya mengacu pada konsep convenience and care terminal (C2 Terminal), yang setara dengan fasilitas bandar udara. Proses tahap pertama yaitu shelter bus Bandara Juanda, ruang tunggu penumpang, penghubung antara ruang tunggu dan jalur pemberangkatan bus antarkota dalam provinsi (AKDP).

Proses pembangunan tahap kedua difokuskan pada pembangunan jembatan penghubung ruang tunggu – jalur keberangkatan bus malam, dan gerbang di ruas jalur pemberangkatan bus antarkota antar provinsi (AKAP).

Temukan hunian impian Anda di Sidoarjo dengan kemudahan fasilitas dan akses, serta dekat dengan Terminal Purabaya melalui listing properti baru di sini.

Selain itu, Bandar Udara Internasional Juanda yang dianggap milik Surabaya, sejatinya berada di Kabupaten Sidoarjo. Yang membuat infrastruktur di sekitar wilayah ini tentunya terus dikembangkan dan diperhatikan.

Sidoarjo juga telah memiliki sistem transportasi massal BRT (Bus Rapid Transit) yaitu Trans Sidoarjo yang menghubungkan Terminal Porong – terminal Purabaya. Selain menggunakan transportasi bus, ada pula kereta komuter SurabayaGubengSidoarjoPorong yang menghubungkan kawasan Sidoarjo dengan Surabaya.

Sebagai salah satu kota penyangga Kota Surabaya bersama dengan Gresik, Sidoarjo bangga karena memiliki Stadion Gelora Delta. Stadion multi-guna ini memiliki kapasitas 35.000 orang. Stadion kebanggaan ini adalah kandang dari klub sepak bola terkenal dari Sidoarjo, Deltras FC.

Proyek Pembangunan Masa Depan

Untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas Sidoarjo ke depannya sedang dilaksanakan lima proyek berskala besar.

  1. Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo di wilayah barat. Tepatnya di Desa Tambak Kemeraan, Kecamatan Krian. Pembangunan RSUD ini dimaksudkan agar kepadatan yang selalu terjadi di RSUD Sidoarjo yang berada di jalan Mojopahit bisa berkurang.
  2. Program peningkatan kualitas jalan. Ke depannya jalanan di Sidoarjo akan dicor agar lebih kuat. Hal ini juga dapat mengurangi anggaran biaya untuk membenahi jalanan yang seringkali cepat rusak.
  3. Pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) dan Jalan Lingkar Barat (JLB). Nantinya JLLT akan membujur bebas hambatan dari Sedati hingga Jabon sepanjang 30 km. JLB akan menghubungkan wilayah Candi ke Tanggulangin.
  4. Pembangunan Frontage Road (FR). FR adalah akses jalanan alternatif yang dibuat untuk mengurai kemacetan dari Waru hingga Buduran. Akses alternatif ini nantinya akan dibuat sepanjang 9.2 km.
  5. Pembangunan Gedung Terpadu. Dibanding empat proyek lainnya, proyek ini yang paling membutuhkan dana terbesar, yakni Rp 800 milyar rupiah. Gedung Terpadu ini tentunya dibangun untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik, dalam area yang terpusat.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah