Dengan segala potensi wilayah yang membuat banyak pengembang membangun perumahan baru di sini, Gresik kian hari kian menjadi bidikan di antara para pemburu properti, investor, pun pengembang besar karena infrastruktur dan fasilitas Gresik terus berkembang.

Terletak hanya 37 menit atau 20 km dari Surabaya, Gresik menjadi salah satu kota penyangga dan termasuk dalam Gerbangkertosusila, yaitu kepanjangan dari GresikBangkalanMojokertoSurabayaSidoarjoLamongan.

Gerbangkertosusila sendiri adalah sebuah kawasan metropolitan di Provinsi Jawa Timur, seperti halnya Jabodetabek, dibuat dengan tujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan antar daerah juga peningkatan infrastruktur dan fasilitas Gresik.

Kemajuan kawasan ini, terlebih dalam sektor industri menjadikan Gresik memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Uap dengan kapasitas 2.200 MW. Pertumbuhan perekonomian terus meningkat sehingga Kabupaten Gresik menjadi salah satu kawasan terbaik di Jawa Timur.

Ingin mulai berinvestasi properti namun kesulitan dalam mencari lokasi? Jangan khawatir, baca dulu panduan properti yang mengulas tips menggunakan jasa agen properti.

Ada industri apa sajakah di Gresik? Yang pasti sebelum nama Gresik sendiri dicanangkan, di tahun 1953 Pabrik Semen Gresik sudah mulai berdiri. Inilah yang menjadi titik awal terbangunnya kawasan industri di kabupaten yang menjadi penyangga Kota Surabaya ini.

Selain itu, beberapa industri besar lainnya berada di sini, seperti Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri Playwood, dan Maspion. Selain itu, sektor perikanan juga menjadi salah satu industri yang meningkat pesat dikarenakan letak Gresik yang juga dekat dengan laut.

Infrastruktur dan Fasilitas Gresik: Fasilitas Penting

Berbagai informasi tentang fasilitas penting dengan mudah dapat diakses melalui website gresikkab.go.id. Kecanggihan teknologi selaras dengan perkembangan infrastruktur dan fasilitas Gresik. (tampilan beranda gresikkab.go.id)

Berbagai informasi tentang fasilitas penting dengan mudah dapat diakses melalui website gresikkab.go.id. Kecanggihan teknologi selaras dengan perkembangan infrastruktur dan fasilitas Gresik. (tampilan beranda gresikkab.go.id)

Pada saat memutuskan untuk membeli hunian, berbagai faktor selalu menjadi pertimbangan penting. Mulai dari akses, kemudahan fasilitas yang penting bagi kehidupan, juga hal-hal personal yang menjadi pertimbangan setiap individu.

Gresik tentu memiliki pusat pemerintahan tersendiri yang memudahkan Anda dalam urusan administrasi kependudukan dan berbagai hal lainnya. Modernisasi kawasan ini sejalan dengan inovasi teknologi yang ada, terbukti dengan adanya portal website https://gresikkab.go.id/ yang sangat lengkap.

Dengan berselancar di website yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Gresik, seluruh informasi penting dapat Anda dapatkan. Mulai dari alamat berbagai fasilitas penting, hingga berita terkait pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik.

Seluruhnya dikemas dalam satu halaman beranda yang interaktif, mudah dan jelas dalam pembagian kanal-kanalnya, bahkan di sini juga bisa interaktif dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), juga e-SAKI dan e-Planning.

Kantor kepolisian yang siaga 24 jam juga menjadi faktor penting menyangkut keamanan dan perasaan tenteram. Polres Gresik juga memiliki website tersendiri https://polresgresik.id/ yang selalu update.

Walaupun dekat dengan Surabaya, namun demi mencari fasilitas terbaik seperti fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, juga fasilitas belanja, warga Gresik tak harus mencari di Kota Pahlawan tersebut.

Di kabupaten yang terdiri dari 18 kecamatan serta 330 desa dan 26 kelurahan ini. Fasilitas-fasilitas penting sudah memadai. Hal ini tentunya selaras dengan perkembangan infrastruktur dan fasilitas Gresik yang menjadi penopang kehidupan.

Fasilitas ibadah di Gresik

Kemegahan Masjid Agung Gresik sebagai salah satu infrastruktur dan fasilitas Gresik dalam hal sarana ibadah. (topwisata.com)

Kemegahan Masjid Agung Gresik sebagai salah satu infrastruktur dan fasilitas Gresik dalam hal sarana ibadah. (topwisata.com)

Tak kalah penting adalah rumah ibadah. Sebagai kawasan yang disebut sebagai Kota Santri, ada lebih dari 100 masjid dan mushala yang tersebar di Gresik. Namun rumah ibadah bagi penganut keyakinan lainnya pun juga banyak tersebar.

Berikut kami tampilkan beberapa sarana ibadah sebagai infrastruktur dan fasilitas Gresik yang tersebar di kawasan seluas 1.191,25 km2 ini. Tak hanya masjid yang terletak di setiap kecamatan kawasan Gresik, juga sarana ibadah bagi kaum Nasrani, Buddha, dan juga Hindu.

Masjid di Gresik

  • Masjid Agung Gresik atau Masjid Agung Syeh Maulana Malik Ibrahim. Luas bangunannya sekitar 10.000 m2 dan dapat menampung 5.000 orang.

Lokasi di jalan Dr. Wahidin S.H., Kebomas, Gresik.

  • Masjid KH Achmad Dahlan. Suasana asri yang dibuat alami bahkan didatangkan 17 pohon kurma yang ditanam di halaman depan.

Lokasi di jalan KH. Amien Rais, Kecamatan Cerme, Gresik.

  • Masjid Besar Ainul Yaqin. Memiliki usia bangunan lebih dari 100 tahun berkonsep bangunan Jawa Kuno.

Lokasi di jalan Raya Wringinanom No.77, Gresik.

  • Masjid Akbar Moed’har Arifin. Dibangun di atas tanah seluas 5 hektar, masjid ini memiliki landasan helikopter.

Lokasi di jalan Daendels No.Km. 31, Sedayu, Gresik.

  • Masjid Jami’ Gresik atau Masjid Alun-Alun Gresik. Dibangun oleh Nyai Ageng Pinatih pada tahun 1458, yang merupakan ibu asuh dari Sunan Giri.

Lokasi di jalan KH. Wachid Hasyim No.6, Pekauman, Gresik.

Gereja di Gresik

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin S.H. No.712, Kebomas, Gresik.

Lokasi: Ruko Dinari, Jl. Panglima Sudirman No.123, Gapurosukolilo, Gresik.

  • Gereja Kristen Jawi Wetan

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No. 127, Gresik.

  • Gereja Victory Indonesia

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin S.H. No.219, Kebomas, Gresik.

  • Gereja Katolik St. Perawan Maria.

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim Gresik No.16, Sidokumpul, Gresik.

Pura di Gresik

  • Pura Penataran Luhur Medang Kamulan.

Lokasi: Dusun Buku, Desa Mondoluku, Wringinanom, Gresik.

  • Pura Kerta Bumi

Lokasi: Jl. Bongso Wetan, Menganti, Gresik.

  • Pura Jagad Dumadi Laban

Lokasi: Laban Kulon, Menganti, Gresik.

Vihara di Gresik

  • Vihara Khim Hin Kiong

Lokasi: JL. Kelenteng, No. 84 A, Kebungson, Gresik.

  • Cetiya Nava Dharma (Siva Buddha)

Lokasi: Mojo Kopek, Mulung, Driyorejo, Gresik.

Fasilitas kesehatan di Gresik

Demi meningkatkan infrastruktur dan fasilitas Gresik yang kian meningkat, pembangunan fasilitas kesehatan pun ada hampir di setiap pelosok daerah. (rumahsakitfathma medika.com)

Demi meningkatkan infrastruktur dan fasilitas Gresik yang kian meningkat, pembangunan fasilitas kesehatan pun ada hampir di setiap pelosok daerah. (rumahsakitfathma medika.com)

Lebih dari 20 fasilitas kesehatan besar dan kecil, juga fasilitas kesehatan alternatif ada di Gresik, sebagai bagian dari perkembangan infrastruktur dan fasilitas Gresik yang berkembang dan lengkap. Berikut kami tampilkan 10 faskes di Gresik.

  • RSUD Ibnu Sina, Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo 243-B, Gresik.
  • RS Muhamadiyah Gresik, Jl. KH.Kholil 88, Kebungson, Gresik.
  • RS Petrokimia Gresik (RSPG), Jl. Jendral Ahmad Yani No. 69, Gresik.
  • RS Semen Gresik, Jl. RA. Kartini 280, Kebomas, Gresik.
  • RSIA Nyai Ageng Pinatih, Jl. K.H Abdul Karim 76 – 78, Gresik.
  • RSU Mabarrot MWC NU, Jl. Raya Bungah No. 63, Gresik.
  • RS Fathma Medika, Jl. Raya Pendopo No.45, Manyar, Gresik
  • RS Islam Al- Aziziyah, Desa Munggugianti No. 10, Benjeng, Gresik.
  • Akupresur Hokian Shaolin Shi, Jl. Dr. Wahidin SH. No. 100, Gresik.
  • Faskes Tingkat 1 BP Jamsostek 115, Jl. Mayjend Sungkono No. 17 Kebomas, Gresik

Fasilitas Pendidikan di Gresik

Fasilitas pendidikan yang lengkap sebagai salah satu hal penting dalam pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik memberi jaminan keamanan masa depan bagi anak-anak. (beritagresik.com)

Fasilitas pendidikan yang lengkap sebagai salah satu hal penting dalam pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik memberi jaminan keamanan masa depan bagi anak-anak. (beritagresik.com)

Fasilitas Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang ada di Gresik cukup lengkap dan banyak sekali. Mulai dari Sekolah Negeri, Sekolah Swasta, Sekolah Katolik, juga Sekolah Islam. Sebagai perwakilan kami tampilkan masing-masing 6 sekolah yang bisa menjadi pilihan.

Sekolah dasar (SD) di Gresik

Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Gresik

Sekolah Menengah Atas (SMA) di Gresik

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Perguruan Tinggi di Gresik

  • Universitas Gresik, jl. Arif Rahman Hakim No.2B, Gapurosukolilo, Gresik.
  • Universitas Tri Tunggal, jl. RA Kartini, No. 294, Gresik.
  • Universitas Internasional Semen (UISI), Kompleks PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jl. Veteran, Kebomas, Gresik.
  • Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Jl. Sumatera No.101, Kebomas, Gresik.
  • Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri (STIT Raden Santri), Gg. V No.21, Kebungson, Gresik.
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Delima Persada (STIKES Delima Persada), jl. Proklamasi No.54, RT.3/RW.1, Gresik.
  • Universitas Qomaruddin Gresik (UNIQOM), jl. Raya Bungah No.1, Gresik.
  • Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA), jl. Kyai H. Syafiꞌi No.7, Manyar, Gresik.
  • Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Gresik (AKPER Pemkab Gresik), jl. Dr. Wahidin S.H. No.243A, Gresik.
  • Akademi Kebidanan Mandiri (AKBID Mandiri), jl. Kyai H. Syafiꞌi No.15, Kebomas, Gresik.

Fasilitas belanja di Gresik

Jangan lupa mencoba kuliner khas Gresik, otak-otak ikan bandeng. Berbagai fasilitas belanja yang telah tumbuh marak membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik memperhatikan kebutuhan serta permintaan pasar. (loveusaha.com)

Jangan lupa mencoba kuliner khas Gresik, otak-otak ikan bandeng. Berbagai fasilitas belanja yang telah tumbuh marak membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik memperhatikan kebutuhan serta permintaan pasar. (loveusaha.com)

Dalam memilih hunian, kehadiran fasilitas belanja sangat penting. Selain untuk berbelanja bahan baku untuk kebutuhan sehari-hari, hingga pusat perbelanjaan modern yang memudahkan kebutuhan Anda.

Infrastruktur dan fasilitas Gresik pun memberi peluang terhadap roda perekonomian dengan terus hidupnya pasar tradisional selaras dengan kehadiran mall-mall baru berkonsep modern di Gresik.

Pasar tradisonal

Pasar tradisional banyak tersebar di Gresik. Pasar Sidomoro di Injen Timur, Pasar Krempyeng di Karangturi, Pasar Kota Gresik di Kebungson, Pasar Baru Gresik di Telogopojok, Pasar Manyar di Manyarejo, Pasar Senggol di Pekauman, dan masih banyak lagi.

Pusat perbelanjaan

Selain kehadiran pasar tradisional, Gresik juga memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti Icon Mall dan Gressmall di Kebomas, Mal Gresik di Karangturi, dan Andalusia Square Gresik di Injen Timur.

Sentra belanja oleh-oleh

Untuk berbelanja kuliner khas Gresik, bisa mengunjungi Toko Oleh-Oleh di Sidokumpul, Bu Muzannah Rolled Spicy Bandeng di jalan Sindujoyo, Suci Central Market di Manyar, Pusat Oleh-Oleh Rahayu di Kebomas. Di Gresik juga terkenal dengan hasil songkok yang khas dan rebana.

Infrastruktur dan fasilitas Gresik: Akses Mudah

Selain akses ke kawasan sekitar, Pulau Bawean yang termasuk dalam wilayah Gresik pun mudah ditempuh. Hal ini selaras dengan perkembangan pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik. (ketahui.com)

Selain akses ke kawasan sekitar, Pulau Bawean yang termasuk dalam wilayah Gresik pun mudah ditempuh. Hal ini selaras dengan perkembangan pembangunan infrastruktur dan fasilitas Gresik. (ketahui.com)

Aksesibilitas Gresik ke kawasan lain di sekitarnya tergolong mudah. Sebagai kawasan industri, tentunya infrastruktur di wilayah ini menjadi fokus bagi pembangunan daerah agar semua berjalan lancar.

Beberapa simpang ruas jalan tol melewati Gresik. Akses antara Gerbangkertosusila (GresikBangkalanMojokertoSurabayaSidoarjoLamongan) sudah pasti mudah. Begitu pula ke Pulau Bawean yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Gresik.

Untuk menuju ke Pulau Bawean, yang termasuk ke dalam kawasan wilayah Gresik, bisa melalui transportasi laut dan udara. Anda bisa naik kapal penumpang dari Pelabuhan Gresik, atau naik pesawat dari Surabaya dengan titik turun Bawean.  

Tiga ruas jalan tol melewati Kabupaten Gresik

Ingin merencanakan investasi properti sejak dini, kami akan membantu Anda menghitung simulasi kredit rumah melalui kalkulator KPR. Langsung saja klik di sini.

Selain menggunakan kendaraan roda empat, ke Gresik bisa dicapai dengan menggunakan kereta dan bus. Walaupun kondisi Stasiun Gresik kini sudah tidak beroperasi, namun masih ada Stasiun Cerme dan Stasiun Duduk Sampeyan.

Ke Stasiun Cerme Gresik Anda bisa naik kereta Ekonomi Lokal SidoarjoSurabayaBojonegoro dari Stasiun Gubeng Surabaya. Sementara ke Stasiun Duduk Sampeyan Gresik, ada Komuter Sulam dengan tujuan ke Lamongan dan Surabaya, juga ada kereta Ekonomi Lokal Bojonegoro.

Gresik juga memiliki banyak terminal bus. Mulai dari Terminal Bus Bunder (di Cerme), Terminal Bus Wisata Religi Maulana Malik Ibrahim (di Lumpur), Halte Dr. Wahidin Shd 2 (di Kebomas), dan Terminal Balongpanggang.

Infrastruktur dan fasilitas Gresik: Proyek Unggulan

Keberadaan pelabuhan sebagai salah satu infrastruktur dan fasilitas Gresik, cukup penting untuk mendukung akses penyediaan bahan baku dan pemasaran produk industri.  (adeutomo.com)

Keberadaan pelabuhan sebagai salah satu infrastruktur dan fasilitas Gresik, cukup penting untuk mendukung akses penyediaan bahan baku dan pemasaran produk industri.  (adeutomo.com)

Pesatnya pembangunan infrastruktur di Gresik untuk ke depannya bisa dijadikan tolok ukur akan kemajuan sebuah kabupaten yang bisa dibilang banyak melampaui kota besar lainnya.

Berbagai proyek infrastruktur dan fasilitas Gresik bisa dilihat dari berbagai sektor. Mulai dari kawasan industri yang menciptakan terminal pelabuhan, proyek perumahan, hingga proyek pembangunan kawasan.

Terminal Pelabuhan

Sebagai kawasan industri dengan potensi di bidang kepelabuhanan berdasarkan letak geografisnya yang berada di wilayah pesisir pantai, bahkan sejak zaman VOC pelabuhan di kawasan ini menjadi jalur perdagangan antara Malaka dan Maluku.

Keberadaan pelabuhan sebagai salah satu infrastruktur dan fasilitas Gresik, cukup penting untuk mendukung akses penyediaan bahan baku dan pemasaran produk industri.

Di sepanjang pesisir pantai Kecamatan Kebomas, Gresik, dan Manyar terdapat satu pelabuhan umum yang dikelola PT. Pelindo III Cabang Gresik, dan delapan terminal khusus yang dikelola perusahaan swasta / BUMN untuk kepentingan sendiri juga melayani publik dalam kondisi tertentu.

Delapan Terminal Khusus yang dimiliki masing-masing industri adalah PT. Semen Gresik, PT. Pertamina, PT. Petrokimia Gresik, PT. Smelthing, PT. PLN PJB, PT. Sumbermas Indah Playwood, PT. Wilmar Nabati, dan PT. Maspion. 

Pemerintah Kabupaten Gresik juga telah membangun Pelabuhan Internasional Kalimireng di Kecamatan Manyar. Diharapkan lalu lintas industri di kawasan ini akan terus membuat peningkatan dan pesatnya roda perekonomian di Gresik.

Proyek properti

Geliat kawasan ini selaras dengan perkembangan pembangunan properti di Gresik. Ekspansi bisnis properti banyak dilakukan oleh pengembang besar. Salah satunya PT. RBNP yang menginvestasikan dana besar untuk membangun Apartemen Icon Gresik, mal, ruko, hotel, dan hunian ekslusif.

Dengan jarak Gresik yang tak jauh dari Surabaya, diperkirakan akan banyak warga Surabaya yang ingin memiliki investasi properti berupa apartemen di Gresik. Pembangunan properti di kawasan tengah Gresik juga dilakukan oleh pengembang Gunawangsa Group, yaitu Gunawangsa Gresik Superblock.

Beberapa perumahan yang banyak dilirik pemburu properti di Gresik di antaranya GEM City, Manyar Raya Resort, Dascoland Indonesia Manyar Gresik, Perumahan Golden Berry, Perumahan Graha Puncak Anom, The Menganti, dan beberapa perumahan lainnya.

Temukan hunian impian Anda di Gresik dengan kemudahan fasilitas dan akses, melalui listing properti baru di sini.

Pembangunan kawasan

Jika banyak pengembang besar membangun proyeknya di area pusat Kabupaten Gresik, Perum Perumnas memiliki strategi yang berbeda. Beberapa perumahan akan digarap di daerah pinggiran Gresik, salah satunya di Kecamatan Driyorejo. Tujuannya agar tercipta kota mandiri tempat memutar roda perekonomian.

Kawasan yang termasuk dalam wilayah Gresik Selatan ini telah banyak diincar para investor karena lebih dekat ke Surabaya. Wilayah Gresik Selatan ini dipilih menjadi salah satu master plan karena lokasinya yang sangat strategis. Empat kecamatan akan ditetapkan menjadi pengembangan Gresik Selatan, yaitu Wringinanom, Kedamean, Driyorejo, dan Menganti.

Pembangunan Gresik Selatan ini sejalan dengan dibangunnya akses jalan tol Sumo (SurabayaMojokerto). Dari seluruh kecamatan di Gresik Selatan, Menganti diplot sebagai kawasan pemukiman yang strategis karena dekat dengan seluruh kawasan yang lainnya, sehingga disebut juga sebagai Kota Transit.

Proyek masa depan

Kehadiran simpang susun Romokalisari ini akan terkoneksi dengan jalan tol dan pelabuhan. Merupakan perkembangan infrastruktur dan fasilitas Gresik yang akan segera diselesaikan di tahun 2021 ini.  (hutamakarya.com)

Kehadiran simpang susun Romokalisari ini akan terkoneksi dengan jalan tol dan pelabuhan. Merupakan perkembangan infrastruktur dan fasilitas Gresik yang akan segera diselesaikan di tahun 2021 ini.  (hutamakarya.com)

Pertumbuhan perekonomian di kawasan ini merupakan salah satu yang terbaik di Provinsi Jawa Timur, yaitu mencapai 6,58% atau di atas rata-rata nasional provinsi. Geliat progresif dari sektor industri memberi lampu hijau bagi pembangunan berbagai infrastruktur dan fasilitas Gresik untuk ke depannya.

Lapangan kerja sudah pasti terbuka lebar di kawasan ini. Kemudahan aksesibilitas ke kawasan lain, bahkan ke ibukota Provinsi Jawa Timur pun tidak sulit. Berbagai prospek masa depan seakan menjadikan Gresik sebagai tempat menjatuhkan sauh demi kehidupan di masa mendatang.

Beberapa proyek yang sedang dilakukan di Gresik demi terus melajukan roda perekonomian di kawasan ini adalah dibangunnya kawasan industri terintegrasi, juga pembangunan ruas jalan tol dan simpang susun jalan tol yang akan semakin memudahkan mobilitas.

Kawasan industri terintegrasi

Kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia JIIPE, dengan infrastruktur berskala internasional dibangun di atas tanah seluas 3000 hektar di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Rencananya proyek ini akan dibangun dalam tiga tahap, dan dimulai pada tahun 2019. Kawasan Industri Surabaya Gresik JIIPE ini merupakan kawasan industri terbesar di Jawa Timur yang telah dilengkapi dengan pelabuhan dan dermaga untuk kapal pesiar, juga perumahan berkonsep kota mandiri yang ramah lingkungan.

Dengan terintegrasinya berbagai fasilitas serta letaknya yang strategis, hal ini memberikan keuntungan lebih bagi para pelaku usaha dalam bidang biaya distribusi dan logistik yang relatif akan lebih rendah, serta efisiensi waktu.

Untuk memudahkan aksesibilitas serta mobilisasi kendaraan logistik ke kawasan industri JIIPE (Java Integrated Industrial and Ports Estate), akan segera dibuka proyek jalan tol KrianLegundiBunderManyar (KLBM) sepanjang 38,9 km.

Proyek jalan tol dan simpang susun

Selain proyek properti dan industri, pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung saat ini yaitu proyek simpang susun pada ruas tol SurabayaGresik, serta proyek modifikasi simpang susun Romokalisari di jalan tol SurabayaGresik.

Kehadiran simpang susun Romokalisari ini akan terkoneksi dengan jalan tol dan pelabuhan, serta jalan tol dengan Stadion Gelora Bung Tomo yang rencananya akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Piala Dunia U20 pada tahun 2021 nanti.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah