Meskipun harganya selangit, properti di kawasan Pondok Indah terus menjadi incaran. Tak heran bila potensi investasi di kawasan ini terus bersinar dan makin terang.

RumahCom – Sejak awal, yaitu pada sekitar tahun 1970, kawasan Pondok Indah memang dikonsep sebagai perumahan elit oleh sang pengembang, yaitu kelompok usaha Pondok Indah Group yang berada di bawah PT Metropolitan Kentjana Tbk. Hingga saat ini, kawasan Pondok Indah jadi kawasan hunian yang prestisius.

Selain sebagai hunian elit, kawasan yang dulunya adalah persawahan, perkebunan karet, dan pertanian palawija ini juga berkembang sebagai pusat bisnis yang semakin sibuk. Membuat properti di kawasan ini selalu ramai peminat meski harganya sangat fantastis.

Buktinya, permintaan properti di kawasan Pondok Indah mencapai 5,35 persen pada kuartal keempat tahun 2021 berdasarkan rangkuman Rumah.com. Ini membuat Pondok Indah menempati urutan kelima dari 10 area di Jakarta Selatan dengan permintaan tertinggi. Padahal rentang harga rumah di Pondok Indah tidak main-main, yaitu antara Rp9 miliaran hingga Rp80 miliaran. 

Tertarik pindah ke kawasan elit yang berada di tengah Jakarta Selatan, tepatnya di Pondok Indah? Berikut daftar hunian di bawah Rp2 miliar di sini!

Apa saja yang membuat properti di Pondok Indah selalu menjadi incaran? Mari kita simak informasi seputar Pondok Indah berikut ini.

Kawasan Pondok Indah Meliputi Kelurahan dan Kecamatan

Kawasan Pondok Indah Meliputi Kelurahan dan Kecamatan

Berada di Jakarta Selatan, Pondok Indah memiliki willayah yang sangat strategis. (Foto: hypeabis.id)

Dahulu, sekitar tahun 1970-an, kawasan Pondok Indah hanyalah ladang kering, bentangan kebun karet, dan rumah penduduk beserta kebunnya. Daerah Pondok Indah saat itu disebut dengan wilayah Pondok Pinang. Untuk mencapainya harus melewati Jalan Radio Dalam yang lebarnya hanya enam meter dan masih bebatuan.

Nama Pondok Indah sendiri merujuk kepada Pondok Pinang. Pondok berarti rumah, sedangkan Indah bermakna keindahan. Sehingga diharapkan Pondok Indah menjadi kawasan perumahan yang memiliki keindahan.

Kawasan Pondok Indah meliputi area dengan luas sekitar 460 hektare memang masuk ke dalam Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Kotamadya Jakarta Selatan.

Kelurahan Pondok Pinang sendiri memiliki luas wilayah sekitar 6,84 kilometer persegi, terdiri dari 17 RW dan 186 RT. Kelurahan Pondok Pinang cukup padat karena dihuni sekitar 11.548 keluarga.

Sedangkan untuk wilayah kecamatan, Pondok Indah masuk ke dalam Kecamatan Kebayoran Lama. Wilayah kecamatan Kebayoran lama dengan luas 16,72 kilometer persegi membentang dari Pertigaan Rawa Belong, Kemandoran, Palmerah, hingga Pasar Jumat, Ciputat, dan Lebak Bulus.

Selain Kelurahan Pondok Pinang di mana Pondok Indah berada, ada lima kelurahan lain di Kecamatan Kebayoran Lama, yaitu Kelurahan Grogol Utara, Kelurahan Grogol Selatan, Kelurahan Cipulir, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan.

Salah satu kelebihan dari kawasan Pondok Indah adalah daerahnya yang relatif tidak terkena banjir. Tanahnya pun tidak mengandung garam seperti tanah di Jakarta Utara. Sumber air bersih juga lebih terjamin.

Kawasan Pondok Indah dari Sisi Lokasi dan Akses

Kawasan Pondok Indah dari Sisi Lokasi dan Akses

Selain merupakan kawasan dengan hunian elit, Pondok Indah juga memiliki lokasi yang strategis dan sangat mudah diakses. (Foto: media.suara.com)

Bukan tanpa alasan pengembang menjadikan kawasan Perumahan Pondok Indah sebagai kawasan elit dengan rumah-rumah mewah. Letak Pondok Indah sangat strategis dan mudah diakses dari mana-mana. Ditambah dengan infrastruktur yang terus berkembang, investasi di Pondok Indah adalah pilihan terbaik.

Pondok Indah dari sisi lokasi

Di sebelah Barat misalnya, Pondok Indah berbatasan dengan Ciputat dan mengarah ke Bintaro. Dua daerah tersebut, Ciputat dan Bintaro, juga terus berkembang dan menjadi kawasan hunian kelas menengah ke atas. Kegiatan bisnis pun sangat bergeliat di kedua wilayah itu.

Sedangkan di sisi Timur, Pondok Indah berbatasan dengan Fatmawati, salah satu ruas jalan utama di Jakarta Selatan. Daerah Fatmawati juga merupakan salah satu tempat pusat niaga yang sibuk di Jakarta Selatan. Deretan pertokoan dan kuliner berjajar di sepanjang jalan Fatmawati.

Pada bagian Utara, kawasan Pondok Indah berbatasan dengan Jalan Radio Dalam dan Haji Nawi. Daerah Radio Dalam merupakan daerah yang cukup ramai dengan gerai-gerai kuliner dan bisnis lainnya. Tentunya ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi warga Pondok Indah.

Lalu di sebelah Selatan, Pondok Indah berbatasan dengan daerah Lebak Bulus dan Pasar Jumat. Lebak Bulus merupakan daerah dengan infrastruktur dan fasilitas lengkap. Di Lebak Bulus terdapat Stasiun Mass Rapid Transportation (MRT), terminal bus, hotel-hotel, juga pusat perbelanjaan. 

Pondok Indah dari sisi akses dan transportasi

Penghuni kawasan perumahan Pondok Indah juga dimanjakan oleh berbagai akses jalan yang sangat mudah. Penghuni bisa menuju ke kawasan mana pun di Jabodetabek dengan gampang karena infrastruktur seperti jalan raya, halte bus, dan jalan tol sudah tersedia.

Salah satu yang sangat membantu adalah tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) satu dan dua. Dengan tersedianya kedua tol tersebut dan adanya gerbang tol Pondok Indah, akses penghuni Pondok Indah lebih cepat  ke Bandara Soekarno – Hatta. Hanya perlu sekitar 35 menit untuk sampai ke Bandara dalam kondisi jalan normal.   

Kawasan Pondok Indah juga dilalui jalur bus Trans-Jakarta. Bus yang melewati kawasan Pondok Indah adalah bus koridor 8 yang beroperasi dengan jurusan terminal Lebak Bulus hingga Harmoni. Ada dua halte, yaitu Pondok Indah 1 dekat dengan Rumah Sakit Pondok Indah, dan halte Pondok Indah 2 yang terintegrasi dengan Pondok Indah Mall.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Kawasan Pondok Indah dan Fasilitasnya

Kawasan Pondok Indah dan Fasilitasnya

The Skybridge di Pondok Indah Mall, fasilitas prestisius kawasan perumahan Pondok Indah. (Foto: Instagram @Azurasony)

Seiring dengan berjalannya waktu, area Pondok Indah yang tadinya hanya difungsikan sebagai kawasan perumahan elit, memiliki area-area yang difungsikan sebagai fasilitas umum yang tak kalah prestisiusnya.

Inilah beberapa fasilitas yang berada di sekitar kawasan perumahan Pondok Indah:

Pusat perbelanjaan/mal

Pondok Indah Mall (PIM) 1 adalah salah satu mal yang pertama dibangun di Jakarta, yaitu pada tahun 1992. Mal yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan penghuni kawasan perumahan elit di Pondok Indah ini merupakan salah satu mal yang jadi trend setter di Jakarta.

Karena animo masyarakat yang begitu besar, bukan hanya dari penghuni perumahan Pondok Indah tapi juga dari masyarakat Jakarta dan sekitarnya, maka dibangunlah PIM 2 pada pertengahan tahun 2004. Jembatan yang menghubungkan PIM 1 dan 2 ini jadi salah satu tempat hits di Jakarta.

Lalu pada April 2021, resmi beroperasi PIM 3. Jembatan kaca yang ada di lantai tiga PIM 3 ini sangat unik dan menarik perhatian masyarakat. Tak heran bila jembatan kaca ini jadi salah satu destinasi wisata masyarakat di Jabodetabek. Tempatnya yang instagramable sempat populer beberapa waktu lalu.

Ketiga mal tersebut, PIM 1, 2, dan 3, terhubung oleh skybridge yang keren. Dengan segala fasilitas mewah tersebut tak heran bila harga sewa tempat di mal tersebut termasuk yang termahal di Jakarta Selatan, yaitu sekitar Rp450 ribu hingga Rp1 juta per meter persegi per bulan, di luar biaya servis.

Rumah sakit

Fasilitas kesehatan yang ada di kawasan Pondok Indah adalah Rumah Sakit Pondok Indah di Jalan Metro Duta. Rumah sakit Pondok Indah adalah salah satu rumah sakit ternama di Jakarta. Didirikan pada tahun 1986 oleh RS Pondok Indah Group, rumah sakit ini menjadi langganan banyak selebritas tanah air dan pejabat.

Kini RS Pondok Indah telah memiliki dua cabang, yaitu RS Pondok Indah Puri Indah yang berada di Jakarta Barat, dan RS Pondok Indah Bintaro Jaya yang berada di Bintaro, Tangerang Selatan. Keduanya sama-sama memiliki fasilitas eksklusif dengan segmen masyarakat menengah ke atas.

Lapangan golf

Tak lengkap rasanya bila hunian elit tak memiliki lapangan golf, olahraga yang umumnya menjadi hobi para pebisnis, pejabat, dan kalangan atas. Karena bukan hanya untuk berolahraga atau bersosialisasi, di atas lapangan golf kerap tercipta kesepakatan bisnis.

Lapangan golf di kawasan ini adalah Pondok Indah Padang Golf, terletak di jalan utama, yaitu Jl. Metro Pondok Indah. Lapangan golf yang dibangun pada tahun 1976 ini memiliki lapangan berstandar internasional dengan hamparan rumput yang asri, juga pepohonan tinggi, serta udara segar walaupun ada di perkotaan.

Lapangan golf yang didesain oleh Robert Trent Jones Jr ini memiliki 18 hole dengan tantangan yang bervariasi. Seluruh bukit, lubang, lembah, dan danau didesain agar memberikan tantangan berbeda bagi para pemain golf.

Office Tower

Pondok Indah juga telah berkembang menjadi kawasan bisnis dan komersial, sehingga PT Metropolitan Kentjana Tbk membangun Pondok Indah Office Tower 1, 2, dan 3, yang berada dalam satu kompleks terpadu.

Pembangungan Office Tower ini digunakan oleh banyak perusahaan ternama sebagai kantor karena lokasinya yang sangat strategis, dikelilingi berbagai fasilitas publik. Mulai dari mal, rumah sakit, hingga masjid.

Masjid

Pondok Indah memiliki masjid yang cukup besar dan indah, yaitu Masjid Raya Pondok Indah. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1992 ini dibangun atas prakarsa Pendiri Yayasan Masjid Raya Pondok Indah yang diketuai oleh Bapak H. Sudwikatmono dan didukung oleh PT Metropolitan Kencana, Tbk.

Masjid yang mengambil konsep arsitektur masjid tradisional ini kerap dijadikan tempat pernikahan karena tempatnya yang cukup luas. Terdiri dari dua lantai, di mana lantai atas untuk ruang shalat utama. Sedangkan lantai bawah merupakan ruang serbaguna. Masjid ini mampu menampung hingga sekitar 2.600 jemaah.

Tonton video berikut ini untuk mengetahui tips memilih asuransi rumah yang tepat!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah