Selain menghias kota, taman di Medan menjadi alternatif destinasi wisata. Jangan lewatkan keindahan taman di Medan yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

“Ini Medan, Bung!”

Ya, dengan segala kekhasan dan keragaman yang dimiliki, Medan menjadi kota yang terus berkembang dan terbesar di belahan Pulau Sumatera. Layaknya kota besar, Medan cukup dipadati oleh bangunan-bangunan bertingkat.

Namun demikian, Kota Medan juga dihiasi oleh banyak taman dengan ragam temanya yang unik. Taman-taman di Medan memberi warna kesejukan di tengah roda aktivitas masyarakatnya yang terus berputar.

Kebiasaan warga Medan adalah memanfaatkan taman-taman yang tersebar di beberapa lokasi perkotaan untuk sekadar melepas kepenatan. Lihat saja, setiap sore taman di Medan selalu “disibukkan” dengan aktivitas yang menghibur, seperti berolahraga, wisata kuliner, duduk santai, dan berswafoto.  

Mau punya rumah di Medan dan sekitarnya dengan harga terjangkau dan cocok untuk pasangan muda? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp400 jutaan di sini!

Pesona keindahan taman di Medan juga memberikan alternatif bagi masyarakatnya untuk berlibur. Dengan begitu, tidak perlu harus keluar kota jika sekadar ingin refreshing sejenak. Penasaran dengan penampakan taman di Medan? Kami sajikan beberapa taman yang tak boleh dilewatkan. Dijamin Anda tidak akan menyesal, deh!

1. Taman di Medan: Taman Sri Deli, Tamannya Sultan Medan

Taman di Medan: Taman Sri Deli, Tamannya Sultan Medan

Relaksasi di tepi kolam Taman Sri Deli sambil menanti malam tiba. (Foto: pariwisatasumut.net)

Belum komplet rasanya kalau ke Medan tapi tidak meninggalkan jejak di Taman Sri Deli. Pasalnya, taman di Medan ini merupakan salah satu taman tertua yang dibangun pada tahun 1924 atas perintah Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah, Sultan Deli pada masa itu.

Dahulu, Taman Sri Deli merupakan tempat bersantai bagi keluarga sultan. Taman yang berdampingan dengan Masjid Raya Medan dan Istana Maimun ini selalu disinggahi oleh masyarakat yang ingin menghilangkan kepenatan layaknya seorang sultan.

Dibangun oleh arsitek berkebangsaan Italia, Taman Sri Deli memadukan seni arsitektur bangsa Turki, India, dan Mesir. Umumnya sebuah area terbuka hijau, taman seluas 14.884 m2 ini memiliki koleksi pepohonan yang rindang, beberapa bentuk bangunan modern, serta taman bermain anak lengkap dengan wahana permainannya. Di bagian tengah taman terdapat kolam buatan yang cukup besar yang makin menambah keasrian.

Saat tiba bulan suci Ramadan, taman di Medan yang satu ini menjadi makin semarak. Jalan raya yang memisahkan Masjid Raya Medan dan Taman Sri Deli akan penuh sesak dengan sajian kuliner khas dalam rangkaian festival bulan Ramadan.

Alamat :

Jl. Sisingamangaraja, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara

Buka :

Setiap hari, Pukul 07.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

  • Gratis

2. Taman di Medan: Pesona Tiongkok di Taman Kebun Bunga

Taman di Medan: Pesona Tiongkok di Taman Kebun Bunga

Warna-warni bunga berpadu dengan bangunan khas Tiongkok menjadi pesona tersendiri Taman Kebun Bunga. (Foto: jelajahnews.id)

Seperti kota-kota besar di Indonesia lainnya, Kota Medan tidak pernah kekurangan tempat menarik untuk disinggahi. Taman Kebun Bunga contohnya, taman di Medan yang menyimpan kenangan.

Taman ini sarat dengan kisah bersejarah karena merupakan peninggalan dari Tjong Yong Hian, saudagar kaya berdarah Tiongkok yang menetap di Kota Medan sejak 1870. Ia juga dikenal sebagai kakak dari pengusaha terkenal Tjong A Fie.

Taman Kebun Bunga Tjong Yong Hian diresmikan pada tahun 2011 dan dibuka untuk umum. Selepas melewati pintu masuk, nuansa Tiongkok langsung menyergap para pengunjung taman ini. Terdapat berbagai ornamen-ornamen khas Tiongkok yang menghiasi bangunan di sekeliling taman.

Berbagai peninggalan dari Tjong Yong Hian juga dapat dilihat di dalam galeri, termasuk makam dirinya beserta sang istri. Batu prasasti bertuliskan Bahasa Arab, Belanda, dan Tionghoa yang bercerita tentang sejarah Tjong Yong Hian turut menghias Taman Kebun Bunga.

Hiasan bunga, rerumputan hijau, serta kolam menyatu untuk menghadirkan pesona keindahan taman. Bagi Anda yang masih mencari tempat piknik di akhir pekan, tak salah kalau Anda mengarahkan tujuan ke taman di Medan yang unik ini!

Alamat :

Jl. Kejaksaan, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara

Buka : 

Setiap hari, Pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk :

Gratis

3. Taman di Medan: Taman Cadika Pramuka, Bermain sambil Belajar 

Taman di Medan: Taman Cadika Pramuka, Bermain sambil Belajar

Bersama keluarga menghabiskan waktu di Taman Cadika Pramuka. (Foto: eljohnnews.com)

Kata Cadika merupakan akronim dari cabang pendidikan kader. Jadi, Taman Cadika Pramuka sejatinya adalah bumi perkemahan bagi anak pramuka. Hanya saja, taman di Medan ini juga dijadikan sebagai ruang terbuka hijau dan dibukan untuk umum sehingga banyak warga yang menjadikan alternatif untuk bertamasya bersama keluarga.

Mulai beroperasi pada tahun 2012, taman seluas 5.000 meter ini dilengkapi sarana dan fasilitas umum yang cukup memadai. Bangku taman, arena bermain anak, aula, musola, hingga toilet yang cukup nyaman.

Selain itu, Taman Cadika Pramuka memiliki danau buatan yang selalu mengundang keramaian. Suasana di sini memang asri dan sejuk sehingga tidak heran jika banyak yang menggelar tikar dan duduk santai sambil memandangi danau.

Tak cukup sampai di situ, terdapat jembatan gantung yang menambah daya tarik Taman Cadika Pramuka. Di jembatan ini, Anda bisa berswafoto dengan latar pemandangan yang keren. Salah satu taman di Medan ini juga dipenuhi pepohonan dan bentangan rumput hijau yang menciptakan suasana sejuk.

Alamat :

Jl. Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara

Buka :

Setiap hari, Pukul 06.00-19.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

4. Taman di Medan: Liburan Tanpa Boros di Taman Edukasi Avros 

Taman di Medan: Liburan Tanpa Boros di Taman Edukasi Avros

Lelah beraktivitas, silakan memesan menu favorit di kafe atau restoran yang buka di Taman Edukasi Avros. (Foto: medantourism.pemkomedan.go.id)

Apa agenda Anda di akhir pekan besok? Kalau memang belum ada, sempatkan menikmati sensasi taman di Medan yang tergolong masih baru direvitalisasi: Taman Edukasi Avros. Taman yang terletak di tepi Sungai Deli Medan ini merupakan destinasi lengkap untuk Anda yang butuh hiburan.

Meskipun nampaknya banyak wahana komersial, tenang saja! Kalau hanya sekadar menikmati taman sepuasnya, Anda tidak perlu membeli tiket masuk. Anda hanya akan mengeluarkan biaya jika ingin mencoba wahana berbayar dan menikmati kuliner di restoran atau kafe setempat.

Taman Edukasi Avros berdiri setelah melalui proses panjang. Sebelumnya, area terbuka ini nampak kumuh. Setelah direvitalisasi dengan tema kekinian, salah satu taman di Medan ini menghadirkan spot-spot yang Instagramable.

Anda bisa puas berswafoto di tiap sudutnya, seperti rumah pohon, dermaga sungai, atau di antara pepohonan yang rimbun. Buat Anda yang gemar beraktivitas fisik, tersedia lintasan lari dan permainan yang menantang, seperti flying fox, paint ball, atau camping

Alamat :

Jl. Avros No.60B, Kp. Baru, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara

Buka :

Setiap hari, Pukul 09.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

5. Taman di Medan: Tamah Ahmad Yani, Asyik Buat Selfie

Taman di Medan: Tamah Ahmad Yani, Asyik Buat Selfie

Taman Ahmad Yani menjadi tempat favorit untuk mengisi waktu akhir pekan. (Foto: travelspromo.com)

Taman Ahmad Yani menurut masyarakat Medan merupakan tempat piknik yang paling asyik. Bukan hanya fasilitasnya yang lengkap tapi taman di Medan yang satu ini juga memiliki jaringan wi-fi yang memanjakan para pengunjungnya.

Tak heran bila kemudian Taman Ahmad Yani dijuluki sebagai taman digital. Kita bisa selfie di tiap sudut taman, kemudiang langsung upload ke media sosial memanfaatkan fasilitas wi-fi yang tersedia.

Meski terletak di jantung kota Medan, Taman Ahmad Yani diselimuti hawa sejuk yang berhembus dari pohon-pohonnya yang rimbun. Ya, taman seluas dua hektar ini memiliki koleksi tanaman yang bervariasi dan unik.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sini, antara lain berolahraga, bermain bersama anak-anak, atau duduk santai di bangku-bangku taman sambil jajan kuliner kaki lima yang ada di sekitar taman.

Tentu saja yang paling menonjol dari taman di Medan ini adalah patung Pahlawan Revolusi Ahmad Yani. Patung setinggi 11 meter ini mulai dibangun pada tahun 1965 menyiratkan perjalanan sejarah bangsa. Dan sudah pasti, patung Jenderal Ahmad Yani menjadi background favorit untuk selfie para pengunjung.

Alamat :

Jl. Imam Bonjol, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

6. Taman di Medan: Tamasya ke Taman Gajah Mada

Taman di Medan: Tamasya ke Taman Gajah Mada

Fasilitas di Taman Gajah Mada cukup memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan. (Foto: kompasiana.com)

Piknik atau tamasya bersama keluarga memang tidak harus pergi ke tempat yang jauh dan menghabiskan biaya yang besar. Ada cukup banyak tempat yang jaraknya dekat dengan rumah kita, kok, dan tentu saja murah meriah.

Bagi Anda warga Medan, cukup tamasya ke Taman Gajah Mada sudah memberikan pengalaman berlibur yang seru. Ya, pasalnya taman di Medan ini memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa dinikmati lintas usia.

Kalau menengok ke masa lalu, Taman Gajah Mada menyimpan kesan kelam karena banyak praktik negatif dilakukan di taman ini. Namun seiring waktu berjalan, taman yang mulai beroperasi pada 1993 ini kemudian berubah menjadi taman yang menguarkan aura positif bagi setiap pengunjungnya.

Pepohonan hijau menghadirkan keasrian dan pemandangan hijau yang menawan, membuat betah bagi siapa pun yang menghabiskan waktu di sini.

Taman Gajah Mada memiliki fasilitas yang cukup memadai sebagai tempat piknik. Tersedia lapangan basket, alat-alat olahraga, wahana permainan yang dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak, toilet, dan tempat ibadah.

Arena bermain milik taman di Medan ini, di antaranya perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan masih banyak yang lain. Cukup membuat anak-anak bahagia selagi Anda melakukan aktivitas lain, seperti senam ataupun jogging.

Alamat :

Jl. Gajah Mada No.35, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara

Buka :

Setiap hari, Pukul 08.00-18.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

7. Taman di Medan: Taman Burung Cemara Asri, Menikmati Kicauan yang Berseri

Taman di Medan: Taman Burung Cemara Asri, Menikmati Kicauan yang Berseri

Memberi makan kepada hewan-hewan adalah kepuasan tersendiri bagi pengunjung Taman Burung Cemara Asri. (Foto: wonderfulllfe.blogspot.com)

Taman yang satu ini memang berlokasi di Deli Serdang, tapi tidak terpaut jauh dari pusat Kota Medan. Taman Burung Cemara Asri dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Kota Medan.

Menyematkan kata burung karena memang taman di Medan ini dihuni oleh berbagai jenis burung. Ribuan ekor burung hidup menjadi satu di sini sehingga menambah daya tarik, terutama bagi para pencinta burung.

Tak hanya burung yang Anda temui di taman ini. Terdapat danau buatan yang berisi ikan air tawar, juga jenis kadal tertentu dan beberapa macam ular yang diletakkan di kandang khusus. Berpadu dengan pepohonan yang menambah kesejukan, praktis Taman Burung Cemara Asri mirip sebuah kawasan konservasi bagi hewan-hewan jenis tertentu.

Menariknya, para pengunjung diberi keleluasaan untuk memberi makan hewan-hewan tersebut. Tentu saja aktivitas bernilai edukasi ini tidak disia-siakan oleh masyarakat yang bertandang ke sana bersama keluarga.

Sambil bersantai menikmati kicauan burung yang berseri, pengunjung Taman Burung Cemara Asri masih dimanjakan dengan kuliner khas, seperti aneka olahan mi, pecel, rujak, hingga chinese food. Keberadaan Maha Vihara Maitreya makin menambah keindahan taman. Anda pun bisa berswafoto dengan latar bangunan vihara yang berdiri megah ini.

Alamat: 

Jl. Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

Buka: 

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah