Kelapa Gading

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Kelapa Gading, sebuah kawasan hunian prestise sekaligus pusat bisnis yang masuk ke wilayah Jakarta Utara.

Kawasan yang awalnya dikembangkan PT Summarecon Agung Tbk di tahun 1970-an ini dulu akses jalannya hanya berupa jalan raya Cawang-Tanjung Priok yang tidak terlalu lebar. Bahkan sering macet karena harus bersinggungan dengan truk-truk besar.

Di masa itu itu jangan bayangkan sudah ada Tol Layang Wiyoto Wiyono yang menghubungkan Cawang-Tanjung Priok. Kawasan yang awalnya berdiri di atas lahan berupa rawa dan persawahan ini baru mulai menikmati adanya infrastruktur tol setelah jalan bebas hambatan itu beroperasi melintasi kawasan ini pada tahun 1990-an.

Harus diakui, keberadaan tol ini memang mendorong perkembangan Kelapa Gading sebagai sebuah kawasan hunian dan bisnis. Hadirnya mal-mal di Mal Kelapa Gading (MKG) tahap satu sejak 1990 hingga MKG tahap lima di 2008 juga memberi nilai tambah bagi kawasan ini.

Dan pada perkembangannya, kawasan yang pada awal berdirinya merupakan sebuah komplek perumahan seluas 10 hektare dengan nama Kelapa Gading Permai ini, kini menjelma menjadi salah satu kawasan hunian elit sekaligus favorit di Jakarta. Ya, jika Jakarta Pusat punya kawasan elit seperti Menteng, Jakarta Selatan ada Pondok Indah, maka Jakarta Utara punya Kelapa Gading.

Bisa dibilang semua kebutuhan dan fasilitas penghuni mampu terlayani di wilayah yang kini juga menjadi kecamatan ini. Bahkan saking lengkapnya fasilitas yang dimiliki kawasan ini, Pemerintah Jakarta Utara berencana menjadikan kawasan ini seperti Singapura.

Saat ini pembangunan dan penataan Kelapa Gading telah diserahkan sepenuhnya kepada puluhan pengembang yang memiliki lahan di Kawasan tersebut. Pengembang-pengembang tersebut di antaranya seperti PT. Summarecon Agung Tbk, PT. Bangun Cipta Sarana, PT. Graha Rekayasa Abadi, PT. Pangestu Luhur, PT Nusa Kirana dan yang terakhir PT. Agung Podomoro dan Agung Sedayu.

Baca Selengkapnya
1.663,7 hektare
Luas Wilayah
3
Kelurahan
8
Mall

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta, Indonesia

Baca lebih lanjut Kelapa Gading

Properti dijual di Kelapa Gading

Properti disewakan di Kelapa Gading

Masukan