Tidak banyak yang tahu bahwa kota Malang yang dijuluki Switzerland Van Java adalah kota terbesar kedua di provinsi Jawa Timur, setelah Surabaya. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi dengan luas 110,06 km2.

Ada beberapa julukan yang disematkan pada kota Malang selain Switzerland Van Java, yakni kota pendidikan, kota sejarah, dan kota bunga. Disebut kota pendidikan karena terdapat berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Malang.

Dijuluki kota bunga karena Malang banyak terdapat aneka macam bunga yang menghiasi. Terdapat empat taman bunga yang terkenal di Malang yakni, Taman Rekreasi Selecta, Batu Flower Garden, Taman Bunga Coban Talun, dan Taman Bunga di Peternakan Kuda Megasta.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 500 jutaan di Surabaya? Cek aneka pilihan huniannya di sini! 

Malang sebagai kota sejarah menyimpan banyak cerita sejarah kerajaan besar seperti Singosari, Kediri, Majapahit, Demak, dan Mataram. Malang juga termasuk ke dalam salah satu kota yang ikut dalam pembentukan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain julukan-julukan yang disematkan kepada kota Malang, kawasan ini juga memiliki banyak keunggulan. Sebelum berkunjung ke sini ada baiknya menyimak ulasan keunggulan Malang dibanding kota lainnya di Indonesia.

Switzerland Van Java yang Dikelilingi Pegunungan Berudara Sejuk

Switzerland Van Java yang Dikelilingi Pegunungan Berudara Sejuk

Malang dikelilingi pegunungan sehingga membuat udara di kawasan ini sangat sejuk. (Travelmalang.id)

Salah satu yang dikenal orang tentang kota Malang adalah udara yang sejuk. Hal ini disebabkan karena kawasan Malang dikelilingi oleh pegunungan. Terletak di ketinggian 440 hingga 667 meter memberi hawa sejuk dengan suhu rata-rata 24,5 derajat celcius.

Beberapa gunung yang mengelilingi kota Malang, antara lain Gunung Arjuno di sebelah Utara, Gunung Semeru di sebelah Timur, Gunung Kawi dan Panderman di sebelah Barat, dan Gunung Kelud di sebelah Selatan.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Udara dan tanah di kota ini bisa dibilang sangat subur dan cocok untuk bercocok tanam. Salah satu kawasan di Malang yang biasa dijadikan area bercocok tanam sayuran adalah Batu.

Di area ini juga banyak didirikan vila dan perumahan karena udaranya masih segar dan jauh dari polusi udara. Sehingga banyak orang yang tinggal di Jakarta merasa jenuh dengan situasi dan polusi udara dan pindah ke Malang untuk beristirahat sejenak.

Switzerland Van Java Surga Wisata di Jawa Timur

Switzerland Van Java Surga Wisata di Jawa Timur

Keindahan alam Malang menjadi daya tarik wisata alam yang disuguhkan. (Instagram @pantai.malang)

Salah satu keunggulan kota Malang adalah daya tariknya sebagai surga wisata di Jawa Timur. Di Malang terdapat berbagai destinasi tempat wisata yang berbeda dari daerah lainnya di Indonesia.

Wisata di Malang yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari wisata alam seperti Gunung Bromo, Jatim Park, Air Terjun Coban Rais, Goa Pinus, Pantai Balekambang, hingga wisata sejarah seperti Museum Angkut, Museum Satwa, Museum Malang Tempo Doeloe, dan masih banyak lagi.

Selain tempat wisata tersebut, saat ini Malang memiliki destinasi baru yang sedang populer. Florawisata San Terra yang baru diresmikan pada 24 Desember 2019 lalu. Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, terdapat 700 bunga yang tersebar di area indoor dan outdoor.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Bunga-bunga tersebut merupakan hasil persilangan serbuk berbagai jenis bunga yang diimpor dari Amerika dan Eropa. Taman bunga tersebut terbagi dua area yang menyesuaikan kondisi musim.

Selain kehadiran bunga yang bertebaran, pengunjung pun dapat menikmati bangunan ala Korea dan Belanda. Bangunan tersebut dicat warna-warni membuat area ini menjadi salah satu spot yang sering dijadikan latar belakang foto.

Tiket masuk yang dibanderol sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 saat akhir pekan serta libur nasional. Jam buka Florawisata San Terra sendiri pada pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Switzerland Van Java Surga Kuliner Nusantara

Switzerland Van Java Surga Kuliner Nusantara

Bakso Malang merupakan salah satu santapan khas daerah yang populer hingga ke luar daerah. (Dikulonprogo.com)

Saat berkunjung ke Malang, Switzerland Van Java pastinya tidak lengkap bila tak mencicipi kuliner khas daerah ini. Malang memiliki santapan yang tak kalah lezat dan legendaris dengan kuliner Surabaya atau Yogyakarta.

Bagi para pecinta kuliner, kuliner khas Malang mampu menggoyang lidah mereka. Sebut saja nasi pecel yang terkenal dan legendaris yaitu Pecel Kawi 1975. Kenikmatannya terletak pada cita rasa yang otentik karena ini adalah makanan khas Malang tempo dulu.

Bagi para penikmat Bakso, pasti tak lengkap bila tidak menikmati bakso khas Malang. Terdapat kedai bakso yang paling terkenal di kawasan ini yaitu Bakso President. Berdiri sejak 1977, kedai ini menawarkan berbagai varian bakso.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Selain nasi pecel dan bakso Malang, ada juga rawon, wedang ronde, sate kelinci, sate landak, serta orem-orem. Bila belum pernah mendengar orem-orem, ini adalah masakan kuliner khas Malang berbahan dasar irisan tempe dan ayam yang diolah dengan kuah santan.

Makanan ini biasa disajikan dengan irisan ketupat, toge, dan tempe. Keunikannya terletak pada cara memasaknya yaitu menggunakan bahan bakar arang dan bahan dasar tempe khas Malang. Warung orem-orem yang paling populer di Malang adalah Orem-Orem Pak Tik.

Di sisi lain, kuliner khas daerah lainnya juga dapat ditemukan dengan mudah di Malang. Alasannya karena banyak perantau yang menjual masakan khas asal daerahnya yang tak kalah enak dengan di tempat asalnya.

Di samping keunggulan di atas, masih banyak potensi kota Malang Switzerland Van Java yang dapat dikembangkan. Baik dari segi pariwisata, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, fasilitas publik, transportasi, properti atau sebagai kawasan hunian bagi masyarakat kota Malang. (Siti H. Hanifiah)

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah