Fasilitas Makassar kini mulai memikat pelancong untuk berlibur kemari. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1.566 kunjungan pada Juli 2018. Jumlah wisman tersebut naik sebesar 28,78% jika dibandingkan dengan jumlah wisman pada Juni 2018 yang mencapai 1.216 kunjungan.

Disebutkan, ada lima negara dengan andil wisman terbesar yakni Malaysia, Perancis, Belanda, Jerman dan Thailand. Jumlah wisman dari lima negara tersebut berjumlah 1.120 kunjungan. Atau sekitar 71,52% dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar.

Sementara jumlah wisman yang datang melalui pintu masuk Makassar pada Oktober 2018 mencapai 1.187 kunjungan. Jumlah wisman tersebut menurun sebesar 7,34% jika dibandingkan September 2018 yang mencapai 1.281 kunjungan. Sementara jika dibandingkan dengan Oktober 2017, maka terjadi penurunan sebesar 18,02% yang mana jumlah kunjungan saat itu sebesar 1.448 kunjungan.

Mendapat julukan Kota Angin Mammiri, Makassar memang punya sejumlah spot liburan baik yang bernuansa alam maupun ‘kekinian’. Sebut saja yang berkonsep modern adalah Trans Studio Makassar. Mengutip laman resminya, area wisata ini merupakan salah satu taman hiburan indoor terbesar di dunia. Luas lahannya mencapai 2,7 hektare.

Di dalamnya ada 22 wahana permainan dengan berbagai bentuk hiburan yang berada dalam 4 kawasan dengan tema unik dan berbeda-beda. Lokasi fasilitas Makassar ini berada di Jalan Metro Tanjung Bunga, bisa ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam dari pusat kota.

Untuk harga tiket masuk ke Trans Studio Makassar, pada hari kerja alias weekdays dikenakan biaya Rp155.000 per orang. Sementara di Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional harga tiketnya Rp205.000 per orang.

fasilitas makassar

Sumber: Instagram @trans_studiomks


Wisata Alam di Makassar

Selain bernuansa ‘kekinian’, pusat wisata sekaligus fasilitas Makassar lain yang patut dikunjungi adalah Pantai Losari. Bahkan tak afdol rasanya bila tak ke Makassar tapi tidak menyambangi ikon Kota Makassar yang satu ini. Seumpama ke Bali tapi tidak ke Pantai Kuta.

Pantai Losari menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari sambil menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.

Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling – Makassar. Mandalika hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam.

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna.

Lalu bagi wisatawan yang gemar menikmati keindahan bawah laut, silakan berkunjung ke Taman Laut Taka Bonerate. Di sini, wisatawan bisa berenang bersama dengan ratusan jenis ikan, kura-kura dan penyu. Tak hanya itu, kecantikan terumbu karangnya juga akan membuat siapapun betah berlama-lama berada di sini. Tertantang untuk diving di taman laut ini?