Kota Malang pastinya namanya sudah tidak asing lagi didengar, bukan hanya oleh warga asli namun oleh warga di luar pulau Jawa. Setiap orang yang berkunjung ke Malang pasti merasakan atmosfer yang sejuk dan nyaman.

Kota yang terletak di kawasan pegunungan ini tidak hanya menawarkan keindahan alam namun juga berbagai fakta menarik. Mulai dari pemandangannya yang indah hingga beragam julukan yang disematkan.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 700 jutaan di Yogyakarta? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Kota yang dikenal dengan julukan Switzerland Van Java ini memiliki pesona dan udara yang sejuk seperti kota-kota di Eropa. Aneka bangunan bergaya Eropa masih tampak berdiri dengan kokoh di kota Malang.

Tak dapat dipungkiri Malang adalah kota dengan sejuta pesona. Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini memiliki berbagai fakta unik yang tidak banyak diketahui orang. Lalu, apa saja fakta unik kota Malang tersebut?

Fakta Unik Malang Kota 1000 Taman

Keindahan kota Malang tidak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Salah satunya adalah aneka taman yang menghiasi kota Switzerland Van Java ini. Pemerintah kota aktif merevitalisasi dan membangun banyak taman kota.

Tindakan pemerintah tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga kelestarian kota Malang. Banyak taman yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Malang ataupun turis yang berkunjung.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Dari Hutan Kota Malabar, Taman Merbabu, Taman Singha Merjosari, Taman Kunang-Kunang, Taman Trunojoyo Malang, Taman Slamet, Gramofon Taman Cerme, Taman Wisata Buring Kedungkandang, Taman Mojolangu, dan masih banyak lagi.

Berbagai taman ini sangat asri dan selalu dijadikan latar belakang untuk berfoto ria oleh para pengunjung. Selain taman-taman tersebut, tak ketinggalan kota terbesar ke-12 di Indonesia ini juga memiliki Alun-Alun Kota Malang yang sangat terkenal.

Tempat ini tak pernah sepi pengunjung dan dijadikan paru-paru kota Malang. Sebutan lain dari tempat ini adalah alun-alun Jami, karena letaknya yang persis di depan masjid Jami.

Fakta Unik Sebagai Kota Berjuta Sejarah

Fakta Unik Sebagai Kota Berjuta Sejarah

Candi Singosari merupakan salah satu peninggalan paling bersejaran dari Kerajaan Singosari yang masih berdiri. (Id.wikipedia.com)

Malang selain terkenal akan kecantikannya juga memiliki deretan cerita bersejarah. Malang memiliki sejarah yang panjang, mulai dari masa purbakala. Kota yang didirikan pada zaman Belanda ini telah mengalami berbagai peristiwa penting.

Tercatat, sejak masa Hindu – Budha beberapa kerajaan berdiri di kota ini seperti Kerajaan Singosari dan Kerajaan Kanjuruhan. Beberapa situs bersejarah peninggalan kerajaan masih berdiri hingga kini.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Sebut saja Candi Badut, Candi Singosari, dan Candi Sumberawan. Sedangkan bekas masa kolonial, masih terlihat sejumlah bangunan Belanda di kawasan Ijen yang masih berdiri kokoh.

Di samping itu, terdapat pula berbagai museum bersejarah seperti Museum Brawijaya, Museum Mpu Purwa, Museum Zoologi Frater Vianney, Museum Musik Indonesia dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah di kawasan ini.

Fakta Unik Sebagai Kota Pendidikan

Selain Yogyakarta, kota Malang turut serta disebut sebagai kota pendidikan. Pasalnya Malang menjadi salah satu tujuan utama bagi pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Tercatat lebih dari 40 perguruan tinggi berada di Malang. Sebut saja Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maliki, dan Universitas Muhammadiyah Malang menjadi tujuan para pelajar unggulan.

Di sisi lain, Malang juga dikenal sebagai kawasan yang religius. Terbukti beberapa pusat pendidikan agama berada di sini. Seperti Pesantren Gading yang merupakan salah satu yang tertua di Indonesia, Sekolah Tinggi Agama Hindu Santika Dharma, dan Seminari Alkitab Asia Tenggara.

Tak jauh dari area tersebut, terdapat Universitas Islam Raden Rahmat Malang yang terletak di Kepanjen. Kampus ini menjadi universitas termuda di Malang Raya dan terbesar di kabupaten Malang.

Fakta Unik Memiliki Wisata Kampung Tematik

Fakta Unik Memiliki Wisata Kampung Tematik

Kampung Jodipan Malang merupakan salah satu kampung warna-warni di Malang yang paling populer. (Malangtimes.com)

Malang dengan berbagai kearifan lokal yang dimiliki menjadi pionir wisata kampung tematik. Pertama kali muncul kampung dengan warna bertebaran di perumahan warga adalah di tahun 2016.

Kampung yang pertama kali dikenal oleh publik sebagai kampung tematik adalah Kampung Warna-Warni Jodipan. Awalnya kampung ini terkenal kumuh karena berada di bantaran Sungai Brantas dan terkucilkan.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Namun sejak ada inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Malang serta pengusaha cat lokal, kampung tersebut menarik banyak turis lokal maupun mancanegara.

Selain Kampung Warna-Warni Jodipan, Malang juga memiliki Kampung Biru Arema, Kampung Tridi, Kampung Heritage Kayu Tangan, dan Kampung Keramik Dinoyo. Sejak keberadaan kampung tematik di Malang, banyak kota lainnya juga mulai mengikuti.

Fakta Unik Bahasa Khas Malang

Fakta unik kota Malang yang lain adalah bahasa khasnya yang disebut sebagai Boso Walikan. Bahasa ini adalah percakapan khas Malang yang berbeda dengan kaidah bahasa Jawa pada umumnya.

Sesuai dengan namanya Boso Walikan, yang memiliki arti membalikkan penulisan atau pengucapan kata. Konon bahasa khas warga Malang ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Pada masa itu, Boso Walikan dijadikan kode bicara oleh para pejuang.

Bertujuan agar percakapan mereka sulit dipahami oleh para tentara Belanda. Salah satu contoh Boso Walikan yang biasa digunakan antara lain, “makan” dibalik menjadi “nakam”, “ngais” atau “siang”, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini Boso Walikan sering dijadikan bahasa rahasia bagi para warga Malang. Biasanya banyak yang menggunakan bahasa ini adalah orang-orang yang tidak ingin percakapannya dipahami oleh lingkungan sekitar.

Itulah 5 fakta unik kota Malang yang belum diketahui banyak orang terutama masyarakat yang berada di luar Jawa. Berbagai fakta unik kota Malang tersebut tentunya dapat menambah pengetahuan mengenai kota terbesar ke-12 di Indonesia ini. (Siti H. Hanifiah)

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah