Pamulang

Ulasan wilayah Pamulang ini mengupas tren pergerakan harga properti di Pamulang, sebuah kawasan yang masuk wilayah administratif Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Kawasan ini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa seiring pemekaran dan terbentuknya wilayah Tangerang Selatan pada tahun 2007.

Kawasan ini sendiri merupakan pemekaran dari Kecamatan Ciputat sejak tahun 1993 dan sejak terbentuknya Tangerang Selatan, Pamulang menjadi salah satu kawasan yang sangat berkembang hingga sempat disebut-sebut juga sebagai pusatnya Kota Tangerang Selatan.

Saat ini pusat-pusat pemerintahan Tangerang Selatan mulai DPRD maupun pemerintah kota juga berada di Pamulang. Padahal kawasan ini dulunya merupakan bagian dari Kecamatan Ciputat, pemekaran yang dilakukan pada tahun 1993 sesuai PP no 3 tahun 1992.

Sampai Depok berubah menjadi kota pada tanggal 20 April 1999, luas Kecamatan Pamulang ini masih 9,40 km2. Namun sejak Depok berubah menjadi kota pada tanggal 20 April 1999, luas kawasan ini menjadi 20,50 km2.

Semakin luasnya wilayah kawasan hunian ini sesuai Peraturan daerah Kabupaten Tangerang no 44 tahun 1999 tentang Perubahan batas wilayah Kecamatan Pamulang, dengan memperluas dan menambah dari sebagian wilayah Kabupaten Bogor dan Kecamatan Serpong.

Batas-batas wilayah Kecamatan Pamulang (berdasarkan Peraturan daerah Kabupaten Tangerang nomor 44 tahun 1999 tentang penetapan batas wilayah), adalah:

Sebelah utara: wilayah Kecamatan Ciputat dan Kecamatan Ciputat Timur
Sebelah selatan: wilayah Kecamatan Gunung Sindur (Kabupaten Bogor) dan Kecamatan Sawangan (Kota Depok)
Sebelah barat: wilayah Kecamatan Serpong
Sebelah timur: wilayah Kecamatan Limo dan Kecamatan Cinere (Kota Depok)

Keunggulan kawasan ini secara lokasi juga sangat dekat ke Jakarta, melalui ruas Jalan Dr. Setia Budi hingga ke Pondok Cabe (Cirendeu) atau dari Jalan Pajajaran-Ciputat Raya yang tersambung langsung dengan Lebak Bulus-Pondok Indah-TB Simatupang.

Ke depan, kawasan ini akan lebih prospektif dengan pengembangan proyek infrastruktur jalan yang terus dikebut pengerjaannya. Apalagi di Lebak Bulus kini juga ada MRT, transportasi publik modern yang kedepannya juga akan melintas hingga kawasan Tangerang Selatan dengan rute lewat Pamulang juga.

Akses ke kawasan ini kini juga bisa dengan mudah ditempuh berkat adanya jalan tol Jakarta-Tangerang dan jalan tol lingkar luar atau Jakarta outer ring road (JORR). Apalagi kini juga ada jalan tol Depok-Antasari (Desari) yang nantinya akan tersambung hingga ke Serpong dan melintasi kawasan ini.

Pamulang sebagai kawasan hunian juga punya banyak komplek perumahan seperti Witana Harja Country Estate, Reni Jaya, Vila Pamulang, Griya Jakarta, Vila Dago, dan lain-lain. Komplek-komplek perumahan ini mulai berdiri sekitar akhir tahun 1980-an.

Dan kini sebaran pembangunan hunian baru terus meluas di kawasan ini. Bagi warga komuter di Selatan Jakarta, harga rumah di Pamulang dianggap masih ‘terjangkau’ dibanding Ciputat atau BSD. Selain itu, dalam satu sampai lima tahun kedepan, ada beberapa proyek infrastruktur yang mendorong nilai investasi di kawasan ini.

Pertama, pelebaran Jalan Raya Pamulang – Serpong BSD yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan. Kedua, ada rencana pembangunan pintu tol Cinere – Serpong yang aksesnya dekat perbelanjaan TIPTOP Ciputat. Dan pengaktifan Terminal Pondok Cabe menggantikan Terminal Lebak Bulus. Dengan segala keunggulannya kawasan ini patut diperhitungkan untuk hunian dan investasi.

Baca Selengkapnya
8
Kelurahan
+10
Rumah sakit
+5
Pusat Perbelanjaan

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Pamulang, South Tangerang City, Banten, Indonesia

Baca lebih lanjut Pamulang

Properti dijual di Pamulang

Properti disewakan di Pamulang

Masukan